Manfaat Tahu, Tempe, dan Telur untuk Kesehatan

Manfaat Tahu, Tempe, dan Telur untuk Kesehatan Tubuh -- Manfaat Makan Tahu - Tempe - Telur untuk Pria dan Wanita, Manfaat Makan Tahu - Tempe - Telur Setiap Hari, Manfaat Tahu - Tempe - Telur untuk Diet, Kandungan Gizi Tahu - Tempe - Telur, Manfaat Kesehatan dari Tahu, Tempe, dan Telur, Khasiat dari Makan Tahu, Tempe, dan Telur Setiap Hari untuk Kesehatan & Diet.


Manfaat Tahu, Tempe, dan Telur untuk Kesehatan -- Tahu, Tempe, dan Telur merupakan jenis makan pokok yang disukai oleh banyak orang. Selain murah, makanan tersebut juga kaya gizi dan nutrisi karena termasuk kendalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yang menyehatkan. 

Ada banyak sekali manfaat dari ketiga jenis makanan tersebut bagi kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak menganai manfaat Tahu, Tempe, dan Telur. Pada artikel kesehatan kali ini, kami akan mengulasnya satu persatu dibawah berikut ini.

A. Manfaat Tahu untuk Kesehatan


Tahu merupakan salah satu jenis makanan pokok yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu sendiri umumnya memiliki bentuk bulat dan kotak serta memiliki warna putih. Makanan ini sangat disukai oleh masyarakat, karena selain rasanya yang enak harganya pun cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. 

Selain itu, tahu juga memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi. Di dalam tahu mengandung isoflavon, zat besi, karbohidrat, protein, lemak, kalsium dan beberapa jenis vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Rajin makan tahu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, karena banyak dijual baik di warung-warung, pasar tradisional maupun di swalayan. Untuk mengetahui beragam manfaat tahu untuk kesehatan tubuh, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Berikut ini beberapa manfaat makan tahu untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat tahu yang pertama yaitu baik untuk membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, karena di dalam tahu mengandung zat besi yang berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi darah.

2. Mencegah Rambut Rontok

Tahu juga dapat bermanfaat untuk mencegah rambut rontok, kandungan protein di dalam tahu cukup tinggi dan baik untuk memelihara kesehatan rambut. Maka dari itu, bagi anda yang ingin miliki rambut sehat dan bebas rontok anda bisa rutin makan tahu.

3. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Rutin makan tahu dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan juga memperkuat tulang, karena di dalam tahu mengandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium, selenium dan juga mangan yang sangat baik untuk menurisi tulang. Dengan rutin mengkonsumsi tahu, maka tulang anda akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis.

4. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya itu saja, manfaat makan tahu juga terbukti ampuh untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Karena di dalam tahu mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah pada kulit.

5. Baik untuk Diet

Tahu juga bisa anda masukan ke dalam menu makanan sehat untuk diet, karena tahu termasuk makanan yang rendah lemak dan kalori. Tentunya hal ini sangat baik dan bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Energi Tubuh

Bagi anda yang memiliki aktivitas pekerjaan cukup padat dan menguras banyak energi tubuh, maka sangat penting sekali bagi anda untuk rutin makan tahu, karena makan tahu dapat menambah energi tubuh. Dengan rutin makan tahu, maka energi yang dibtuhkan oleh tubuh akan terpenuhi dengan baik dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik dan lancar.

7. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker

Manfaat makan tahu juga dipercaya mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker, karena di dalam tahu mengandung senyawa isoflavon yang sudah terbukti mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Maka bagi anda yang ingin terbebas dari penyakit kanker, anda bisa jadikan tahu sebagai makanan utama sehari-hari.

8. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Selain dapat mencegah kanker, makan tahu juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Karena di dalam tahu memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat tinggi, sehingga makan tahu sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

9. Mencegah Anemia

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, makan tahu juga ternyata bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia. Sebab, di dalam tahu juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah baru yang dibutuhkan oleh tubuh.

10. Menurunkan Kadar Gula Darah Berlebih

Tahu juga sangat baik untuk dijadikan sebagai makanan utama bagi pasien penderita diabetes. Diabetes sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, makan tahu sangat baik bagi anda yang menderita penyakit diabetes, karena dapat membantu menurunkan kadar gula darah berlebih di dalam darah. Sedangkan bagi anda yang sehat, makan tahu secara rutin sangat baik untuk mencegah terkena penyakit yang dianggap mematikan ini.

