22 Manfaat Mandi Pagi dan Sore untuk Kesehatan Tubuh

22 Manfaat Mandi Pagi dan Sore untuk Kesehatan Tubuh -- Waktu yang Baik dan Dilarang untuk Mandi, Khasiat Mandi Pagi dan Sore Hari untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Mandi Pagi dan Sore dengan Air Dingin untuk Kesehatan, Manfaat Mandi dan Waktu Mandi, Manfaat Mandi Pagi dan Sore bagi Kesehatan Tubuh, Perbedaan Manfaat Mandi Pagi dan Malam Hari, Bahaya Mandi Air Hangat.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Mandi Pagi dan Sore untuk Kesehatan Tubuh -- Mandi adalah kegiatan atau rutinitas yang memang wajib untuk dilakukan setiap hari, dalam sehari rata-rata kegiatan mandi ini dilakukan dua kali sehari yaitu mandi pagi dan mandi sore.

Manfaat mandi ternyata tidak hanya bertujuan untuk membersihkan kulit tubuh dari kotoran dan keringat, tetapi juga dapat menyegarkan tubuh dan sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Sebenarnya masih banyak orang yang belum tahu manfaat mandi untuk kesehatan, umumnya mereka hanya tahu jika mandi hanya sebatas untuk membersihkan tubuh dari kotoran, keringat dan menghilangkan bau badan saja setelah seharian beraktivitas.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini admin akan mengulas lebih dalam mengenai manfaat mandi untuk kesehatan, baik itu mandi pagi maupun mandi sore. Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Mandi Pagi dan Sore untuk Kesehatan Tubuh

A. Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mandi di pagi hari bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menyegarkan dan Melembabkan Kulit

Mandi di pagi hari sebenarnya hampir sama dengan proses detoksifikasi, karena mandi di pagi hari sangat baik untuk membersihkan tubuh dan mengeluarkan zat-zat racun yang ada di dalam tubuh dan kulit. Selain itu, di dalam air di pagi hari memiliki kandungan karbondiosida yang sangat baik untuk menjaga dan melembabkan kulit serta membuat kulit lebih segar.

2. Terhindari Dari Penyakit Rematik

Bagi anda yang menderita penyakit rematik, maka anda bisa mencoba melakukan terapi alami dengan rutin mandi air dingin di pagi hari. Hal ini dikarenakan, kualitas air di pagi hari dengan air di malam hari sangatlah jauh berbeda.

Kualitas air pada malam hari sangat tidak baik digunakan untuk mandi, karena dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit rematik. Berbeda dengan kualitas air pad apagi hari, karena pada pagi hari di dalam air mengandung karbondioksida yang masih sangat tinggi dan bermanfaat untuk mencegah penyakit rematik.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes atau kadar gula darah tinggi, maka sangat dianjurkan agar anda rutin melakukan kegiatan mandi air dingin di pagi hari. Manfaat mandi air dingin di pagi hari dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dan membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh serta menjaganya agar tetap seimbang.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan rajin mandi di pagi hari dapat membantu merangsang pembentukan sel darah putih lebih banyak, karena sel darah putih ini berfungsi sebagai pelindung tubuh agar terhindar dari serangan bibit-bibit penyakit yang dapat menyerang tubuh. Maka manfaat mandi di pagi hari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Mandi di pagi hari juga sangat bermanfaat untuk memicu pembentukan hormon testosteron pada tubuh pria dan hormon estrogen pada tubuh wanita. Tubuh yang dapat memproduksi hormon tersebut dengan baik, maka dapat meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Maka bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan momongan, sebaiknya anda dan pasangan rutin mandi air dingin di pagi hari.

6. Mencegah dan Mengurangi Stres

Manfaat mandi pagi berikutnya ternyata sangat efektif untuk membantu mencegah dan mengurangi tingkat stres pada seseorang, karena dengan mandi di pagi hari dapat membantu melancarkan aliran oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak, sehingga dengan terpenuhinya kebutuhan oksigen dapat mengurangi stres.

7. Memelihara Kesehatan Rambut

Dengan rutin mandi dan keramas di pagi hari dapat menjadikan rambut lebih sehat, karena dengan mandi air dingin pada pagi hari dapat bermanfaat untuk menguatkan akar rambut sehingga dapat membantu mengurangi masalah kerontokan pada rambut dan mengatasi rambut kusam.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah di dalam Tubuh

Mandi pagi juga bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah menuju ke seluruh tubuh, sehingga organ tubuh menjadi lebih sehat dapat dapat berfungsi dengan optimal. Selain itu, dengan rutin mandi pagi juga dapat membantu mengurangi peradangan pada rubuh dapat dapat mempercepat proses penyembuhan.

9. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Kulit akan terlihat lebih sehat dan kencang apabila dilakukan perawatan dengan terapi mandi pagi setiap hari. Hal ini dikarenakan, dengan rutin mandi pagi dapat memperbaiki jaringan pada kulit.

