22 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh dan Kulit Wajah secara Alami

22 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh dan Kulit Wajah secara Alami -- Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, Tips Kesehatan Kulit, Cara Menjaga Merawat Kesehatan Kulit, Tips Merawat Kulit, Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dari Luar dan Dalam, Artikel Kesehatan Kulit, Fungsi Kulit, Cara Merawat Wajah dengan Bahan Alami, Cara Memiliki Kulit Wajah & Tubuh Sehat.


Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh dan Kulit Wajah secara Alami -- Kulit merupakan bagian dari tubuh yang melekat di seluruh tubuh. Fungsi kulit sendiri memiliki peranan sangat penting, sehingga sangat penting untuk kita agar selalu memelihara dan merawat kesehatannya.

Kulit pada tubuh manusia terdiri dari beberapa komponen seperti air, protein, lipid, mineral dan juga beberapa jenis senyawa kimia. Rata-rata berat dari kulit manusia secara keseluruhan bisa mencapai 2,7 kg untuk orang dewasa.

Ada sekitar 3 lapisan utama yang terdapat pada kulit, yaitu dermin, spidermis dan juga hipodermis. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari kulit, anda buisa simak ulasan singkatnya dibawah berikut ini.

Berikut ini beberapa fungsi kulit manusia bagi tubuh, antara lain yaitu
  • Melindungi organ-organ tubuh
  • Menjaga suhu tubuh agar tetap normal.
  • Menyimpan dan membantu proses sintesis
  • Berfungsi indera perasa
  • Mendukung penampilan menjadi lebih menarik.

Setelah mengetahui begitu pentingnya fungsi dari kulit, maka usahakan agar anda selalu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan kulit secara rutin dan teratur, baik itu kulit wajahmaupun kulit tubuh. Bagi anda yang ingin mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehaatn kulit wajah dan tubuh, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Cara Merawat Kulit Tubuh Agar Mulus Secara Alami

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit, diantaranya yaitu :

1. Banyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit, karena minum air putih dalam jumlah cukup sangat baik untuk menghidrasi kulit tubuh sehingga tidak akan membuat kulit kering dan kasar.

2. Mandi Dengan Menggunakan Air Shower Atau Pancuran

Mandi dengan menggunakan shower atau pancurang ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan mandi dengan cara berendam. Mandi di bawah air pancuran lebih efektif dalam memberikan perlindungan pada kulit, bahkan akan lebih baik jika menggunakan air yang suam-suam kuku.

3. Gunakan Sabun dengan Kadar pH Rendah

Untuk merawat kulit tubuh agar tetap sehat dan bersih maksimal, sebaiknya gunakan sabun mandi dengan kadar pH rendah pada setiap kali mandi. Mandi dengan menggunakan sabun yang lembut dan ber pH rendah sangat baik untuk menjaga menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, bahkan tidak menyebabkan kulit kering.

4. Hindari Kebiasaan Merokok

Bagi anda yang merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika memang anda ingin memiliki kulit tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, cepat mengalami penuaan dan cenderung berminyak.

5. Kenakan Pakaian Hangat Ketika Cuaca sedang Dingin

Kulit pada tubuh kita sangat membutuhkan perlindungan dari cuaca yang dingin, karena udara dingin dapat menyebabkan kulit menjadi mudah sekali kering dan kasar. Salah satu cara untuk mencegahnya, sebaiknya kenakan jaket atau pakaian hangat untuk menghangatkan suhu tubuh.

6. Tidur Cukup

Tidur cukup ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh dan mata saja, tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dengan baik, dengan mendapatkan waktu tidur cukup setiap harinya, maka kulit tubuh akan terlihat lebih segar dan sehat. Usahakan anda selalu mendapatkan waktu tidur cukup di malam hari minimal 7 jam, sehingga kulit tubuh pada saat bangun akan terlihat lebih sehat dan segar.

7. Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV

Tidak hanya penting untuk memberikan perlindungan bagi kulit dari udara dingin, tetapi anda juga perlu memberikan perlindungan pada kulit dari bahaya paparan sinar matahari atau ultraviolet. Sebaiknya anda tidak terlalu sering melakukan aktivitas di luar rumah yang dapat membuat kulit tubuh terpapar sinar matahari.

Namun bagi anda yang mau tidak mau harus selalu berhadapan dengan panasnya sengatan matahari. Sebagai solusinya, maka anda dapat memakai tabir surya setiap kali akan pergi beraktivitas. Gunakan produk tabir surya yang memiliki tingkat SPF sesuai dengan jenis kulit anda.

8. Terapkan Pola Makan Sehat

Dengan menjalani pla makan sehat setiap hari dapat memberikan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, menerapkan pola makan sehat yaitu pola makan yang teratur dan konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Dengan melakukan hal ini, maka kulit akan ternutrisi dengan baik. 

