Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Program Hamil (Promil)

Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan dan Program Hamil (Promil) -- Khasiat Buah Zuriat untuk Promil dan Cara Konsumsinya Agar Hamil, Cara Program Hamil (Promil) dengan Buah Zuriat, Manfaat Buah Zuriat untuk Pria - Wanita - Ibu Hamil, Cara Mengonsumsi Buah Zuriat untuk Promil, Ciri-Ciri Buah Zuriat, Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Buah Zuriat, Asal Buah Zuriat.


Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan dan Program Hamil (Promil)Buah zuriat merupakan jenis salah satu jenis buah-buahan yang sudah cukup di Arab Saudi, terutama di kalangan para jemaah haji karena biasanya buah ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh pula dari tanah suci selain kurma. Tidak hanya banyak dan mudah ditemukan di area Mekah dan Madina saja ternyata, tetapi juga di Sudan, Tanzania dan juga Kenya.

Ada banyak sekali manfaat dari buah ini yang bisa kita dapatkan, salah satunya bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk pengobatan dan bagi para pasangan suami istri yang masih belum dikarunia anak. Bahkan di daerah asalnya buah ini dikenal dengan sebutan buah Adam atau buah Hawa, ada juga yang menyebut buah ini dengan nama buah Doum.

Sebelum kami mengulas lebih jauh mengenai manfaat buah zuriat untuk kesehatan dan kehamilan seperti yang telah kami janjikan dalam judul artikel kali ini. kami akan sedikit mengulas tentang ciri-ciri buah zuriat kepada anda yang belum mengenal buah ini dan berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya. Penasaran, seperti apa buah zuriat ini? langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini!

A. Ciri-Ciri Buah Zuriat

Buah zuriat memiliki ciri-ciri berwarna kuning dan sedikit kemerahan semu orange, ukuran dari buahnya mirip seperti buah apel hanya saja buah zuriat ini bentuknya ada sedikit lonjong mirip seperti jahe. Rasa dari buah zuriat ini agak manis dengan serar yang tebal dan memiliki tekstur yang agak kenyal.

Buah ini bisa dimakan mentah dan bisa pula dijadikan sebagai campuran masakan, sedangkan pada bagian bijinya dan juga kulitnya sering dikonsumsi untuk dibuat sirup atau manisan. Bagi mereka yang hidup dilingkungan gurun pasir seperti yang ada di Mekah, Madina dan Mesir, biasanya buah ini sering dimanfaatkan untuk pengganjal perut untuk menahan rasa lapar. Bahkan ketika masyarakat Turkana di Kenya dilanda kekeringan panjang, buah zuriat menjadi salah satu jenis buah-buahan yang dimanfaatkan untuk membantu mereka bisa tetap bertahan hidup.

B. Kandungan Gizi dan Nutrisi di Dalam Buah Zuriat

Di dalam buah zuriat dikenal memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap dan tergolong cukup tinggi, sehingga membuat buah ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kehidupan manusia.

Cara mengkonsumsi buah zuriat umumnya dijadikan bahan campuran ke dalam masakan atau bisa juga diolah dengan cara disuguh langsung atau dijadikan infus air panas. Pada saat buah zuriat diseduh dengan air panas, pulp yang dihasilkan dari buah ini bisa berfungsi sebagai tonik kesehatan, ini dikarenakan ada banyak kandungan gizi yang terdapat pada buah ini.

Di dalam daging buah zuriat terdapat sekitar 24.05% kandungan air, buah ini memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban sekitar tanpa terjadi peningkatan di dalamnya. Daging buah zuriat cukup tebal yaitu sekitar 3.19-7.57 mm dengan ketebalan rata-rata sekitar 5.43 mm. pada saat dikupas kulit buahnya, ketebalan dari daging buah ini masih tetap dapat dipertahankan.

Buah zuriat mengandung nutrisi yang lengkap dan bermanfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kehamilan, diantaranya yaitu mengandung energi, karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, dan masih banyak kandungan nutrisi penting lainnya.

C. Ragam Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan dan Program Hamil (Promil)

Berikut ini beberapa manfaat buah zuriat yang perlu anda ketahui untuk kesehatan dan juga program hamil, diantaranya yaitu :

1. Menangkal Serangan Radikal Bebas

Perlu anda semua ketahui bahwa di dalam buah zuriat mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi dan nitrogen reaktif, kedua kandungan zat tersebut sangat efekif untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa bahaya radikal bebas dapat menjadi pemicu penyakit kanker.

2. Meredakan Stres

Buah zuriat juga bermanfaat untuk membantu meredakan stres, karena di dalam buah ini mengandung zat antioksidan phytoctemical, kumarin, hydroxycinnamates dan juga flavonoid serta lignin yang sangat bermanfaat untuk membantu meredakan stres oksidatif dan stres yang disebabkan oleh karena pengaruh dari radikal bebas berbahaya.

