Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Kulit, Manfaat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat Madu untuk Wajah - untuk Bibir, Pengobatan dengan Madu, Manfaat Minum Madu Setiap Hari untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Madu Untuk Pria & Wanita - untuk Anak, Khasiat Madu Lebah.


Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Siapa yang tidak kenal dengan cairan kental dan manis ini? ya, madu. Madu adalah salah satu bahan alami berbentuk cairan berwarna cokelat keemasan yang mirip denga sirup, namun madu cariannya lebih kental dan memiliki rasa sangat manis. Madu sendiri dihasilkan oleh lebah dan juga serangga sejenis lainnya, rasa manis yang dihasilkan yaitu disebabkan oleh karena adanya unsur monosakarida fruktosa dan juga glukosa.

Karakteristik dari madu sendiri memiliki ciri-ciri kimia yang cukup menarik, rasa manis pada madu berbeda dibandingkan dengan gula dan juga bahan pemanis lainnya. Hampir kebanyakan jenis mikroorganisme tidak aka mempu hidup dan berkembang di dalam cairan madu, karena kandungan airnya sangat rendah yaitu hanya 0,6 persen saja.

Manfaat madu memang sudah dikenal sejak dulu, bahkan sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu manusia memanfaatkan madu untuk mekanan, minuman dan juga obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam madu mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain baik untuk kesehatan, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam madu juga bermanfaat untuk merawat kecantikan mulai dari kulit hingga rambut.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Penting di dalam Madu

Madu merupakan campuran dari gula dan beberapa jenis kandungan senyawa alami lainnya. Selain karbohidrat, di dalam madu mengandung fruktosa sebanyak 38,5% dan gula sebanyak 31,0%, sedangkan jenis karbohidrat di dalam madu terdiri dari maltosa, sukrosa dan juga karbohidrat kompleks lainnya.

Seperti pada pemanis bergizi lainnya, sebagian besar kandungan yang ada di dalam madu yaitu gula dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting meski hanya sedikit. Selain itu, di dalam madu juga mengandung beberapa senyawa yang dianggap dapat berfungsi sebagai zat antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam madu terdiri dari vitamin C, pinobanksin, chrysin, katalase dan pinocembrin.

Beragam Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam madu, ternyata madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat madu yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Batuk

Batuk adalah kondisi dimana sedang terganggunya sistem pernapasan yang dapat menyerang siapa saja, masalah kesehatan ini tentunya akan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman apabila terjadi terus menerus.

Banyak obat-obatan yang dijual bebas dipasaran untuk meredakan batuk, namun jika anda mencari obat batuk alami yang aman, maka madu bisa menjadi solusi terbaik ketika batuk menyerang. Hal ini dikarenakan, di dalam madu mengandung senyawa aktif  yang bersifat antibakteri dan antiviral yang efektif untuk meredakan batuk dan gangguan pada pernapasan. 

Efek yang terjadi pada madu sama dengan efek yang pada penggunaan obat batuk yang memiliki kandungan dextromethorphan, ketika batuk menyerang segera konsumsi madu satu atau dua sendok pada saat sebelum tidur dan pada saat bangun tidur.

2. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang diderita oleh banyak masyarakat di Indonesia. Meskipun kebanyakan di derita oleh orang dewasa, tetapi penyakit diabetes juga tidak menutup kemungkinan bisa menyerang anak-anak. Penyakit diabetes sendiri termasuk jenis penyakit genetik atau keturunan, tetapi penyakit diabetes juga bisa menyerang orang-orang yang memiliki pola hidup dan makan yang tidak sehat.

Pasien penderita penyakit diabetes tubuhnya sudah tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur kadar gula darah dala tubuh, karena hormon insulin dalam tubuhnya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Selain itu, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

Mungkin sebagian dari anda yang belum mengerti, kenapa pasien penderita diabetes disarankan untuk konsumsi madu sedangkan madu memiliki rasa manis. Alasannya yaitu, karena madu mengandung gula alami yang sangat aman dan menyegarkan, berbeda dengan gula pasir atau sukrosa. 

Hal tersebut dikarenakan, kadar indeks glikemik pada madu jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis gula atau pemanis lainnya. Maka dari itu, madu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tidak akan menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat.

