Pengertian Gizi, Macam macam Gizi, Fungsi Gizi, dan Contohnya

Pengertian Gizi, Macam macam Gizi, Fungsi Gizi, dan Contohnya -- Pengertian Gizi, Macam macam Zat Gizi, dan Fungsi Zat Gizi, dan Contohnya, Macam-Macam Nutrisi pada Makanan dan Manfaatnya, Fungsi dan Contoh Sumber Zat Makanan Karbohidrat, Protein, Vitamin, Lemak, Mineral, serta Air , Sumber Zat Gizi, Unsur Nutrisi dan Fungsinya, Apa itu Gizi Seimbang.


Macam macam Gizi Makanan beserta Fungsi dan Contohnya – Nutrient atau yang lebih dikenal dengan istilah zat gizi merupakan suatu elemen penting yang terkandung di dalam makanan, zat gizi ini dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh, seperti misalnya vitamin, karbohidrat, lemak, mineral, protein dan juga air. Zat gizi sendiri memiliki pengertian yaitu suatu substansi yang bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan dan digunakan untuk mendukung pertumbuhan, perbaikan dan juga pemeliharaan pada jaringan tubuh.

Secara umum, zat gizi terbagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan juga anorganik. Zat gizi organik terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan juga vitamin. Sementara untuk jenis zat gizi anorganik terdiri dari air dan kandungan mineral. Zat gizi sendiri dapat dikelompokan berdasarkan sumber, fungsi zat gizi dan juga jumlah. Untuk mengetahui macam-macam zat gizi dan penjelasan lainnya, anda bisa simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Macam macam Gizi Makanan beserta Fungsi dan Contohnya

Berikut ini berbagai macam kandungan gizi yang terdapat pada makanan, disertai fungsi dan juga contoh sumber makanannya. yaitu :

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah kandugan gizi yang terdapat pada makanan, gizi ini sangat diperlukan sebagai kebutuhan dasar bagi tubuh manusia yang dapat berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Ada banyak sekali aneka jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, diantaranya seperti nasi, kentang, jagung dan masih banyak jenis makanan lainnya. Dalam susunan menu makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia, yaitu menempatkan karbohidrat dalam jumlah 70-80%.

Setiap tubuh manusia memerlukan asupan karbohidra dalam jumlah cukup setiap harinya sebagai penghasil energi bagi tubuh, sehingga tubuh dapat beraktivitas dengan baik. Dengan mendapatkan 1 gram karbohidrat, maka dapat menghasilkan energi sebesar 4 kalori. Kebutuhan jumlah energi pada setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung dari seberapa besar energi yang dikeluarkan tubuh setiap orang. Maka bagi anda yang sering melakukan pekerjaan yang cukup berat dan menguras tenaga, maka tubuh membutuhkan lebih banyak energi.

Bacaan lanjutan : Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Protein

Protein adalah gizi yang terdiri dari 2 macam, yaitu protein hewani dan juga protein nabati. Sumber protein hewani bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti ikan, telur, susu, keju, daging ayam, daging sapi dan masih banyak lagi jenis makanan lain yang memiliki sumber protein hewani. Sedangkan untuk sumber protein nabati bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan masih banyak lagi sumber makanan lainnya. Tubuh manusia sendiri membutuhkan kedua jenis protein tersebut, kebutuhan protein setiap orang bisa berbeda-beda.

Tubuh orang dewasa setidaknya memerlukan asupan protein dalam jumlah sekitar 1 gram per hari untuk setiap kilogram berat badannya. Untuk para remaja memerlukan asupan protein dalam jumlah 1 gram untuk setiap kilogram berat badan, kemudian untuk anak-anak usis 6-12 tahun memerlukan asupan protein dalam jumlah 2 gram per kilogram berat badannya, sedangkan untuk bayi memerlukan asupan protein sebanyak 3 gram per kilogram berat badannya.

Bacaan Lanjutan : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Makanan yang Mengandung Protein

3. Lemak

Ada dua macam sumber lemak yang diperlukan oleh tubuh, yaitu lemak nabati dan juga lemak hewani. Contoh lemak nabati dapat ditemukan dalam minyak kelapa, kemiri, margarin, santan kelapa dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk sumber lemak hewani dapat ditemukan dalam daging, susu, keju dan masih banyak lagi sumber lemak hewani lainnya.