Makanan terbaik yang dapat anda pilih yaitu perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, karena di dalam buah dan sayur hampir semuanya mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap serta mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

9. Minum Jus Jeruk

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, tidak hanya cukup dengan melakukan perawatan dari luar saja. Tetapi anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan dengan buah jeruk.

Caranya cukup mudah, cukup siapkan 1-2 buah jeruk, lada hitam bubuk dan sedikit garam. Olah semua bahan tersebut menjadi jus. Lalu minum secara rutin dan teratur setiap hari sebanyak 1 gelas perhari, minum jus ini bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dari zat-zat kimia dan racun yang mengendap di dalam tubuh.

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk ini sangat baik untuk membersihkan kulit dari berbagai jenis zat dan racun berbahya dari dalam tubuh. Dengan demikian, kulit tubuh pun akan terlihat lebih sehat.

10. Gunakan Air Mawar

Air mawar sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan kulit tubuh, sebelum digunakan simpan terlebih dahulu air mawar ini di dalam lemari es selama kurang lebih satu setengah jam. Kemudian tuangkan air mawar tersebut ke dalam air yang akan anda gunakan untuk berendam, lakukan berendam dengan air mawar ini secara rutin dan teratur pada pagi hari. Air mawar ini bermanfaat untuk membersihkan kulit dan melembutkan kulit tubuh.

11. Minum Teh Hijau

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan kulit tubuh yaitu dengan teh hijau. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, rutin minum air teh hijau setiap hari juga dapat menjadikan kulit sehat dan terlindungi sepanjang hari.

Hal ini dikarenakan, di dalam teh hjau mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat dijadikan sebagai detoksifikasi tubuh dari berbagai tumpukan zat racun berbahaya yang mengendap di dalam tubuh. Minum air teh hijau sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

12. Minyak Zaitun

Tips menjaga kesehatan kulit tubuh secara alami berikutnya yang bisa anda lakukan dirumah yaitu dengan melakukan perawatn menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun ini terbukti efektif untuk melembabkan kulit, menghilangkan noda dan flek hitam serta dapat menjaga kekenyalan kulit tubuh.

Caranya cukup mudah, anda bisa gunakan minyak zaitun ini dengan mencampurkannya sebanyak beberapa tetes ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi.

B. Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit Wajah

Dari seluruh bagian tubuh, wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering mendapatkan perhatian lebih, terutama bagi para kaum wanita. Maka dari itu, tak heran ada banyak sekali berbagai macam produk perawatan kulit wajah yang beredar dan bisa kita dapatkan dengan mudah di toko-toko kosmetik. Namun pada artikel kali ini, kami hanya akan mengulas tentang cara menjaga kesehatan kulit wajah. Bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Sering-seringlah Tersenyum

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2011 silam, menjelaskan bahwa orang yang sering tersenyum akan terlihat lebih sehat dan terlihat lebih awet muda. Senyum yang dimaksud yaitu senyum yang lepas, bukan senyum palsu atau senyum yang sengaja dibuat-buat

Selain berdampak positif dalam kehidupan sosial yang membuat anda lebih dikenal sebagai sosok orang yang ramah. Tersenyum juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri, terutama dalam melakukan perawatan kulit. secara ilmiah, dengan sering tersenyum dapat membuat seseorang terlihat lebih segar dan awet muda, karena dengan sering tersenyum dapa membuat otot-otot pada kulit wajah anda tertarik dan kembali mengencang.

2. Cukupi Cairan Tubuh

Hampir 70% tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, tubuh sangat membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup setiap hari untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan yang serius, salah satunya masalah kulit.

Salah satu solusi untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi, yaitu dengan banyak minum air putih. Ada banyak sekali manfaat minum air putih, salah satunya yaitu dapat membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan terhindar dari kulit kering.

Selain itu, tubuh yang kurang mendapatkan cairan dalam jumlah cukup setiap harinya, maka dapat menyebabkan kulit kering, muncul tanda-tanda penyaan, kuliw wajah kusam dan masih banyak lagi dampak buruk dari kekurangan cairan tubuh.

Maka dari itu, usahakan agar selalu mencukup cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Dengan demikian, kulit wajah akan terlihat lebih segar dan tampak lebih cerah.

3. Hindari Kebiasaan Bergadang

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada kulit wajah salah satunya yaitu dengan melakukan kebiasaan bergadang. Hal ini dikarenakan. Pada saat malam hari tubuh akan memproduksi hormon melatonin.

