Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan dan Kesehatan, Cara Membuat Masker Rumput Laut Sendiri, Cara Membuat dan Manfaat Lulur Rumput Laut, Cara Memakai Masker Rumput Laut, Manfaat dan Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan.


Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Manfaat rumput memang sudah populer sejak ratusan tahun lalu, ramput laut sendiri sudah dimanfaatkan dalam kebudayaan Tiongkok.

Sedangkan di Jepang rumput laut sering dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam pembuatan obat-obatan tradisonal untuk mengobati banyak jenis penyakit, salah satunya penyakit gondok. Sementara dalam kebudayaan Romawi sering memanfaatkan rumput laut untuk mengobati luka, baik itu luka bakar maupun luka ruam pada kulit.

Sudah berabad-abad lamanya, rumput laut ini menjadi primadona untuk digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan, meskipun masih belum banyak yang melakukan uji klinis dalam terapi pengobatan menggunakan rumput laut, namun masyarakat sudah banyak yang percaya jika rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai sumber mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Rumput laut sendiri masih termasuk ke dalam keluarga ganggang multi sel yang telah mencakup beberapa jenis ganggang seperti ganggang hijau, ganggang merah dan ganggang cokelat. Biasanya rumput laut banyak dibudidayakan untuk diambil ekstrak alginat, agar-agar dan juga karagenan yang terkandung di dalamnya.

Secara umum, alginat sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat cetakan gigi. Selain itu, rumput laut juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat pasta gigi, produk kosmetik dan juga cat. Disamping itu, rumput laut juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak jenis rumput laut, salah satu jenis rumput laut yang paling banyak dicari karena merupakan jenis rumput laut terbaik yang menganung banyak lodium. Zat lodium sendiri merupakan jenis komponen yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan zat lodium dapat memicu terjadinya gangguan pada proses metabolisme tubuh atau pembengkakan pada kelenjar tiroid atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan penyakit gondok.

Rumput laut sendiri memiliki rasa yang sangatlah enak dan nikmat, sehingga rumput laut sendiri bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan olahan makanan dan juga minuman. Di dalam rumput laut memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Diantaranya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin F, vitamin K, mineral dan asam lemak. Dilihat dari beberapa kadungan nutrisi yang ada di dalam rumput laut, pantas saja jika rumput laut ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Setelah mengetahu berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam rumput laut, pastinya anda juga iongi tahu apa saja manfaat rumput laut bagi kesehatan dan juga kecantikan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, anda bisa simak ulasannya pada artikel dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

A. 16 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat rumput laut yang perlu anda ketahui bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Di dalam rumput laut mengandung komponen yang sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko tumor dan juga berbagai jenis kanker seperti kanker usus dan leukemia. Hal ini dikarenakan, di dalam rumput laut mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat yang mengandung anti-virus, anti-kanker dan juga immuno-stimulan. Dari hasil penelitian pun telah menunjukan hasil bahwa mengkonsumsi rumput laut dapat menurunkan produksi hormon yang dapat memicu pembentukan sel kanker dan dapat menghambat proliferasi sel kanker yang sifatnya ganas.

2. Sumber Yodium

Di dalam rumput laut juga mengandung banyak sekali yodium, yaitu nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan. Selain itu, yodium juga memiliki manfaat untuk mengatur tingkat kenormalan dari fungsi tiroid, dimana melibatkan otak dan juga kelenjar pituitari.

Fungsi dari hormon tiroid juga dapat berperan sangat penting dalam membantu proses mielinasi sistem saraf pusat pada tubuh bayi yang baru saja lahir. Tubuh yang kurang mendapatkan yodium dapat menyebabkan terjadinya kelainan pada tubuh seperti pembesaran tiroid atau penyakit gondok, hipotiroidisme dan keterbelakangan mental.

3. Menurunkan Berat Badan

Dari hasil penelitian yang dilakukan secara ilmiah dengan mengkonsumsi rumput laut dapat memberikan efek anti-obesitas, yaitu senyawa yang bernama fucoxhantin yang diduga mampu membantu menurunkan jumlah lemak dan juga dapat membantu menurunkan berat badan berebih.

4. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Rumput laut memiliki kandungan zat yang bersifat sebagai pencahar dingan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penernaan. Dengan rutin mengkonsumsi rumput laut dapa membantu dalam proses pelepasan enzim pada pendernaan, menyerap nutrisi secara optimal dan juga memfasilitasi kerja metabolisme lemak dalam tubuh.