Perhatian :
Hindari memasak tahu dengan cara digoreng atau disayur dengan santan, karena justru dapat menjadi biang penyakit. Sebaiknya tahu diolah dengan cara di kukus atau disayur bening tanpa menggunakan santan.

B. Manfaat Tempe untuk Kesehatan


Sama seperti tahu, tempe juga merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Berbeda dengan tahu dalam cara pembuatannya, pembuatan tempe sendiri yaitu hasil dari proses fermentasi. Tempe jenis makanan yang mengandung senyawa probiotik atau bakteri baik yang sangat menyehatkan untuk tubuh kita. Dari kandungannya tersebut tempe sangat disukai oleh seorang vegetarian, karena tempe memiliki rasa yang nikmat dan kandungan gizinya yang lengkap.

Maka dari itu, pantas saja jika para ahli gizi sering menyarankan untuk makan tahu dan tempe, karena kedua makanan tersebut memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang. Ada banyak sekali manfaat tempe untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat tempe dipercaya mampu menurunkan kolesterol tinggi, karena di dalam makanan ini mengandung protein dan beberapa jenis zat yang berperan dalam mengurai kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang terlampau tinggi kerap menjadi pemicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah, sehingga dengan rutin makan tempe setiap hari dapa mencegah resiko terkena penyakit jantung dan juga stroke.

2. Sumber Energi

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, maka tempe bisa menjadi makan sehat yang tepat untuk mendukung program diet yang sedang dijalankan agar mendapatkan hasil optimal. Karena, di dalam tempe mengandung vitamin dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk membantu proses metabolisme energi di dalam tubuh. Maka dari itu, sama seperti tahu makanan ini juga sangat baik untuk anda yang memiliki aktivitas cukup padat dan menguras banyak energi.

3. Mencegah Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Di dalam tempe mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah dalam tubuh serta mencegah pembekuan darah. Tekanan darah yang terlampau tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan bahkan menyebabkan pecahnya pembuluh darah hingga berujung kematian. Maka untuk mencegah hal seperti itu, anda bisa mengkonsumsi tempa setiap hari.

4. Mencegah Kanker

Di dalam tempe juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas, senyawa ini terbukti mampu menangkal dan melawan serangan radikal bebas berbahaya yang dapay memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

5. Mencegah Menopause

Selain bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, manfaat mengkonsumsi tempe juga dapat mencegah munculnya gejala menopause. Hal ini dikarenakan, di dalam tempe mengandung senyawa isoflavon dan zat antioksidan yang mampu mencegah gejala menopause yang kerap dialami oleh para kaum perempuan. Selain itu, dengan adanya senyawa tersebut, maka dapat berperan sebagai zat untuk mengatur kadar estrogen dalam tubuh.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tempa sudah sangat dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan serat. Seperti yang kita tahu bahwa serat merupakan kandungan gizi yang sangat bermanfaat sekali untuk membantu proses pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pada pencernaan. Dengan demikian, rutin makan dengan tempe sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dan mencegah munculnya berbagai gangguan pada pencernaan seperti sembelit, susah BAB dan bahkan dapat mencegah diare.

Selain itu, mengkonsumsi tempe juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Oleh sebab it, tempe sangat bagus sekali jika dimasukan ke dalam daftar menu diet harian anda yang sedang manjalani program diet sehat.

7. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Di dalam tempe mengandung segudang gizi dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh, diantaranya yaitu vitamin B1, B3 dan juga niacin. Kandungan tersebut berfungsi sebagai zat yang dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh, sehingga kesehatan tubuh akan selalu terlindungi dan tubuh tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh proses metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik.

Perhatian :
Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat secara optimal dari tempe, hindar mengolah atau memasak tempe dengan cara digoreng atau diolah dengan menggunakan kuah santan.

C. Manfaat Telur untuk Kesehatan


Dalam hal nutrisi, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam telur memang sulit untuk ditandingi. Itulah kenapa telur dimasukan ke dalam kategori ‘superfood’. Mengkonsumsi telur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, karena telur kaya akan protein yang sangat baik untuk mencerdaskan otak dan kesehatan tubuh lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat telur untuk kesehatan yang penting untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Di dalam telur mengandung vitamin A yang sangat tinggi, tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin A ini dapat menyebabkan penurunan kesehatan mata seperti mata minus, katarak dan juga degenerasi makula. 

