Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan Tubuh -- Jam Makan yang Baik Untuk Kesehatan, Menu Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Waktu Makan yang Baik untuk Diet, Jam Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam yang Baik untuk Kesehatan, Manfaat Sarapan Pagi - Makan Siang - Makan Sore - Makan Malam.



Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan Tubuh -- Makan adalah aktivitas pokok yang sangat penting bagi tubuh, karena dengan makan makanan sehat dan teratur dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh setiap orang. Dalam sehari, rata-rata setiap orang bisa makan 3 kali sehari, yaitu makan pagi atau sarapan pagi, makan siang dan makan malam.

Dengan makan dalam jumlah cukup dan jadwal yang teratur setiap harinya sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun hindari kebiasaan makan tidak teratur atau makan berlebih karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Makan teratur dan tepat waktu memang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan makan teratur dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan mengulas sedikit informasi mengenai manfaat makan pagi, siang dan malam. Dengan mengetahui manfaatnya, maka mungkin anda bisa lebih memperhatikan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Ragam Manfaat Makan Pagi, Siang dan Sore / Malam Untuk Kesehatan Tubuh

A. Manfaat Makan Pagi (Sarapan) untuk Kesehatan Tubuh

Banyak alasan bagi banyak orang untuk tidak sarapan pagi, alasan karena tidak sempat atau tidak terbiasa membuat sebagian orang banyak yang melewatkan aktivitas sarapan pagi. Padahal sarapan pagi itu sangat penting sekali dan memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan sarapan pagi tubuh bisa mendapatkan pasokan energi cukup untuk memulai aktivitas pekerjaan dipagi hari hingga tiba waktunya makan siang, namun ketika melewatkan sarapan pagi tubuh tidak memiliki sumber cadangan energi bagi tubuh selama menjalani aktivitas.

Berikut ini beberapa manfaat makan pagi secara teratur dan tepat waktu bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Melindungi Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit dan Terserang Penyakit

Menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan sarapan pagi dapat menjaga kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh tetap stabil, berbeda dengan orang yang sering melewatkan sarapan pagi. Orang yang jarang sarapan pagi memiliki kadar kolsterol yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melewatkan aktivitas sarapan pagi.

Hal ini dikarenakan, orang yang selalu sarapan pagi akan mendapatkan asupan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak pernah sama sekali. Selain itu, manfaat sarapan pagi juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung.

2. Bisa Lebih Fokus Saat Bekerja atau Belajar

Dengan membiasakan diri untuk selalu sarapan pagi sebelum berangkat kerja, maka anda bisa menjadi lebih fokus terhadap pekerjaan yang sedang di jalani, berbeda dengan orang yang sering melewatkan aktivitas sarapan pagi, kemungkinan kemampuan dan daya pikirnya bisa mengalami penurunan akibat tubuh belum mendapatkan asupan gizi dan nutrisi dari makanan sama sekali.

Begitu juga dengan belajar. Bagi siswa-siswi yang terbiasa untuk sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, maka saat belajar akan lebih fokus dan konsentrasi. Tak kepikiran mengenai perut yang kosong karena perut telah terisi dan kenyang.

3. Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Dari sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan tidak melewatkan sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan berlebih. Dengan tidak lupa sarapan pagi, anda tidak akan mengalami rasa lapar hingga tiba waktunya makan siang, sehingga dapat mengendalikan keinginan untuk makan berlebih saat makan siang.

4. Meningkatkan Mood

Apabila hari ini perasaan anda sedang tidak nyaman dan mudah sekali marah, maka coba ingat-ingat lagi apakah anda sudah sarapan pagi? Jika memang belum, maka mungkin bisa jadi penyebabkan karena perut anda sedang dalam kondisi kosong. Agar kondisi seperti ini tidak terjadi lagi para diri anda, maka jangan lewatkan sarapan pagi dengan makanan sehat agar suasana hati anda menjadi lebih tenang dan tidak mengalami stres di pagi hari.

5. Menutrisi Tubuh

Melewatkan sarapan pagi dapat membuat tubuh mengalami kekurangan asupan nutrisi, sehingga tubuh akan mudah lelah dan sulit untuk berkonsentrasi saat sedang bekerja. Maka dari itu, jangan pernah anda melwatkan sarapan, karena dengan sarapan sebelum berangkat kerja dapat membantu mencukupi kebutuhan asupan gizi dan nutrisi seperti serat, kalsium dan beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Contoh Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Pagi

