Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Bawang Putih Untuk Wanita & Pria, Khasiat Makan Bawang Putih Sebelum Tidur, Cara Mengkonsumsi Bawang Putih, Khasiat Bawang Putih Mentah, Manfaat Bawang Putih untuk Wajah, Efek Samping Bawang Putih, Pengobatan dengan Bawang Putih


Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan -- bawang putih bukan hanya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga dipercaya sebagai obat tradisonal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Khasiat bawang putih sendiri sudah sejak dulu digunakan sebagai tanaman obat berkhasiat, bahkan sudah digunakan sejak jaman Mesir Kuno.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang putih dalam kehidupan sehari-hari, bawang putih sendiri masih termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Bawang putih memang sudah dikenal diseluruh dunia sebagai bumbu maskan, namun disamping itu ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam bawang putih yang dipercaya sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan juga mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat yang paling populer dari bawang putih ini yaitu kemampuannya sebagai penangkal kanker.

Kandungan Nutrisi di dalam Bawang Putih

Sama hal nya dengan bawang merah, ternyata bawang putih juga  menyimpan banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam setiap 100 gram bawang putih, diantaranya yaitu :
  • Protein, sebanyak 6,39
  • Lemak, sebanyak 0,5
  • Diet serat, sebanyak 2,1
  • Karbohidrat, sebanyak 33,06
  • Kalsium, sebanyak 181 mg
  • Kalium, sebanyak 401 mg
  • Magnesium, sebanyak 25 mg
  • Zat besi, sebanyak 1,7 mg
  • Fosfor, sebanyak 153 mg
  • Selenium, sebanyak 14, 2 mg
  • Mangan, sebanyak 1,672 mg
  • Seng, sebanyak 1,16 mg
  • Sodium, sebanyak 17 mg
  • Vitamin C, sebanyak 31,2 mg
  • Folat (B9 Vit), sebanyak 3 mg
  • Vitamin B6, sebanyak 1,235 mg
  • Asam pantotenat (B5), sebanyak 0, 596 mg
  • Niacin (vit B3), sebanyak 0, 7 mg
  • Riboflavin (vit. B2), sebanyak 0, 11 mg
  • Thiamnine (Vit. B1), sebanyak 0,2 mg
  • Beta-karoten, sebanyak 5 mg
  • Gula, sebanyak 1,00

Sumber informasi gizi ini kami dapatkan dari USDA Nutrient Database

Selain berbagai kandungan nutrisi yang tercantum diatas, di dalam bawang putih juga mengandung senyawa aktif alliin dan allicin. Kedua zat aktif terseut merupakan termasuk ke dalam jenis senyawa sulfur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang putih mulai dari kesehatan maupun kecantikan. Bagi anda yang belum tahu apa saja manfaat bawang putih ini, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

A. Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi bawang putih untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Bagi para penderita penyakit diabetes, mereka memiliki batasan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Sebab, penderita diebetes harus membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah cukup, maka kadar trigliserida berlebih dalam tubuh penderita diabetes akan kembali normal.

Hal ini dikarenakan, di dalam bawang putih memiliki kandugan kompleks seperti allicin yang terbukti berkhasiat untuk mencegah peningkatan kadar gula berlebih dalam darah.

2. Mencegah Kanker

Manfaat bawang putih yang paling populer di dunia kesehatan yaitu dipercaya sangat ampuh menangkan pembentukan dan perkembangan kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam bawang putih sangat kaya akan kandungan antioksidan yang memiliki kemampuan dalam melawan radikal bebas pemicu kanker.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Meskipun sebagian para ibu merasa tidak kuat mengkonsumsi bawang putih dikarenakan aromanya yang sangat kuat, namun ternyata konsumsi bawang putih sangat baik untuk wanita hamil

Sebagian wanita hamil dapat mengkonsumsi bawang putih untuk membantu mengurangi resiko terjadinya kehamilan eclampsia dan juga membantu menambah berat badan janin dalam kandungan. Dengan demikian, tubuh janin di dalam kandungan akan lebih sehat dan kuat. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam bawang putih sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil.

4. Baik untuk Pasien Penderita Anemia

Seseorang yang menderita penyakit anemia tentunya akan sangat menderita apabila tekanan darah dalam tubuhnya terlalu rendah, karena penyakit ini akan membuat penderitanya merasa pusing, mudah lelah dan bahkan mudah sekali pingsan.

Untuk anda yang menderita anemia, anda bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, karena di dalam bawang putih mengandung zat besi yang cukup tinggi yang berkhasiat untuk megatasi anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah.

5. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Rematik

Menderita penyakit rematik memang dapat membuat penderitanya merasa tersiksa akibat dari rasa sakit yang dideritanya, memang tidak mudah untuk mengobati penyakit ini karena penyakit rematik ini berkaitan dengan sendi dan juga otot.

Namun untuk mengurangi rasa sakit yang diderita akibat rematik, anda bisa megkonsumsi bawang putih secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari. Hal ini dikarenakan, di dalam bwang putih mengandung zat seperti natrium, zinc dan juga zat yang bersifat anti-inflamasi untuk meredakan peradangan yang terjadi.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Di dalam bawang putih mengandung zat allicin yang sangat berkhasiat untuk mengobati sakit perut dan juga mengatasi perut kembung. Selain itu, kandungan zat ini juga sangat berkhasiat untuk membantu merangsang dinding perut dan juga usus agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik dan lancar. Maka, bagi anda yang sedang menderita sakit perut, segera obati dengan mengkonsumsi satu siung bawang putih ukuran sedang.

7. Mengobati Asma

Bawang putih juga sangat baik untuk membantu meredakan gejala asma dan melegakan saluran pernapasan, karena kandungan allicin dalam bawang putih dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan dan bronkus. Maka bagi anda yang sedang terserang gejala asma, anda bisa konsumsi 1 siung bawang putih secara teratur 2 kali sehari.

8. Merangsang Sel Saraf

Alasan kenapa bawang putih sangat berkhasiat untuk membantu mempercepat penyembuhan yaitu karena din dalam bawang putih mengandung senyawa yang bernama saltivine, senyawa ini dapat bekerja untuk membantu merangsang susunan sel saraf agar dapat bekerja dengan baik dan optimal.

9. Menambah Stamina Tubuh

Bagi anda yang memiliki aktivitas cukup padat dan tubuh mudah lelah, maka anda bisa mengkonsumsi bawang putih. Sebab, manfaat mengkonsumsi bawang putih sudah sejak dulu dipercaya dapat menambah energi tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan berstamina.

10. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi bawang putih juga sangat dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, karena di dalam bawang putih mengandung zat yang sangat efektif untuk mengurai lemak jenuh dalam tubuh yang menjadi penyebab utama dari naiknya kadar kolesterol dalam darah. Memiliki kadar kolesterol yang stabil, maka kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai resiko penyakit berbahaya seperti hipertensi, jantung dan juga stroke.

11. Mencegah dan Mengobati Masuk Angin

Mengkonsumsi 1 siung sebelum bepergian atau bekerja malam ternyata sudah terbukti ampuh untuk mencegah tubuh mengalami masuk angin. Selain itu, bawang putih juga sangat ampuh untuk mengobati masuk angin dan gejalanya seperti perut kembung, meriang, mual dan juga pusing.

12. Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih juga ternyata sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi, terutama untuk anda yang memiliki gigi bolong. Kandungan zat antiseptik dan antibakteri yang terkandung di dalam bawang putih ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri pada gigi dan gusi, sehingga rasa sakit pada gigi pun akan berkurang.

Caranya yaitu, potong bawang putih berkuran kecil, lalu masukan potongan bawang putih tersebut pada bagian gigi yang bolong dan sakit. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sakit gigi hilang.

13. Mengobati Wasir

Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang masih berkaitan dengan pencernaan, tetapi skalanya sudah sangat parah. Kandungan zat yang terdapat di dalam bawang putih dengan sifat antibakterinya dipercaya sangat efektif untuk mengobati wasir. Cukup konsumsi 1 siung bawang putih 2 kali sehari, bawang putih ini akan bekerja untuk membantu melancarkan pencernaan dan menghambat perkembangan penyakit wasir agar tidak bertambah parah.

14. Mengobati Maag

Mengkonsumsi bawang putih juga efektif untuk mengobati sakit maag, kandungan senyawa yang ada di dalamnya dapat membantu mengurangi jumlah asam lambung berlebih dalam lambung. Dengan rutin mengkonsumsi 2-3 siung perhari, rasa sakit pada lambung pun akan berkurang dan sembuh.

15. Mengobati Penyakit Liver

Di dalam bawang putih mengandung zat antioksidan, allicin dan juga alin yang ternyata sangat berkhasiat untuk mengobati luka pada organ hati dan juga liver. Organ hati termasuk organ tubuh yang memiliki peran sangat penting dalam mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga jika organ hati mengalami masalah tentunya dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada organ hati. Bawang putih bisa menjadi obat alami yang sangat efektif untuk mengobati penyakit liver.

