19 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, dan Rambut

19 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, dan Rambut -- Manfaat Buah Tomat dan Wortel, Manfaat Tomat Bagi Wajah, Manfaat Tomat untuk Kulit - Untuk Diet - Untuk Keperkasaan - Untuk Wajah dan Bibir, Khasiat Tomat Untuk Pria & Wanita, Manfaat Makan Tomat Sebelum Tidur, Manfaat Jus Tomat untuk Kecantikan, Manfaat Tomat, Manfaat Tomat Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya, Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Tomat, Masker Rambut Alami.


Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Kulit, dan Rambut -- Mendengar nama tomat pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, khususnya bagi para kaum ibu-ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan buah tomat ini sudah biasa digunakan dalam kebutuhan memasak sehari-hari. 

Sebenarnya, buah tomat ini masih berkerabat dekat dengan jenis sayuran seperti terong, kentang dan juga paprika. Namun tomat ini sering disebut dengan buah karena di dalam tomat ditemukan adanya daging dan biji.

Buah tomat sendiri memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat, terutama di Indonesia. Buah tomat tidak hanya dijadikan sebagai bahan untuk memasak saja, tetapi juga bisa dijadikan jus yang nikmat dan menyegarkan serta menyehatkan. Disamping itu, buah tomat juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan, karena di dalam buah tomat mengandung banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi dari Buah Tomat

Di dalam buah tomat mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Berikut ini beragam kandungan gizi dan nutrisi lengkap yang terkandung di setiap 100 gram buah tomat segar, yaitu :
  • Vitamin A sebanyak 42 µg
  • Vitamin C sebanyak 13,7 mg
  • Vitamin E sebanyak 0,54 mg
  • Vitamin K sebanyak 7,9 µg
  • Vitamin B1 (Thiamine) sebanyak 0,04 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,02 mg
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,59 mg
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid) sebanyak 0,09 mg
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) sebanyak 0,08 mg
  • Vitamin B9 (Folat) sebanyak 15 µg
  • Kalsium sebanyak 10 mg
  • Zat Besi 0,27 mg
  • Magnesium sebanyak 11 mg
  • Fosfor sebanyak 24 mg
  • Potassium (Kalium) sebanyak 237 mg
  • Sodium sebanyak 5 mg
  • Seng (Zinc) sebanyak 0,17 mg
  • Tembaga (Copper) sebanyak 0,06 mg
  • Manganese sebanyak 0,11 mg
  • Kalori sebanyak 18 kal
  • Karbohidrat sebanyak 3,9 g 
  • Air sebanyak 95%
  • Protein sebanyak 0,9 g
  • Gula sebanyak 2,6 g
  • Serat sebanyak 1,2 g
  • Lemak sebanyak 0,2 g
  • Cholin sebanyak 6.7 mg

Beragam Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan, dan Kecantikan Wajah, dan Rambut

A. Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Berikut ini beragam manfaat buah tomat yang perlu diketahui untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengurangi Kadar Lemak Berlebih

Manfaat dari buah tomat ini diantaranya yaitu dapat membantu mengurangi tumpukan kadar lemak berlebih dalam tubuh. Bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih dan sedang menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan, maka sebaiknya tambahkan buah tomat ini ke dalam menu diet harian anda. 

Minumlah jus tomat setelah berolahraga, karena kandungan yang ada dalam buah tomat seperti karbohidrat, protein dan juga kalorinya dapat membantu mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh. Disamping itu, tetap imbangi dengan menjalani olahraga secara rutin dan teratur.

2. Membentuk Otot

Dalam proses melakukan latihan pembetukan otot, asupan nutrisi dan protein dalam jumlah cukup sangatlah penting. Itulah kenapa banyak para binaragawan yang selalu mengkonsumsi makanan-makanan berprotein tinggi untuk makanan sehari-harinya. 

Untuk mendapatkan protein dalam jumlah tinggi, anda tidak perlu terus-terusan mengkonsumsi telur, karena di dalam buah tomat juga mengandung protein yang cukup tinggi. Maka, bagi anda yang saat ini sedang menjalani latihan pembentukan otot tubuh, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi buah tomat.

3. Mencegah Kanker

Manfaat buah tomat berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu dapat mencegah pembentukan sel kanker. Tahukah anda, ternyata kanker adalah salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia. Bahkan menurut survei mengungkapkan bahwa kanker adalah pembunuh nomor 2 di dunia setelah penyakit jantung yang menduduki urutan pertama sebagai penyakit pembunuh mematikan nomor 1 di dunia.