Menu sarapan pagi sebaiknya diatur dengan baik, menu sarapan yang sehat terdiri dari biji-bijian utuh (seperti seral gandum utuh), makanan kaya protein (seperti telur rebus, daging tanpa lemak, ayam, ikan dan selai kacang), susu, keju, sayuran dan buah-buahan segar. Sarapan pagi dengan kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein dan juga sedikit lemak sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan jenis makanan lain.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, beberapa jenis makanan sehat yang cocok dijadikan menu sarapan pagi, diantaranya yaitu :
  • Sepasang roti, telur mata sapi, susu dan sayuran
  • Bubur ayam dan satu buah pisang
  • Lontong sayur, telur rebus dan buah
  • Nasi goreng, telur dadar dan sayuran
  • Nasi uduk, ayam goreng dan buah
  • Mie goreng, telur rebus dan buah

Setelah mengenal berbagai manfaat sarapan pagi bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan, sebaiknya jangan pernah melewatkan sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi. Percayalah, dengan rutin sarapan makanan sehat setiap pagi dapat membuat hari-hari anda menjadi lebih baik, apalagi saat akan memulai melakukan aktivitas pekerjaan. Jika anda masih merasa bingung untuk menentukan daftar menu sarapan pagi yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh anda, maka sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan ahli gizi.

B. Manfaat Makan Siang untuk Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui manfaat makan pagi atau sarapan pagi, informasi berikutnya yang akan kami jelaskan yaitu manfaat makan siang untuk kesehatan. Dalam menjalani pekerjaan sehari-hari di kantor tentunya akan ada tantangan tersendiri dalam menjalaninya, sehingga tidak sedikit orang yang merasa waktu 8 jam bekerja di kantor masih dirasa kurang. Kendati demikian, bukan berarti anda juga tidak memperhatikan kebutuhan tubuh dengan menyempatkan waktu untuk pergi makan siang.

Berikut ini beberapa manfaat makan siang yang perlu anda semua ketahui untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mengatur Pola Makan Sehat

Bagi orang yang lebih sering makan siang diatas meja kerja, maka kemungkinan besar mereka akan memilih menu makanan yang siap saji atau lebih mengandalkan cemilan yang tersedia diatas meja. Tentunya hal ini akan berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh anda. Apabila anda sudah beranjak dari meja kerja, maka luangkanlah waktu sebentar saja pergi mencari makan diluar, karena dengan makan diluar ada banyak menu makanan yang bisa anda pilih dan pastikan pilih makanan sehat dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

2. Mencegah Nyeri Otot dan Sendi

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan tubuh terasa nyeri, pegal-pegal, menghambat peredarah darah, meningkatkan kadar kolesterol, penurunan kerja metabolisme tubuh, kerusakan otot dan sendi dibagian leher. Dengan anda menyempatkan waktu untuk pergi makan siang keluar, maka dapat memberikan kesempatan kepada tubuh untuk melakukan peregangan dengan menggerakan tubuh.

3. Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja

Menyempatkan waktu sejenak untuk beristirahat dapat membersihkan dan menenangkan pikiran anda dari penatnya pekerjaan anda. Luangkan waktu pergi makan siang sambil ngobrol dengan teman kantor untuk melepaskan beban dan menghirup udara segar diluar ruangan, ini bertujuan untuk menjadikan pikiran lebih fresh dan pekerjaan yang sedang dijalankan bisa kembali produktif dan menjadi lebih fokus.

4. Menyeimbangkan Antara Hidup dan Pekerjaan

Cobalah untuk melakukan kegiatan lain yang kamu sukai di sela-sela waktu makan siang seperti dengan membaca buku, ngobrol atau ngopi bersama teman-teman kantor anda. Hal ini dapat membuat anda lebih siap kembali melakukan aktivitas pekerjaan, sehingga anda dapat terhindar dari resiko mengalami stres dan pemicu berbagai jenis penyakit yang bisa muncul akibat dari sering mengalami stres.

5. Meningkatkan Hubungan Bisnis

Manfaat makan siang lainnya juga dapat menjalin kedekatan bersama dengan relasi bisnis atau rekan kerja anda. Obrolan-obrolan santai di sela makan siang akan mempererat keakraban anda dengan banyak orang di tempat anda bekerja, dan bahka dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dalam pekerjaan anda.

C. Manfaat Makan Malam untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin anda pernah mendengar pernyataan bahwa dengan membiasakan makan malam dapat membuat tubuh menjadi cepat gemuk, sehingga bagi mereka yang takut gemuk atau sedang menjalani program diet sangat menghindari kegiatan makan malam. Sebenarnya pernyataan tersebut masih menjadi perdebatan dan masih belum memiliki dasar yang jelas, namun pada dasarnya tubuh ketika makan hari tidak terlalu banyak beraktivitas sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan terbakar secara maksimal seperti makan di siang hari.