10. Mencegah Peningkatan Tekanan Darah dalam Tubuh

Mandi pada pagi hari dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari resiko terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi yang disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah arteri.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat bisa diperoleh dengan rutin mandi air dingin pada pagi hari, karena air dingin tidak akan dapat membuka pori-pori kulit seperti mandi dengan air hangat. Dengan demikian, tubuh akan tetap bersih dan terhindar dari penumpukan kotoran.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dan Tubuh

12. Meningkatkan Energi Tubuh

Mandi air dingin pada pagi hari sangat berpengaruh terhadap peningkatan energi dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih berstamina dan siap melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari dengan baik dan optimal.

13. Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh

Sistem metabolisme tubuh akan berkerja dengan baik dan lancar apabila rutin mandi air dingin pada pagi hari, sehingga dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh penurunan kerja sistem metabolisme tubuh.

14. Menurunkan Berat Badan

Ternyata mandi air dingin pada pagi hari sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena mandu pagi dapat membantu tubuh dalam memproduksi lemak dan membakar lemak jahat, sehinga anda akan mendapakan berat badan yang ideal.

15. Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Manfaat mandi air dingin dapat membantu memelihara kesehatan organ paru-paru dan juga membuka ataupun mengembang, sehingga organ paru-paru dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan normal.

16. Melancarkan Pencernaan

Manfaat mandi pagi juga ternyata sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, sehingga kesehatan sistem pencernaan akan dapat terjaga dan terhindar dari gangguan atau penyakit yang menyerang sistem pencernaan.

17. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bagi para pelajar sangat dianjurkan untuk mandi air dingin pada pagi hari sebelum berangkat ke sekolah, karena aliran darah dan oksigen menuju otak akan menjadi lebih lancar dan optimal. Dengan demikian, fungsi otak akan menjadi lebih baik, serta dapat meningkakan daya ingat, selain baik untuk usia anak-anak dan remaja, ternyata madi pagi hari juga sangat baik dilakukan olah orang tua untuk mencegah resiko kepikunan.


B. Manfaat Mandi Sore untuk Kesehatan Tubuh

Setelah kami mengulas informasi tentang manfaat mandi pagi, selanjutnya kami akan mengulas informasi tentang manfaat mandi sore. Sama seperti mandi pagi, mandi sore pun jangan sampai anda lewatkan karena sangat penting dan ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dengan rutin madi sore hari.

Setelah kita melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari tentunya kita sudah berjibaku dengan debu, kotoran, polusi udara, panas matahari dan keringat. Tentunya tidak ada hal yang paling baik untuk dilakukan kecuali segera pulang ke rumah dan mandi untuk membersihkan tubuh.

Dengan mandi tubuh kita akan menjadi bersih dan segar kembali setelah seharian melakukan aktivitas pekerjaan yang cukup melelahkan.

Disamping itu masih banyak manfaat lainnya dengan kita mandi sore, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat mandi sore untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menjadikan Tubuh Lebih Bersih

Setelah kita bekerja seharian tentunya tubuh akan terasa tidak nyaman, karena kulit tubuh dipenuhi dengan keringan, kotoran, debu jalanan dan juga kulit menjadi kusam akibat terlalu lama terkana paparan sinar matahari. Tentu saja kondisi seperti ini tidak boleh kita biarkan begitu saja dan harus segera dibersihkan.

Jika kita tidak segera membersihkannya, maka kotoran dan debu yang menempel pada kulit tubuh dan juga wajah dapat menjadi pemicu munculnya berbagai masalah seperti daki, kulit kusam, berminyak, jerawat dan juga bau badan tidak sedap.

Oleh karena itu, mandi sore ini sangat penting untuk dilakukan agar kulit tubuh dan wajah kembali bersih dan terlihat lebih fresh serta terhindar dari berbagai masalah kulit dan bau badan.

2. Tubuh Menjadi Segar dan Bugar

Perasaan lelah setelah menjalani aktivitas pekerjaan seharian akab segera hilang setelah kita selesai mandi pada sore hari. Tubuh kita akan terasa lebih segar dan bugar setelah seharian melakukan aktivitas pekerjaan yang cukup melelahkan, rasa lelah pun akan langsung hilang seketika dan tubuh menjadi lebih rileks. Beda hal nya apabila kita tidak segera mandi setelah pulang bekerja, tubuh akan terasa lemas, lesu dan kurang bersnergi.

3. Kembali Bersemangat

Tubuh yang kembali segar setelah selesai mandi dapat membangkitkan semangat, meski kita sudah merasa lelah bekerja seharian penuh, namun perasaan kita akan kembali ceria dan kembali bersemangat sehingga masih dapat berkumpul bersama keluarga di rumah.

