28 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

28 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Jenis Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Lari Pagi Bagi Kulit Wajah, Manfaat Olahraga Bagi Pria dan Wanita, Jenis Olahraga untuk Awet Muda, Manfaat Jogging untuk Kecantikan, Manfaat dan Khasiat Lari Pagi untuk Kesehatan, Kecantikan, Ragam Manfaat Berolahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Manfaat olahraga memang sudah diketahui oleh hampir semua kalangan masyarakat, namun mungkin masyarakat umum hanya mengetahui sebagian kecilnya saja sehingga tidak banyak orang yang senang menjalani aktivitas olahraga secara rutin setiap hari.

Masyarakat yang rutin menjalani olahraga adalah mereka yang sudah tahu dan merasakan banyak sekali manfaat dari olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya masyarakat yang memiliki aktivitas cukup padat sering kali mengabaikan pentingnya untuk olahraga.

Setidaknya, kita sangat dianjurkan untuk menjalani aktivitas olahraga secara rutin setiap hari minimal 30 menit perhari. Kesadaran bagi masyarakat untuk menjalani olahraga masihlah sangat minim, sehingga sangat sedikit orang yang senang menjalani aktivitas olahraga.

Manfaat olahraga sendiri tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk merawat kulit agar terlihat sehat dan cantik.

Baca Juga : Manfaat Mandi Pagi dan Sore untuk Kesehatan

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari olahraga, mungkin para pembaca sekalian mulai tertarik untuk menjalani olahraga secara rutin setiap hari. Berikut Informasinya!

A. Ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh yang perlu anda semua ketahui, diantaranya yaitu :

1. Meringankan Kerja Jantung

Menjalani aktivitas olahraga secara rutin dan teratur dapat membantu meringankan kinerja organ jantung anda dalam mengalirkan dan memompa darah menuju organ-organ di dalam tubuh. Dengan demikian, kesehatan organ jantung pun akan selalu terjaga dan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung ataupun serangan jantung.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Rutin berolahraga dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, karena dengan olahraga otot-otot di dalam tubuh dan pembuluh darah menjadi lebih lentur. Otot-otot yang lentur dapat menjadikan pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga dapat terhindar dari resiko terjadi penyumbatan pembuluh darah yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

3. Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Bagi para remaja yang masih pada masa pertumbuhan, rutin berolahraga sangat penting untuk dijalankan setiap hari, jenis olahraga yang sangat baik dilakukan oleh para remaja diantaranya seperti berenang dan lari. Hal ini dikarenakan, dengan rutin berolahraga dapat membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan memiliki tubuh yang tinggi.

Berbeda dengan remaja yang malas berolahraga, pertumbuhan tulangnya tidak akan optimal sehingga tinggi badannya pun tidak akan maksimal.

4. Menjaga Kepadatan Tulang

Rutin berolahraga dengan didukung konsumsi susu tinggi kalsium sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang, terutama tulang bagian belakang sehingga tulang tidak akan mudah keropos dikemudian hari. Dengan rutin menjalani olahraga ringan seperti jogging setiap pagi minimal 30 menit dapat membantu memelihara tulang dan meningkatkan kepadatan tulang, sehingga akan membuat tulang menjadi semakin padat dan kokoh serta terhindar dari penyakit osteoporosis.

5. Mencegah dan Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, maka olahraga sangatlah penting untuk anda jalankan secara rutin setiap hari, karena dengan berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan bagi anda yang menjalani program diet namun tidak diimbangi dengan olahraga, maka hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal dan bahkan diet yang anda jalan bisa gagal.

Sedangkan bagi anda yang sudah memiliki postur tubuh dan berat badan ideal, olahraga tetap penting untuk dijalankan. Sebab, selain dapat mencegah peningkatkan berat badan berlebih juga sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti, jantung, paru-paru dan organ tubuh lainnya.

6. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Dengan berolahraga juga dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, kondisi tubuh yang tidak seimbang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada proses metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang tidak seimbang dapat menyebabkan tubuh seseorang terkena penyakit yang serius.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Tubuh

7. Mencegah Insomnia

Pada saat anda mengalami kesulitan untuk tidur, maka cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging di pagi hari. Dengan berolahraga ringan secara teratur, maka ganguan tidur yang anda alami bisa teratasi.

8. Menjaga Fleksibilitas Otot

Tubuh yang jarang berolahraga dapat menyebabkan otot-otot tubuh terasa kaku dan rentan terkena penyakit otot. Dengan rutin berolahraga dapat membuat otot tubuh menjadi lebih lentur dan lebih fleksibel, sehingga dapat terhindar dari penyakit otot seperti keseleo, nyeri otot, kram dan penyakit otot lainnya.

Selain itu, dengan rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan otot tubuh. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Baca Juga : Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita

9. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit. Pada saat tubuh sedang berolahraga, maka tubuh akan memproduksi zat antibodi dan zat inilah yang dapat membentuk sistem kekebalan di dalam tubuh. Pada saat tubuh terserang flu dan batuk yang disebabkan oleh bakteri, maka sistem imunitas tubuh akan dengan sendirinya menyembuhkannya tanpa harus minum obat.

Tubuh dengan sistem imu yang buruk, virus dan bakteri serta radikal bebas yang dapat menyerang tubuh tidak akan dapat disembuhkan dengan sendirinya dan harus dibantu dengan penggunaan obat-obatan. Maka dari itu, penting sekali untuk kita selalu menjaga sistem imunitas tubuh, salah satunya dengan berolahraga.

10. Mencegah Penyakit Diabetes

Rutin berolahraga juga dapat dilakukan untuk menjaga kualitas kadar insulin dalam tubuh, jika kualitas insulin dalam tubuh kurang baik dapat beresiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Memiliki kadar insulin berkualitas dalam tubuh, maka tubuh bisa terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu mencegah seseorang mengalami obesitas dan memiliki berat tubuh normal dapat terhindar dari diabetes.

11. Meningkatkan Kekuatan Sendi

Dengan berolahraga juga dapat membatu memperkuat sendi. Misalnya saja pada saat sedang jogging, anda akan sering memanfaatkan kekuatan sendi pada kaki dan juga mata kaki. Sendi yang sering dilatih akan semakin kuat, sehingga dapat terhindar dari resiko masalah pada persendian.

12. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Peredarah darah yang lancar menuju otak dapat membantu meningkatka kerja dan daya ingat pada otak. Meski sudah berusia lanjut, bagi orang yang rutin berolahraga akan terhindar dari resiko pikun.

13. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, rutin berolahraga juga dapat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan organ paru-paru. Hal ini dikarenakan, rutin berolahraga dapat melatih pernafasan. Pada saat berolahraga, pernafasan dapat melibatkan organ paru-paru sebagai organ utama untuk bernafas. Maka, semakin rutin berolahrahga akan membuat organ paru-paru menjadi lebih sehat.

14. Menangkal Radikal Bebas

Dampak radikal bebas sangat berbahaya dan dapat merugikan tubuh, radikal bebas sendiri ada banyak disekitar kita. salah satu cara untuk mencegah tubuh terkena paparan radikal bebas bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga, karena dengan olahraga tubuh mampu meningkatkan sel-sel baik yang bermanfaat untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penyakit.

15. Meringankan Rasa Sakit Akibat Radang Sendi

Kektika anda terkena radang sendi, maka sebaiknya anda rutin melakukan olahraga ringan setiap hari. Sebab, dengan berolahraga dapat membantu meringankan gejala dan rasa sakit akibat terkena radang sendi yang saat ini sedang anda derita.

16. Meningkatkan Konsentrasi

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya ingan dan mencegah kepikunan, rutin berolahraga juga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Sulitnya berkonsentrasi sering kali disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan oksigen dan peredaran darah yang tidak lancar, sehingga dengan rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi.

17. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tidak hanya dengan mencukupi kebutuhan asupan serat agar sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik dan lancar, tetapi olahraga rutin juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan, pada saat tubuh sedang berolahraga, tubuh akan banyak melakukan gerakan yang melibatkan otot pada perut.

Fungsi dari otot perut juga akan berhubungan langsung dengan sistem pencernaan di dalam tubuh, sehingga orang yang gemar berolahraga akan mempunyai sistem pencernaan yang sehat dan lancar.
18. Menambah Energi Tubuh

Rutin berolahraga juga dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan bernergi, sehingga bagi orang yang gemar berolahraga tubuhnya akan lebih berstamina dan tidak mudah lelah. Hal ini dikarenakan, dengan berolahraga otot-otot pada tubuh akan lebih kuat dan kadar gula darah serta tumpukan lemak dalam tubuh akan diolah untuk dijadikan sebagai sumber enrgi tambahan bagi tubuh.

19. Meredakan Stres

Manfat olahraga juga tidak hanya dapat mencegah berbagai jenis penyakit dan juga menjadikan tubuh lebih bugar, tetapi juga bermanfaat untuk meredakan stres bagi anda yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan, dengan rutin berolahraga otot-otot pada saraf kepala menjadi lebih lentur dan membuat mood menjadi lebih baik.

20. Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Manfaat paling utama dari olahraga yaitu dapat membersihkan tubuh dari tumpukan racun dan zat-zat toksin berbahaya dalam tubuh yang berasal dari polusi maupun makanan dan minuman. Pada saat sedang berolahraha, tubuh akan mengeluarkan banyak keringan dalam tubuh. Racun dan zat-zat berbahaya lainnya akan ikut dikeluarkan bersama dengan keringat, sehingga olahraga ini dapat pula kita jadikan sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh.

Baca Juga : Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan

B. Ragam Manfaat Olahraga untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai jenis penyakit dalam tubuh, manfaat olahraga juga sangat baik dilakukan sebagai bentuk perawatan kulit agar tetap sehat dan terlihat cantik. Berikut ini beberapa manfaat olahraga untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Menutrisi Kulit

Melakukan olahraga seperti aerobik misalnya jogging dapat bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung, sehingga dapat berlanjut untuk membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh serta mengalirkan lebih banyak nutrisi ke dalam sel-sel kulit. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih sehat dan mendapatkan memenuhi asupan nutrisi untuk kulit.

2. Menjadikan Kulit Halus Dan Lembut

Olahraga rutin dan teratur juga bermanfaat untuk menjadikan kulit halus dan lembut, karena dengan berolahraga dapat mengeluarkan keringat lebih banyak dimana kotoran yang menyumbat pori-pori dan juga sel kulit mati akan ikut terangkat. Sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut, terutama kulit wajah.

3. Mengencangkan Kulit

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih kencang dan kenyal. Karena dengan berolahraga tidak hanya dapat menguatkan otot-otot tubuh, tetapi juga dapat megencangkan otot-otot pada kulit. Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa para ali menyebutkan bahwa, dengan rutin melakukan olahraga seperti yoga dapat membuat kulit terlihat lebih kencang dan awet muda.

4. Mencegah dan Mengurangi Jerawat

Olahraga rutin dan teratur dapat bermanfaat untuk mencegah dan juga mengurangi pertumbuhan jerawat, terutama untuk jerawat yang tumbuh disekitar kulit wajah. Sebab, dengan rutin berolahraga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan hormon DHEA dan DHT yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, jerawat juga bisa muncul dikarenakan oleh karena sering mengalami stres, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa dengan berolahraga pun bermanfaat untuk meredakan stres. Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat dan tiak kunjung hilang. Sebaiknya mulai dari sekarang rutinlah berolahraga agar kulit menjadi lebih sehat dan bebas dari jerawat.

5. Membersihkan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat lain rutin berolahraga dapat membantu menjadikan kulit tampak lebih bersih dan cerah bercahaya. Sebab rutin olahraga dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan juga membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk serta menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Maka dengan demikian, kulit tubuh dan wajah pun akan terlihat lebih bersih serta cerah secara alami dibandingkan dengan mereka yang lebih memilih untuk menggunakan produk krim pencerah wajah.

6. Menjadikan Kulit Terlihat Awet Muda

Dengan banyaknya manfaat yang sudah disebutkan diatas bahwa efek dari rutin olahraga dapat bermanfaat untuk menjadikan kulit terlihat lebih bersih, bebas jerawat, kencang dan sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Maka kulit akan lebih sehat dan tampak awet muda, karena dengan olahraga juga dapat menjadikan kulit lebih lembab.

Untuk mendapatkan hasil optimal, maka imbangi olahraga dengan minum air putih dan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.

7. Merangsang Pembentukan Kolagen

Kolagen merupakan suatu zat yang berfungsi untuk meningkatkan kekencangan dan kekenyalan kulit. seiring bertambahnya usia, maka produksi kolagen di dalam tubuh juga dapat mengalami penurunan sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan muncul tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan kulit keriput.

Maka dengan rutin berolahraga dapat membantu merangsang produksi kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit ketika kulit mengalami penuaan. Sebab, ketika sedang berolahraga, sel kulit akan mendapatkan suplai oksigen dan juga nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

8. Sebagai Facial Alami

Rutin berolahraga juga dapat dijadikan sebagai facial alami yang sangat baik untuk kulit. sebab, pada saat tubuh sedang melakukan aktivitas olahraga pori-pori pada kulit akan mengalami pembesaran, sehingga semua kotoran dan minyak akan dikeluarkan secara maksimal. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya hindar pemakaian make up dan lotion pada kulit ketika sedang berolahraga. Hal ini bertujuan agar pori-pori tidak tersumbat pada saat mengeluarkan semua kotoran dan minyak.

Hal ini semakin diperkuat dengan adanya pendapat dari para ahli dermatologis bernama Audrey Kunin, MD yang menjelaskan bahwa olahraga adalah salah sau bentuk facial alami. Setelah berolahraga, segera bersihkan muka atau mandi dengan jarak maksimal 30 menit setelah berolahraga.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat olahraga ini? maka, mulai dari sekarang jangan malas lagi untuk rajin berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat dan memiliki kulit yang cantik.

Baca Juga : Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 28 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga artikel yang telah admin sampaikan bermanfaat. Thanks