Hingga saat ini masih belum ditemukan jenis obat untuk menyembuhkan penyakit kanker, namun untuk mencegah terjadinya pembentukan dan perkembangan sel kanker masih bisa dilakukan sejak dini. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah tomat atau jus tomat secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat mengandung senyawa antioksidan berupa senyawa karotenoid yang terkenal sangat ampuh untuk menangkalradikal bebas berbahaya yang sering menjadi penyebab utama dari pembentukan sel kanker dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah tomat berikutnya yaitu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imu tubuh, karena di dalam buah tomat ini mengandung senyawa antioksidan berupa karotenoid yang cukup tinggi. Kandungan senyawa ini sangat berkhasiat untuk melawan berbagai serangan penyakit tertentu seperti batuk, pilek, flu dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan juga perubahan cuaca ekstrim.

5. Menambah Tinggi Badan

Memang tidak bisa kita pungkiri, bahwa buah tomat yang sudah sejak dulu sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak, namun sekarng sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman seperti jus yang menyehatkan dan dapat bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, kedua kandungan mineral penting tersebut sangat efektif untuk meambah tinggi badan dan memperkuat tulang.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Buah tomat juga sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, karena di dalam buah ini mengandung mineral yang lengkap dan baik seperti kalsium. Kalsium sendiri sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Bahaya dari kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi yaitu dapat meningkatkan resiko terkena penyakit hipertesi, penyakit jantung dan juga stroke.

7. Baik untuk Kesehatan Mata

Buah tomat memiliki warna buah yang hampir sama dengan wortel, yaitu berwarna orange. Setiap buah dan sayur yang berwarna orange menyimpan kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Namun tahukah anda, apa saja manfaat vitamin A untuk kesehatan? Manfaat dan khasiat vitamin A ini sangat baik untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah berbagai masalah kesehatan mata, seperti katarak, degenerasi makula, mata rabun dan masalah kesehatan mata lainnya.

8. Menjaga Kesehatan dan Mengoptimalkan Fungsi Kerja Jantung

Di dalam buah tomat mengandung kalium yang cukup tinggi, kandungan mineral penting ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung dan sekaligus mengoptimalkan fungsi serta kerja dari organ jatung dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, buah tomat juga bermanfaat untuk meminimalisir resiko penyakit jantung dan serangan stroke secara tiba-tiba. Maka dari itu, jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi atau minum jus buah tomat ini secara rutin dan teratur setiap hari dala jumlah cukup.

10. Mengendalikan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Buah tomat juga sangat baik dikonsumsi oleh para pasien penderita penyakit diabetes, karena di dalam buah tomat ini mengandung kromium yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan tingkat dari sensitivitas insulin, sehingga dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah tomat ini untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, bagi anda yang tidak memiliki penyakit diabetes, dengan rutin mengkonsunsi buah tomat dapat memperkecil potensi untuk menderita penyakit berbahaya ini.

B. Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata buah tomat juga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit yang dapat mempengaruhi penampilan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Mengeceilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Manfaat buah tomat untuk kecantikan yang pertama yaitu dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar, pembesaran pori-pori kulit wajah ini disebabkan oleh karena pemakaian make up dan kosmetik yang tidak cocok, polusi udara, terlalu sering dann lama terkena paparan sinar matahari langsung. Memiliki pori-pori kulit yang besar, maka kulit wajah akan mudah terkena berbagai masalah kulit seperti kulit berminyak, jerawat, komedo dan kulit wajah kusam.

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan rajin melakukan perawatan kulit setiap hari dengan menggunakan masker buah tomat. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah tomat seperti vitamin C terbukti sangat efektif untuk memperkecil kembali pori-pori kulit wajah yang besar.

Ketika anda akan melakukan perawatan dengan masker tomat, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat agar hasilnya lebih optimal. Jangan lupa lakukan perawatan kulit ini setiap malam sampai pori-pori kulit mengecil kembali seperti normal, bahkan dapat membuat kulit wajah terlihat lebih fresh dan kencang.

2. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Manfaat dari buah tomat ini yang paling luar biasa yaitu dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah seperti kulit keriput, muncul garis halus, flak hitam dan berbagai tanda-tanda penuaan lainnya yang mucul sebelum waktunya. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat ini mengandung senyawa antioksidan berupa senyawa karotenoid yang mampu menangkal radikal bebas penyebab dari munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Untuk mencegah munculnya tanda-tanda panuaan dini, anda cukup rutin mengkonsumsi buah tomat, baik dikonsumai secara langsung ataupun dijadikan jus buah untuk diminum rutin setiap hari. Namun jika untuk menghilangkan tanda penuaan tersebut, anda harus rutin melakukan perawatan kulit dengan masker buah tomat. Dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan masker tomat, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih halus, lembut dan cerah bercahaya.

