10 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, serta Jenis Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

10 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, serta Jenis Makanan untuk Kesehatan Paru-paru -- Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru dengan Pola Hidup Sehat, Tips dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Makanan untuk Kesehatan Paru-paru, Pola Hidup Sehat Menjaga Kesehatan Paru-paru, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Cara Menjaga Kesehatan Organ Paru-Paru.


Tips & Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, serta Jenis Makanan untuk Kesehatan Paru-paru  -- Tanpa adanya paru-paru, tentu kita tidak akan dapat bernapas, karena organ tubuh yang satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk membawa oksigen dari udara untuk dialirkan menuju darah dan juga untuk melepaskan karbondioksida yang terkumpul pada aliran darah menuju keluar tubuh. Seluruh sel yang ada dalam tubuh  sangat membutuhkan suplai oksigen, sehingga organ dalam tubuh dapat bekerja dan bertumbuh dengan optimal.

Organ paru-paru tidak akan pernah berhenti bekerja, meski ketika sedang tidur sekalipun. Perlu anda semua ketahui bahwa dalam satu hari, orang yang bertubuh sehat melakukan aktivitas bernafas lebih dari 25.000 kali. Maka dari itu, penting sekali untuk kita agar selalu memperhatikan kesehatan organ paru-paru.

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan paru-paru, di dalam tubuh sudah dilengkapi dengan sistem perlindungan alami yang khusus untuk menjaga paru-paru. Sistem perlindungan alami ini dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan paru-paru dari berbagai kotoran dan juga kuman.

Namun sayangnya, ada kalanya beberapa kandungan zat berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada saluran udara dan akhirnya dapat berakibat buruk terhadap kemampuan paru-paru. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, maka dapat menyebabkan munculnya penyakit para paru-paru seperti misalnya penyakit asma, bronkitis, tuberkulosis, penumonia, fibrosis sistik, emfisema, kanker paru-paru dan sindrom akut.

Bagi orang yang terkena penyakit paru-paru, maka pastinya mereka akan mengalami kesulitan untuk bisa bernafas dengan lega dan bahkan bisa menyebabkan terjadi kegagalan dalam bernapas.

Maka agar organ paru-paru dapat berfungsi dengan baik dan tetap sehat, ada banyak sekali yang dapat kita lakukan. Diantaranya dengan sedikit melakukan perubahan dalam menjalani gaya hidup, pola makan dan beberapa kebiasaan seha yang dapat bermanfaat untuk melancarkan pernapasan.

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Berikut ini beberap hal yang dapat anda lakukan agar kesehatan organ paru-paru dapat tetap terjaga dan dapat bernapas dengan lancar, diantaranya yaitu :

1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Mungkin sekarang sudah waktunya anda berhenti merokok demi kesehatan organ paru-paru anda, karena di dalam asap rokok mengandung berbagai jenis zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan yang serius pada paru-paru. Bahkan kebiasaan merokok menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit paru-paru, misalnya seperti penyakit paru obstiuktif kronis dan juga kanker paru-paru.

Setiap hisapan asap rokok dapat menyebabkan terjadinya penyempitan saluran udara dan menyebabkan kesulitan untuk bernapas lega. Selain itu, asap rokok juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan juga pembengkakan pada organ paru-paru. Kebiasaan merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan paru, kemudian pada akhirnya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker paru.

2. Jangan Menjadi Perokok Pasif

Jika anda tidak merokok namun sering berada di lingkungan orang-orang yang merokok, itu sama saja seperti anda merokok. Asap rokok yang anda hirup dapat mempengaruhi kondisi kesehatan paru-paru anda, tidak sedikit para perokok pasif yang menderita penyakit akibat bahaya asap rokok ini, baik pada organ paru-paru mereka maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan apabila ingin terhindar dari bahaya asap rokok, yaitu :
  • Jangan izinkan orang lain merokok di dalam rumah, mobil atau ruang kerja anda.
  • Sebaiknya hindari tempat-tempat umum yang para pengunjungnya bebas untuk merokok.
  • Ketika anda sedang bepergian dan mencari tempat untuk menginap, maka carilah kamar hotel atau penginapan yang bebas asap rokok dari orang yang sebelumnya pernah menginap di hotel tersebut.

3. Kurangi Paparan Polusi

Selain asap rokok, banyak sekali hal-hal yang menjadi polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru dan juga kesehatan anda secara keseluruhan. Bahkan jenis pewangi sintetis yang terkandung di dalam beberapa produk detergen atau pengharum ruangan mengandung zat kimia beracun yang bebabaya bagi kesehatan paru-paru.

Berikut ini beberapa hal penting yang dapat anda lakukan agar dapat terhindar dari bahaya polusi udara, yaitu :
  • Hindari daerah atau tempat yang memiliki banyak polusi dan juga daerah-daerah industri.
  • Minimalkan polusi dilingkungan anda dengan menciptakan lingkungan sehat dan bersih seperti dengan menanam tanaman hias di depan rumah dan rutin menjaga kebersihan lingkungan.
  • Gunakan bahan-bahan kontruksi yang ramah lingkungan ketika anda berencana akan membangun atau melakukan renovasi rumah.

4. Perbaiki Kualitas Udara di Dalam Rumah

Selain di luar ruangan, anda juga harus memperhatikan kebersihan dan memperbaiki kualitas udara di dalam rumah.

Caranya yaitu :
  • Letakkan tanaman hias di setiap ruangan di dalam rumah anda. Beberapa jenis tanaman yang dapat anda pilih yaitu seperti pakis, lidah buaya, palem bambu, tanaman laba-laba, sirih gading, lidah mertua dan jenis tanaman hias lainnya.
  • Batasi penggunaan produk pembersih ruangan yang di dalamnya mengandung bahan-bahan kimia berbahaya atau beraoma yang sangat tajam.
  • Hindari penggunaan penyemprot  aerasol.
  • Usahakan ada banyak ventilasi udara di dalam setiap ruangan.

5. Melakukan Latihan Pernapasan

Aktivitas bernapas sangatlah penting bagi paru-paru untuk menyediakan oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Jika tubuh kurang mendapatkan suplai oksigen, maka tubuh akan mudah sekali mengalami masalah kesehatan, termasuk penyakit paru atau penyakit jantung.

Agar kesehatan paru-paru tetap terjaga dan memperkuatnya, anda bisa melakukan tehnik latihan pernapasan dalam. Cara ini sangat efektif untuk membantu membersihkan toksin yang mungkin sudah menumpuk dan mengendap di dalam paru-paru. Sehingga organ paru-paru akan kembali sehat dan berfungsi dengan baik.

Cara melakukan latihan pernapasan dalam, yaitu :
  • Pertama-tama duduk di tempat yang tenang dan dapa membuat tubuh anda menjadi lebih rileks.
  • Tutup mata dan lakukan pernapasan dengan tenang dan rileks.
  • Hitung sampai lima dan tahan selama beberapa detik, kemudian buang napas secara perlahan.
  • Coba ulang cara ini beberapa kali dalam sehari bisa mencoba 6-7 kali.
  • Setelah rutin melakukan latihan pernapasan ini, maka saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sekaligus dapat mengurangi tingkat stres.

6. Belajar Alat Musik Tiup

Cara menjaga kesehatan paru-paru juga bisa anda lakukan dengan mencoba belajar bermain alat musik tiup, seperti suling, saksofon, harmonika, pianika atau klarinet. Alat musik tiup ini ini ternyata bisa anda gunakan untuk melatih pernapasan dan memperbaiki kapasitas udara di dalam organ paru-paru.

Selain dengan mencoba memainkan alat musik tiup, ternyata dengan rajin bernyanyi juga dapat menjaga kesehatan organ paru-paru anda. Jika anda memang tidak suka belajar alat musik, anda juga bisa melakukan latihan pernapasan dengan meniup balon. Cara ini memang cukup efektif untuk melatih kemampuan paru-paru dalam memompa udara lebih banyak, sehingga organ paru-paru menjadi lebih kuat.

7. Rutin Berolahraga dan Aktifitas Fisik

Dengan kita rajin berolahraga adalah cara yang baik dan sangat bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kapasitas paru-paru, sehigga paru-paru akan jauh lebih mudah untuk menjaga suplai oksigen menuju ke jantung dan juga otot-otot tubuh. Pada akhirnya, anda akan dapat menikmati kesehatan dari organ jantung di dalam tubuh anda yang lebih baik dan mood anda pun akan ikut stabil.

Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang dapat anda lakukan agar kesehatan paru-paru tetap terjaga dengan baik, yaitu :
  • Melakukan latihan kardio tingkat berat selama kurang lebih 30 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu.
  • Melakukan olahraga aerobik, misalnya dengan berjalan kaki, bersepeda dan juga menari.
  • Rajin berenang minimal 30 menit perhari selama beberapa kali dalam seminggu.

Sebelum anda memulai menjalani aktivitas olahraga untuk pertama kalinya, maka sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya mengenai jenis olahraga seperti apa yang cocok dengan kondisi keksehatan anda. Perlu anda ingat bahwa dengan berolahraga dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan dapat bernapas lebih dalam, lakukan olaharaga pada pagi hari dimana kondisi udara masih dalam keadaan segar.
8. Rajin Membersihkan Diri

Dengan rajin membersihkan diri, maka tubuh akan lebih tahan terhadap infeksi paru-paru sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pada pernapasan. 

Berikut ini beberapa hal penting yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan, diantaranya yaitu :
  • Cuci tangan secara menyeluruh dengan menggunakan sabun dan air bersih.
  • Bersihkan tangan secara optimal dengan menggunakan hand sanitizer yang menggunakan bahan dasar alkohol jika memang tidak ada sabun dan air bersih.
  • Tutup hidung dan juga mulut dengan menggunakan tisu atau sapu tangan pada saat sedang batuk dan bersin.
  • Hindari tempat-tempat yang ramai pada saat memasuki musim pilek dan juga flu.
  • Ketika anda sedang sakit, maka sebaiknya anda banyak istirahat dirumah sampai kondisi kesehatan anda kembali membaik.
  • Selalu jaga kebersihan di luar maupun di dalam rumah, terlebih bagi anda yang memiliki karpet atau permadani. Gunakan alat penyedot debu atau vacum vleaner untuk membersihkan debu yang menumpuk pada karpet.