Jumlah asupan lemak yang dibutuhkan oleh setiap orang bisa berbeda-beda, bagi orang yang tinggal di daerah yang memiliki iklim dingin memerlukan jumlah lemak yang lebih banyak yaitu sekitar ½ - 1 gram per kilogram berat badannya.

Namun tubuh yang memiliki kelebihan lemak, maka dapat menyebabkan kegemukan. Sedangkan bagi mereka yang kurang mendapatkan asupan lemak dapat menyebabkan tubuh menjadi kurus dan memiliki berat badan yang rendah. Fungsi dari lemak yang terdapat dalam tubuh dapat diolah menjadi sumber energi bagi tubuh, bahkan lemak juga dapat berfungsi sebagai pelarut dari beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, E dan juga vitamin K. Peran dari lemak ini dapat melindungi tubuh pada bagian tubuh tertentu, juga dapat menjadi pelindung bagian lemak pada temperatur suhu yang sangat rendah.

Bacaan Lanjutan : Makanan yang Mengandung Lemak Baik (Tak Jenuh) dan Lemak Jahat (Jenuh)

4. Vitamin

Vitamin adalah suatu komponen gizi yang memiliki peran sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mendapatkan asupan vitamin dalam jumlah cukup dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh, tetapi asupan vitamin ini tidak akan berperan sebagai penghasil sumber energi bagi tubuh. Meskipun tubuh tidak memerlukan asupan vitamin dalam jumlah banyak, namun peranan vitamin ini sangatlah penting untuk tubuh.

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin dalam jumlah cukup dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada proses metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan fungsi dari vitamin ini tidak dapat digantikan dengan kandungan gizi lainnya.

a. Tanda-tanda Orang yang Kekurangan Vitamin

Berikut adalah tanda-tanda orang yang mengalami kekurangan vitamin :
  • Memiliki pertumbuhan badan yang lambat
  • Kehilangan nafsu makan
  • Badan terasa lemas dan lesu

b. Penyebab Seseorang Mengalami Kekurangan Vitamin

Berikut ini beberapa penyebab seseorang mengalami kekurangan vitamin, yaitu :
  1. Salah menentukan jenis makanan
  2. Tidak suka mengkonsumsi makanan jenis sayuran dan buah-buahan

Vitamin sendiri terbagi menjadi dua golongan, yaitu vitamin yang dapat larut dalam air dan juga vitamin yang dapat larut dalam lemak. Golongan vitamin yang dapat larut dalam air yaitu vitamin C dan vitamin B, sedangkan untuk golongan vitamin yang dapat larut dalam lemak yaitu seperti vitamin A, D, E dan juga vitamin K.

c. Jenis-Jenis Vitamin dan Manfaatnya untuk Tubuh

Berikut ini beberapa jenis vitamin dan manfaatnya untuk tubuh, yaitu :

# Vitamin A

Fungsi dan manfaat vitamin A antara lain dapat mengatur kepekaan terhadap rangsangan sinar pada syaraf mata, pembentukan warna pada mata dan juga pertumbuhan sel. Ada banyak sekali makanan yang menjadi sumber vitamin A, diantaranya seperti wortel, apel, kangkung, telur, susu, keju dan masih banyak lagi makana yang mengandung sumber vitamin A lainnya.

Dampak buruk jika tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin A, maka tubuh akan rentan erserang berbagai jenis penyakit, seperti terkena penyakit mata, kulit menjadi kering dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan menjadi terganggu.

# Vitamin B

Vitamin B adalah gabungan dari lebih dari 15 jenis vitamin atau yang lebih dikenal dengan sebutan vitamin B kompleks, dimana vitamin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Berikut ini beberapa jenis vitamin B kompleks yang penting untuk anda ketahui, yaitu :

* Vitamin B1 (Thiamin)

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin B1 ini dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit beri-beri, tubuh umumnya membutuhkan asupan vitamin dalam jumlah normal sekitar 1-2 gram per hari.

* Vitamin B2 (Riboflavin)

Tubuh yang kurang mendapatkan vitamin B2 atau yang lebih dikenal dengan Riboflavin ini dapat menyebabkan terjadinya ketikda seimbangan pola pikir dan juga terkena penyakit mata.