3. Menghilangkan Jerawat Membandel

Penyebab utama dari munculnya jerawat yaitu dikarenakan adanya kuman dan bakteri yang berkumpul dan berkembang pada kulit. langkah dalam menghilangkan jerawat ini, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan membasmi kuman dan bakteri yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan pemakaian masker kulit wajah yang terbuat dari tomat secara rutin, dalam beberapa hari pemakaian masker tomat ini kulit wajah anda akan terbebas dari jerawat.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat mengandung zat yang bersifat anti bakterial dan antiseptik alami yang sangat ampuh untuk melawan perkembangan bakteri pada kulit. Kedua kandungan zat tersebut mampu membasmi kuman dan bakteri yang menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain kuman dan bakteri, jerawat juga dapat disebabkan oleh karena kulit wajah yang berminyak. Kandungan minyak berlebih dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan akhirnya dapat memicu pertumbuhan jerawat dan bahkan komedo. Untuk mengatasi kulit wajah berminyak, anda juga bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan masker tomat. Selain bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak, perawatan ini pun sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat produksi minyak berlebih.

C. Manfaat Buah Tomat untuk Rambut

1. Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok memang menjadi masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang, terutama untuk wanita. Masalah rambut rontok ini disebabkan oleh karena kurangnya asupan nutrisi dalam jumlah cukup untuki menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Maka untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, sebaiknya berikan rambut nutrisi yang baik dan cukup setiap harinya dan lakukan perawatan secara rutin dan teratur agar kesehatan rambut selalu terjaga sepanjang hari. Selain itu, penyebab rambut rontok juga bisa disebabkan oleh karena paparan sinar matahari dan radikal bebas yang berasal dari zat-zat polutan.

Maka dari itu, untuk menutrisi rambut dan kulit kepala serta melindunginya dari bahaya radikal bebas. Maka jangan ragu untuk melakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker tomat, karena di dalam buah tomat mengandung nutrisi dan zat penting yang sangat dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala. Dengan melakukan perawatan dengan masker buah tomat secara rutin dan teratur, kesehatan rambut dan kulit kepala akan selalu terjaga dan terhindar dari maslah rambut rontok.

2. Sebagai Kondisioner Alami

Di dalam buah tomat juga mengandung asam folat yang sifatnya terkenal lembab, dari sifat lembabnya inilah yang dapat membantu mengatasi rambut kusam, kering dan juga mudah rontok. Untuk mengatasi masalah kesehatan rambut dan kulit kepala, maka anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan kondisioner alami yang terbuat dari buah tomat. Kondisioner alami ini sangat baik dan bermanfaat untuk rambut agar terlihat indah dan berkilau.

3. Menghilangkan Ketombe

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, ternyata buah tomat juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan ketome yang sering disebabkan oleh karena adanya tumpukan sel kulit mati yang terkelupas pada kulit kepala. Untuk membersihkan dan menghilangkan ketombe, anda bisa melakukan perawatan dengan mengguanakn buah tomat secara rutin dan teratur setiap 3 kali semiggu.

4. Menghitamkan Rambut

Mempunyai warna rambut yang hitam berkilau memang menjadi dambaan setiap orang, sehingga pastinya anda semua sangat suka dan ingin mempunya ramut yang sehat, hitam dan berkilau. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit dengan menggunakan masker buah tomat secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

5. Menghilangkan Kutu Rambut

Manfaat buah tomat juga sangat ampuh untuk membasmi kutu rambut dengan cepat dan aman, karena di dalam buah tomat mengandung sitamn C dan zat-zat penting lainnya yang dapat membantu menghentikan perkembangan biakan kutu rambut pada kukit kepala. Dengan ruti minum jus tomat segar, maka kutu rambut yang bersarang di dalam rambut dan kulit kepala bisa segera teratasi.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat buah strawberry ini? Jadi, mulai rutin konsumsi buah Tomat dan rasakan manfaatnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai 19 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, dan Rambut. Semoga kita semua dapat memetik manfaat dari informasi yang telah kami sajikan diatas, terima kasih dan sampai jumpa lagi pada postingan bermanfaat lainnya. Thanks very much.