17 Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Obat

17 Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Obat -- Khasiat dan Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan, Manfaat Jahe sebagai Obat, Manfaat dan Kegunaan Tanaman Jahe untuk Kesehatan & Obat, Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan, Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan & Obat, Manfaat dan Kegunaan Tanaman Jahe bagi kesehatan, Manfaat Tanaman Jahe dan Cara Pengolahannya, Kandungan Zat Jahe, Manfaat Jahe untuk Pria dan Wanita, Bagian Jahe yang digunakan untuk Obat.


Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Obat -- Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata "jahe". Salah satu jenis tamanan rimpang ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Jahe dikenal dengan nama latin Zingiber officinale, tanaman rimpang yang satu ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu bahan bumbu untuk aneka masakan, bahan membuat minuman, dan juga bahan dasar dalam pembuatan jamu tradisional.

Jahe sendiri terkenal memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan dan pengobatan, karena di dalam tanaman jahe memiliki banyak sekali berbagai kandungan zat gizi / nutrisi penting yang sudah terbukti berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Tentu sudah bukan rahasia umum lagi jika ternyata jahe sering dikonsumsi oleh masyarakat dengan berbagai cara, mulai diolah dengan cara di rebus dan diminum airnya, dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan ramuan tradisional, dan masih banyak lagi cara-cara pengolahan lainnya dari tanaman obat yang satu ini untuk diambil manfaatnya.

Sudah sejak dulu, banyak sekali penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli dalam mengungkap manfaat dan khasiat apa saja yang bisa diperoleh dari jenis rimpang ini. Sebelum kami mengulas lebih dalam mengenai beragam manfaat jahe ini untuk kesehatan tubuh, penting sekali bagi kita semua untuk mengetahui kandungan gizi / nutrisi apa saja yang terkandung di dalam jahe. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Tanaman Jahe

Jahe memang sudah sangat populer di Indonesia sebagai salah satu jenis tanaman atau tumbuhan yang yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, apalagi pada saat kondisi cuaca dingian atau pada saat di malam hari.

Masyarakat umum mungkin hanya mengetahui jika jahe hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh saja, tetapi jika dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya, jahe ini memiliki banyak sekali khaisiatnya untuk kesehatan tubuh dan obat.

Lalu, kandungan apa saja yang ada di dalam jahe? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Di dalam setiap 100 gram jahe, mengandung :
  • Karbohidrat Jahe = 10,1 gram
  • Energi, sebanyak 51 kkal
  • Protein, sebanyak 1,5 gram
  • Lemak, sebanyak 1 gram
  • Kalsium, sebanyak 21 mg
  • Fosfor, sebanyak 39 mg
  • Zat Besi, sebanyak 2 mg
  • Vitamin A, sebanyak 30 IU
  • Vitamin B1, sebanyak 0,02 mg
  • Vitamin B2, sebanyak 0,04 mg
  • Vitamin C, sebanyak 4 mg

Kandungan zat dan nutrisi lain yang ada dalam jahe, diantaranya yaitu :
  • Sodium, Niasin, Minyak atsiri zingiberena (zingirona), Zingiberol, Bisabolena, Kurkumen, Gingerol, Filandrena, dan Resin Pahit

Itulah beberapa kandunga gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam jahe, berbagai kandungan nutrisi dan zat-zat yang telah kami paparkan diatas sangat baik dan diperlukan oleh tubuh dalam memelihara kesehatan tubuh. maka dari itu, sudah tidak perlu kita ragukan lagi manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin dan teratur setiap hari.

A. Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Pengobatan

Tanaman jahe atau yang dikenal dengan nama latin Zingiber officinale ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, biasanya jahe sering dimanfaatkan sebagai bumbu aneka masakan, bahan dasar dalam pembuatan minuman kesehatan dan juga jamu tradisional yang sudah terkenal sejak dulu sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : 22 Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan, Kecantikan, Masalah Kewanitaan, dan Pria Dewasa

Bagi anda yang penasaran ingin tahu manfaat jahe secara lengkap, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Menghangatkan Tubuh

Memang sudah banyak masyarakat yang mengetahui jika jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, karena di dalam jahe mengandung zat dan senyawa penting yang dapat memberikan kehangatan pada tubuh.

Maka dari itu, bagi anda yang sering melakukan aktivitas pekerjaan di malam hari sebaiknya minum air rebusan jahe. Hal ini dikarenakan jahe sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang masuk angin.

2. Mengobati Sakit Kepala

Minun air rebusan jahe atau wedang jahe sangat efektif untuk mencegah prostaglandin, prostaglandin sendiri termasuk salah satu penyebab utama dari munculnya gejala sakit kepala. Dengan kata lain, rutin minum air rebusan jahe hangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sakit kepala secara alami.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minum air rebusan jahe secara rutin dan teratur tidak hanya dapat bermanfaat untuk menghangatkan suhu tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. dengan rutin minum air rebusan jahe tubuh akan menjadi lebih kuat dan sehat, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan penyakit dan tidak akan mudah sakit. Terlebih lagi pada saat musim pancaroba seperti sekarang ini, dimana kondisi cuaca sudah tidak menentu yang dapa membuat kondisi daya tahan tubuh tidak stabil.

