30 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

30 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga -- Makanan Ideal yang Dikonsumsi Sebelum - Saat - Setelah Olahraga, Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah /  Sesudah Olahraga, Pilihan Makanan Terbaik Sebelum dan Setelah Berolahraga, Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga, Makanan / Minuman Sehat yang Bagus dikonsumsi Sebelum Olahraga, Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi / Dimakan Setelah Olahraga.

https://www.infokesehatan.web.id/

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga -- Melakukan aktivitas olahraga dalam kondisi perut penuh adalah sebuah kesalahan yang sering kali dilakukan banyak orang dengan berbagai alasan, salah satunya bertujuan agar tubuh lebih berenergi untuk melakukan latihan. Padahal anggapan tersebut sangatlah salah besar, pada kenyataannya makan terlalu banyak sebelum berolahraga justru akan membuat pergerakan tubuh menjadi lambat.

Berdasarkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Physiology – Endocrinology and Metabolism menjelaskan, bahwa membiasakan makan sebelum melakukan aktivitas fisik olahraga tidaklah masalah, justru akan memberikan energi dan semangat asalkan jenis makanan dan porsinya tepat. Makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga tidaklah sembarang makanan dan porsinya pun harus dalam jumlah cukup.

Baca Juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bukan hanya itu saja, setelah selesai olahraga pun kita disarankan untuk makan dan jenis makanannya pun harus makanan sehat serta porsinya pun harus seimbang. Dengan demikian, tubuh akan lebih bertenaga dan bersemangat baik sebelum maupun setelah menjalani aktivitas olahraga.

Oleh karena itu, pada pembahasan ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah olahraga.

Beragam Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Di bawah ini akan kami sebutkan satu persatu jenis-jenis makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah melakukan aktivitas olahraga.

A. Makanan yang Baik dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, diantaranya yaitu :

1. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan, karena di dalam buah apel ini mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Selain kaya akan kandungan vitamin, di dalam buah apel juga mengandung serat dan air dalam jumlah yang sangat besar dan dibutuhkan oleh tubuh, terutama sebelum menjalani aktivitas olahraga.

Sebelum berolahraga anda disarankan untuk mengkonsumsi satu buah apel, karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat membuat tubuh lebih berenergi dan tetap bersemangat dalam menjalani rutinitas olahraga yang biasa anda lakukan setiap hari. Selain itu, mengkonsumsi buah apel juga dapat mengganjal perut sebelum tiba saatnya jam makan berat setelah berolahraga.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Dada Ayam

Makanan sehat berikutnya yang baik dikonsumsi sebelum olahraga yaitu makan dada ayam, daging ayam pada bagian dadanya ini dapat diolah untuk dijasikan sebagai sumber energi tubuh. Pastikan cara memasaknya dilakukan dengan memanggang atau merebusnya dan dijadikan sebagai tambahan salad.

Di dalam dada ayam ini mengandung protein yang sangat tinggi, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

3. Ubi Rebus

Jenis makanan sehat lainnya yang sangat baik dikonsumsi sebelum berolahraga yaitu ubi rebus. Selain dapat memberikan rasa kenyang, manfaat ubi rebus juga dapat menjaga kesehatan tubuh seperti mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, jantung yang sehat dan dapat mengenyangkan tapi tidak bikin gemuk. Maka sebelum berolahraga, anda bisa sarapan terlebih dahulu ubi rebus agar tubuh lebih bertenaga dan bersemangat dalam menjalani aktivitas olahraga.

4. Tahu

Tahu juga bisa anda jadikan sebagai makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas olahraga, tapi pastikan bukan tahu goreng melainkan tahu rebus atau tumis tahu yang ditumis dengan menggunakan minyak wijen atau bisa juga diolah dengan cara dipanggang.

Justru makan tahu goreng sebelum melakukan olahraga dapat menyebabkan rasa mual, ini disebabkan karena minyak yang menempel pada tahu tersebut. Maka dengan makan tahu rebus atau tahu panggang dapat membuat tubuh anda lebih aman dan nyaman saat berolahraga.
5. Pisang

Mengonsumsi buah pisang juga sangat bagus untuk mencukupi persediaan karbohidrat dan protein dalam tubuh, dimana karbohidrat ini nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar saat berolahraga.

Di dalam pisang mengandung potasium yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otot dan saraf, sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang sebelum olahraga dapat membantu pembentukan otot tubuh.

6. Oats

Oats adalah jenis makanan sehat yang kaya akan kandungan serat, dimana serat ini dapat membantu dalam memfasilitasi proses pelepasan karbohidrat dengan stabil. Dengan demikian, tubuh anda akan lebih berenergi saat melakukan latihan. Di dalam oats juga mengandung vitamin yang sangat berguna dalam mengubah karbohidrat menjadi sumber energi dalam tubuh.

7. Smoothie Buah

Rutin mengkonsumsi smoothie buah sesaat sebelum olahraga dapat menjadi makanan ringan yang sangat baik untuk tubuh sebelum olahraga, karena kandungan protein yang terdapat pada makanan sehat ini dapat membantu menghasilkan energi yang cukup.

Smoothie buah adalah jenis makanan yang mudah sekali dicerna oleh tubuh dan memiliki kombinasi dari karbohidrat sederhana di dalamnya.

8. Roti Gandum

Roti gandum bisa anda jadikan sebagai sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas olahraga, anda juga bisa menambahkan selai dan madu sebagai topping diatasnya agar rasanya lebih nikmat dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

9. Air Kelapa

Sudan bukan rahasia umum lagi jika air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dapat menjadi pengganti cairan tubuh yang hilang. Maka dari itu, minum air kelapa ini sangat baik diminum sebelum berolahraga dan bahkan buah kelapanya pun bisa anda jadikan sebagai pengganjal perut dan sumber energi tambahan yang sangat dibutuhkan saat berolahraga.

10. Putih Telur

Putih telur juga merupakan jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi sebelum olahraga, karena di dalam telur putih tidak mengandung lemak seperti yang terdapat pada bagian kuning telurnya. Maka dari itu, makan putih telur yang direbus sangat dianjurkan sebelum menjalani aktivitas olahraga.

11. Buah Kering

Makan buah kering sebelum berolahraga sangat baik dan dapat menjadi pilihan tepat sebelum anda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Hal ini dikarenakan, di dalam buah kering mengandung sumber karbohidrat sederhana yang dapat menghasilkan sumber energi instan. Jenis buah yang bisa anda keringkan diantaranya yaitu buah nanas, bery dan aprikot.

12. Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan protein, lemak tak jenuh dan juga asam oleat, dimana kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat tersebut sangat baik untuk mendukung tubuh saat berolahraga seperti membantu memperbaiki sel, menyediakan cadangan energi dalam tubuh dan mengurangi efek peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan lemak serat yang ada dalam buah alpukat ini bermanfaat untuk menunda rasa lapar saat sedang berolahraga.

13. Salmon dan Ubi Jalar

Di dalam ikan salmon mengandung peptide bioaktif dan juga molekul protein yang dapat berperan sangat penting dalam membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Konsumsi salmon dan ubi jalar juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam mengontrol kadar insulin dan juga dapat melindungi area persendian saat melakukan aktivitas olahraga, terutama olahraga berat.

Disamping itu, kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada ubi jalar dapat bermanfaat untuk mengembalikan kadar glikogen dalam tubuh.

Baca Juga :

14. Buah dan Yogurt

Kombinasi antara buah-buahan dan yogurt dapat dijadikan sebagai bahan bakar yang baik untuk tubuh sebelum melakukan aktivitas olahraga. Kandungan karbohidrat yang ada pada buah dan yogurt sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada otot.

15. Sereal

Makan berikutnya yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga yaitu sereal, karena di dalam sereal ini mengandung serat yang sangat tinggi dan dapat menunda rasa lapar lebih lama hingga tiba waktunya jam makan berat setelah olahraga. Selain itu, makan sereal ini akan membuat tubuh lebih berenergi dan bertenaga dalam menjalankan aktivitas olahraga.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi sebelum anda mulai olahraga, sehingga pada saat anda berolahraga tubuh akan terasa lebih berenergi.

Baca Juga : Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

B. Makanan yang Baik dikonsumsi Setelah Olahraga

Setelah anda berolahraga, tubuh akan membutuhkan nutrisi dari asupan makanan untuk menggantikan energi yang telah hilang saat berolahraga. Berdasarkan informasi yang telah kami kutip dari sebuah laman boldsky. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi setelah olahraga, diantaranya yaitu :

1. Pisang

Pisang tidak hanya baik dikonsumsi sebelum olahraga, tetapi juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap selesai olahraga. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pisang mengandung kadar gula alami yang sangat baik untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Molekul gula yang terkandung di dalam buah pisang akan lebih cepat mencapai jaringan otot dalam tubuh dan mengembalikan kadar glikogen yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah pisang juga termasuk jenis makanan yang mengandung gizi dan nutrisi lengkap yang dibtuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein dan juga mineral.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Kacang Almond

Makan berikutnya yang baik dikonsumsi setelah melakukan aktivitas olahraga yaitu kacang almond, kacang ini bisa anda jadikan sebagai cemilan sehat yang dapat anda konsumsi setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang almond mengandung nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembalikan energi tubuh yang telah hilang seperti mineral, protein dan juga riboflavin.

Kandungan senyawa riboflavin sendiri dapat membantu memulihkan stamina tubuh, sedangkan kandungan mangan dan tembaga yang terkandung di dalam buah pisang ini dapat membantu menyalurkan energi tambahan keseluruh tubuh serta dapat membuang zat-zat racun dalam tubuh.

