7 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, serta Makanan Sehat untuk Ginjal

7 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, serta Makanan Sehat untuk Ginjal -- Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Alami dan Efektif, Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Tradisional, Cara Mengetahui Ginjal Sehat atau Tidak, Cara Merawat Ginjal yang Bermasalah, Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Fungsi Ginjal, Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal,  Makanan Sehat Untuk Ginjal, Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal.


Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, serta Makanan Sehat untuk Ginjal -- Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang letaknya dekat dengan bagian tengah tulang punggung, tepat berada di bawah tulang rusuk. Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, fungsi organ ginjal ini tidak kalah penting. Ginjal sendiri terdiri dari sepadang organ, dimana ada ginjal kiri dan ginjal kanan. Setiap organ ginjal memiliki ukuran sekitar 10-12 cm atau hampir sama dengan ukuran kepalan tangan orang dewasa.

Di dalam organ ginjal memiliki sekiar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang berukuran kecil. Ada banyak sekali fungsi dari organ ginjal. Untuk mengetahui fungsi organ ginjal bagi kesehatan tubuh, bisa anda simak ulasan singkatnya dibawah berikut ini.

A. Fungsi Organ Ginjal Bagi Tubuh

Fungsi dari organ ginjal sangatlah beragam, meliputi :

1. Menyaring Darah

Fungsi utama dari organ ginjal yaitu untuk menyaring darah, semua darah yang ada dalam tubuh akan mengalir melewati ginjal beberapa kali dalam sehari. Ketika organ ginjal sedang bekerja menyaring darah, maka organ ginjal akan memproduksi urin hasil dari sisa-sisa zat dan juga cairan berlebih dari dalam tuuh, kemudian urin tersebut akan dialirkan melewati ureter dan akan dibawah menuju kandung kemih dan akhirnya dibuang keluar tubuh bersama dengan air seni.

2. Membuang Limbah

Fungsi ginjal berikutnya yaitu dapat membuang limbah seperti garam berlebih, racun dan juga urea. (suatu limbah yang didalamnya mengandung nitrogen hasi dari proses metabolisme tubuh). Urea yang terbentuk dan disimpan dalam hati akan diangkut melalui aliran darah menuju ke organ ginjal, kemudian urea tersebut akan dibuang ke luar tubuh. Tanpa adanya organ ginjal dalam tubuh manusia, maka limbah dan juga racun sisa zat dan meabolisme tubuh akan menumpuk dalam tubuh.

3. Mengontrol dan Menyeimbangkan Kadar Air dalam Tubuh

Mengontrol dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh, serta memastikan jika jaringan di dalam tubuh mendapatkan pasokan air dalam jumlah cukup agar tubuh dapat bekerja dengan baik. Ginjal akan bereaksi terhadap perubahan pada level air dalam tubuh setiap hari. 

Hal ini dikarenakan, ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk memecah kimia urine. Ketika pasokan air dalam tubuh berkurang, maka fungsi organ ginjal ini akan menyesuaikan diri dengan berinisiatif untuk menyimpan air yang tersisa dalam tubuh, bukan lantas membuangnya.

4. Mengendalikan Tekanan Darah dan Kadar Garam

Mengendalikan tekanan darah dan juga tingkat kadar garam yang ada dalam darah. Caranya yaitu, tubuh akan memproduksi enzim renin. Organ ginjal pun membutuhkan tekanan yang lebih stabil dan konstan agar dapat menyaring darah dengan baik.

5. Mengatur Sel Darah Merah

Ketika organ ginjal tidak mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah cukup, maka organ ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin. Hormon ini dapat merangsang sumsum tulang agar dapat memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk membawa oksigen.

6. Mengatur Tingkat Asam Basa

Berfungsi untuk mengatur tingkat asam basa (pH) darah dan njuga cairan yang ada dalam tubuh. Fungsi organ ginjal tersebut sangat diperlukan agar dapat membuat organ ginjal bekerja dengan baik dan optimal. Tingkat asam dalam tubuh dapat meningkat atau bahkan bisa dinetralisir karena makanan yang biasa kita konsumsi.

7. Menjaga Konsentrasi Mineral

Dapat berfungsi untuk menjaga konsentrasi mineral, seperti kalium, natrium dan juga fosfor dalam darah.

8. Dan Lain-lain

Selain fungsi-fungsi di atas, tentunya maish ada lagi fungsi lainnya dari ginjal yang informasinya bisa ditemukan dibuka pelajaran, atau media online, dan lainnya.

Begitu pentingnya fungsi organ ginjal bagi tubuh, maka sudah seharusnya kita selalu menjaga kesehatan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik. Meski manusia dapat hidup sehat dan normal hanya dengan menggunakan satu organ ginjal. Memiliki satu pasang organ ginjal yang sehat tentu jauh lebih baik.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ ginjal dalam tubuh, untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal yang baik, maka anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

B. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan agar kesehatan organ ginjal tetap terjaga dengan baik dan ginjal pun dapat berfungsi secara optimal. Yaitu :

1. Mengatur Pola Makan

Cara yang satu ini adalah cara yang di nilai paling ampuh dalam menjaga dan memelihara kesehatan organ ginjal. Aturlah pola makan yang tidak berlebihan dan perbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran organik, kurangi konsumsi garam secara berlebihan, konsumsi ikan dan daging tanpa lemak.

2. Aktif Bergerak

Organ ginjal kita bisa dijaga dengan rutin dan aktif bergerak, dengan rutin menggerakan badan dapat menunjang kesehatan ginjal dan berfungsi dengan baik. Jika anda lebih sering bekerja di depan layar komputer atau laptop yang membuat anda jarang sekali bergerak, usahakan setiap pagi sebelum melakukan aktifitas untuk menyempatkan waktu berolahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda atau hanya sekedar jalan-jalan pagi sambil menghirup udara segar.

3. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Untuk menjaga kesehatan ginjal, pastikan tubuh anda selalu terhidrasi dengan baik karena hal ini sangat penting. Dilihat dari fungsi organ ginjal bagi tubuh, maka ginjal memerlukan pasikan air dalam jumlah cukup bagi tubuh, apabila tubuh kurang mendapatkan cairan tubuh dalam jumlah cukup, maka fungsi dari orgabn ginjal akan bertambah berat dan tidak akan mampu menyaring racun serta membuang urin dengan baik dan lancar.

Untuk mengetahui apakah tubuh sudah terhidrasi dengan baik atau tidak, anda bisa memperhatikan dari warna urin yang dikeluarkan. Jika warnanya coklat tua dan bukannya kekuning-kuningan. Itu artinya tubuh anda membutuhkan pasokan air lebih banyak.

4. Hindari Minuman Beralkohol dan Rokok

Dengan melakukan kedua kebiasaan ini memang tidak ada manfaatnya bagi tubuh kita, justru akan menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh kita dikemudian hari. Salah satu dampak buruk dari melakukan kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok ini dapat menyebabkan terganggunya kesehatan ginjal.

Hal ini dikarenakan, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi atau hipertenti. Hipertensi sendiri adalah salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang terkena penyakit ginjal.

5. Menjaga Berat Badan

Tips menjaga kesehatan ginjal berikutnya yang penting untuk dilakukan yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, karena memiliki berat badan berlebih dapat menjadi pemicu dari kerusakan organ ginjal dan bahkan memicu penyakit jantung. Cara untuk menjaga berat badan agar tetap ideal yaitu dengan menjalankan program diet dan juga berolahraga.

6. Hindari Stress Berlebih

Semua orang mungkin pernah mengalami yang namanya stres, karena sering mengalami stress yang berlebihan dan berkepanjangan dapat memicu penurunan kerja organ ginjal dan bahkan kerusakan pada ginjal. Hal ini dikarenakan, orang yang sering mengalami stres berlebih dan berkepanjangan dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga dapat memicu penyakit ginjal.

7. Hindari Kebiasaan Konsumsi Obat Sembarangan

Kebiasaan mengkonsumsi obat sembarangan dapat menyebabkan kerusakan organ ginjal, apalagi jika dosis yang digunakan melebihi dosis yang dianjurkan. Maka jika anda ingin memiliki organ ginjal yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik, hindari konsumsi obat sembarangan, terutama obat-obatan terlarang tanpa penggunaan dan dosis sesuai anjuran.

C. Jenis Makanan Sehat untuk Ginjal

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ ginjal, diantaranya yaitu :

1. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan, di dalam bawang putih mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi, zat tersebut sangat efektif untuk mencegah bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit ginjal.

Bawang putih bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan organ ginjal dan mencegah penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan di dalam bawang putih mengandung zat yang bersifat diuretik, sifat dari bawang putih ini mampu mencegah terjadinya proses penggumpalan darah dan juga dapat melenyapkan kolesterol jahat dalam darah.

2. Apel

Siapa yang tidak suka apel, apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung sumber peltin. Pektin sendiri merupakan sebuah zat serat yang mudah sekali larut dan bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan glukosa dalam darah. Selain daging buahnya, kulit lura dari buah apel juga sangat bermanfaat karena mengandung serat yang sangat tinggi. Itulah kenapa buah apel ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan kulit luarnya.

Buah apel sendiri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan, sehingga mengkonsumsi buah apel sangat baik untuk melindungi sel-sel otak dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal.

3. Ikan

Makanan sehat yang satu ini juga sangat baik dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta fungsi dari organ ginjal, karena di dalam ikan mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Asam lemak omega 3 sendiri tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara alami, tetapi hanya bisa didapatkan dari makanan sehat seperti buah apel. Beberapa jenis ikan yang mengandung suber omega 3 yaitu ikan salmon, ikan makarel, ikan sarden dan juga ikan tuna.

4. Buah Berry

Ada banyak sekali jenis buah yang masuk dalam keluarga berry, diantaranya seperti strawberry, blueberry, blackberry dan masih banyak lagi jenis buah berry yang bisa kita temukan. Misalnya saja buah strawberry, buah yang sanga diminati ini mengandung zat yang bersifat sebagai antioksidan tinggi.

Selain itu, di dalam buah strawberry mengandung nutrisi lengkap berupa vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat dari buah berry ini yaitu dapat menjaga kesehatan ginjal, sehingga organ ginjal dapat berfungsi dengan baik dan optimal dalam menyaring darah dalam tubuh.

5. Bayam

Sama seperti kubis, bayam juga termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting seperti serat dan vitamin. Di dalam bayam mengandung vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin C dan juga vitamin.

Selain itu, di dalam bayam juga mangandung asam folat, betakaroten dan zat antioksidan yang cukup tinggi. Berkat kandungan gizi dan nutrisinya yang lengkap, konsumsi bayam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah munculnya penyakit ginjal.

6. Ceri

Buah ceri merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, di dalam buah ceri mengandung nutrisi yang lengkap dan juga zat yang bersifat anti-inflamasi serta antioksidan yang cukup tinggi. Konsumsi buah ceri bermanfaat untuk menurunkan kadar kalium dalam tubuh dan dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah di dalam tubuh, tejanan darah yang selalu stabil dapat membuat organ ginjal berfungsi dengan baik dan terjaga kesehatannya.

7. Anggur Merah

Kandungan senyawa flavonoid yang terdapat di dalam buah anggur merah ini dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah dan melindungi organ jantung dan proses oksidasi, senyawa flavonoid juga dapat bekerja untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berbahaya yang dapa memicu resiko pembentukan kanker ginjal.

8. Jeruk Nipis

Dari hasil penelitian beberapa para ahli menjelaskan bahwa dengan rutin minun jus jeruk nipis dapay bermanfaat untuk menurunkan kolsterol dan juga tekanan darah tinggi, sehingga jeruk nipis ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ jantung serta dapat terhindar dari resiko terkena penyakit batu ginjal.

9. Ubi Jalar

Bagi mereka yang sudah mengalami gejala-gejala gagal ginjal, maka mereka harus dapat mengontrol asupan gizi dan makanan dengan baik. Meskipun demikian, mereka tetap harus mendapatkan asupan karbohidrat dalam jumlah cukup setiap harinya. Ubi jalar atau ubi manis dapat menjadi alternatif bagi anda untuk kembali mengatur fungsi organ ginjal dengan baik.

10. Kecambah atau Tauge

Kecambah atau yang lebih dikenal dengan tauge ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat menyehatkan. Bagi anda para penderita kelainan organ ginjal, kecambah mengandung vitamin C yang dapat berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melancarkan kerja dari organ ginjal dalam tubuh.

11. Paprika Merah

Paprika merah juga merupakan salah satu jenis makanan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ ginjal. Maka dengan rutin mengkonsumsi paprika, organ ginjal anda akan semakin sehat dan dapat berfungsi dengan optimal.

12. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sering dikonsumsi untuk dijadikan lalapan. Selain memiliki cita rasa yang khas, selada juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan dan salah satunya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal.

13. Putih Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein. Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan kue, ternyata putih telur juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan organ ginjal. Hal ini dikarenakan, di dalam putih telur mengandung asam amino yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh.

14. Asparagus

Asparagus merupakan jenis tanaman yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan cairan dalam tubuh dan membantu fungsi organ ginjal, terutama bagi mereka yang menderita gagal ginjal. Asparagus juga bermanfaat untuk membantu menetralisir racun dan juga mencegah pembentukan batu ginjal.

15. Wortel

Bagi anda yang menderita penyakit ginjal disarankan untuk konsumsi makanan sehat yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Wortel merupakan sayuran yang mengandung gizi lengkap dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah dan mencegah penyakit ginjal. Bagi anda yang sehat pun disarankan untuk mengkonsumsi wortel agar organ ginjal anda selalu dalam kondisi sehat dan berfungsi dengan baik.

Sebenarnya tidak ada organ tubuh yang tidak penting, karena semua organ dalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit ginjal.

Demikian ulasan yang dapat kami bahas pada postingan kali ini mengenai 7 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, serta Makanan Sehat untuk Ginjal. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan artikel ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk kita semua.