Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan Alami, Khasiat dan Efek Samping Bawang Merah, Sehat dengan Bawang Merah, Cara  Menggunakan / Memutihkan Wajah dengan Bawang Merah, Manfaat Bawang Merah untuk Kulit Gatal, Manfaat Masker Bawang Merah untuk Payudara, Khasiat Bawang Merah untuk Kecantikan


Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan – Sudah pasti semua orang kenal dengan salah satu bumbu masak yang satu ini, terutama bagi para ibu yang gemar memasak. Bawag merah merupakan jenis bawang yang mempunyai kulit berwarna merah dan bagian dalamnya berwarna putih berlapis-lapis mirip seperti cincin.

Selain dapat dijadikan bahan pada bumbu masakan, ternyata bawang merah juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam bawang merah mengandung berbagai jenis zat dan nutrisi penting yang sangat berkhasiat untuk mecegah dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Asal Usul Bawang Merah

Sebenarnya belum diketahui secara pasti asal pertama kali bawang ditemukan, namun banyak yang meyakini jika bawang merah berasal dari negara-negara yang berada di kawasan Asia Tengah seperti Iran Dan juga Pakistan. Budidaya bawang merah ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu, masyarakat yang berasal dari mesir kuno sering memanfaatkan bawang merah ini sebagai alat pembayaran untuk para pekerja yang membangun piramida. Sedangkan di India, bawang merah sangat populer dijadikan sebagai bumbu masakan, kemudian menyebar ke kawasan Eropa hingga ke berbagai negara di dunia termasuk ke Indonesia.

Kandungan Gizi Di Dalam Bawang Merah

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang ada dalam bawang merah ini, di dalam setiap 100 gram bawang merah mengandung :
  • Kalori, sebanyak 72 kal
  • Folat, sebanyak 0,1 gram
  • Soduim, sebanyak 12 mg
  • Potassium, sebanyak 334 mg
  • Karbohidrat, sebanyak 17 gram
  • Serat, sebanyak 3,2 gram
  • Gula, sebanyak 8 gram
  • Protein, sebanyak 2,5 gram

Selain beberapa kandungan nutrisi diatas, di dalam bawang merah juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium dan masih banyak lagi jenis nutrisi lainnya meski jumlahnya hanya sedikit.

Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, bawang merah ternyata memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan.

A. Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

Manfaat bawang merah yang pertama yaitu dipercaya sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah atau yang disebut dengan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), caranya yaitu dengan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh atau yang disebut dengan HDL (High Density Lipoprotein). Hal ini dikarenakan, di dalam bawang merah mengandung senyawa Quercetin yang berfungsi juga sebagai antioksidan jenis flavonoid yang sangat kuat.

2. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Jantung

Bawang merah juga sudah terbukti sangat efektif untuk memelihara kesehatan dan fungsi organ jantung agar optimal, kandungan sulfur yang ada dalam bawang merah ini akan bekerja untuk menurunkan tekanan darah berlebih dalam tubuh dengan cara mengencerkan darah yang mengalami pembekuan pada pembuluh darah.

Selain itu, di dalam bawang merah juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga kelenturan dari pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menjadi lebih elastis agar dapat terhindar dari proses penyempitan pembuluh darah.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Di dalam bawang merah juga kaya akan kandungan serat alami yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi bawang merah dapat membantu menjaga kesehatan dan kerja dari sistem pencernaan agar lebih optimal.

Selain itu, di dalam bawang merah juga mengandung serat larut khusus yang dikenal dengan nama oligofruktosa yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selain itu, berdasarkan dari sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Clinical Gastroenterology and Herepatology menemukan adanya oligofruktosa yang dapat mencegah dan juga mengobati diare dan juga penyakit disentri.

4. Mengurang Efek Peradangan

Senyawa Quercetin yang terkandung di dalam bawang merah tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, namun juga memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang sangat kuat, sehingga dapat membantu mengurangi efek peradangan dan mencegah jenis penyakit yang disebabkan oleh efek dari peradangan yang terjadi dalam tubuh.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa antioksidan lain yang ditemukan dalam bawang merah juga ada yang berjenis polifenol, antioksidan ini dapat berperan penting dalam melindungi tubuh dari bahaya serangan radikal bebas. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa di dalam bawang merah juga mengandung zat quercetin yang dapat bekerja dengan cara mengurangi reaksi dari gejala alergi dengan cara menghentikan produksi histamin dalam tubuh.