3. Mencegah dan Menurunkan Hipertensi

Buah zuriat juga sangat berkhasiat untuk membantu mencegah peningkatan tekanan darah di dalam tubuh, dengan mengkonsumsi buah ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit darah tinggi, maka sebaiknya jangan ragu untuk mengkonsumsi buah zuriat. Usahakan mengkonsumsi buah zuriat ini ketika masih dalam keadaan mentah, karena jika buahnya sudah matang daging buahnya akan sulit untuk dikonsumsi.

4. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sudah sangat terkenal mematikan, karena penyakit ini hingga saat ini masih belum ditemukan obatnya. Pemberian obat-obatan medis hanya bersifat sebagai penghambat perkembangannya saja, namun berkat kandungan zat antioksidan yang ada di dalam buah zriat dipercaya efektif untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

5. Mencegah dan Mengatasi Alergi

Di dalam buah zuriat mengandung senyawa flavonoid dan hydroxycinnamates yang sangat dipercaya mampu mencegah dan mengatasi alergi.

6. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat mencegah kanker, ternyata kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah zuriat ini sangat efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Maka dari itu, konsumsilah buah zuriat secara rutin setiap hari untuk mendapatkan kulit sehat dan terlihat awet muda.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Di dalam buah zuriat juga mengandung kalium dan juga zat besi yang sangat efektif untuk membantu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga peredaran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu, buah zuriat juga sangat bermanfaat untuk membantu mencegah dan melindungi saraf dari bahaya kelebihan garam, acid, glukosa dan juga lemak. Seperti yang kita semua ketahui, bahwa tubuh yang mendapatkan zat-zat tersebut dalam jumlah berlebih dapat memicu berbagai jenis penyakit mematikan, seperti penyakit jantung dan stroke.

8. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Kandungan zat anti-inflamasi yang terkandung di dalam buah zuriat ini sangat efektif untuk membantu mencegah dan mengatasi peradangan.

9. Memperbaiki dan Menstabilkan Hormon

Menurut hasil sebuah penelitian beberapa para ahli menjelaskan bahwa, manfaat buah zuriat ini sudah pernah diteliti dengan menggunakan 2 responden. Hasilnya, buah asli berasal dari Mesir ini ternyata mampu memperbaiki hormon agar kembali subur dan mengaktifkan sel darah merah yang baru tanpa harus merusak sel darah merah yang lama.

10. Mengobati Sakit Mata Hewan Ternak

Manfaat buah zuriat berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu dapat menjaga kesehatan mata dan mengobati sakit mata pada hewan ternak.

11. Menambah Stamina dan Tenaga

Mengkonsumsi buah zuriat juga bermanfaat untuk membantu menambah stamina dan tenaga dalam tubuh, bahkan masyarakat sekitar sering memanfaatkan buah zuriat ini sebagai salah satu jenis buah yang mampu menahan rasa lapar lebih lama dan mencegah seseorang mengalami kelaparan meski tidak maka seharian.

12. Melancarkan Pencernaan

Buah zuriat juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah zuriat secara rutian setiap hari dapat membantu mencegah sembelit, melancarkan buang air besar dan berbagai gangguan kesehatan pada sistem pencernaan lainnya.

13. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam buah zuriat juga mengandung vitamin C yang sangat berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan kuman, bakteri dan juga virus yang membawa penyakit. Dengan mengkonsumsi buah zuriat ini, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit, diantaranya seperti batuk, pilek flu dan demam.

14. Mencegah Dan Mengatasi Osteoporosis

Buah zuriat juga mengandung beberapa jenis mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama tulang. Hal ini dikarenakan, konsumsi buah zuriat ini sangat bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit osteoporosis serta berbagai masalah kesehatan tulang lainnya.

15. Melancarkan Siklus Haid

Dengan rutin minum air rebusan buah zuriat dipercaya bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah haid yang tidak lancar, karena minum air buah zuriat dapat melancarkan peredarah darah di dalam tubuh termasuk keluarnya darah haid.

16. Menutrisi Tubuh

Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam buah zuriat, maka dengan mengkonsumsi atau minum air rebusan buah zuriat ini sangat bermanfaat untuk diserap oleh tubuh.

17. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah zuriat ini memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi atau minum air rebusan buah zuriat dipercaya bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi tubuh yang sedang mengalami dehidrasi.

18. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan berikutnya yaitu diduga sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kuman yang berkembang di dalam luka juga bisa dibasmi dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

D. Cara Mengonsumsi Buah Zuriat secara Umum

Sudah sejak lama buah zuriat ini sering dimanfaaatkan sebagai bahan alami untuk pengobatan di kalangan masyarakat Mekah dan Madinah, karena di dalam buah zuriat sendiri mengandung zat berbersifat sebagai antiseptik, antibakteri, antikanker dan juga antioksida yang sangat kuat. Maka tak heran jika buah zuriat ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi buah zuriat? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Dimakan Langsung

Berbeda dengan jenis buah yang bisa kita temukan, umumnya buah yang biasa kita akan harus menunggu matang terlebih dulu bari bisa dimakan, berbeda dengan buah zuriat yang justru sebaliknya buah ini hanya bisa dimakan pada saat masih mentah, karena buah zuriat yang sudah matang akan sulit untuk dimakan karea keras. Buah zuriat yang sudah matang lebih sering dijadikan sebagai campuran pada masakan atau dijadikan sebagai obat.