4. Memelihara Kesehatan Pada Pencernaan

Minum ramuan atau air rebusan jahe sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga tubuh dapat terhindar dari resiko terkena berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan.

Cara kerja dari jahe yaitu dapat membantu membersihkan saluran usus besar, mengeluarkan gas dari dalam perut dan juga dapat meningkatkan produksi cairan pada sistem pencernaan. Maka dengan demikian, kesehatan pada sistem pencernaan akan senantiasa terjaga dan dapat berfungsi dengan baik dan lancar.

5. Mengobati Batuk

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, efek hangat pada jahe juga dapat membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan yang terasa gatal. Selain itu, kandungan senyawa Gingerol yang ada dalam jahe dapat membantu menurunkan demam pada tubuh.

6. Mengobati Sakit Perut

Di dalam jahe terdapat kandungan yang bersifat analgesik, fungsi dan khasiatnya diketahui sangat efektif untuk membantu meredakan sakit perut. Maka, bagi anda yang sedang terserang sakit perut tidak ada salahnya jika mencoba obat sakit perut alami ini untuk mengatasinya. Efek dari jahe ini cukup cepat dan aman bagi kesehatan

Sebuah kandungan yang bernama analgesih didalam tumbuhan jahe diketahui memiliki sebuah manfaat yang bisa anda manfaatkan sebagai salah satu obat untuk masalah sakit perut. Jika seandainya anda menderita sakit perut, maka cobalah untuk memiliki jahe didalam mengatasinya.

5. Mengobati Batu Empedu

Manfaat minum ramuan jahe diduga efektif untuk membantu mengobati penyakit batu empedu, dimana penyakit ini sering kali membuat penderitanya merasa terganggu dan kesulitan dalam melakukan aktivitas. Salah satu solusi alternatif untuk mengobatinya yaitu dengan rutin minum air rebusan jahe atau wedang jahe secara rutin dan teratur setiap hari 2-3 kali sehari.

6. Mencegah Kanker

Di dalam jahe mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan aktif dalam membantu memperlambat pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan minum air rebusan jahe yaitu jenis kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus dan jenis kanker lainnya.

Salah satu penyebab kanker yaitu adanya radikal bebas yang masuk dan menyerang tubuh, sehingga dapat mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh. Namun dengan rutin minum air rebusan yang terbuat dari jahe, tubuh mampu melakukan perlawanan dan sehingga dapat meminimalisir resiko kanker.

7. Mengobati Migrain

Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian menemukan adanya zat prostaglandin yang terbukti efektif untuk meredakan rasa nyeri dan sakit di salah satu bagian kepala, dalam istilah medis gejala ini dikenal dengan sebutan migrain.

Manfaat dari jahe ini sudah sering dibuktikan mampu meredakan migrain dengan cepat, cara mengobati migrain dengan jahe yaitu cukup dengan minum air rebusan jahe hangat. Dalam seketika, sakit kepala sebelah atau migrain pun akan berangsur reda.

8. Mengatasi Pembengkakan

Manfaat jahe untuk kesehatan berikutnya yaitu dipercaya dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh, karena di dalam jahe mengandung zat yang bersifat sebagai zat anti-inflamasi. Maka dengan rutin melakukan pengobatan dengan ramuan jahe, maka peradangan pun bisa teratasi.

9. Mengobati Sakit Gigi

Ketika sakit gigi menyerang, sudah pasti aktivitas pun jadi terganggu, karena rasa sakit yang dirasakan sangat menyiksa. Bahkan tidak sedikit orang dewasa pun sampai-sampai menangi ketika sakit gigi menyerang, maka meskipun sakit gigi merupakan jenis penyakit yang umum di alami olah banyak orang tetapi gejala yang ditimbulkannya tidak bisa disepelekan.

Namun anda tidak perlu khawatir, jika anda tidak sempat membeli obat sakit gigi di apotik, maka anda bisa memanfaatkan jahe sebagai solusi alernatif untuk mengobati sakit gigi. Caranya yaitu, cukup dengan berkumur-kumur dengan menggunakan air rebusan jahe hangat dan juga meminumnya. Setelah melakukan pengobatan tersebut, rasa sakit pada gigi pun akan berangsur-angsur reda.

10. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang sedang mencari cara menurunkan kolesterol secara alami, maka salah sau solusi tepat yang dapat anda coba lakukan yaitu dengan minum air rebusan jahe secara rutin dan teratur setiap hari minimal 2 kali sehari.

Sebab, di dalam jahe mengandung Za yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kadar kolesterol darah yang terlampau tinggi dapat meningkatkan resiko terkena berbagai jenis penyakit yang berbahaya, diantaranya yaitu penyakit hipertensi, jantung dan bahkan dapat menyebabkan serangan stroke secara tiba-tiba.

11. Mengatasi Perut Kembung

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe dipercaya sangat berkhasiat untuk mengatasi perut kembung, karena di dalam jahe mengandung zat dan nutrisi yang sangat baik untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam perut. Masalah perut kembung memang dapat membuat siapa saja yang menderita masalah ini akan merasa tidak nyaman.

