8 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung, serta Makanan Sehat untuk Jantung

8 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung, serta Makanan Sehat untuk Jantung -- Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Kiat Menjaga Kesehatan Jantung, Cara Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat, Sistem Kerja Jantung, Fungsi Jantung, Bagian-bagian Jantung, Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Olahraga untuk Kesehatan Jantung.


Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung, serta Makanan Sehat untuk Jantung -- Fungsi utama jantung yaitu untuk memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Sama hal nya seperti alat transportasi, darah sendiri bertugas untuk mengangkut nutrisi menuju ke organ jantung dan juga pembuluh darah untuk membantu proses pembentukan sistem kardiovaskular.

Organ jantung yang bekerja dengan sehat dan normal didukung dengan memiliki jaringan otot yang sangat kuat dan mampu bekerja dengan optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Organ jantung yang mampu berdetak secara kontinu dalam untuk memompa darah agar darah dalam tubuh dapat dialirkan dalam jumlah lebih dari 14.000 liter dalam sehari.

A. Sistem Kerja dan Fungsi Jantung yang Sehat

Organ jantung yang terdapat pada tubuh manusia memiliki ukuran hampir sama dengan ukuran kepalan tangan orang dewasa dari masing-masing individu. Pada jantung tersebut terbagi menjad empat bagian, yaitu yang disebut dengan serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan juga bilik kiri.

Setiap bagian dari jantung tersebut dipisahkan oleh pembatas berupa lapisan dinding yang disebut dengan septum, darah akan dipompa melalui bagian-bagian jantung tersebut. Untuk membantu mengoptimalkan fungsi dan kerja organ jantung tersebut, terdapat sebuah katup yang dapat bertugas untuk membuka dan menutup secara otomatis. Hal ini bertujuan untuk menjaga aliran darah tetap berada pada jalur yang benar.

Katup pada organ jantung manusia secara keseluruhan terdiri dari :
  • Katup mitral : Letaknya berada di bagian antara serambi kiri dan juga bilik kiri. Katup jantung ini secara normalnya terdapat dua daun katup.
  • Katup aorta : Letaknya berada di bagian antara bilik kiri dan juga aorta atau yang lebih dikenal dengan batang nadi.
  • Katup trikuspid : Letaknya berada di bagian antara serambi kanan dan juga bilik kanan.
  • Katup pulmonalis : Letaknya berada di bagian antara bilik kanan dan juga arteri pulmonalis.

B. Fungsi Jantung Berdasarkan Bagian-Bagiannya

Pada setiap bagian yang terdapat dari anatomi jantung memiliki fungsinya masing-masing, untuk anda yang belum tahu fungsi organ jantung berdasarkan dari bagian-bagiannya bisa anda simak penjelasannya dibawah berikut ini.

1. Serambi Kanan

Darah yang tidak mengandung oksigen atau lebih dikenal dengan sebutan darah kotor ini akan memasuki serambi kanan dengan melalui vena cava superior dan juga inferior. Mulai dari bagian serambi kanan, darah akan dipompa menuju ke bilik kanan. Organ jantung yang ada pada tubuh janin, terdapat lubang yang terletak di bagian serambi kanan dan yang berfungsi untuk mengalirkan darah secara langsung dengan lancar ke serambi kiri.

Hal ini tentunya sangatlah penting bagi bagi sirkulasi janin yang sehat, karena organ paru-paru pada tubuh janin belum mampu untuk bekerja secara sempurna. Janin akan mengambil darah yang bersih dan kaya akan kandungan oksigen langsung dari tubuh sang ibu. Setelah bayi lahir, maka organ paru-paru bayi sudah dapat berfungsi engan baik, sehingga lubang yang terdapat pada organ jantung tertutup kembali dan kemudian membuat batasan antara serambi kanan dan serambi kiri.

2. Bilik Kanan

Bilik kanan merupakan bagian lain dari jantung yang berfungsi untuk memompa darah kotor menuju ke paru-paru. Letak dari bilik ini berada tepat dibawah serambi kanan dan beradea disamping bilik kiri.

Darah kotor yang dialirkan ke bagian serambi kanan akan mengalir melalui katup trikuspid untuk dapat sampai ke bilik kanan. Kemudian darah akan dipompa kembali untuk dialirkan menuju ke organ paru-paru melalui katup pulmonalis dan berjalan dengan baik melaui pembuluh arteri pulmonalis.

Apabila bagian jantung tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik dan menyebabkan organ jantung tidak mampu lagi untuk memompa darah secara normal, maka anda beresiko untuk menderita gagal jantung bagian kanan.