Dari hasil penelitian pun telah menunjukan bahwa di dalam rumput laut mengandung polisakarida yang bermanfaat dalam memberikan efek prebiotik pada saluran usus, membantu mengembalikan fungsi normal dari bakteri baik di dalam perut dan juga melindungi dinding lambung dari bahaya serangan bakteri pembawa penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Sebenarnya ekstra rumput laut pun sudah diketahui sejak lama jika di dipercaya mampu mencegah gigi berlubang. Sebab, sifat anti-inflamasi yang ada dalam rumput laut dapat berfungsi untuk memperbaiki kelenjar ludah dan melindungi jaringan mulut agar terhindar dari kerusakan. Kandungan alginat, yaitu garam asam alginat yang dapat ditemukan dalam rumput laut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di sebuah laboratotium menjelaskan bahwa di dalam rumput laut mengandung zat yang bersifat sebagai antioksidan dan juga anti-koagulan. Zat anti-koagulan ini berfungsi sebagai zat pengencer darah yang dapat mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan sekaligus mengurangi ancaman dari beberapa penyakit serius, seperti stroke, gagal jantung dan juga obstruksi pada pembuluh darah.

7. Detoksifikasi

Mengkonsumsi rumput laut juga dapat berguna untuk melakukan proses detoksifikasi dalam membersihkan tubuh dan juga memfasilitasi ekskresi limbah beracun yang ada dalam tubuh. Alginat yang ada dalam rumput laut dapat membuat zat racun yang termasuk ke dalam logam berat seperti merkuri, timbal dan jenis zat polutan lainnya, semua zat tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh melalui proses buang air besar.

8. Mengobati Influenza

Di dalam rumput laut juga memiliki sifat anti-virus alami yang sudah terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap serangan virus influenza B. Ekstrak rumput laut dapat membantu menghalangi proses penyerapan beberapa partikel virus yang berbahaya dalam sel dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

9. Mencegah Diabetes

Manfaat konsumsi rumput laut lainnya yaitu dapat mencegah penyakit diabetes, karena di dalam rumput laut mengandung asam alginat yang dapat melakukan proses penyerapan trigliserida yang menjadi penyebab utama dari penyakit diabetes. Dengan rutin konsumsi rumput laut, maka resiko terkena penyakit diabetes akan berkurang.

10. Menyehatkan Mata

Ada banyak ditemukan di dalam rumput laut kandungan zat yang bersifat sebagai anti-inflamasi okular yang telah dihasilkan oleh fucoxhantin dapat mencegah pembentukan katarak pada mata. Maka dengan rutin konsumsi rumput laut, kesehatan mata akan selalu terjaga dan terhindar dari resiko mengalami mata katarak dan berbagai gangguan kesehatan mata lainnya.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan konsumsi rumput laut dapat menjadi stimulan yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit kanker melalui kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Rumput laut dapat bekerja dengan cara meningkatkan produksi antibodi, cytokines dan jenis sel baik lainnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi dan juga beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker.

12. Mencegah Anemia

Dari hasil penelitian pun pernah menjelaskan bahwa, rutin mengkonsumsi rumput laut dapat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan sel darah merah, sel darah putih dan juga hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, rumput laut juga bermanfaat untuk membantu memproduksi sel darah merah lebih banyak. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa di dalam rumput laut mampu meningkatkan hematopoiesis, yaitu proses pembentukan sel darah merah untuk mencegah terkena penyakit anemia. Hal ini diyakini dikarenakan, di dalam rumput laut mengandung zat besi cukup tinggi di dalamnya.

13. Mengurangi Gejala Alergi

Di dalam rumput laut mengandung suatu zat yang bermanfaat untuk melawan reaksi alergi dengan cara mencegah terjadinya pelepasan histamin atau zat yang dapat menyebabkan munculnya gejala alergi seperti hidung yang tersumbat dan juga mata berair.

14. Mencegah Tulang Keropos

Dari hasil penelitian terjadap rumput laut juga telah membuktikan bahwa di dalam rumput laut mengandung kalsium 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan susu dan produk olahannya. Dengan kandungan kalsium yang sangat tinggi, pantas saja jika makan rumput laut dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis). Selain dapat mencegah osteoporosis, tenyata makan rumput laut juga bermanfaat untuk membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi, menyehatkan kuku dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

15. Mengatasi Kelelahan

Makan rumput laut juga bermanfaat untuk membantu mengatasi kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian, terutama bagi anda yang memiliki aktivitas pekerjaan yang cukup padat dan berat tentunya akan sangat menguras tenaga. Untuk mengembalikan stamina dan energi tubuh yang telah terkuras habis hingga menyebabkan tubuh mengalami kelahan, maka anda bisa mengkonsumsi rumput laut dalam jumlah cukup. Dalam seketika, tubuh akan kembali bersemangat dan bertenaga.

