21 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Khasiat & Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan, Kecantikan, dan Diet, Pengobatan dengan Buah Apel, Manfaat Buah Apel Untuk Orang Sakit, Manfaat Buah Apel Fuji - Buah Apel Merah - Buah Apel Hijau, Manfaat Makan Buah Apel, Macam-macam Manfaat Buah Apel, Manfaat Jus Buah Apel, Kandungan Gizi Buah Apel.


Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan manfaat bagi manusia. Buah apel sendiri dalam bahasa latin disebut dengan Malus Domestica, buah ini sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasara tradisional, pasar modern dan juga kios-kios buah yang biasa kita temukan di pinggiran jalan. Rasanya yang sangat manis dan menyegarkan membuat buah ini disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Buah apel juga bisa dihidangkan dan dinimkmati dalam berbagai varian hidangan, seperti dijadikan salad, jus, cake, pie dan juga beragam jenis olahan buah apel lainnya. Selain memiliki rasa yang sangat nikmati, ternyata di dalam buah ini juga menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi penting yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan, kecatikan ataupun bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Buah Apel

Buah apel sangat dikenal mengandung banyak sekali kandungan fitronutrien, antioksidan dan juga folifenol. Total dari kekuatan kandungan antioksidan ini dalam tiap 100 gram buah apel mengandung sekitar 5900 TE. Jenis kandungan senyawa flavanoid yang terdapat di dalam buah apel terdiri dari beberapa jenis yaitu quercetin, epicatechin dan juga procyanidin B2.

Sedangkan untuk kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam buah apel berukuran sedang lebih bebas lemak, kolesterol dan juga sodium. Selain itu, buah apel berukuran sedang juga memiliki kandungan serat sebanyak 4 gram dan jumlah tersebut mampu memenuhi asupan serat tubuh sekitar 17% dari total hariannya. Masih pada jumlah yang sama, mengkonsumsi buah apel berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 14% asupan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan vitamin C dan juga betakaroten dapat berperan penting sebagai antioksidan alami. selain itu, buah menyegarkan ini juga memiliki sumber vitamin B kompleks yang terdiri thianmin, riboflavin dan juga pyridoksin (vitamin B6). Selain itu, di dalam buah apel juga mengandung sejumlah mineral penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh seperti kalsium, potassium, fosfor dan zat besi meski jumlahnya tergolong kecil.

Dilihat berdasarakan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam buah apel, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari buah apel ini. Mulai dari perawatan kesehatan, perawatan kecantikan dan juga dapat bermanfaat untuk membantu mendukung program diet bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Untuk informasi lebih jelas dan lengkap mengenai manfaat buah apel, simak informasinya dibawah berikut ini.

A. Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Berbicara mengenai manfaat buah apel ini, maka anda sudah tidak perlu meragukannya lagi karena buah yang satu sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah apel segar bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Membantu Mengoptimalkan Kerja Usus Halus

Sistem pencernaan memang tidak pernah terlepas dari fungsi dan kerja usus halus yang akan bekerja untuk mengurai makanan yang dikonsumsi serta menyerap kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Maka dengan rutin dan teratur mengkonsumsi buah apel dapat membantu mencegah konstipasi dan terjadinya gangguan pada usus halus.

2. Meredakan Gangguan Pernafasan atau Asma

Menurut dari hasil studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukan jika anak yang rutin dan teratur mengkonsumsi buah apel mampu menekan resiko mengalami gangguan sistem pernpasan atau kambuhnya gejala asma. selain itu, konsumsi buah apel bagi ibu hamil juga dapat dengan efektif menekan resiko terjadinya gangguan pernapasan pada janin yang ada dalam kandugannya.

3. Memelihara Kesehatan Rongga Mulut dan Gigi

Manfaat buah apel juga sangat baik untuk memelihara kesehatan rongga mulut dan gigi, karena dengan mengkonsumsi buah apel dengan cara langsung mengunyahnya dapat membantu merangsang produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan rongga mulut dan juga gigi. Selain itu, kandungan zat tanin yang terkandung di dalam buah apel juga sangat bermanfaat untuk membersihkan plak yang dapat beresiko merusak gigi dan gusi.