Makan malam sebenarnya tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk, asalkan menu makanan yang dipilih tepat dan dalam porsi yang tidak berlebihan. Sebab, meskipun anda makan di siang hari tetapi jika makanan yang anda konsumsi terlalu banyak mengandung lemak dan kalori dapat membuat tubuh menjadi cepat gemuk. Jadi pada intinya, tidak ada yang salah dengan aktivitas makan malam dan justru makan makan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat makan malam untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Mungkin sebelumnya anda tidak akan pernah menyangka jika melakukan kegiatan makan malam sangat baik untuk membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Namun perlu untuk anda ingat bahwa, pastikan menu makan malam yang anda konsumsi adalah makanan sehat yang mengandung indeks glikemik rendah.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dapat menjadikan tubuh lebih berenergi dan berstamina serta kadar gula darah pun dapat terkendalikan dengan baik. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kadar indeks glikemik rendah, diantaranya yaitu daging tanpa lemak, ikan, sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan hitam.

2. Mengembalikan Stamina dan Energi setelah Berolahraga

Pada saat anda menjalani aktivitas olahraga ataupun gym di malam hari, kemudian setelahnya anda memutuskan untuk tidak makan malam karena anda menganggap jika makan malam itu adalah hal yang salah dan dapat memicu kegemukan. Maka stamina dan energi tubuh yang telah banyak terkuras selama berolahraga akan kembali dengan sangat lambat dan pembentukan otot tubuh pun akan terhambat, berbeda dengan anda melakukan kegiatan makan malam. Justru dengan makan malam setelah berolahraga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh agar dapat memberikan banyak energi dan stamina tubuh pun akan cepat pulih serta pembentukan otot tubuh pun akan lebih optimal.

Tetapi jangan lupa untuk memilih menu makanan yang sehat dan rendah lemak serta kalori. Usahakan agar anda makan minimal 45 menit setelah berolahraga, jangan lupa juga imbangi dengan mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Mengendalikan Rasa Lapar

Manfaat makan malam berikutnya yang penting sekali untuk anda semua ketahui yaitu dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan rutin makana malam dapat membantu menstimulasi tubuh agar dapat menahan rasa lapar pad keesokan harinya. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan responden yang berjumlah 63 orang dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan, rencana diet dengan menerapkan makan malam lebih efektif jika dibandingkan dengan rencana diet karbihidrat sepanjang hari.

Namun dalam hal ini, anda harus tetap memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda, dalam menjalani program diet harus dengan menerapkan pola makan sehat dan porsi makan cukup agar hasil dari program diet yang anda jalani lebih optimal. Pada dasarnya, menahan rasa lapar untuk menurunkan berat badan bukanlah solusi terbaik dan justru malah akan bedampak buruk bagi kesehatan tubuh anda sendiri.

4. Meningkatkan Pembentukan Massa Otot

Bagi anda yang sedang menjalani program latihan untuk membentuk massa otot tubuh, sebaiknya jangan pernah melupakan kegiatan makan malam. Hal ini dikarenakan, dengan makan di malam hari dapat membuat proses pembentukan otot tubuh menjadi lebih optimal dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan malam. Makan sehat yang sebaiknya anda piluh yaitu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein seperti telur mentah, ikan salmon, yoghurt dan jangan lupa perbanyak minum air putih.

5. Mencegah Peningkatan Asam Lambung

Manfaat makan malam juga dapat membantu mencegah peningkatan kadar asam di dalam lambung, namun pastikan makan malam dilakukan dengan jeda waktu yang cukup jauh dari waktu istirahat. Sebab, kenaikan kadar asam lambung ini biasanya akan terjadi jika anda sering melakukan kebiasaan makan langsung tidur tanpa melakukan aktivitas fisik apapun. Itulah yang sering kali menjadi penyebab naiknya asam lambung dan memicu penyakit asam lambung.

6. Memberikan Waktu Lebih Lama untuk Tubuh dalam Mencerna Makanan

Kebiasaan makan malam terlalu larut malam dan langsung tidur sangat tidak baik untuk kesehatan, karena jika dilakukan terus menerus dapat memicu gangguan pada pencernaan dan menyebabkan munculnya penyakit yang serius. Sebaiknya kita tidak menyepelekan masalah pada organ pencernaan, karena biasanya munculnya masalah pencernaan akan dimulai dari hal yang dianggap kecil namun dapat berdampak besar bagi kesehatan.

7. Mencegah Obesitas

Bagi anda yang beranggapan jika makan malam dapat menyebabkan kegemukan, tentu anggapan itu tidaklah sepenuhnya benar. Justru jika dilakukan dengan cara yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya kegemukan (obesitas). Sebab, kegiatan makan malam dapat membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Pada saat bagun pagi tubuh akan merasa lebih sehat dan penumpukan makanan pada malam hari dapat dilakukan proses pencernaan secara optimal oleh tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan penumpukan lemak berlebih dalam tubuh.

Itulah beberapa Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan Tubuh. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi anda semua. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya di blog ini. Thanks very much.