* Vitamin B3 (Niasin)

Jika tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin B3 atau yang dikenal dengan Niasin ini dapat menyebabkan terganggunya susunan syaraf pusat dan juga gangguan pada saluran pencernaan.

* Vitamin B6 (Piridoksin)

Apabila tubuh kita kurang mendapatkan asupan vitamin B6 ini dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit anemia, sakit kepala dan juga depresi.

* Vitamin B7 (Biotin)

jika tubuh kita kurang mendapatkan asupan vitamin B7 atau yang dikenal dengan sebutan Biotin ini, maka tubuh akan mengalami penurunan nafsu makan, rambut rontok, pusing dan masih banyak gejala lainnya.

* Vitamin B12 (Kobalamin)

Apabila tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin B12 atau yang disebut dengan kobalamin, maka tubuh akan terkena penyakit anemia, kerusakan otak, pegal-pegal dan bahkan mengalami gangguan syaraf.

# Vitamin C

Vitamin C sendiri memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Selain baik untuk kesehatan, vitamin C juga sangat baik untuk perawatan kecantikan. Hal ini dikarenakan, vitamin C juga dapat berperan besar sebagai senyawa anntioksidan yang mampu melawan dan menghentikan serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menyerang tubuh dan memicu berbagai jenis penyakit. Kurang mendapatkan asupan vitamin dapat menyebabkan gusi menjadi berdarah, sariawan dan juga skorbut.

Asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh bayi yaitu sekitar 30 mg, anak-anak yaitu 60 mg, dewasa membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 75 mg, ibu hamil membutuhkan sekitar 100 mg dan ibu menyusui membutuhkan vitamin C sebanyak 150 mg.

# Vitamin D

Manfaat vitamin D dapat membantu melancarkan proses pembentukan tulang dan juga gigi, mengontrol kadar fosfor yang terdapat dalam aliran darah. Vitamin D ini bisa diperoleh dari beberapa sumber makanan seperti ikan, susu dan juga kuning telur. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin D dapat menyebabkan terkena penyakit rakitis, jumlah vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh anak-anak dan dewasa yaitu sekitar 400 SI.

# Vitamin E

Manfaat vitamin E dapat mencegah terjadinya keguguran dan pendarahan pada ibu hamil. Untuk mendapatkan sumber vitamin E ini bisa diperoleh dari berbagai jenis sayuran hijau, kuning telur, daging dan juga susu. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin E ini dapat menyebabkan keguguran dan juga kemandulan. Selain itu, manfaat vitamin E ini juga sangat baik untuk merawat kulit dan juga rambut agar tetap sehat dan terlindungi.

# Vitamin K

Manfaat vitamin K dapat membantu proses pembekuan darag. Sumber vitamin K ini dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti hati, bayam dan bunga kol. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin K dapat menyebabkan darah akan menjadi sulit sekali untuk dibekukan, kebutuhan vitamin K harian yaitu sekitar 1 miligram.

Bacaan Lanjutan : Makanan yang Mengandung Vitamin A, B, C, D, E, &, K, serta Fungsinya

5. Mineral (Garam-garaman)

Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, sama seperti vitamin. Meski dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, namun asupan mineral ini sangat penting sekali untuk tubuh kita.

Ada beberapa jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu :
  • Garam Belerang (S)
  • Garam Yodium (I)
  • Garam Kalium (K)
  • Garam Besi (Fe)
  • Garam Dapur (NaCI)
  • Garam kalsium (Ca)

Mineral berupa garam besi (Fe) bermanfaat untuk membantu melancarkan peroses pembentukan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh. Kemudian mineral penting berupa Natrium (Na) dan Kalium (K) sangat bermanfaat untuk memelihara sistem saraf, kalsium (Ca) sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengoptimalkan proses pembentukan tulang dan gigi agar segat dan kuat. Mineral kalsium dan kalium bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah yang berfungsi utnuk menghentikan pendarahan yang sedang terjadi pada tubuh.

Apabila tubuh mengalami kekurangan asupan salah satu kandungan mineral tersebut, maka tubuh bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan. Seperti kekurangan Iodium yang dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan penyakit gondok, tubuh yang mengalami kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit anemia dan lain sebagainya.