Dengan kata lain, madu dapat dijadikan sebagai pengganti gula untuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh. Maka, bagi anda penderita diabetes jangan ragu untuk mengkonsumsi madu tetapi tetap tidak boleh berlebihan.

3. Baik untuk Pencernaan

Pada sistem pencernaan ada sejumlah bakteri baik yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan, bakteri ini hidup di dalam saluran usus besar. Untuk menjaga agar sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik, maka anda bisa rutin mengkonsumsi madu.

Hal ini dikarenakan, madu tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi saja tetapi juga memiliki sejumlah bakteri baik yang bernama lactobacillus dan bifidobakteria yang dapat membantu meningkatkan jumlah dari bakteri baik yang hidup dalam saluran pencernaan serta mendukung proses pencernaan dalam usus besar. Selain itu, bakteri baik tersebut juga sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya bakteri jahat atau bakteri yang dapat menyebabkan diare.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenkan madu dianggap sebagai bahan alami yang dapat membantu merangsang proses pembetukan sel-sel imunitas tubuh seperti sel natural killer, sel limfosit B dan juga T yang dapat berfungsi sebagai sel yang dapat menangkal serangan berbagai jenis penyakit.

Selain itu, madu juga dapat bermanfaat untuk membantu produksi antibodi yang sangat diperlukan dalam proses penyembuhan penyakit dalam tubuh. Maka dari itu, madu sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

5. Menambah Stamina Tubuh

Sudah sejak dulu bahwa madu sering dikonsumsi untuk menambah stamina tubuh, ini sudah dibuktikan dan bahkan dilakukan langsung oleh para atlet sejak jaman Yunani dengan mengkonsumsi madu sebelum melakukan pertandingan atau olimpiade. Karena dengan mengkonsumsi madu sebelum bertanding, stamina tubuh akan bertambah.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa para ahli untuk melakukan penelitian dengan melibatkan 30 orag atlet, para atlet diberi asupan protein dan madu dan hasilnya memang sangat mencengangkan. Tingkat energi dan stamina jauh lebih baik dibandingkan hanya dengan mendapatkan asupan protein saja. Itulah sebabnya, jika anda ingin memiliki stamina tubuh yang prima jangan ragu untuk konsumsi madu setiap hari.

6. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol jahat adalah musuh paling berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah, karena kolesterol jahat dapat menyebabkan terjadinya proses penyumbatan pada pembuluh darah arteri dan juga meningkatkan resiko terkena serangan stroke.

Jadi, tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh saja, ternyata madu juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sebab, di dalam madu mengandung senyawa aktif dan juga antioksidan yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih.

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan rutin minum madu selama 1 minggu berturut-turut dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 8%.

7. Memperkecil Resiko Terkena Penyakit Jantung

Berdasarkan dari data World Health Organization (WHO) bahwa penyakit jantung adalah penyakit nomor 1 paling mematikan di dunia. Penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang tua saja, tetapi juga dapat menyerang di usia muda dan bahkan anak-anak.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kolesterol jahatlah yang sering menjadi penyebab utama dari penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Maka dari itu, kandungan antioksidan dan nutrisi penting yang terkandung di dalam madu sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel jantung. Selain itu, di dalam madu juga mengandung potassium dan juga zinc yang dapat berperan besar dalam mengantur tekanan darah dan juga detak jantung yang normal.

8. Menurunkan Demam

Madu juga terbukti efektif untuk menurunkan demam, karena di dalam madu memiliki kandungan zat antiinflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan dan sekaligus meningkatka sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh sedang deman, maka minum setengah gelas air hangat yang diberi satu sendok makan madu 2-3 kali sehari.

9. Mengobati Penyakit Arthritis

Arthritis adalah salah satu jenis penyakit yang dapat muncul akibat dari terjadinya peradangan pada sendi dan menyebabkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Untuk meredakan rasa sakit akibat dari penyakit arthritis ini, madu merupakan salah satu obat alami yang sangat berkhasiat. Hal ini dikarenakan, di dalam madu mengandung senyawa yang bersifat sebagai anti-inflamasi yang dapat berfungsi untuk mencegah dan mengatasi peradangan.