3. Telur Rebus

Telur rebus adalah salah satu jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi setiap setelah selesai berolahraga, karena di dalam makanan ini kaya akan kandungan protein, vitamin B dan vitamin D yang dapat membuat tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Selain itu, kandungan vitamin D sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat tulang anda sehingga anda dapat bergerak dengan bebas tanpa masalah.

Baca Juga : Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Diet, dan Ibu Hamil

4. Brokoli

Rutin mengkonsumsi brokoli dapat membantu memulihkan stamina tubuh setiap selesai berolahraga, sehingga tubuh akan tetap segar dan bugar dalam menjalankan aktivitas pekerjaan anda sehari-hari. Hal ini dikarenakan, di dalam brokoli mengandung nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, protein dan senyawa penting lainnya yang dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Selain itu, di dalam brokoli juga mengandung kolin dan nutrien yang dapat membantu penyusunan membran sel dalam tubuh.

5. Protein Bar

Setiap anda selesai menjalani aktivitas olahraga rutin, maka nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan yaitu protein. Meskipun kadar protein juga banyak terkandung di dalam daging dan ikan, tetapi dengan mengkonsumsi protein bar setiap selesai berolahraga dapat dijadikan solusi alternatif ketika anda sedang terburu-buru.

Untuk hasil terbaik dalam memulihkan kondisi tubuh, konsumsi protein ini harus dilakukan paling tidak 30 menit setelah olahraga.

6. Kacang Polong

Kacang polong adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan serat alami, sehingga kacang polong ini dapat dijadikan sebagai alternatif lain untuk mendapatkan asupan protein dalam jumlah cukup setelah berolahraga.

Selain mengandung protein yang sangat tinggi, kacang polong juga bisa anda kombinasikan dengan telur rebus, gandum, daging ayam atau ikan segar agar rasanya lebih nikmat.

7. Madu

Madu merupakan salah satu makanan organik yang mengandung sumber energi paling banyak dibandingkan dengan jenis makanan organik lainnya, konsumsi madu secara rutin setiap selesai berolahraga dapat membantu menggantikan energi yang telah terkuras ketika sedang berolahraga.

Anda bisa mengkonsumsi madu dengan cara dioleskan pada roti gandum atau bisa juga dikombinasikan dengan makanan lain seperti alpukat dan yogurt. Selain itu, jangan lupa juga untuk diimbangi dengan minum air kelapa muda untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi setelah olahraga.

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Quinoa

Salah satu jenis makanan organik ini memang belakangan ini sedang populer dan menjadin primadona di kalangan masyarakat yang selalu menerapkan pola hidup sehat, karena di dalam Quinona mengandung kadar serat alami, karbohidrat dan juga protein yang sangat tinggi. Berbagai nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh setelah selesai menjalani aktivitas olahraga.

Selain itu, di dalam Quinona juga mengandung protein sebanyak 8 gram per cup, protein ini efektif untuk membantu proses perbaikan massa otot dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi makanan organik ini untuk dijadikan sebagai salad, oatmeal dan sereal atau anda bisa menyajikan makanan ini bersama dengan kacang-kacangan atau daging ayam.

9. Buah-buahan Segar

Konsumsi buah-buahan segera setelah olahraga sangatlah penting, karena kandungan gizi dan nutrisinya yang sangat lengkap dapat dierap oleh tubuh dengan baik. Selain itu, di dalam buah-buahan segar juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan dapat berfungsi sebagai cadangan sumber energi bagi tubuh.

Perlu anda ketahui juga bahwa manfaat mengkonsumsi buah-buahan segera setelah olahraga dapat mencegah nyeri pada otot dan menghilangkan pegal-pegal setelah berolahraga berat. Selain itu, buah-buahan juga bermanfaat untuk membantu mencukupi asupan glikon dalam tubuh untuk membentu membangun kembali jaringan otot yang rusak.

10. Alpukat

Alpukat juga termasuk ke dalam jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi setelah olahraga, karena di dalam buah alpukat ini mengandung protein yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk mempercepat pemulihan energi dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh anda akan tetap berenergi dan mampu menjalankan aktivitas pekerjaan dengan baik dan lancar.

C. Meski Rasanya Enak, Hindari Makanan Ini Setelah Olahraga

Selain kesepuluh jenis makanan di atas yang harus dihindari atau yang tidak baik dikonsumsi setelah oleharaga, ternyata ada juga makanan lainnya yang harus dihindari setelah olahraga. Apa sajakah itu? Berikut informasinya :
  1. Sayur mentah
  2. Makanan cepat saji
  3. Soda, jus buah kemasan, dan kopi
  4. Cokelat susu
  5. Daging merah

Baca Juga : Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan Makanan Lain

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh anda konsumsi setelah olahraga, karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda semua mengenai Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga. Semoga informasi yang kami bagikan di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua. Ayo like dan share. Thanks very much.