Manfaat dari hormon ini dapat memperbaiki sel yang telah rusak dan mengeluarkan zat-zat racun dan juga toksin jahat yang ada dalam tubuh. Maka, usahakan agar anda selalu mendapatkan waktu tidur dalam waktu cukup yaitu sekitar 7-8 jam setiap malam. Jika memang diharuskan untuk bergadang, lakukan sesekali saja dan jangan dijadikan sebagai kebiasaan.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari

Kulit wajah yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan terbakar, sehingga warna kulit wajah akan terlihat menjadi gelap dan tampak kusam.

Jadi, pada waktu siang hari sebaiknya anda menghindari agar tidak terkena papara panasnya paparan sinar matahari secara langsung. Jika memang anda terpaksa harus keluar rumah atau melakukan aktivitas diluar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya dan gunakan peindung seperti topi dan sejenisnya agar kulit wajah tidak langsung terkena paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit.

5. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas pekerjaan di luar ruangan, maka pastinya sulit sekali untuk menghindar dari polusi udara dan debu. Jika anda memiliki kulit yang berminyak, maka hal ini akan berdampak tidak baik bagi kulit wajah anda, karena debu dan juga kotoran akan mudah sekali menempel pada kulit wajah dan menyumbat pori-pori. Jika tidak segera dibersihkan, maka dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit wajah seperti kulit kusam, komedo, jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Bagi anda yang sering mengalami hal tersebut, maka sebaiknya anda rutin membersihkan kulit wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jika kulit anda cenderung berminyak, maka pilih produk pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak, begitu juga dengan jenis kulit lainnya. Dengan demikian, kulit wajah anda akan selalu bersih dan tetap sehat.

6. Rajin Berolahraga

Tentunya anda semua sudah tahu bahwa dengan rajin berolahraga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleharaga tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk menjadikan kulit wajah tampak lebih sehat.

Hal ini dikarenakan, dengan berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak keringan melalui pori-pori pada kulit, termasuk kulit wajah sehingga semua kotoran dan racun yang ada dalam kulit akan dikeluarkan. Dengan demikian, kulit wajah anda punn akan terlihat lebih bersih dan sehat.

7. Gunakan Pelembab Kulit Wajah

Untuk kulit wajah yang cenderung kering akan terlihat lebih tua dan mudah sekali mengalami berbagai masalah kulit, salah satunya penuaan dini. Beda hal nya dengan kulit wajah yang lembab, kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan awet muda.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit kering, maka sebaiknya gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Manfaat melakukan menggunakan pelembab bertujuan untuk meregenerasi sel kulit mati,mengembalikan kelembaban alami kulit wajah dan menjadikan kulit wajah terlihat lebih muda.

8. Batasi Asupan Gula

Para ahli kesehatan banyak yang menyimpulkan bahwa asupan gula berlebih dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit. salah satu makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan sering dikonsumsi setiap hari oleh banyak orang yaitu nasi putih. Meski di dalam nasi putih mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, nasi putih juga mengandung kadar gula cukup tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya batasi konsumsi nasi putih dan imbangi dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya seperti nasi merah, kentang dan makanan lain yang mengandung kadar gula rendah. Selain itu, hindari juga minum minuman manis seperti kopi, sirup, minuman bersoda dan teh manis.

9. Rutin bersihkan make up sebelum tidur

Setelah anda memakai make up, maka sebaiknya segera bersihkan make up apabila anda sudah kembali ke rumah. Jangan biarkan make up terlalu lama menempel pada kulit wajah. Sebab, kulit wajah akan mudah sekali mengalami masalah seperti kulit kering, kulit berminyak, komedo, jerawat dan tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini disebabkan, make up akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah sehingga kulit wajah akan mengalami kesulitan untuk bernapas. Selain itu, kandungan zat kimia yang terkandung di dalam make up akan terserap oleh kulit, sehingga berbagai masalah kulit pun akan bermunculan.

Maka dari itu, biasakan untuk langsung membersihkan make setelah beraktivitas. Hal ini bertujuan agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit.

10. Konsumsi Makanan Sehat Untuk Kulit

Disamping menerapkan gaya hidup sehat setiap hari, penting sekali untuk kita agar selalu mendapatkan asupan nutrisi dari makanan untuk menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit dari dalam. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.

Beberapa makanan sehat yang dapat kita konsumsi agar kesehatan kulit bisa tetap terjaga dengan baik yaitu alpukat, Wortel, Teh hijau, Ikan, Buah berry, Coklat hitam, Kunyit, Kacang-kacangan, Jeruk dan Brokoli.

Baca Juga : Cara Membersihkan Luka Bakar, Luka Bernanah, dan Luka Lecet secara Alami

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai 22 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh dan Kulit Wajah secara Alami. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo share pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan terima kasih.