4. Melindungi Kesehatan dan Menjaga Kepadatan Tulang

Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam buah apel mampu melindungi kesehatan tulang dan menurunkan resiko penyakit osteoporosis bagi para kaum wanita pasca monopouse. Selain itu, kandungan Boron yang ada pada buah apel juga sangat efektif untuk membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan ulang agar tidak mudah mengalami pengeroposan tulang. Hal ini juga sangat baik untuk menjaga tulang agar terhindar dari resiko terkena penyakit reumatik.

5. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat mengkonsumsi buah apel secara rutin juga sangat baik untuk menurunkan kerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin, sehingga buah ini sangat baik di konsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat genetik terkena penyakit diabetes agar tidak terus bertambat parah.

6. Mencegah dan Menghentikan Perkembangan Sel Kanker

Di dalam buah apel segar berukuran sedang mengandung senyawa triterpenoids yang paling banyak terkandung di dalam kulit apel. Kandungan senyawa tersebut terbukti efektif untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, buah apel juga mengandung sejumlah zat yang dapat berfugsi untuk menghentikan perkembangan dan membunuh sel kanker. Jenis kanker yang dapat dicegah dan diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah apel yaitu seperti kanker payudara dan juga kanker usus besar.

7. Meningkatkan Kesehatan dan Kecerdasan Otak Anak

Mengkonsumsi buah apel sudah terbukti mampu melindungi sel-sel neuron yang sangat efektif unuk mencegah stres oksidatif yang sering kali dipicu oleh neurotoksisitas dan sekaligus berperan penting dalam menurunkan resiko terkena gangguan neurodegenerative, seperti jenis penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Penyakit Parkinson

Berdasarkan dari hasil penelitian para ahli mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi buah apel dapat terhindar dari resiko terkena penyakit parkison. Jenis penyakit ini dapat ditandai dengan munculnya gejala adanya gangguan dalam memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf dalam otak. Banyak para ilmuan yang telah menghubungkannya dengan kemampuan kekuatan dari antioksidan, karena kandungan zat ini mampu melawan berbagai jenis serangan radikal bebas, baik itu yang berasal dari zat polutan maupun zat-zat kimia berbahaya yang terdapat di dalam makanan.

9. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang mempunyai tubuh gemuk atau telah positif mengidap penyakit kolesterol tinggi, maka sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi seperti buah apel. Hal ini dikarenakan, kandungan serat larut yang terdapat di dalam buah apel mampu mengikat kandungan lemak dalam usus. Jika diterjemahkan berdasarkan fungsinya, buah ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan secara ekstensif telah mencoba untuk menghubungkan antara asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol yang tertimbun dalam saluran pembuluh darah arteri. Di dalam buah apel mengandung senyawa Fenolik yang dapat membantu mencegah masuknya kadar kolesterol ke dalam sistem dan juga meningkatkan kekuatan pembuluh darah arteri.

Pada saat flak tersebut mulai terbentuk di dalam saluran pembuluh darah arteri, maka dapat membantu mengurangi aliran darah menuju ke organ jantung yang kemudian akan mengarah pada peningkatan resiko penyakit jantung koroner. Tumpukan plak ini dapat dibersihkan dengan memanfaatkan bantuan dari kandungan serat larut yang ada terkandung dalam buah apel.

11. Mengobati Wasir

Wasir adalah suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan di area anal, meskipun tidak berdampak pada kematian tetapi jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan terganggunya pembuluh darah dan bisa sangat menyakitkan.

Umumnya, penyebab munculnya penyakit wasir ini yaitu disebabkan oleh karena adanya tekanan yang terlalu berat di daerah panggul dan dubur. Namun dengan mendapatkan asupan serat cukup dapat membantu mengurangi keinginan mengejan yang terlalu kuat pada saat BAB, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan dan gejala wasir pun berangsur-angsur akan berkurang.

12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi buah apel dapat membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan jauh lebih kuat dan tahan terhadap serangan virus, bakteri dan kondisi perubahan cuaca yang dapat menyebabkan serangan penyakit dan tubuh pun tidak akan mudah sakit.

B. Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata buah apel juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan perawatan kecantikan kulit wajah alami. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah alami menggunakan buah apel, diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Kemunculan jerawat memang sering kali menjadi masalah yang dapat membuat kita merasa stres, terutama jika jerawat ini muncul pada kulit wajah wanita dan dalam jumlah yang banyak. Untuk menghilangkan jerawat, salah satu solusi alami yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan sari apel untuk dijadikan toner wajah alami.

Cara pemakaiannya, yaitu cukup dioleskan pada kulit wajah yang berjerawat secara merata dan tipis-tipis saja. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam sampai jerawat hilang.