9. Melakukan Check Up Secara Rutin

Meskipun anda merasa sedang tidak sakit, namun guna untuk memantau kesehatan tubuh dan paru-paru anda sebaiknya anda rutin pergi ke dokter untuk melakukan check up kesehatan. Hal ini merupakan bentuk dari pencegahan sebelum munculnya masalah kesehatan pada organ paru-paru anda.

Hampir sebagian besar organ paru-paru sering kali berkembang tanpa pernah terdeteksi sampai kondisi kesehatannya sudah cukup parah dan sulit untuk diobati. Tetapi dengan anda rutin melakukan check up ke dokter, maka dokter akan mudah untuk memeriksa kondisi kesehatan paru-paru anda dan mengatasi gejala-gejala awal kemunculannya.

Itulah beberapa hal penting yang dapat anda coba lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain dengan menerapkan gaya hidup sehat, untuk menjaga kesehatan paru-paru juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat secara rutin dan teratur setiap hari.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi sangat baik dan bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan fungsi dari organ paru-paru dan membersihkan toksin berbahaya yang menumpuk pada paru-paru.

• Selalu sertakan makanan dan juga herbal yang kaya akan kandungan antioksidan seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe rawit, Noni juice, buah delima, teh hijau, apel, peppermint, dan Sarang Semut.

• Selalu sertakan jenis makanan yang mengandung sumber protein yang terdiri dari ikan, susu, keju, kacang-kacangan dan juga daging unggas. Konsumsi aneka jenis makanan tersebut dapat membantu memperkuat otot pernapasan.

• Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, sumber utama makanan yang mengandung asam folat yaitu seperti brokoli, bayam dan juga alpukat. Dengan mengkomnsumsi makanan kaya asam folat, maka dapat melindungi organ paru-paru dari resiko terkena penyakit paru obstruktif kronis.

• Pilih sumber makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, buah-buahan segar dan juga sayuran segar. Pada waktu yang sama, batasi juga konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti kue, gula, permen dan minuman ringan.

• Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan juga lemak tak jenuh yang tidak mengandung kolesterol. Batasi juga makanan yang mengandung lemak trans dan juga lemak jenuh.

B. Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, diantaranya yaitu :

1. Wortel

Selain baik dikonsumsi untuk kesehatan mata, ternyata wortel termasuk salah satu jenis makanan sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ paru-paru. Manfaat wortel untuk paru-paru diantaranya yaitu dapat membersihkan paru-paru, mencegah kambuhnya asma dan juga menurunkan resiko kanker paru-paru.

2. Ikan Salmon

Makanan sehat lainnya yang baik untuk paru-paru yaitu ikan salmon. Di dalam ikan salmon ini telah diperkaya dengan kandungan asam lemak omega 3, rutin mengkonsumsi ikan salmon dapat membantu meringankan gejala asma dan mencegah gangguan kesehatan lainnya pada paru-paru.

3. Brokoli

Manfaat brokoli memang sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satunya yaitu dapat mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada organ paru-paru, seperti membersikan paru-paru, mencegah asma kambuh, mengeluarkan racun yang mengendap di dalam paru-paru dan berbagai masalah kesehatan paru-paru lainnya.

4. Apel

Di dalam buah apel mengandung nutrisi yang sangat lengkap dan baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah berbagai serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit paru-paru, serta mencegah perkembangan sel kanker di dalam paru-paru.

5. Alpukat

Di dalam buah alpukat mengandung asam folat yang sangat tinggi. Selain baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Asam folat juga sangat dibutuhkan tubuh untuk melindungi organ paru-paru dari kerusakan dan kanker. Selain itu, dengan rutin minum jus alpukat setiap hari dapat membantu meredakan gejala asma ketika menyerang.

6. Jahe

Jahe memang sering dijadikan sebagai bumbu masakan, namun di balik itu jahe juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk paru-paru. Maka tak heran jika jahe ini sering dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan jamu dan ramuan obat tradisonal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam jahe mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat serta mengandung kurkumin yang mampu meredakan peradangan pada paru-paru.

7. Bawang Putih

Sama hal nya dengan jahe, bawang putih juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan. Disamping itu, ternyata bawang putih juga sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada paru-paru seperti membersihkan paru-paru, mencegah asma, mengurangi peradangan dan mencegah infeksi serta kanker pada paru-paru.

Itulah 10 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, serta Jenis Makanan untuk Kesehatan Paru-paru yang bisa anda coba dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Ayo berbagi dan like. Cukup sekian, terima kasih,  dan salam sehat