2. Direbus

Cara mengkonsumsi buah zuriat berikutnya bisa dengan cara direbus terlebih dulu, caranya yaitu dengan memotong-motong buah zuriat dan ambil bagian daging buahnya. Setelah itu, rebus dengan air dan anda bisa meminum air rebusan buah zuriat ini. Rasa air rebusan buah zuriat memang tawar, namun jika ingin terasa lebih nikmat bisa ditambahkan dengan madu atau gula merah.

3. Dihaluskan

Cara berikutnya yaitu dengan dihaluskan. Caranya yaitu, ambil satu buah zuriat dan geperek hingga hancur dan haluskan, setelah itu anda bisa memasukannya ke dalam kapsul kosong dan meminumnya.

4. Merebus Biji dan Kulit

Cara terakhir mengkonsumsi buah zuriat untuk dijadikan sebagai obat herbal yaitu dengan merebus biji dan kulit buah zuriat, rebus hingga air rebusannya berwarna mirip seperti warna air teh. Cara ini bisa dilakukan oleh para pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan keturunan. Dengan rutin minum air rebusan buah zuriat setiap hari selama 44 hari dapat meningkatkan kesuburuan baik pada kaum pria dan juga wanita, sehingga kemungkinan peluang agar bisa hamil lebih besar.

Selain seperti cara yang kami jelaskan diatas, anda juga dapat melakukan cara lain yaitu dengan merebus biji dan juga kulit buah zuriat dengan 5 gelas air. Rebus selama kurang lebih 15 menit, lalu biarkan airnya dingin. Setelah itu, haluskan biji dan kulit buah zuriat dengan blender, lalu rebus lagi dengan air tadi hingga mendidih. Terakhir saring airnya, lalu minum setiap pagi dan malam.

D. Manfaat Buah Zuriat untuk Program Hamil (Promil)

Selain bermanfaat bagi kesehatan masyarakat secara umum, ternyata buah zuriat juga bermanfaat untuk pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan keturunan dan kehamilannya. Untuk lebih jelasnya, simak sedikit ulasannya dibawah berikut ini!

Menurut hasil penelitian dijelaskan bahwa buah zuriat diduga sangat efektif untuk membantu meningkatkan kesuburan sperma dan juga ovum serta mengatasi sperma encer. Maka tak heran jika mengkonsumsi buah zuriat ini sangat baik dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang masih belum memiliki momongan. Selain itu, buah zuriat juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sudah pernah mengalami keguguran, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah zuriat bermanfaat untuk menguatkan rahim.

E. Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat Agar Cepat Hamil

1. Cara Pertama :
  1. Siapkan buah zuriat, lalu belah menjadi dua bagian
  2. Setelah itu, rajang buahnya dan rebus dengan air sebanyak 1 gelas
  3. Rebus sampai warna airnya berubah seperti air teh
  4. Minum secara rutin dan teratur air rebusan buah zuriat tersebut 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur atau sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan

2. Cara Kedua :
  1. Siapkan 1 buah zuriat mentah, lalu kupas kulitnya dan belah menjadi dua bagian
  2. Ambil daging buahnya saja dan potong lagi menjadi beberapa bagian
  3. Setelah itu, rebus dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga airnya hanya tinggal 1 gelas saja
  4. Angkat dan saring airnya, lalu tambahkan madu atau gula
  5. Minum secara rutin sebanyak 1 gelas perhari

3. Cara Ketiga :
  1. Hancurkan buah zuriat dengan menggunakan palu, lalu jemur hingga kering selama seharian
  2. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender hingga menjadi serbuk
  3. Masukan ke dalam kapsul, lalu minum 2 kapsul pada pagi dan malam sebelum tidur

4. Cara Keempat :
  1. Siapkan dua biji buah suriat, lalu kupas kulit bijinya sampai daging buahnya habis
  2. Ambil dagingnya yang berwarna putih, potong kecil-kecil
  3. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan biarkan sampai airnya tinggal tersisa 1 gelas saja
  4. Angkat dan saring airnya, minum selagi hangat sampai habis

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaatnya?

Penting sekali untuk anda ingat, bahwa informasi ini hanya sebatas ulasan untuk menambah pengetahuan saja, jika anda ingin mencoba pengobatan dengan buah zuriat ini, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan terkait masalah kehamilan atau program kehamilan supaya lebih jelas. 

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan dan Program Hamil (Promil). Cukup sekian dan semoga bermanfaat untuk anda semua. Thanks.