2. Menghilangkan Kerutan di Wajah

Kemunculan kerutan pada kulit wajah tentunya akan sangat mengganggu sekali pada penampilan anda, adanya kerutan ini juga menandakan jika anda sudah mulai menua. Namun anda tidak perlu cemas, untuk membantu menghilangkan kerutan di wajah tersebut bisa dilakukan dengan cara perawatan dengan menggunakan masker apel.

Caranya yaitu, haluskan buah apel secukupnya saja dengan menggunakan blender. Kemudian balurkan masker buah apel tersebut secara merata pada permukaan kulit wajah secara merata, diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam seminggu sampai kerutana di wajah anda menghilang.

3. Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat buah apel untuk kecantikan berikutnya yaitu dipercaya sangat efektif untuk membantu menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan buah apel bisa anda lakukan dengan mudah, caranya hampir sama dengan cara menghilangkan kerutan di wajah. Maka dengan demikian, pada saat anda melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker buah apel, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, bebas noda dan kulit terlihat lebih kencang.

4. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Selain bermanfaat untuk menghilangkan kerutan dan menyamarkan noda hitam, perawatan wajah menggunakan buah apel juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Dengan rutin melakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, cerah dan cantik alami.

5. Menghilangkan Mata Panda

Munculnya lingkaran hitam di sekitar mata atau lebih dikenal dengan sebutan mata panda, kondisi ini bisa terjadi akibat dari kurang tidur dan kondisi tersebut terkadang menjadi tanda jika sistem metabolisme tubuh sedang terganggu. Untuk menghilangkan mata panda tersebut, anda bisa mengkompresnya dengan menggunakan irisan buah apel segar.

6. Membersihkan Pori-Pori pada Kulit Wajah

Akibat pori-pori kulit wajah yang tersumbat dapat menjadi awal munculnya berbagai masalah pada kulit wajah mulai dari kulit wajah berminyak, jerawat, komedo dan berbagai masalah kulit wajah lainnya. Untuk membersihkan pori-pori tersebut dari kotoran seperti debu dan sisa make up, maka anda bisa memanfaatkan buah apel untuk dijadikan sebagai masker wajah alami.

Caranya yaitu, haluskan buah apel secukupnya dengan menggunakan blender, lalu rambahkan 1 sendok makan gula dan aduk hingga tercampur merata. setelah itu, oleskan masker buah apel yang telah anda buat tadi secara merata dan diamkan selama 15-30 menit. Kemudian, bilas hingga bersih. untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit wajah ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Di dalam buah apel mengandung suau zat bernama Alpha Hidroxy Acid (AHA), kandungan zat tersebut dapat membantu mengangkat penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit wajah. Jika perawatan kecantikan alami ini dilakukan secara rutin dan teratur, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih dan halus. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

8. Mengatasi Masalah pada Kulit Kepala

Selain dapat bermanfaat untuk merawat kulit wajah, ternyata buah apel juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit kepala, seperti menghilangkan ketombe, membasmi kutu rambut, mengatasi rambut rontok, rambut lepek dan menutrisi kulit kepala agar tetap terjaga kesehatannya sepanjang hari.

Cara perawatan kulit kepala dengan buah apel sangat mudah, anda cukup menghaluskan buah apel secukupnya dan tambahkan minyak zaitun anara 1-2 sendok makan. Aduk kedua bahan alami tersebut hingga tercampur merata, lalu gunakan sebagai masker dan balurkan pada kulit kepala dan rambut anda secara merata sambil dipijat-pijat dengan lembut. Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa.

C. Manfaat Buah Apel untuk Diet

Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. selain dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan melakukan perawatan kecantikan kulit, ternyata buah apel juga sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Hal ini dikarenakan, cara kerja dari buah apel ini hampir sama dengan beras merah untuk mendukung program diet, karena kandungan serat yang ada di dalamnya sangat tinggi dan buah ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Dengan demikian, anda tidak akan merasa mudah lapar saat menjalani diet, asupan lemak pun akan berkurang. Selain itu, mengkonsumsi buah apel juga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan yang dapat mendukung keberhasilan diet anda.

Itulah tadi informasi yang dapat kami bagikan kepada para pembaca semua mengenai Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet. Semoga kita semua dapat memetik manfaat dari ulasan diatas. Jangan lupa untuk share dan like halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.