Perut kembung sendiri disebabkan oleh karena tubuh mengalami masuk angin, efek hangat dari jahe dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat, sehingga perut kembung pun bisa teratasi dengan baik dengan minuman jahe hangat.

12. Mengobati Penyakit Arthritis

Selain ampuh untuk mengatasi perut kembung, rutin minum air rebusan jahe hangat sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat penyakit arthritis dan juga penyakit osteoarthritis. Hal ini dikarenakan, di dalam jahe mengandung komponen zat yang berkhasiat untuk menghambat proses COX, dimana COX adalah salah satu dari bahan kimia yang berperan penting dalam mengatasi masalah peradangan.

13. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat tanaman jahe lainnya yaitu dipercaya sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bagi para pasien penderita penyakit diabetes sangat disarankan untuk rutin minum air rebusan jahe, karena di dalam jahe memiliki kadar glukosa yang sangat rendah.

Selain itu, minum air rebusan jahe hangat juga sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, di dalam jahe mengandung kalium yang mampu mengontrol tekana darah dalam tubuh.

14. Mengobati Penyakit Asam Urat dan Rematik

Asam urat dan rematik memang menjadi penyakit yang umum diderita banyak orang di Indonesia. Gejala dari kedua jenis penyakit ini terasa sangat menyiksa, apalagi pada pagi hari pada saat baru bangun tidur. Hal ini dikarenakan, di dalam jahe mengandung zat anti radang yang dapat mengurangi rasa sakit akibat menderita penyakit asam urat dan juga rematik.

Cara mengobati asam urat dan rematik dengan jahe cukup mudah, anda cukup menghaluskan jahe dengan cara diparut. Setelah itu, tambahkan sedikit spirtus atau minyak tanah dan aduk rata dengan cara diremas-remas agar kandungan ekstrak jahenya keluar.

Setelah itu, rendam atau kompres terlebih dahulu bagian tubuh yang terkena penyakit asam urat atau rematik dengan air hangat dan keringkan. Selanjutnya, balurkan parutan jahe tersebut secara merata pada bagian tubuh yang terasa sakit. Diamkan selama kurang lebih sekitar 30 menit, lalu bersihkan dengan cara di lap dengan lap yang dibasahi air hangat.

Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur. Setelah anda melakukan pengobatan ini, anda dijamin bisa tidur nyenyak dan besok paginya anda akan merasa lebih nyaman.

15. Mencegah Penyakit Jantung

Awal mulanya seseorang terkena penyakit jantung yaitu disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar dan tinggi kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga sirkulasi darah menuju ke jantung akan menjadi terganggu.

Dengan demikian, kesehatan dan kerja organ jantung akan mernjadi terganggu yang dapat beresiko tinggi terkena penyakit jantung. Selain itu, kandungan zat yang ada dalam jahe sama dengan kandungan zat aspirin yaitu sejenis zat yang dapat mencegah dan mengurangi pembekuan darah.

Maka jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung, anda bisa rutin dan teratur mengkonsumsi atau minum air rebusan jahe hangat minimal 2 kali seminggu atau untuk mendapatkan khasiat jahe secara optimal sebaiknya minum air rebusan jahe hangat setiap hari pada pagi dan malam sebelum tidur.

16. Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan

Manfaat jahe berikutnya dipercara sangat efektif untuk mengobati gangguan pada pernapasan akibat dari penyakit asma atau influenza. Jika anda sedang mengalami gangguan pada pernapasan, maka sebaiknya anda minum air rebusan jahe secara rutin dan teratur setiap pagi dan malam sebelum tidur. Sensasi hangat dari jahe dapat membantu melegakan saluran pernapasan.

17. Membantu Pembentukan Otot Baru

Ramuan atau air rebusan jahe juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sering melakukan aktivitas berat atau latihan fisik. Sebab, jahe memiliki kandungan protein yang dapat membantu proses pembentukan otot baru pada tubuh orang yang suka melakukan latihan fisik. Selain itu, sifat dari anti inflamasi pada jahe dapat mencegah timbulnya rasa sakit pada otot akibat sering melakukan latiha fisik yang cukup berat.

Baca Juga : 15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

B. Cara Membuat Air Rebusan Jahe Hangat Berkhasiat

Pertama-tama siapkan jahe sebanyak 2 ruas jari, lalu gula merah atau bisa menggantinya dengan madu secukupnya sesuai selera. Iris jahe dan rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas hingga mendidih, diamkan selama beberapa lama sampai air rebusan jahe tersebut hanya tinggal tersisa 1 gelas saja. Angkar dan saring airnya tuangkan ke dalam gelas, lalu dinginkan selama beberapa menit dan minum sampai habis selagi hangat.

Baca Juga : 25 Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan

Demikian ulasan mengenai 17 Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Obat. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Mari baca juga artikel lainnya yang ada di blog ini. Bagikan juga artikel ini pada teman lainnya. Ayo like halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.