3. Serambi Kiri

Fungsi dari Serambi kiri sebenarnya bertangung jawah untuk menerima aluran darah yang bersih dari paru-paru. Darah yang bersih adalah darah yang di dalamnya mengandung oksigen cukup banyak, darah yang bersih akan masuk ke serambi bagian kiri melewati pembuluh balik atau pembuluh darah vena, kemudian darah akan kembali dipompakan ke bilik krii dengan melalui katup mitral. Dari balik kiri, maka darah yang bersih dan mengandung oksigen tinggi ini sudah siap untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

4. Bilik Kiri

Bilik kiri merupakan bagian lain dari organ jantung yang ukurannya paling tebal dan bertugas untuk memompa darah bersih menuju ke seluruh tubuh. Bilik kiri pada jantung ini terletak di bagian bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup dengan katup mitral dan kemudian akan memasuki bilik kiri. Bagi orang yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi akan menyebabkan otot bilik kiri mengalami pelebaran dan mengeras. Jika hal ini terjadi, maka bilik kiri yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan terganggu.

Begitu pentingnya fungsi dari organ jantung untuk tubuh manusia, sejatinya kita harus senantiasa menjaga dan merawat kesehatan organ jantung dengan cara menerapkan pola hidup sehat yang mencakup konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, rutin berolahraga dan pastinya mengindari kebiasaan merokok.

C. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Perubahan kecil yang terjadi pada kebiasaan-kebiasaan hidup yang sedang anda jalani pada dasarnya memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan jantung. Hal yang mungkin tidak akan anda sadari adalah organ jantung merupakan organ tubuh yang tidak akan pernah berhenti untuk bekerja keras selama seumur hidup. Oleh karenanya, usahakan agar anda selalu membuat organ jantung agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Berikut ini beberapa langkah penting yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar organ jantung tetap sehat dan dapat berfungsi dengan optimal, yaitu :

1. Konsumsi Ikan

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 sangat baik untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung. ikan bermanfaat sebagai sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan seimbang serta kaya akan kandungan nasam lemak omega 3. Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung yaitu seperti ikan sarden, ikan tuna dan juga ikan salmon. Dengan rutin mengkonsumsi dua kali dalam seminggu secara rutin dan teratur sudah dapat mencukupi kebutuhan asupan asam lemak omega 3.

2. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Berserat

Serat bisa kita dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti gandum, sereal, kentang yang dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Selain itu, buah-buah dan sayuran juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu mencukupi kebutuhan serat harian bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan kandungan serat dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung, sehingga cukupilan kebutuhan asupan serat paing tidak sekitar 30 gram per hari.

Perlu diperhatikan pula, mengkonsumsi makanan berserat tinggi secara rutin dan teratur harus dilakukan secara bertahap, sebaiknya jangan langsung dihabiskan secara sekaligus karena justru dapat berdampak pada terjadinya konstipasi atau kram perut. Namun lebih dianjurkan untuk mengkombinasikan dengan jenis nutrisi lain yang memiliki peranan sama pentingnya, terutama dengan dikombinasikan bersama asupan cairan dalam jumlah cukup untuk membantu proses pencernaan agar lebih lancar.

3. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Pernan lemak jenuh dan lemak trans sangat besar sekali dalam melakukan proses pembentukan kolesterol dalam jumlah berlebih di dalam darah. Penumpukan kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah arteri jantung, sehingga sangat membahayakan aliran darah.

Maka dari itu, batasi konsumsi lemak jenuh yang bisa anda dapatkan dari daging merah, beragam makanan olahan, makanan yang digoreng dan juga berbagai produk olahan susu tinggi lemak. Maka dengan membatasi konsumsi lemak jenuh, resiko terkena penyakit jantung akan semakin kecil.

4. Istirahat Cukup

Tips menjaga kesehatan jantung lainnya yang penting untuk anda lakukan yaitu dengan menjaga waktu tidur anda tetap teratur dan tercukupi, karena orang yang memiliki waktu untuk tidur cukup dan berkualitas setiap harinya akan memiliki kondisi kesehatan pembuluh darah arteri yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengalami kurang tidur. Apabila kondisi kesehatan pembuluh darah arteri terjaga dengan baik, maka tubuh pun akan dapat terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Untuk menjaga organ jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik, maka sebaiknya anda selalu menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap berada pada leval aman. Sebab, tekanan darah yang terlampau tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada dinding arteri dan juga dapat menyebabkan munculnya jaringan parut.

Jika kondisi tersebut terjadi, maka darah dan oksigen akan menjadi lebih sulit untuk mengalir dari dan menuju organ hati, sehingga organ jantung dengan terpaksa harus bekerja ekstra keras agar tubuh tidak mengalami kekurangan oksigen.