Selain itu, di dalam telur juga mengandung senyawa seperti lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata. Senyawa antioksidan ini akan terkumpul pada retina mata dan melindungi mata dari substansi-substansi yang berbahaya. Dengan mengetahui manfaat dari telur ini, maka manfaat telur tidak hanya baik untuk orang dewasa, tetapi juga baik untuk anak-anak.

2. Baik untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui banyak hal tentang kolin (choline). Meski demikian, kolin adalah sejenis zat yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Namun sayangnya banyak orang yang tidak mendapatkan asupan nutrisi ini dalam jumlah cukup.

Kolin adalah zat atau nutrisi penting yang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak sejak masih berada dalam kandungan, anak-anak hingga usia lanju. Kolin sendiri dapat berfungsi sebagai membran sel dan berperan penting dalam memproduksi molekul sinyal menuju otak, memperbaiki kerusakan pada fungsi memori otak dan juga berbagai masalah lainnya yang berkaitan dengan kesehatan otak.

Di dalam 1 butir telur mampu mencukupi kebutuhan kolin sebanyak 28% bagi wanita hamil. Kolin sendiri termasuk kandungan nutrisi yang sangat penting pada masa kehamilan dan juga menyusui, karena kolin memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung perkembangan otak serta meningkatkan fungsi dari memori janin dan anak-anak.

3. Baik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Pada tahun 90-an, telur merupakan jenis makanan yang termasuk memiliki reputasi buruk karena memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Pada saat itu, telur dianggap memiliki resiko buruk bagi kesehatan dibandingkan dengan manfaatnya untuk kesehatan. Pada dasarnya telur memang mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Faktanya, di dalam satu butir telur mengandung kolesterol sebanyak 210 mg, lebih dari setengah jumlah kolesterol yang diperlukan oleh tubuh yaitu sekar 300 mg perhari.

Kendati demikian, asupan kolesterol bukan berarti dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh. Organ hati atau liver akan memproduksi kolesterol dalam jumlah yang cukup banyak setiap harinya, namun pada saat kita mengkonsumsi telur, organ liver yang sehat akan memproduksi kolesterol lebih sedikit sehingga tidak menyebabkan jumlah koleserol dalam tubuh berada dalam jumlah yang berlebihan.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata telur dimasukan ke dalam kategori jenis makanan yang sangat baik dan menyehatkan dan bahkan masuk ke dalam daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Bagi anda yang sedang menderita penyakit kolesterol tinggi dan merasa ragu untuk mengkonsumsi telur, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Namun perlu anda ketahui bahwa kandungan kolesterol yang terdapat di dalam telur termasuk jenis kolesterol baik, asalkan diolah atau dimasak dengan cara direbus bukan digoreng. Jika digoreng, maka kadar kolesterol yang ada di dalamnya akan berbalik menjadi kolsterol jahat yang dihasilkan dari minyak goreng.

4. Telur Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi telur dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, karena kandungan protein yang ada dalam telur sangat tingggi. Telur sendiri mempunyai tingkat satiety index yang cukup tinggi. Satiefty Index yaitu ukuran yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari sebuah makanan dapat memberikan efek kenyang tanpa menambahkan asupan kalori lebih banyak ke dalam tubuh.

Dengan mengkombinasikan telur, gandum utuh dan beberapa jenis sayuran sudah cukup lengkap untuk dijadikan sebagai menu sehat, serta dapat memberikan banyak energi bagi tubuh untuk mendukung aktivitas yang biasa dijalankan sehari-hari. Berkat manfaatnya yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama, telur ini sangat cocok dimasukan ke dalam daftar menu makanan sehat bagi orang yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan atau diet.

5. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Rambut dan kuku dapat dijadikan sebagai bagian tubuh untuk menggambarkan adanya ketidakseimbangan biokimia akibat kekurangan nutrisi. Mengkonsumsi telur dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut dan kuku, karena di dalam telur mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin A dan E, sam amino dan juga beberapa kandungan mineral penting lainnya.

Dengan mengkonsumsi telur setiap hari, maka kesehatan rambut dan kuku akan lebih terjaga dan kuat. Maka bagi anda yang sering mengalami masalah pada rambut dan kuku, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi telur.

Perhatian :
Dalam hal ini, kami hanya menganjurkan anda untuk mengkonsumsi telur rebusan bukan telur yang diolah atau dimasak dengan cara di goreng atau dikuah santan.

Itulah artikel yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini tentang Manfaat Tahu, Tempe, dan Telur untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.