Bacaan Lanjutan : Makanan yang Mengandung Mineral, Jenis-jenisnya, serta Akibat Kekurangan dan Kelebihan Mineral

6. Air

Air merupakan suatu zat pembangun pada setiap sel dalam tubuh. Tanpa peran dari air, sel-sel dalam tubuh tidak akan dapat tumbuh. Air ini dapat bisa kita dapatkan secara langsung dari konsumsi berbagai jenis buah-buahan dan juga sayuran. Fungsi dan manfaat air sendiri dapat membantu proses dalam mencerna makanan, membentuk cairan tubuh dan dapat mengangkut sisa dari proses pembakaran yang sudah tidak lagi diperlukan oleh tubuh.

Setiap orang membutuhkan air dalam jumlah yang berbeda-beda, namun rata-rata setiap orang memerlukan air sekitar 2,5 liter perhari yang diperoleh dari makanan dan juga minuman. Tubuh yang kurang mendapatkan air dalam jumlah cukup setiap harinya dapat menyebabkan terkena penyakit ginjal.

Bacaan Lanjutan : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

B. Macam-Macam Gizi Makanan Berdasarkan Sumbernya

Ada 2 macam gizi makanan dilihat berdasarkan sumbernya, yaitu :
  1. Hewani : Sumber zat gizi yang didapatkan dari produk hewani
  2. Nabati : Sumber zat gizi yang didapatkan dari berbagai jenis buah dan sayur

C. Macam-Macam Gizi Makanan Berdasarkan Jumlahnya

1. Zat Gizi Makro (Makronutrisi)

Zat Gizi Makro (Makronutrisi) adalah kandungan zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang cukup banyak dalam satuan gram. Zat gizi yang termasuk dalam Makronutrisi antara lain seperti karbohidrat, protein dan juga lemak.

2. Zat Gizi Mikro (Mikronutrisi)

Zat Gizi Mikro (Mikronutrisi) adalah kandungan zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Zat gizi yang termasuk dalam Mikronutrisi antara lain seperti vitamin, mineral dan juga air.

D. Fungsi dan Manfaat Zat Gizi Makanan

1. Penghasil Energi bagi Tubuh

Zat gizi makanan yang dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh, kemudian diolah dengan sedemikian rupa agar dapat meghasilkan energi. Dengan tersedianya sumber energi dalam tubuh, maka tubuh mampu dan siap untuk melakukan berbagai aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Beberapa jenis zat yang berfungsi sebagai penghasil energi bagi tubuh diantaranya yaitu karbohidrat, protein dan juga lemak.

2. Pembentuk Sel Jaringan dalam Tubuh

Terdapat juga beberapa kandunga zat gizi yang berfungsi sebagai pembetuk sel jaringan dalam tubuh yaitu seperti protein, mineral dan juga air. Ketiga jenis zat tersebut dapat diolah oleh tubuh secara bersamaan hingga terbentuknya sel jaringan tubuh yang baru, terutama sebagai pengganti jarngan yang sudah rusak.

3. Sebagai Pengatur Fungsi Reaksi Biokimia di dalam Tubuh (stimulansia)

Agar fungsi dan reaksi dari biokimia yang ada dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan cepat, maka tubuh membutuhkan asupan berbagai jenis zat yang berfungsi sebagai stimulansia dalam proses tersebut,. Kandungan zat vitamin yang mampu membantu dalam proses biokimia dalam tubuh hingga dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Makan Pagi, Siang, Sore / Malam untuk Kesehatan

E. Apa itu Gizi Seimbang?

Setelah mengetahui pengertian, macam-macam gizi makanan berserta fungsi dan contohnya, maka alangkah lebih baiknya apabila kita juga mengetahui apa itu gizi seimbang. Gizi seimbang adalah asupan makanan sehari-hari dari berbagai jenis makanan yang memiliki kelompok gizi dengan porsi yang cukup dan tepat. Hal ini berarti, porsi makanan bergizi yang kita konsumsi tidak boleh terlalu kurang atau berlebihan.

Prinsip dari gizi seimbang yaitu seimbang dalam porsi pemberian pada setiap kelompok makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. selain konsumsi makanan dengan jumlah gizi seimbang, sebaiknya kita tetap menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan olahraga teratur dan istirahat cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Bacaan Lanjutan : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Macam-macam Gizi Makanan beserta Fungsi dan Contohnya. semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua.