17 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung

17 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Lambung secara Alami -- Cara Menjaga Kesehatan Lambung Paling Efektif, Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Lambung, Tips Menjaga Kesehatan Lambung, Agar Lambung Sehat dan Kuat, Cara Menyehatkan Lambung, Cara Merawat Lambung yang Luka, Buah yang Baik untuk Kesehatan Lambung, Makanan untuk Kesehatan Lambung, Tips Paling Ampuh Menjaga Kesehatan Lambung, Jenis Makanan (Sayur / Buah / Lauk Pauk) Sehat untuk Lambung.


Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung -- Lambung atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan gaster merupakan organ pencernaan yang ada di dalam tubuh. Lebih tepatnya berada di bagian bawah diafragma yang berupa sebuah kantung berbentuk hurup J. 

Lambung sendiri memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh manusia, sehingga sangat penting sekali bagi kita untuk selalu memperhatikan kesehatannya agar lambung dapat bekerja dengan baik dan optimal.

Lambung yang terdapat di dalam tubuh terdiri dari tiga bagian, yaitu kardiak yang merupakan bagian dari pintu masuk makanan dari saluran kerongkongan. Fundus, merupakan lambung bagian tengah yang berbentuk bulat yang berfungsi untuk menyimpan makanan yang sudah tercerna dan juga gas yang telah dilepaskan oleh pencernaan kimia makanan. Sedangkan yang ketiga yaitu pylorus, merupakan lambung bagian bawah yang akan menyalurkan makanan menuju ke usus.

A. Fungsi Lambung

Ada banyak sekali fungsi dari organ lambung dalam tubuh. Organ lambung dalam pencernaan dapat melakukan beberapa pekerjaan utama sesuai fungsinya, yaitu fungsi motorik, sekresi (pengeluaran) dan juga fungsi absorpsi dan pencernaan (penyerapan). Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Fungsi Motorik

Lambung yang berfungsi sebagai motorik ini memiliki beberapa tugas penting, yaitu :
  • Menyimpan makanan dalam jumlah yang sangat besar, sehingga makanan tersebut akan ditampung pada pencernaan yang ada di bagian bawah.
  • Mencampurkan makanan di dalam pencernaan dengan cairan asam lambung, sehingga dapat membantu pembentukan dari suatu campuran berbentuk padat yang bernama kimus.
  • Memperlambat proses pengeluaran makanan dari dalam lambung menuju ke usus halus dengan kecepatan yang sesuai untuk absorpsi oleh usus halus.

2. Fungsi Sekresi

Dalam pengaturan sekresi di dalam lambung terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu :

* Pada tahapan pertama dikenal dengan fase sefalik, yaitu fase dimana telah terjadi pada saat makanan belum masuk ke dalam lambung. Pada fase ini, akan terjadi rangsangan pada lambung akibat melihat, memikirkan, mencium dan juga merasakan makakan. Semakin besar hasrat atau nafsu makan seseorang, maka akan semakin besar pula rangsangannya.

* Tahap kedua dikenal dengan fase gastrik, yaitu fase dimana telah terjadi proses di dalam lambung pada saat makanan telah memasuki lambung sampai makanan meninggalkan lambung.

* Tahap ketiga atau terakhir ini merupakan fase dimana makanan meninggalkan lambung dan kemudian disalurkan menuju ke saluran usus halus yang ada di bagian atas.

3. Fungsi Absorpsi dan Pencernaan

Dalam proses pencernaan makanan di dalam lambung dapat terjadi melalui proses mekanik dan juga kimiawi. Berikut penjelasannya : 

* Proses Mekanik

Dalam proses ini, otot pada lambung akan mengalami pengerutan dan pengembangan dengan melakukan pergerakan seperti meremas untuk mencampurkan makanan dengan getah yang ada di dalam lambung.

* Proses Kimiawi

Pada proses ini, proses dalam mencerna makan dapat terjadi dengan bantuan getah yang terdapat di dalam lambung, di dalam getah lambung tersebut mengandung enzim-enzim pencernaan. Enzim tersebut berfungsi sebagai pemecah molekul yang ada dalam makanan yang komleks dan berukuran besar dan kemudian akan di olah menjadi molekul yang lebih sempurna dan berukuran lebih kecil.

Hasil dari proses pencernaan makan pada organ lambung yang dilakukan melalui proses mekanik dan kimiawi akan diubah menjadi makanan yang berbentuk seperti bubur atau lebih dikenal dengan kimus bubur usus.

Proses selanjutnya, kimus tersebut akan disalurkan ke dalam usus halus dengan melalui sfinkter pylorus dengan ukuran yang lebih kecil. Apabila semua otot-otot tersebut melakukan kontraksi, maka kimus tersebut akan didorong untuk masuk ke dalam usus halus secara bertahap sedikit demi sedikit.

Setelah mengetahui fungsi dari organ lambung pada tubuh kita, maka tidak ada alasan lagi untuk kita tidak memperhatikan kesehatan lambung dan pencernaan. Untuk menjaga kesehatan lambung agar dapat berfungsi dengan baik dan lancar, simak ulasan selengkapnya pada artikel yang telah kami rangkum di bawah ini.

B. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan lambung agar dapat berfungsi dengan baik, yaitu :

1. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Tips pertama yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan membiasakan makan teratur dan tepat waktu. Sering makan terlambat bisa berakibat buruk bagi kesehatan lambung dan menyebabkan rasa perih, karena di dalam lambung tidak ada makanan yang harus dicerna sehingga menyebabkan perut terasa melilit.

Apabila kondisi ini terjadi terus menerus, maka kemungkinan besar di suatu hari anda bisa menderita sakit maag dan juga terkena penyakit lambung. Salah satu cara agar lambung tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, maka mulai dari sekarang biasakan makan teratur dan tepat waktu.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Agar lambung tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, maka tubuh harus mendapatkan cairan dalam jumlah cukup setiap harinya. Cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat membuat kerja pencernaan semakin lancar dan membuat organ lambung menjadi lebih sehat serta dapat bekerja secara optimal. Jika tubuh kurang mendapatkan asupan cairan, maka akibatnya lambung akan mengalami kesulitan dalam mencerna makanan dan kerja lambung pun akan mengalami penurunan.

Terpenuhinya cairan dalam tubuh juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi, tubuh yang terkena dehidrasi dapat menyebabkan fungsi dari organ dalam tubuh menjadi terganggu, terlebih pada bagian organ ginjal dan jantung. Hal ini dikarenakan, organ tubuh manusia 70% nya terdiri dari kandungan air. Maka jika tubuh kurang mendapatkan cairan dalam jumlah cukup, fungsi dari organ tubuh pun akan ikut terganggu.

3. Hindari Makan Terburu-Buru

Jangan makan denga  terburu-buru, karena dapat membuat kerja dari organ lambung dan pencernaan menjadi semakin berat, karena lambung akan dipaksa untuk mencerna makanan dengan cepat. Pada akhirnya, makakan yang kita konsumsi pun tidak akan dicerna dengan sempurna dan jika terjadi terus menerus dapat menyebabkan lambung bermasalah. Untuk menjaga agar lambung tetap sehat dan berfungsi dengan baik, maka makanlah dengan pelan-pelan dan jangan terburu-buru.

Selain itu, untuk mencegah terjadi  masalah kesehatan pada lambung dan pencernaan, maka sebaiknya makanlah sedikit demi sedikit tapi sering. Hindari makan terlalu banyak dan terlalu terburu-buru. Sebab, jika makan langsung dalam jumlah banyak dan cepat, maka lambung dan pencernaan akan merasa terbebani dan harus bekerja ekstra keras untuk mengurai makanan.

4. Mengunyah Makanan Sampai Lembut

Agar kesehatan lambung ikut terjaga, maka anda harus dapat menerapkan kebiasaan mengunyah makanan hingga lembut sebelut ditelan. Jika makanan yang kita makan masih kurang lembut dan langsung menelannya, maka hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan lambung dan pencernaan. Selain itu, makanan yang tidak dikunyah dengan baik juga akan menyebabkan penambahan berat badan secara signifikan atau bisa mengalami obesitas.

5. Kurangi Makanan Pedas

Bagi anda yang suka makan pedas, sebaiknya anda mengurangi level pedas pada makanan anda sehari-hari. Hal ini dikarenakan, makanan pedas dapat menyebabkan organ lambung mengalami iritasi dan membuat lambung akan terasa perih dan melilit.

Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan tidak baik bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan, di dalam cabai mengandung capsicum yang menjadi penyebab iritasi dan rasa perih pada lambung.

6. Kurangi Makanan Asam

Tips menjaga kesehatan lambung berikutnya yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan asam, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi dapat menyebabkan terjadinya pengikisan pada dinding lambung, sehingga kondisi tersebut dapat membuat dinding lambung menjadi tipis dan bahkan menyebabkan munculnya tukak lambung.

Maka dari itu, sebisa mungkin kurangi terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi makanan asam. Salah satunya konsumsi jeruk nipis dan makanan lain yang rasanya asam.

7. Kurangi Konsumsi Makanan Bergas

Makanan lain yang wajib kita hindari untuk menjaga kesehatan organ lambung yaitu konsumsi makanan yang memilki kandungan gas tinggi. Jenis makanan bergas tinggi terdapat pada keluarga kubis, seperti kubis, kol, brokoli dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya.

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan bergas, maka akibatnya lambung akan menjadi negah karena terlalu banyak tekanan gas yang ada di dalam lambung. Kondisi tersebut tentunya dapat membuat lambung terasa tidak nyaman dan sakit.

8. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Cara menjaga kesehatan lambung berikutnya yaitu, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan berseratn tinggi, karena makanan berserat sangat baik untuk memelihara kesehatan lambung dan membantu melancarkan proses pencernaan, karena makanan berserat lebih mudah dicerna oleh lambung dan usus. Beda hal nya dengan makanan yang rendah serat, makanan tersebut tidak akan mudah diurai sehingga akan memberatkan kerja dari organ pencernaan.

9. Cukupi Protein

Selain tubuh harus mendapatkan serat dalam jumlah cukup setiap harinya agar kesehatan lambung dan pencernaan tetap terjaga, ternyata protein juga sangat dibutuhkan oleh lambung. Protein nabati adalah jenis protein yang paling cocok untuk dimasukan ke dalam menu diet, karena protein nabati bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung.

10. Minimalisir Asupan Karbohidrat Tertentu

Ada banyak sekali jenis karbohidrat yang penting untuk diketahui, namun tidak semua karbohidrat tersebut baik untuk kesehatan lambung. Maka dari itu, anda wajib meminimalisir asupan jenis makanan yang mengandung karbohidrat tertentu. Jenis karbohidrat yang sehat dan baik untuk menjaga kesehatan lambung dan pencernaan yaitu bisa didapatkan dari jenis makanan seperti bihun, ketan, jagung, singkong, ubi dan juga talas.

11. Hindari Makanan dengan Kandungan Lemak Jenuh Tinggi

Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi sangatlah tidak baik untuk kesehatan lambung dan juga pencernaan, karena di dalam makanan yang memiliki kandungan lemak lemak jenuh tidak akan mudah diuraikan oleh lambung dan usus, sehingga jika kondisi seperti ini terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kerja dari organ lambung mengalami penurunan dan bahkan terganggu kesehatannya. Maka untuk menjaga agar lambung tetap sehat dan bekerja dengan optimal, sebaiknya hindar konsumsi makan yang mengandung lemak jenuh.

12. Hindari Minuman Bersoda

Bagi anda yang suka minum minuman bersoda, maka mulai dari sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut, karena jika dilakukan secara terus menerus dapat memicu seseorang terserang penyakit diabetes

Selain itu, bahaya minuman bersoda juga dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit, misalnya seperti penyakit ginjal, jantung dan juga menyebabkan berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan, di dalam minuman bersoda mengandung fruktosa dan juga gas yang tidak baik bagi kesehatan lambung, karena minuman bersoda dapat membuat perut dan lambung menjadi tidak nyaman.

13. Kurangi Minuman dan Makanan Berkafein

Unuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang dapat menyerang lambung, sebaiknya kurangi kebiasaan konsumsi makanan dan minuman berkafein tinggi. Hal ini dikarenakan, kandungan kafein yang tinggi dapat menyebabkan lambung dan pencernaan terasa perih. Maka bagi mereka yang menderita penyakit maag dan asam lambung, sebaiknya hindar makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi.

14. Rutin Olahraga

Untuk menjaga kesehatan lambung, selain menghindar beberapa makanan yang dapat memicu terganggunya kesehatan lambung juga alangkah baiknya jika anda rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga selama 30 menit dapa membantu menjaga kesehatan lambung, lakukan olahraga secara ruti setiap sesudah makan untuk membantu mempermudah proses mencerna makanan yang ada di dalam lambung.

Hindari kebiasaan tidur atau duduk setelah makan, karena dapat membuat makanan menjadi sulit untuk dicerna dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Jika anda langsung tidur sehabis makan, maka makanan tidak akan bergerak menuju ke pencernaan melainkan akan naik menuju ke kerongkongan. Jika hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan organ lambung dan pencernaan menjadi terganggu.

15. Menghindari Stress

Sering mengalami stres dan tidak segera diatas dapat menyebabkan kita mengalami depresi, depresi sendiri adalah tingkatan yang lebih parah dari tres. Selain dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan penyakit jantung, ternyata sering mengalami stres juga dapat mempenganruhi kesehatan organ lambung, karena yang yang sedang stres kerap mengalami penurunan nafsu makan dan bahkan mereka sering kali mogok makan. Tentu saja jika kondisi ini terjadi berlarut-larut, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada lambung dan pencernaan.

16. Istirahat Cukup

Untuk menjaga kesehatan lambung, maka anda harus mendapatkan waktu istirahat cukup dan hindari kebiasaan begadang hingga larut malam. Sebab, jika tubuh sedang begadang, maka organ lambung dan pencernaan akan terbebani, karena begadang dapat membuat anda menahan diri untuk tidak mengemil makanan atau bahkan makan makanan berat.

Pada malam hari sebenarnya sudah bukan waktunya makan atau ngemil, tetapi waktunya seluruh organ dalam tubuh beristirahat termasuk lambung. Maka jika kita sering bergadang, tentunya akan mempengaruhi kesehatan organ lambung.

17. Hindari Obat-Obatan

Ada banyak sekali berbagai jenis obat-obatan yang harus kita hindari untuk menjaga kesehatan organ lambung, meskipun kondisinya mengharuskan untuk mengkonsumsi obat lambung sebaiknya berdasarkan sara dokter dan juga tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

Berikut ini beberapa jenis obat-obatan yang berbahaya dan berakibat buruk bagi kesehatan lambung, seperti asetil salisilat, Ibuprofen, Antibiotik makrolida, Kortikosteroid, Metronidazole dan juga Obat-obatan khusus rematik.

Itulah Berbagai Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung yang dapat kami ulas. Ingat! jangan pernah mengabaikan kesehatan lambung anda, karena jika penyakit lambung sudah menyerang, maka anda akan merasakan rasa perih dan melilit yang dapat membuat lambung anda terasa tidak nyaman. Maka mulai dari sekarang, jaga kesehatan lambung anda dengan menerapkan beberapa cara di atas.

Demikian ulasan ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Ayo bagikan informasi ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian, terima kasih, dan salah sehat.