15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Pria & Wanita, Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, Manfaat Jahe Merah dan Jahe Putih Untuk Kesehatan, Manfaat Jahe Sebagai Obat, Khasiat Wedang Jahe, Manfaat Air Jahe, Manfaat Jahe Bagi Pria dan Wanita, Manfaat Jahe untuk Kecantikan Wajah dan Rambut, Cara Mengolah Jahe.


Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan -- Jahe merupakan salah satu jenis jenis rimpang yang banyak sekali memiliki manfaat baik. Jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit dan juga bisa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Kandungan zat yang terdapat pada jahe diantaranya yaitu jahe mengandung Minyak Atsiri Zingiberena (Zingirona), Zingiberol, Bisabolena, Kurkumen, Gingerol , Filandrena, Nesin Pahit, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan memiliki kandungan zat yang begitu banyak, tentunya kebermanfaatan jahe bagi kesehatan dan pengobatan tidak diragukan lagi.

Selain berkhasiat sebagai bahan kesehatan dan pengobatan, tanaman jahe juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan. Dengan pengolahan yang benar, maka manfaat luar biasa dari jahe bisa anda dapatkan untuk kecantikan anda.

Baca Juga : 22 Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan, Kecantikan, Masalah Kewanitaan, dan Pria Dewasa

Untuk mengetahui apa saja manfaat jahe untuk kecantikan, maka dapat anda simak ulasannya di bawah ini. Namun akan dibahas terlebih dahulu manfaat jahe untuk kesehatan. 

Beragam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Jahe bagi Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah (Hipertensi)

Hal ini karena Jahe merangsang pelepasan hormon Adrenalin & memperlebar pembuluh darah,akibatnya darah mengalir lebih cepat & lancar dan juga memperingan kerja jantung untuk memompa darah.

2. Mencegah Tersumbatnya Pembuluh Darah

Gingerol pada Jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama dari Stroke dan Serangan Jantung.

3. Mencegah Mual

Jahe mampu memblok Serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.

4. Membuat Lambung Menjadi Nyaman

Jahe dapat meringankan Kram Perut & membantu mengeluarkan angin.

5. Menetralkan Radikal Bebas

Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Cabe Merah dan Cabe Hijau untuk Kesehatan, dan Bahayanya

6. Pereda Rasa Sakit yang Alami dan dapat meredakan rematik, sakit kepala dan migren

Caranya : Minum Wedang Jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum Wedang Ronde, memakan permen jahe atau menambahkan jahe pada saat memasak Soto, Semur atau Rendang.

7. Daun Jahe juga berkhasiat sebagai obat Kompres pada sakit kepala

Caranya dengan ditumbuk & diberi sedikit air, lalu kompreskan pada bagian kepala.

8. Mengobati Rematik

Caranya siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengan menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.

9. Mengobati Gatal karena sengatan serangga

Caranya dengan menumbuk rimpang lalu gunakan sebagai obat gosok.

10. Mengobati Luka Bekas Gigitan Ular Beracun

Caranya dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun (hanya sebagai pertolongan pertama sebelum penderita di bawa ke dokter).

11. Jahe Dapat menyembuhkan Masuk Angin

Jahe dapat mengeluarkan angin dalam perut karena dapat membuat lambung nyaman dan meredakan kram diperut pada saat masuk angin

12. Menghilangkan Bau Kaki

Tambahkan garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Rendam Kaki selama 15 menit, kemudian keringkan kaki dengan handuk lalu taburkan bedak.

Baca Lanjutannya : 17 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Obat

B. Manfaat Jahe bagi Kecantikan

Cukup banyak manfaat jahe bagi kecantikan, terutama untuk wanita. Berikut manfaat selengkapnya :

1. Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam

Caranya adalah Cuci dan kupas jahe secukupnya, Jahe yang sudah dikupas, kemudian di parut, Campur dengan minyak wijen, Gunakan sebagai masker wajah, Diamkan sekitar 15 menit Bilas wajah hingga bersih

2. Menghilangkan Jerawat

Cuci Wajah dengan air jahe hangat pada pagi dan hari. Kondisi ini dapat meringankan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu 60 hari. Cara dapat juga digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan kulit kering.

3. Menghilangkan Ketombe

Gosokkan jahe mentah ke ujung rambut kemudian bilas dengan air jahe hangat. Selain menghilangkan ketombe, metode ini juga bisa membantu mencegah rambut rontok
Itulah ulasan mengenai 15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian, terima kasih, dan salam sehat. Please and share.