15 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Hati

15 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Hati -- Cara Menjaga Kesehatan Hati, Tips Menjaga Kesehatan Hati, Cara Memelihara Kesehatan Organ Hati, Cara Melindungi Hati, Makanan Herbal untuk Kesehatan Hati, Makanan yang Membersihkan Hati Secara Alami, Tips Menjaga Kesehatan Hati Agar Tetap Sehat, Tips dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Organ Hati, Fungsi Organ Hati.


Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Hati -- Bagi orang yang sehat, mungkin mereka tidak menyadari jika fungsi dari organ hati atau liver sangat vital. Jika organ hati sudah mulai sakit, maka mungkin mereka baru saja menyadarinya akan pentingnya untuk menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini.

Agar kita menjadi lebih sadar akan pentingnya untuk menjaga kesehatan hati, maka akan kami ulas sedikit mengenai fungsi dari oegan hati atau liver bagi tubuh kita. Dengan kita menyadar akan pentingnya organ hati ini, maka kita akan lebih memperhatikan pola hidup sehat agar organ hati bisa tetap bekerja dengan baik dan tetap sehat.

A. Fungsi Organ Hati atau Liver

Hati atau liver merupakan salah satu organ tubuh berupa kelenjar yang berkuran paling besar di dalam tubuh. Pada tubuh orang dewasa, berat dari organ hati ini rata-rata mencapai 1,4 kilogram. Organ hati di dalam tubuh dapat menerima pasokan darah kurang lebih sekiar 1,4 liter per menit yang disalurkan dari vena portal dan arteri hepatika.

Berikut ini beberapa fungsi organ hati atau liver dalam tubuh yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Menghancurkan Sel Darah Merah Yang Sudah Tua. Dalam proses ini dapat membuat tinja berubah warna menjadi coklet tua, namun jika warna dari tinja ini berwarna pucat atau bahkan berubah menjadi berwarna putih atau warna urin menjadi lebih gelap, maka bisa jadi telah terjadi masalah pada organ hati anda. Misalnya anda terkena penyakit hepatitis, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus.

2. Perubahan warna juga terjadi pada mata dan kulit, dimana warnanya berubah menjadi kekuningan atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan penyakit kuning. Kondisi kesehatan ini bisa disebabkan oleh karena telah terjadi penumpukan bilirubin atau sisa dari proses penguraian hemoglobin. Hemoglobin sendiri adalah suatu senyawa yang terdapat di dalam sel darah merah yang dapa muncul ketika terjadi pengurangai.

3. Membersihkan darah dari zat dan senyawa berbahaya, seperti zat racun, obat-obatan dan juga alkohol.

4. Melakukan proses penguraian hemoglobin dan juga hormon yang ada dalam tubuh, salah satunya yaitu insulin.

5. Dapat mengubah amonia menjadi urea yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersama dengan urin oleh organ ginjal.

6. Menyediakan cadangan energi bagi tubuh yang tersedia dalam bentu glikogen dan kemudian akan mengubahnya menjadi glukosa pada saat kadr glukosa dalam darah berada pada level rendah.

7. Meningkatkan produksi protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sintesis protein, termasuk berbagai jenis zat yang diperlukan oleh tubuh dalam proses pembekuan darah.

8. Menyimpan zat besi, asam folat dan juga beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, D dan juga vitamin K dalam tubuh.

9. Memproduksi cairan empedu yang dapat berfungsi dalam melancarkan pencernaan makanan dalam tubuh.

10. Meningkatkan produksi kolesterol baik dan trigliserida.

11. Memproduksi albumin yang bermanfaat untuk menjaga cairan di dalam tubuh.

12. Memproduksi cairan empedu yang bertugas membantu pencernaan makanan.

Setelah mengetahui fungsi dan kerja dari organ hati atau liver bagi tubuh, maka jangan sepelekan kesehatan organ hati. Jagalan kesehatan organ hati agar dapat berfungsi dengan baik agar kesehatan tubuh pun akan senantiasa terjaga dan terhindar dari beragai jenis penyakit berbahaya.

B. Beragam Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Hati

Berikut ini beberapa hal penting yang dapat anda lakukan untuk menjaga organ hati tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, yaitu :

1. Konsumsi Makanan Sehat

Menurut penuturan dari Direktur medis dalam menjalani program transplantasi hati dari sebuah rumah sakit umum, menyatakan bahwa untuk menjaga fungsi dan kesehatan organ hati tetap bekerja dengan baik dan sehat sebaiknya perhatikan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi makanan sehat dan menjalankan pola hidup sehat setiap hari, maka dapat membuat organ hati dapat bekerja dengan optimal dan terhindar dari resiko kerusakan para organ hati.

Salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi yaitu sayuran hijau, karena di dalam sayuran hijau mengandung banyak sekali nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan seluruh organ dalam tubuh, khususnya organ hati. Selain konsumsi makanan sehat berupa sayuran hijau, perbanyak juga mengkonsumsi makanan dari buah-buahan segar secara rutin dan teratur setiap hari.

2. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Dengan menjalani aktivitas olahraga secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga berat badan agar tetap normal. Selain itu, dengan rutin berolahrahga juga dapat mencegah terkena penyakit hati atau liver, karena dengan rajin berolahraga dapat membakar kalori dalam jumlah banyak dan baik dilakukan oleh anda yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda jalankan untuk menjaga kesehatan hati, diantaranya seperti lari, jalan kaki, berenang, bersepeda dan juga jenis-jenis olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun hindari kebiasaan mandi setelah berolahraga, tunggu minimal 30 menit setelah berolahraga.

3. Tidak Mengkonsumsi Obat-Obatan Sembarangan

Ketika anda merasa sedang sakit dan membutuhkan obat untuk menyembuhkannya, maka jangan sembarangan memilih obat yang beredar dipasaran. Apalagi jika obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jangka panjang, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dengan tujuan mengobati penyakit yang sedang diderita, malah-malah muncul penyakit baru yang lebih serius akibat konsumsi obat yang salah dan dalam dosis yang tidak sesuai. Salah satu bahaya konsumsi obat sembarangan tanpa resep dari dokter, maka beresiko menyebabkan kerusakan organ hati.

Maka dari itu, ketika ada sedang sakit dan membutuhkan obat sebaiknya jangan langsung membeli obat di apotik. Sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda kepada dokter, sehingga dokter akan meresepkan obat yang sesuai untuk mengobati penyakit yang sedang anda derita. Meski obat yang dapatkan berdasarkan rujukan dari dokter, namun anda tetap tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jangka panjang.

4. Vaksinasi

Dengan dilakukan pemberian vaksin, maka dapat membantu menjaga kesehatan organ hati dan mencegah infeksi virus yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada organ hati, seperti penyakit hepatitis.

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit hepatitis adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini dapat dengan mudah sekali menular, proses penyebarannya bisa melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh virus hepatitis.

Maka dari itu, dengan pemberian vaksin ini tujuannya yaitu untuk mencegah tubuh terkena infeksi dari virus yang dapat menyebabkan kesehatan organ hati terganggu.

5. Hindari Kontak Langsung dengan Sumber Virus dan Racun

Tips lainnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan hati yaitu dengan berusaha menghindari kontak langsung dengan sumber virus dan zat yang bersifat racun. Misalnya seperti produk aerasol, produk pembersih lantai, insektisida dan berbagai jenis zat aditif yang terdapat di dalam makanan. Bahkan efek nikotin dari asap rokok pun sangat berbahaya dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan organ hati dalam jangka panjang.

6. Hati-Hati Memilih Produk Suplemen dan Vitamin

Beberapa produk suplemen dan vitamin yang beredar dipasaran saat ini ternyata banyak yang mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati, bahkan beberapa produk tersebut dapat memicu pembentukan kanker hati jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

7. Mengatur Pola Makan

Pada saat seseorang makan dalam jumlah berlebih atau konsumsi makanan olahan yang menggunakan minyak goreng dengan kandungan lemak tinggi, maka dapat beresiko menyebabkan kerja organ hati semakin berat. Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dari organ hati dalam tubuh, organ hati tidak akan mampu menyaring zat-zat racun dan juga lemak berlebih dalam tubuh secara optimal.

Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang kita lebih memperhatikan dan menerapkan pola makan sehat setiap hari, baik dalam segi porsi maupun proses pengolahannya.

8. Hindari Stess dan Paparan Polusi

Dalam kehidupan sehari-hari di jaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan beberapa dampak bagi kesehatan tubuh, seperti halnya beban pekerjaan yang membuat kita mudah stres ataupun ancaman dari terlalu sering terkena paparan polusi.

Kedua faktor tersebut ternyata dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan juga kinerja dari organ hati kita, dimana hati akan mengalami kerja ekstra keras untuk menjalankan fungsinya dalam menyaring zat-zat racun dan mengendap di dalam tubuh.

9. Memelihara Kebersihan Diri dan Lingkungan

Hal ini juga sangat penting untuk anda perhatikan, karena dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, khususnya organ hati. Maka dari itu, mulai dari sekarang biasakan untuk selalu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari resiko serangan virus yang dapat menyebabkan penyakit hati seperti hepatitis. Biasakan diri bagi anda dan anak-anak untuk membersihkan tangan dan mandi dengan sabun, serta mencuci bahan makanan sebelum dimasak.

10. Hindari Pergaulan Bebas

Bagi seseorang yang tidak termasuk dalam ikatan hubungan monogami, maka mereka memiliki resiko lebih tinggi untuk terjangkit penyakit hati seperti misalnya penyakit hepatitis. Hal ini dikarenakan, penyakit hepatitis ini disebabkan oleh karena infeksi virus hepatitis dapat menyebar melalui peredaran darah dan juga cairan yang ada dalam tubuh kita.

Maka dari itu, sebaiknya agar kita lebih berhati-hati saat akan melakukan hubungan seksual, apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan hubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan.

11. Cukupi Asupan Vitamin

Dengan mendapatkan asupan beberapa jenis vitamin seperti vitamin B dan vitamin C adalah langkah yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan hati. Hal ini dikarenakan, Menurut Vincen Zanoni dari University of Michigan Medical School mengungkapkan bahwa dengan mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan kadar lemak dan juga sirosis dalam hati.

Selain vitamin C, vitamin B terutama vitamin B 12 memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan organ hati. Karena dengan mendapatkan vitamin ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penakit hepatitis atau penyakit kuning. Dengan kata lain, kedua jenis vitamin ini sangat bermanfaat untuk melindungi organ hati dari serangan penyakit.

Sumber vitamin tersebut bisa kita dapatkan dengan konsumsi beberapa jenis makanan seperti bawang putih, apel, wortel, alpukat, bit, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, minyak zaitun, lemon, asparagus, kale, kunyit, kubis, kenari, dan lain-lain.

12. Melakukan Terapi Pijat

Dengan melakukan terapi pijat dapa menjadi solusi alternatif lain agar kesehatan organ hati tetap terjaga dengan baik dan mampu bekerja dengan optimal. Dengan terapi pijat dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh menuju organ hati, sehingga nantinya akan membuat fungsi dan kerja organ hati tetap optimal.

Namun pastikan anda memilih terapis ahli yang sudah berpengalamai untuk melakukan tehnik ini, karena hanya terapis ahli yang sudah benar-benar memahami tehnik dalam pemijatan tersebut.

13. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Meskipun terdengar sepele, namun banyak orang yang sering melupakan hal ini. minum air putih dalam jumlah cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, karena tubuh membutuhkan banyak cairan agar seluruh organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, termasuk organ hati.

Perlu anda semua ketahui bahwa hampir 70% organ yang ada dalam tubuh terdiri dari air, termasuk organ hati. Maka jika tubuh kita tidak mandapatkan cairan tubuh cukup setiap harinya, maka kesehatan dan fungsi organ hati akan terganggu.

14. Tidur Cukup

Tips terakhir yang tidak boleh anda lewatkan dalam menjaga kesehatan organ hati yaitu dengan melakukan istirahat cukup setiap harinya, pastikan anda mendapatkan waktu tidur selama 7 jam setiap malam. Hal ini dikarenakan, organ tubuh khususnya hati akan bekerja lebih optimal pada mahal hari ketika kita sedang tertidur. Maka dari itu, usahakan agar anda tidak terlalu sering begadang hingga larut malam. Karena jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan organ hati menjadi terganggu.

15. Hindari Minuman Beralkohol

Waspadalah bagi anda yang senang minum-minuman beralkohol, karena di dalam minuman beralkohol terdapat kandungan zat yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan organ hati anda. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan sel-sel dalam hati dan menyebabkan terjadinya pembengkakan atau jaringan parut yang dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, zat kimia yang terdapat di dalam organ hati juga dapat menyebabkan hati harus bekerja ekstra keras agar dapat bekerja secara optimal dalam menyaring zat-zat kimia berbahaya yang mengendap di dalam tubuh. Maka dari itu, untuk menjaga agar organ hati tetap sehat dan berfungsi dengan baik, mulai dari sekarang batasi atau hindar minuman beralkohol.

16. Mencari Informasi tentang Kesehatan Hati Lebih Jauh

Selain poin-poin diatas, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan organ hati yaitu dengan mencari tahu informasi tentang cara menjaga kesehatan organ hati. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kesehatan hati dengan langsung berkonsultasikan dengan dokter, membaca buku kesehatan, mengunjungi situs-situs terpercaya yang menyuguhkan berbagai informasi tentang kesehatan dan media lainnya.

Seperti yang kita tahu bahwa organ hati merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai alat untuk mendetoksifikasi zat-zat kimia yang bersifat racun dalam tubuh. Dalam hal ini, hati memegang peranan yang sangat penting, maka sudah sepantasnya jika kita selalu memperhatikan kesehatan organ hati dengan menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat dan istirahat cukup.

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menjaga kesehatan ahti, semoga ulasan yang kami bahas diatas dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih dan salam sehat buat kita semua.