16. Mengatasi Impotensi

Di dalam bawang putih juga memiliki kandungan nitrit oksida sintase yang bersifat afrodisiak, zat tersebut terbukti efektif untuk membantu mengatasi masalah impotensi yang kerap dialami oleh para kaum pria dewasa.

Selain itu, kandungan zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi lemah syahwat. Seperti penggunaan obat, konsumsi bawang putih juga harus dilakukan secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil optimal. Akan tetapi mengkonsumsi bawang putih lebih aman dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia, obat-obatan kimia justru akan menimbulkan efek samping yang tidak bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

17. Baik untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan senyawa sallycylstein yang terkandung di dalam bawang putih terbukti sangat berkhasiat untuk mencegah degenerasi lobus frontal pada otak. Dengan demikian, fungsi otak akan semakin optimal dan mampu meningkatkan daya ingat pada memori otak.

18. Mengobati Sinusitis

Di dalam bawang putih juga mengandung zat yang berfungsi seperti allin yang dapat melawan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada sinus. Penyakit ini sering kali di alami oleh masyarakat Indonesia, maka untuk mencegah dan mengobatinya disarankan untuk rutin mengkonsumsi bawang putih.

19. Membersihkan Racun

Mengkonsumsi bawang putih juga bermanfaat sebagai detok bagi tubuh, karena di dalam bawang putih mengandung zat antioksidan yang sangat berguna untuk membersihkan zat racun yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh, anda bisa rutin mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

20. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Bagi anda yang sedang menjalankan diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan berlebih, sebaiknya anda menambahkan bawang putih pada menu diet anda. Sebab, kandungan zat yang terkandung di dalam bawang putih bermanfaat untuk menekan rasa lapar. Dengan demikian, program diet yang sedang anda jalani akan mendapatkan hasil optimal.

B. Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

Bawang putih tidak hanya baik untuk melezatkan masakan dan kesehatan tubuh saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kecantikan secara alami. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Menghaluskan dan Memperkuat Kuku

Sebagian orang ada yang pernah mengalami keropos pada kuku atau patah kuku. Hal ini disebabklan oleh karena kurangnya asupan kalsium dalam tubuh dan juga disebabkan oleh jamur kuku. Bawang putih memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan juga memiliki zat yang bersifat anti jamur. Maka bawang putih ini bisa kita manfaatkan untuk merawat kuku agar kuku menjadi halus dan lebih kuat.

Cara merawat kuku agar halus dan kuat, anda bisa menggosok kuku dengan bagian dalam bawang putih. Selain itu, anda juga bisa melakukannya dengan menghaluskan bawang putih, lalu oleskan dengan menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 1-2 kali seminggu.

2. Menghilangkan Uban

Munculnya uban memang dapat embuat kita merasa kurang percaya diri, karena kemunculan uban identik dengan usia yang sudah tidak muda lagi. Namun tidak selalu munculnya uban itu hanya terjadi pada orang tua saja, bahkan tidak sedikit di usia muda sudah bermunculan uban pada rambut kepala.

Untuk menghilangkan rambut beruban bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih, karena di dalam bawang putih mengandung mangan, seng, zinc dan juga natrium yang bermanfaat untuk menutrisi pigmen pada rambut kepala.

Caranya cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada kulit kepala, diamkan selama beberapa menit agar nutrisinya meresap maksimal. Setelah itu, bersihkan dengan keramas seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kecantikan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

3. Menghilangkan Ketombe

Cara diatas juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, karena di dalam bawang putih mengandung zat yang dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Hal ini dikarenakan, ketomebe sendiri merupakan tumpukan sel kulit mati yang disebabkan oleh kotoran pada kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih cukup mudah, haluskan bawang putih dan tambahkan seikit air perasan jeruk nipis atau lemon. Setelah itu, gunakan bahan alami tersebut dengan cara dioleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan selama beberapa menit dan kemudian bilas sampai bersih.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat bawang putih berikutnya dipercaya sangat bermanfaat untuk mecegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, karena di dalam bawang putih mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk kulit.

Seperti misalnya vitamin C, E dan juga antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih ini sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas, karena munculnya tanda-tanda penuaan dini dapat disebabkan oleh efek dari paparan radikal bebas.

5. Menghilangkan Jerawat

Kandungan zat anti septik dan anti bakteri yang terkandung di dalam bawang putih sangat berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga dengan mengoleskan bawah putih dapat membasmi kuman dan juga bakteri pada kulit yang berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih sangatlah mudah, anda cukup mengoleskan bawang putih halus pada kulit yang berjerawat secara merata, diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sampai jerawat hilang.

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih, salah sehat, dan silahkan berbagi pada teman lainnya. Jangan lupa like fansfage kami.