6. Mendetoksifikasi Tubuh

Di dalam bawang merah mengandung zat sulfur yang berfungsi sebagai zat untuk mendetoksifikasi tubuh dari sisa-sisa metabolisme tubuh. Selain itu, di dalam bawang merah juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk membantu memurnikan darah dengan cara menghapus timbal, kadmium, arsenik dan juga kadmium dalam tubuh.

7. Mencegah dan Mengobati Penyakit Hipertensi

Bawang merah juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah dan juga mengobati penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi, karena di dalam bawang merah mengandung vitamin C, sulfur dan juga kalium yang dapat berfungsi sebagai pengencer darah. Maka dari itu, banyak sekali para ahli pengobatan jantung alami yang menyarankan agar jangan lupa untuk memasukan bawang merah ke dalam menu masakan meeka yang menderita penyakit darah tinggi ini, apalagi jika di makan mentah bersama dengan acar untuk mencegah peningkatan tekanan darah tinggi.

8. Mencegah Kanker

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari sumber World’s Healthiest Foods dari George Mateljan Foundation, menjelaskan bahwa dengan rutin makan 1 siung bawang merah mentah per hari dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker kolorektal atau kanker usus besar, ovarium dan juga laring.

Sedangkan menurut informasi dari University of Maryland Medical Center menjelaskan, bahwa kandungan zat quercetin yang terkandung di dalam bawang merah berfungsi sebagai zat antikanker yang dapat menghambat perkembangan sel kanker pada payudara, prostat, usus besar, paru-paru dan juga endometrium.

9. Meredakan Gejala Asma

Manfaat bawang merah memang sudah diketahui sejak dulu jika ternyata sangat berkhasiat untuk meredakan gejala penyakit asma, karena di dalam bawang merah mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat zat yang dapat menyebabkan kejang otot bronkus dan juga dapat menenangkan otot pada saluran pernapasan. Dengan mengkonsumsi bawang merah mentah, gejala asma tidak akan gampang kambuh.

10. Mencegah Infeksi

Di dalam bawang merah juga mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan antibakterial, sehingga zat-zat tersebut mampu melawan bakteri salmonella dan juga E.Coli yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi yang dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan termasuk diare.

11. Meredakan Sakit Gigi

Bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat dengan ampuh membasmi bakteri penyebab sakit gigi, serta dapat membantu menenangkan saraf yang ada dalam gusi. Maka ketika anda menderita sakit gigi, segera obati dengan makan bawang merah.

12. Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan sulfur yang terkandung di dalam bawang merah dapat meningkatkan asam amino yang sangat diperlukan oleh otak dan sistem saraf. Dengan mengkonsumsi barang merah baik untuk memelihara sel otak dan juga dapat meningkatkan daya ingat.

13. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam bawang merah memiliki kandungan Gamma L Glutamyl yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan juga memperlambat aktivitas osteoklas (sel yang dapat memecah tulang). Berdasarkan dari hasil studi Jurnal Menopause menjelaskan bahwa dengan rutin mengkonsumsi bawang merah dapat membantu menjaga kepadatan tulang pada wanita yang sudah memasuki masa menopause, bahkan wanita yang sering mengkonsumsi bawang memiliki resiko patah tulang pinggul 20% lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak.

14. Menambah Nafsu Makan

Di dalam bawang merah juga mengandung asam glutamat yang sangat baik untuk melezatkan rasa makanan, karena di dalam bawang mengandung zat aditif makanan alami yang dapat menambah selera makan bagi orang yang sedang mengalami kurang nafsu makan.

15. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kandungan kromium yang terkandung di dalam bawang merah dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sementara kandungan sulfurnya bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah dengan cara meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Maka dari itu, bawang merah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita penyakit diabetes.

B. Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata bawang merah juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan alami. Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Penyebab utama penuaan dini yaitu disebabkan oleh paparan radikal bebas dan juga siar UV berlebih, untuk melawan radikal bebas pada kulit bisa anda lakukan dengan cara melakukan perawatan dengan bawang merah. Hal ini dikarenakan, di dalam bawang merah mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, di dalam bawang merah juga mengandung vitamin A, C  dan juga vitamin E yang sangat baik untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Di dalam bawang merah juga mengandung zat quercetin yang dapat menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Dengan melakukan perawatan kecantikan menggunakan bawang merah secara rutin dan teratur, maka kulit akan terlihat lebih sehat dan tampak awet muda. Cara mencegah penuaan dini dengan bawang merah sangatlah mudah, anda cukup menghaluskan bawang merah dengan parut, lalu peras airnya dan gunakan sebagai masker pada kulit. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Menghilangkan Jerawat Membandel

Di dalam bawang merah mengandung zat yang bersifat zat antiseptik dan anti-bakterial. Maka dari itu, bawang merah ini memiliki khasiat untuk mencegah peradangan dan juga infeksi jerawat pada kulit wajah. Dengan rutin melakukan perawatan dengan bawang merah ini, maka dapat menghilangkan jerawat dengan cepat.