16. Pengganti Garam

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Inggris telah menguji butiran rumput laut yang difungsikan sebagai penambah rasa sebagai pengganti garam dalam makanan ringan dan beberapa prodik makanan olahan lainnya. Dengan mengurangi konsumsi garam sangat bermanfaat untuk mencegah peningkatan tekanan darah tinggi, serangan jantung dan juga stroke.

B. 7 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata rumput laut juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan, khususnya untuk merawat kulit. Untuk mengetahui berbagai manfaat dari rumput laut ini untuk kecantikan, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini :

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Rumput laut dapat digunakan untuk merawat kulit agar kulit dapat terlindungi dari resiko kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh paparan radikal bebas dan juga pengaruh radiasi dari sinar ultraviolet B yang berasal dari sinar matahari. Hal ini dikarenakan, di dalam rumput laut mengandung fucoxanthin yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan juga meningkatkan keberlangsungan hidup sel. Selain itu, zat tersebut juga berfungsi untuk mencegah kulit dari efek penuaan dini dan juga pigmentasi.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Di dalam rumput laut mengandung mineral yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan rambut. Kandungan mineral di dalam rumput laut dapat memperkuat akar rambut dan juga poros folikel rambut, sehingga menjadikan rambut tumbuh sehat, lebat dan juga berkilau.

3. Menghilangkan Selulit

Bagi anda yang memiliki masalah selulit atau strech mark pada kulit, maka anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan rumput laut sebagai solusinya. Sebab di dalam rumput laut mengandung banyak vitamin dan juga mineral penting yang dapat menjadikan kulit kembali mulus. Anda bisa memanfaatkan rumput laut ini untuk dijadikan sebagai masker atau pelembab alami untuk menghilangkan selulit.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh yang langsing memang dambaan setiap orang, terutama bagi para kaum wanita. Salah satu solusinya untuk menjaga berat badan tetap ideal, anda bisa memanfaatkan rumput laut sebagai makanan sehat bebas lemak dan kaya akan kandungan serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan proses pencernaan, bahkan serat juga bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga dengan makan rumput laut dapat membantu mengendalikan keinginan untuk makan berlebih yang dapat memicu peningkatan berat badan berlebih. Rumput laut ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan sehat untuk anda yang sedang menjalani program diet.

5. Membakar Lemak

Selain bermanfaat untuk menjaga berat bada tetap stabil, ternyata rumput laut juga dapat bermanfaat untuk membakar lemak berlebih di dalam tubuh. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi rumput laut dapat membantu menurunkan berat badan berlebih, asal dengan catatan anda membatasi porsi makan dan imbangi dengan rajin berolahraga.

6. Menghilangkan Jerawat

Manfaat rumput untuk kecantikan berikutnya yaitu diyakini mampu menghilangkan jerawat, karena di dalam rumput laut mengandung zat dan vitamin yang sangat efektif untuk membasmi kuman dan juga bakteri penyebab jerawat. Anda bisa memanfaatkan rumput laut ini sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah untuk menghilangkan jerawat, atau anda bisa membeli produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak rumput laut.

7. Mencegah Penuaan Dini

Anda juga bisa memanfaatkan rumput laut ini sebagai bahan untuk membuat masker wajah untuk mencegah proses penuaan dini, karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat efektif untuk meghambat proses penuaan dini. Dengan rutin melakukan perawatan wajah dengan masker rumput laut secara teratur, maka kulit akan terlihat lebih bersih, cerah, kencang dan tampak awet muda.

C. Cara Membuat Masker Wajah dari Rumput Laut

Langkah pertama yang dapat anda lakukan dalam proses pembuatan masker wajah dari bahan rumput laut, pertama-tema siapkan rumput laut segar secukupnya, lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak zaitun dan aduk hingga kedua bahan tercampur merata. Anda bisa mengaplikasikan masker yang telah anda buat pada kulit wajah maupun rambut, namun pastikan anda membersihkan terlebih dahulu kulit wajah atau rambut anda sebelum anda mengaplikasikannya.

Demikianlah Ragam Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang dapat kami informasikan kepada anda semua. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Cukup sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!