20 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi secara Alami

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi secara Alami -- Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami, Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi, Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Daya Tangkap, Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi, Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak, Latihan Meningkatkan Daya Ingat, Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar dan Daya Ingat Pada Anak, Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Lemah.

https://www.infokesehatan.web.id/

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi secara Alami -- Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, fungsi otak manusia akan mengalami penuruan yang disebabkan oleh karena proses penuaan dan efek buruknya dapat menyebabkan penurunan daya ingat dan konsentrasi. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui berbagai cara yang dapat kia lakukan untuk meningkatkan fungsi otak kita agar tetap optimal.

Kesulitan mengingat sesuatu atau dikenal dengan sebutan pikun memang erat kaitannya dengan proses penuaan. Secara normalnya, anda bisa saja melupakan nama seseorang dengan mudah dan kembali mengingatnya dikemudian hari meski sudah bertahun-tahun lamanya.

Namun bagi orang yang mengalami penurunan daya ingat, mereka bisa lupa akan sesuatu dan sulit untuk mengingatnya. Misalnya, baru beberapa menit anda meletakan kacamata di suatu tempat, kemudian ketika akan mengambilnya anda lupa dimana anda menaruh kacamata tersebut.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami

Selain itu, mungkin sebagia dari anda ada yang mengalami kesulitan untuk bisa berkonsentrasi, sehingga anda mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu. Jika anda atau ada salah satu anggota di keluarga anda memang ada yang mengalami hal tersebut, maka simak ulasan mengenai cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang bisa coba anda lakukan berikut ini.

20 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi secara Alami

Ada dua metode yang bisa anda coba lakukan, yaitu metode pertama bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan metode kedua yaitu dengan konsumsi makanan sehat. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

A. Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dengan Pola Hidup Sehat

Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang perlu anda perhatikan agar kemampuan daya ingat dan konsentrasi bisa meningkat, diantaranya yaitu :

1. Belajar Dengan Rajin

Dengan rajin belajar adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan daya ingat dan konsentrasi pada otak kita. ketika kita sedang mempelajari suatu hal yang baru, maka suatu aliran arus saraf baru di dalam otak kita akan terbentuk.

Bagi mereka yang dikenal pintar dan cerdas umumnya mempunyai aliran arus yang sangat baik dan lebih banyak dari orang yang jarang mempelajari hal-hal baru. Maka untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan juga konsentrasi, sebaiknya perbanyak mempelajari hal-hal baru mulai dari sekarang.

2. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yaitu dapat dilakukan dengan selalu membiasakan sarapan pagi sebelum beraktivitas, karena dengan membiasakan sarapan pagi dapat menambah kemampuan pada otak dalam memecahkan berbagai masalah, memperbaiki mood, memiliki daya ingat yang baik dan juga memiliki kerja mental yang optimal.

Selain itu, dengan anda tidak melupakan sarapan dapat membantu memberikan kesempatan bagi tubuh agar dapat mencukupi asupan glukosa sebelum tubuh beristirahat tanpa asupan makanan kurang lebih selama 8-12 jam. Glukosa yang cukup dapat menjadi sumber energi utana yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga : Manfaat Sarapan Pagi, Makan Siang, dan Makan Sore / Malam untuk Kesehatan

3. Gunakan Sistem Pemandu Memori

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak yaitu bisa dilakukan dengan cara latihan menggunakan sistem pembantu memori. Dalam sistem ini disebut juga dengan sistem objek angka dan berfungsi untuk mengingat daftar, sistem ini dapat dilakukan dengan cara mengingat daftar huruf dan kata.

4. Melatih Panca Indera

Setiap manusia mempunyai panca indera yang berperan penting sesuai fungsinya masing-masing. Dengan melatih fungsi dari panca indera ini tidak hanya dapat mempertajam panca indera tersebut tetapi juga dapat melatih daya ingat dan juga kemampuan dalam berkonsentrasi.

Bahkan para ilmuan juga menjelaskan bahwa, jika otak manusia memiliki kemampuan untuk belajar secara efektif dengan rutin melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai panca indera yang dimilikinya.

5. Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Meski glukosa sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi utama bagi tubuh dalam mendukung aktivitas, namun jika asupannya terlalu berlebih justru akan berbalik menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

Hal ini dikarenakan, konsumsi makanan tinggi gula akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk menggunakan otaknya agar dapat berpikir secara jernih. Kondisi ini disebabkan adanya reaksi dari kadar insulin dalam darah yang mengalir untuk menangkal kadar glukosa berlebih.

6. Meningkatkan Asupan Antioksidan

Senyawa antioksidan ini sangat terkenal sebagai suatu zat yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena antioksidan sendiri dapat berfungsi untuk melindungi sel-sel yang ada dalam tubuh termasuk sel dalam otak.

Ada banyak sekali jenis makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, terutama yang berasal dari buah-buahan dan seyuaran. Dengan memiliki kualitas sel otak yang sangat baik, maka tentunya fungsi otak pun akan maksimal, sehingga kemampuan daya ingat dan konsentrasi akan meningkat.

7. Rutin Melakukan Jogging

Menurut pakar menjelaskan bahwa untuk meningkatkan mood, daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, salah satunya dengan rutin melakukan jogging. Ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat dan melakukan kegiatan yang mengolah detak jantung, maka otak dapat bekerja dengan baik dan optimal. Selain bermanfaat untuk fungsi otak, olahraga juga dapat menjadi tubuh lebih sehat dan bugar.

Baca Juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Istirahat Cukup dan Teratur

Penurunan fungsi dari otak juga bisa terjadi akibat terlalu memforsir otak untuk bekerja keras secara terus menerus tanpa diimbangi dengan istirahat cukup pada otak, sebaiknya beri waktu sejenak untuk mengistirahatkan otak kita, setidaknya 5 menit pada setiap 60 menit sekali.

Dengan terus menerus menggunakan otak untuk berpikir dapat menyebabkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi otak mengalami penurunan secara drastis.

Maka dari itu, sebaiknya selalu perhatikan kesehatan otak, sempatkanlah waktu untuk mengistirahatkan otak anda dan usahakan untuk bisa tidur disela-sela jam istirahat anda agar otak dapat beristirahat dan kembali segar saat bekerja. Selain itu, usahakan juga agar anda mendapatkan jam tidur cukup di malam hari minimal 7 jam dalam setiap malam.

9. Pergi Berlibur

Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya, apa hubungannya berlbibur dengan daya ingat? Memang terdengat sedikit nyeleneh, namun tahukah anda dengan pergi berlibur bersama teman-teman, keluarga, pasangan dan orang-orang terdekat kita dapat memberikan suasana hati menjadi lebih baik dan otak pun menjadi lebih rileks.

Dengan demikian, setelah berlibur otak akan kembali fresh sehingga kemampuan otak untuk mengingat dan berkonsentrasi akan meningkat. Jadi, manfaatkan waktu liburan anda untuk pergi berlibur dan melupakan beban pekerjaan untuk sementara waktu.

B. Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dengan Mengkonsumsi Makanan sehat

Ada banyak sekali jenis-jenis makanan sehat dan bahan alami yang sangat baik untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak, diantaranya yaitu :

1. Mengkonsumsi Kacang Almond

Kacang almond merupakan jenis makan berupa kacang-kacangan yang yang juga sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan supelemn. Di dalam kacang almond mengandung zat antioksidan dan juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi, kedua jenis kandungan ini sangat baik untuk membantu meningkatkan fungsi dan kerja otak.

Berikut ini tips mengkonsumsi kacang almond, yaitu :

Pertama-tama siapkan kacang almond sebanyak 5-10 butir dan rendam selama semalanan. Setelah itu pada pagi harinya kupas kulit kacangnya dan tumbuh atau giling sampai halus. Selanjutnya, anda buat secangkir susu hangat dan campurkan dengan kacang almond yang telah dihaluskan tadi.

Rebus selama beberapa menit diatas api kecil jangan sampai mendidih dan tambahkan sedikit gula, lalu aduk rata dan angkat. Minum sampai habis selagi hangat secara rutin setiap hari selama dua bulan berturut-turut.

2. Mengkonsumsi Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak, dengan memilki otak yang sehat dan berfungsi dengan baik tentu daya ingat dan kemampuan untuk berkonsentrasi pun akan meningkat.

Cara mengkonsumsi minyak kelapa ini, anda bisa langsung mengkonsumsinya sebanyak 1 sendok teh minyak kelapa murni berkualitas bagus dan gunakan minyak yang bagus untuk memasak atau menggoreng makanan favorit anda.

3. Mengkonsumsi Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dan madu juga menjadi bahan alami yang sangat dianjurkan dikonsumsi agar kemampuan otak dalam mengingat dan berkonsentrasi bisa optimal. Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan beberapa para ahli menjelaskan bahwa aroma dari kayu manis diduga mampu membantu meningkatkan fungsi dari kognitif dan memori otak.

Sedangkan manfaat madu sendiri sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, tidur yang berkualitas berperan besar dapat mendukung fungsi dan kerja otak kita serta mampu mengurangi resiko mengalami stres metabolik nokturnal. Dengan kualitas tidur yang baik juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Mengkonsumsi Jintan Hitam

Jintan hitam adalah bahan alami berupa rempah-rempah yang terkenal sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Di dalam jintan hitam memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk membantu mengasah kemampuan otak serta bersifat sebagai anti-inflamasi, sehingga berfungsi untuk melindungi otak dari resiko kerusakan.

Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi jintan hitam dalam jumlah cukup, kemampuan daya ingat dan konsentrasi pun akan ikut meningkat.

Cara menkonsumsi jintan hitam, pertama-tama anda siapkan setengah sendok teh jintan hitam bubuk dan madu kemudian campur jadi satu. Minum ramuan alami tersebut secara rutin dua kali sehari selama beberapa minggu.

5. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang menjadi kelompok jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi dan bahkan bisa dikatakan wajib dikonsumsi oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan, di dalam sayuran hijau kaya akan kandungan gizi dan juga nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh termasuk otak.

Di dalam sayuran hijau mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi, seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa zat antioksidan ini sangat baik untuk membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada otak. Beberapa jenis sayuran hijau yang sangat baik dikonsumsi secara rutin yaitu seperti brokoli, bayam, kol, sawi dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya.

6. Mengkonsumsi Kunyit

Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sangat populer di Indonesia. Selain bermanfaat untuk dijadikan bumbu masakan, kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan kesehatan serta fungsi dari otak kita. warna kuning dari kunyit ini dihasilkan dari kandungan antioksidan yang dikenal dengan nama kurkumin.

Menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa kurkumin yang terkandung di dalam kunyit dapat membantu mencegah proses pembentukan amiloid, yaitu jenis protein yang dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran neural di otak. Selain itu, kurkumin juga dapat membantu mencegah oksidasi dan peradangan terutama yang terjadi pada otak.

Baca Juga : Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan

7. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

Manfaat asam lemak omega 3 ini sangat baik dan diperlukan oleh tubuh, terutama otak. Hal ini dikarenakan, mendapatkan asupan asam lemak omega 3 dalam jumlah cukup sangat baik dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tubuh dan sekaligus meningkatkan fungsi otak pada anak-anak dan remaja.

Ada banyak jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, seperti kacang-kacangan dan juga makanan laut (ikan sarden, tuna, salmon dan lain sebagainya). Anda juga bisa mendapatkan asupan asam lemak dalam bentuk suplemen. Maka, jika anda ingin memiliki anak tumbuh sehat dan cerdas, sebaiknya berikan anak anda makan makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

8. Mengkonsumsi Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein, bahkan telur menjadi salah satu sumber protein terbanyak. Selain itu, di dalam telur juga mengandung gizi dan nutrisi baik lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk otak kita seperti kolin dan beberapa jenis vitamin yang dapat membantu meningkatkan fungsi sel dalam tubuh.

Secara khusus telur ini sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil, karena janin yang ada di dalam kandungan sedang mengalami proses perkembangan. Fungsi dari kolin sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam mendukung perkembangan hippocampus, yaitu pusat dari daya ingat para otak manusia.

Di dalam kuning telur mengandung vitamin B12 yang seperti kita tahu bahwa vitamin tersebut bermanfaat untuk membantu menurunkan homocysteine, kandungan yang bersifat racun dan dapat menyebabkan penurunan fungsi otak.

Baca Juga : Manfaat Tahu, Tempe, dan Telur untuk Kesehatan

9. Mengkonsumsi Walnut

Walnut memang sudah sangat terkenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung. namun tidak hanya itu saja, walnut juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi pada otak kita.

10. Mengkonsumsi Buah Beri dan Ceri

jenis buah beri-berian dan ceri-cerian merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan zat antioksidan. Selain itu, di dalam buah-buahan tersebut juga mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan berkonsentrasi pada otak. Kandungan antioksidan yang paling banyak yaitu terdapat oada buah beri-berian yang berwarna ungu.

11. Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan sehat yang kaya akan kandungan serat dan juga protein, kdeua kandungan utama tersebut sangat baik untuk membantu mengalirkan glukosa dalam darah secara berkala menuju ke aluran darah. Otak kemudian akan menggunakan glukosa tersebut sebagai sumber utama energi dalam tubuh, bahkan glukosa yang dikirim menuju otak secara teratur dapat membantu otak dalam menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan anda.

Namun perlu anda ingat, setelah anda rutin mengkonsumsi beragam jenis makanan yang telah dijelaskan di atas bukan berarti anda akan menjadi lebih cerdas dan memiliki daya ingat yang tinggi. Makanan di atas hanya bersifat sebagai pembantu saja, sehingga untuk mendapatkan hasil optimal anda tetap dianjurkan untuk rajin belajar dan melatih kemampuan otak anda.
Demikian sedekit penjelasan kami mengenai 20 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi secara Alami. Semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini pada teman lain yang membutuhkan.