Caranya yaitu, siapkan parutan bawang merah secukupnya dan tambahkan minyak zaitun. Aduk kedua bahan alami tersebut secara merata. Setelah itu, oleskan campuran bahan alami tersebut pada bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bersihkan. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sampai jerawat hilang.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Ketergantungan menggunakan pemutih wajah memang tidak baik untuk kulit, apalagi jika produk krim pemutih wajah yang anda gunakan belum terdaftar di BPOM. Maka dari itu, sebaiknya anda gunakan pemutih kulit wajah alami dengan memanfaatkan bawang merah. Hal ini dikarenakan, di dalam bawang merah mengandung zat flavonoid dan juga vitamin yang sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah kusam.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam memang dirasa sangat mengganggu sekali, karena flek hitam yang muncul pada kulit wajah dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam mulai dengan cara alami dan modern, namun jika anda yang mencari cara alami bisa memanfaatkan bawang merah. Caranya yaitu, anda bisa mengoleskan air perasan dari bawang merah secara rutin dan teratur setiap malam. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Melangsingkan Tubuh

Kandungan mineral kromium yang terkandung dalam bawang merah dapat memetabolisme karbohidrat dan juga mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kromium dalam bawang merah tersebut sangat baik untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh dan juga menurunkan berat badan. Maka bagi anda yang ingin memiliki tubuh yang langsing, anda bisa rutin mengkonsumsi bawang merah sebanyak 3-4 siung perhari. Anda bisa mengkonsumsi bawang dengan acar.

6. Mengencangkan Payudara

Apakah anda ingin memiliki bentuk payudara yang indah dan kencang? Hindari mengkonsumsi pil-pil berbahaya, anda bisa melakukannya dengan cara alami menggunakan bawah merah. Caranya sangat mudah, anda cukup menghaluskan bawang merah dengan blender secukupnya, lalu tambahkan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, gunakan campuran kedua bahan alami tersebut secara merata sambil memijatnya secara perlahan. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas hingga bersih.

7. Mencegah Dan Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat bawang merah untuk kecantikan selanjutnya yaitu dapa mencegah dan mengatasi rambut rontok, karena kandungan sulfur yang terkandung di dalam bawang merah dapat membantu mengatasi kerontokan dan sekaligus menyuburkan rambut. Caranya sangat mudah, haluskan bawang merah dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Sebelum digunakan, basahi terlebih dahulu rambut dan kulit kepala dengan air hangat dan keringkan. Selanjutnya, balurkan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat secara perlahan, diamkan  kurang lebih 25 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa.

8. Menghilangkan Ketombe dan Kutu Rambut

Selain dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok, ternyata bawang merah juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan ketome dan juga kutu rambut.\

Caranya yaitu, siapkan beberapa siung bawang merah dan haluskan. Setelah itu, tambakan air perasan jeruk nipis atau lemon dan minyak zaitun secukupnya saja dan aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, basahi rambut dan kulit kepala, lalu balurkan campuran bawang merah yang telah dibuat tadi secara meraha pada kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup kepala kurang lebih 15 menit dengan menggunakan handuk atau shower cup. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara alami ini secara rutin minimal 2 kali seminggu. Dalam beberapa minggu, ketombe dan kutu rambut akan minggat dan tidak akan kembali lagi.

C. Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Merah secara Berlebihan

Meski memiliki banyak manfaatnya, namun hindari mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, kandungan zat yang terkandung di dalam bawang merah dapat menyebabkan mual, pusing, mulas, perut kembung dan juga bau badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, batasi penggunaan bawang merah ini, atau konsulasikan terlebih dahulu dengan dokter jika akan menggunakan bawang merah sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit yang sedang anda derita.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda semua serta bisa menambah wawasan. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel di blog ini. Cukup sekian dan salam sehat. Please share.