10. Mengobati Asma

Rutin mengkonsumsi madu juga ternyata sangat baik dilakukan oleh para penderita asma, karena kandungan zat yang terkandung di dalam madu dapat meringankan gejala penyakit asma seperti sesak napas dan gejala batuk.

11. Menurunkan Berat Badan

Di dalam madu memang mengandung gula dan juga kalori, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, maka ganti gula yang biasa anda konsumsi dengan madu yang sudah jelas kadnungan indeks flikemiknya jau lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir. Dengan kaloti dalam tubuh yang selalu terkontrol dengan baik, maka gula darah pun tidak akan mengalami kenaikan secara drastis.

Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan manis dengan kadar indeks glikemiks yang tinggi akan dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan juga merangsang rasa lapar.

12. Mencegah Kanker

Masih sedikit orang yang tahu jika ternyata dengan rutin mengkonsumsi madu dapat menurunkan resiko kanker dalam tubuih, karena di dalam madu mengandung senyawa antimutagenic yang dapat mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam jaringan serta menyebabkan mutasi sel.

Bahkan menurut hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan senyawa anti kanker yang terdapat di dalam madu dapat menyebabkan apoptosis pada sel dalam tubuh yan mengalami kerusakan dan juga mencegan proses metastasis sel kanker dalam tubuh.

Apoptosis adalah mekanisme bunuh diri daripada sel yang telah termutasi, sehingga sel tersebut tidak akan berkembang menjadi kanker. Sedangkan metatastis adalah proses penyebaran sel kanker dari salah satu organ menuju ke organ tubuh lainnya yang proses penyebarannya melalui aliran darah.

13. Menyegarkan Napas

Bagi anda yang memiliki masalah bau mulut, anda bisa berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan madu secara rutin setiap pagi. Karena, kandungan senyawa yang bersifat antibakterial dalam madu dapat membasmi bakteri yang hidup dan berkembang biak di dalam mulut. Dengan melakukan cara meghilangkan bau mulut secara alami ini secara rutin setiap hari, bau mulut pun akan hilang dan napas pun akan menjadi lebih segar.

14. Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Organ Hati

Kebiasaan buruk dan tidak sehat konsumsi minuman keas beralkohol dan kebiasaan konsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan merusak organ hati. Untuk memperbaiki kerusakan dan fungsi organ hati, disarankan untuk rutin mengkonsumsi madu setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam madu mengandung zat yang dapat melakukan detoksifikasi terhadap zat-zat kimir berbahaya yang mernjadi penyebab kerusakan organ hati.

B. Manfaat Madu untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata madu juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan alami mulai dari kulit dan juga rambut. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Melembabkan Kulit Kering dan Kasar

Selain memiliki rasa manis dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, ternyata madu bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kasar, berjerawat, kulit kusam dan berbagai masalah kulit lainnya. Memiliki kulit wajah yang bermasalah dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik dan kurang percaya diri, salah satu cara melakukan perawatan kulit wajah terbaik yaitu dengan menggunakan masker madu.

Caranya yaitu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat serta gunakan sabun pembersih yang mengandung olive oil. Setelah itu, keringkan dan oleskan madu secara merata pada permukaan kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas kembali hingga bersih dengan air dingin biasa tanpa menggunakan sabun pembersih wajah. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit ini secara rutin dan teratur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

2. Menyuburkan dan Memperkuat Akar Rambut

Sama hal nya dengan organ tubuh yang lainnya, rambut juga butuh perawatan dan asupan nutrisi agar rambut tetap sehat dan kuat. Selain perawatan menggunakan produk-produk perawatan rambut komersil, anda juga bisa menutrisi rambut dengan menggunakan bahan alami. Salah satunya yaitu dengan menggunakan madu, di dalam madu juga mengandung nutrisi penting seperti protein dan vitamin yang dapat menutrisi akar rambut, sehingga rambut akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Untuk membuat masker rambut dari madu, anda cukup mencampurkan dengan gel lidah buaya. Kemudian aplikasi pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan rambut ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

Berdasarkan kandungan nutrisi yang dimiliki madu, maka kita sudah tidak perlu meragukan khasiat dan manfaat madu baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Demikian ulasan yang dapat kami bahas mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Cukup sekian dan salah sehat. Jangan lupa like fansfage blog ini. Terima kasih.