4. Menghilangkan Stres

Aktivitas pekerjaan sehari-hari memang kerap membuat pikiran kita menjadi stres, ketika anda sedang merasa stres saat pulang bekerja sebaiknya segera mandi dan minum secangkir teh hangat. Maka dalam seketika, stres pun akan hilang dan pikiran pun akan kembali tenang sehingga stres akan berangsur-anhgsur menghilang.

5. Tidur Malam Jadi Lebih Nyenyak dan Nyaman

Bagi anda yang ingin mendapatkan tidur nyenyak dan nyaman di malam hari setelah lelah beraktivitas seharian, maka usahakan pada sore harinya setelah pulang bekerja anda langsung mandi.

Mandi sore tidak hanya dapat menjadikan tubuh bersih dan segar, tetapi juga dapat membuat tubuh dan otot-otot tubuh menjadi lebih rileks, sehingga pada malam harinya anda bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman semalaman. Kemudian pada keesokan paginya, anda akan bangun dan tubuh pun akan kembali segar dan bersemangat untuk memulai kembali aktivitas dengan baik dan lancar.
C. Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya mandi air hangat juga boleh dilakukan dan memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Nah, berikut ini beberapa manfaat mandi air hangat yang penting untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Stres

Apakah akhir-akhir ini anda mudah sekali mengalami stres? Sering mendapatkan tekanan dalam pekerjaan? Pekerjaan yang terus menumpuk? Jika ya, anda bisa mengatasinya dengan mandi air hangat, karena suhu air hangat dapat menjadikan tubuh lebih rileks dan pikiran pun akan menjadi lebih tenang,

2. Melenturkan Otot-Otot Tubuh

Otot tubuh yang tegang akibat terlalu lelah beraktivitas seharian dapat diatasi dengan mandi air hangat pada sore hari, setelah madi dengan air hangat otot-otot tubuh akan lebih lentur dan kembali normal serta tubuh akan menjadi lebih segar.

Baca Juga : Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita

3. Mengatasi Insomnia

Bagi anda yang sering mengalami kesulitan tidur nyenyak di malam hari, maka anda bisa mengatasinya dengan berendam air hangat. Efek dari melakukan relaksasi dengan air hangat ini dapat membuat anda cepat terlelap.

D. Bahaya Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Meski ada manfaatnya mandi dengan air hangat, namun perlu juga anda ketahui bahwa mandi air hangat juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan terlalu sering. Berikut ini beberapa bahaya mandi air hangat, diantaranya yaitu :

1. Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya ibu hamil tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat, karena suhu air hangat ini tidak baik bagi tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Apalagi jika sering dilakukan oleh wanita yang tengah hamil muda, karena dapat berdampak buruk bagi janin yang ada dalam kandungannya yang beresiko menyebabkan cacat ketika lahir.

Baca Juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Memperbesar Pori-Pori Kulit

Terlalu sering mandi dengan air hangat dapat menyebabkan pori-pori kulit membesar, sehingga dapat memicu kotoran, debu dan sisa make up mudah masuk ke dalam lubang pori-pori dan menyebabkan kulit mudah sekali berjerawat.

Air hangat sendiri memang dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit, namun perlu anda ketahui juga jika selesai mandi dengan air hangat sebaiknya ulangi lagi dengan mandi menggunakan air dingin. Tujuannya yaitu agar pori-pori kulit yang terbuka bisa tertutup kembali, sehingga kotoran, debu dan sisa make up tidak bisa masuk.

3. Terjadi Penurunan Kualitas Sperma Pada Pria

Sebenarnya mandi air hangat tidak baik dilakukan oleh para kaum pria, terutama bagi mereka yang baru saja menikah dan ingin segera mendapatkan keturunan. Sebab, terlalu sering mandi dengan air hangat dapat menurunkan kualitas sperma pada tubuh pria, sehingga sperma kurang efektif untuk bisa membuahi sel telur pada tubuh pasanganya.

Berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa, dengan berendam di dalam air hangat dapat menurunkan kualitas dan produksi sperma pada tubuh pria, karena mandi air hangat ini dapat membuat sperma membutuhkan waktu lebih lama agar bisa matang sempurna.

Suhu yang bagus untuk mempercepat kematangan sperma yaitu suhu dingin, maka disarankan untuk lebih memilih mandi dengan air dingin ketimbang mandi air hangat.

Baca Juga : Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan Tubuh

Itulah tadi penjelasan mengenai beberapa manfaat mandi pagi dan sore untuk kesehatan, setelah mengetahu berbagai manfaatnya, jangan lewatkan mandi pada waktu pagi dan sore hari sebelum dan setelah beraktivitas. Ada banyak sekali kerugian yang bisa didapatkan dengan sering melewatkan mandi pagi dan sore hari, diantaranya yaitu tubuh terserang gatal-gatal dan bau badan tidak sedap. Semoga bermanfaat!