6. Menghindari Diabetes

Akibat dari kondidi kadar gula darah yang terlampau tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan potensi terkena penyakit jantung. hal ini dikarenakan, pada saat kadar gula darah sudah mencapai level yang sangat tinggi, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah arteri.

Oleh sebab itu, selalu rutin periksakan kondiso kesehatan dan kadar gula darah anda secara rutin, tertutama bagi anda yang berusia diatas 45 tahun, wanita hamil dan bagi anda yang memiliki berat badan berlebih (obesitas). Untuk menjaga kesehatan jantung, maka mulai dari sekarang hindarilah berbagai resiko yang menyebabkan diabetes dan ubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tips berikutnya ini merupakan langkah yang paling baik untuk menjaga organ jantung agar tetap sehat dan mampu bekerja dengan optimal. Kebiasaan buruk merokok daoat menjad salah satu penyebab utama seseirang terkena penyakit jantung koroner, namun jika anda telah berhasik menghentikan kebiasaan merokok minimal selama satu tahun, maka resiko terkena penyakit jantung akan menjadi lebih kecil dan organ jantung pun akan menjadi lebih sehat.

8. Rutin Berolahraga

Hal penting lainnya yang perlu dilakuka agar organ jantung tetap terjaga kesehatannya yaitu dengan rutin menjalani aktivitas fisik seperti olahraga , karena dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. untuk menjaga kesehatan jantung, anda cukup menjalani aktivitas olahraga dengan intensitas sedang minimal selama 150 menit setiap minggunya. Itu artinya, setiap hari anda harus menjalani aktivitas olahraga minimal 30 menit liha kali seminggu.

Dalam menjaga agar organ jantung dalam tubuh tetap sehat dan dapat berfungsi secara normal, maka jangan ragu untuk menjalani semua tips yang telah kami bahas diatas. Sebab, dua atau tiga diantaranya jika dijalankan secara rutin dan teratur dapat membantu menurunkan resiko munculnya penyakit jantung.

D. Jenis Makanan Sehat untuk Jantung

Untuk mendukung kesehatan organ jantung agar tetap sehat, ada beberapa jenis makanan sehat untuk jantung yang baik dikonsumsi setiap hari, terutama bagi anda yang sudah didiagnosa menderita sakit jantung. Untuk mengetahui makanan sehat apa saja yang baik untuk jantung, anda bisa simak ulasannya dibawah berikut ini.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung fitonutrien dan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, diantaranya yaitu :

1. Kacang-Kacangan

Makanan sehat untuk jantung pertama yang dianjurkan untuk rutin dikonsumsi yaitu jenis makanan yang berasal dari kacang-kacangan, salah satunya kacang merah. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang-kacangan mengandung fitonutrien yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, di dalam kacang-kacangan juga mengandung serat dan kadar air yang sangat tinggi yang dapat membuat kita cepat kenyang setelah mengkonsumsinya.

Dengan rutin mengkonsumsi kacang sebanyak satu cangkir per minggu, maka tubuh terhindar dari asupan kalori dalam jumlah tinggi. Disamping itu, di dalam kacang-kacangan juga mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan memiliki peran sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

2. Biji-Bijian Utuh

Makanan sehat lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi biji-bijian utuh. Makanan yang berasal dari biji-bijian utuh terdiri dari gandum, jagung dan juga beras merah yang merupakan sumber utama karbohidrat yang sangat baik untuk menurunakn resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, di dalam biji-bijian utuh mengandung berbagai jneis nutrisi penting seperti protein, mineral, vitamin dan juga senyawa antioksidan.

3. Apel

Dengan rutin mengkonsumsi 1-2 buah apel segar setiap hari dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. sebab, buah apel sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih diketahui tidak akan menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam tuuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan resiko serangan penyakit jantung.

5. Anggur

Salah satu manfaat mengkonsumsi buah anggur yaitun efektif untuk mencegah penyakit jantung dan peningkatan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, di dalam buah anggur mengandung serat yang sangat tinggi dan juga kaya akan kandungan flavonoid yang mampu berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan pada jantung.

6. Buah Beri

Makanan sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung berikutnya yaitu buah beri. Buah yang termasuk dalam kelompok beri terdiri dari strawberry, blueberry, rasberry, blackberry dan masih banyak lagi jenis-jenis buah beri lainnya. Berkat kandugan fitonutrien yang ada di dalamnya, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga jantung tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik.

7. Teh Hijau

Sungguh beruntung bagi anda yang suka minum air teh hijau hangat setiap hari, selain baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah tinggi, ternyata rutin minum teh hijau juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai 8 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung, serta Makanan Sehat untuk Jantung. Semoga artikel yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan artikel ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua.