19 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

19 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui -- Menu Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil‎, Zat Gizi Penting Bagi Ibu Menyusui dan Ibu Hamil, Nutrisi dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Makanan yang Harus dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui, Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil atau Menyusui, Makanan Ibu Hamil atau Menyusui agar Bayi Cerdas, Buah dan Sayur yang Baik untuk Ibu Hamil atau Ibu Menyusui.

https://www.infokesehatan.web.id/

Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui -- Bagi iabu hamil dan menyusui, tentu sangat penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan sehat setiap hari agar gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari dapat bermanfaat untuk mencegah datangnya berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh karena tubuh kurang mendapatkan gizi dan nutrisi dalam jumlah cukup.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu hamil dan ibu menyusui untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Tidak hanya akan berdampak pada tubuh sang ibu saja, makanan yang kita konsumsi pun akan berpengaruh besar terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin atau bayi kita.

Apabila bunda selalu memperhatikan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, tentu janin atau bayi anda akan tumbuh sehat dan berkembangan dengan optimal.

Setiap ibu hamil dan ibu menyusui memerlukan asupan beragai jenis nutrisi secara lengkap dan seimbang, mulai dari asam folat, kalsium, serat, zat besi, protein, omega 3, magnesium, kalium, vitamin B6 dan masih abnyak kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya. Hampir semua nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi para ibu untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Dalam artikel yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara lengkap informasi mengenai berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Beragam Jenis Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

A. Makanan Sehat yang Baik dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Kehamilan merupakan salah satu moment yang sangat ditunggu-tunggu, khususnya oleh pasangan muda yang baru menikah. Tentunya bukan hanya pasangan muda yang menanti kehamilan, paasangan lainnya yang telah memiliki satu anak atau lebih mungkin masih ingin menambah lagi. Nah berikut ini beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, diantaranya yaitu :

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi lengkap seperti asam folat, zat besi, serat, kalsium dan juga beberapa jenis vitamin. Kandungan serat yang terdapat pada daun atau sayur bayam ini sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari resiko terkena gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

Selain itu, di dalam bayam juga kaya akan kandungan asam folat yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kecacatan pada tabung saraf janin di dalam kandungan. Kemudian vitami C yang terkandung dalam sayur baya bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak akan  udah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit jiika vitamin C ini selalu tercukupi dengan baik.

2. Brokoli

Brokoli dapat menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, karena di dalam brokoli ini mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap serta diperlukan oleh tubuh ibu hamil.

Ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi brokoli bagi ibu hamil, diantaranya yaitu mencegah kelainan pada tulang belakang, mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf, mencegah kanker pada bayi, mencegah anemia pada ibu hamil dan mempercepat pertumbuhan tulang, gigi dan juga otot pada janin yang ada dalam kandungan.

3. Kubis

Kubis sangat terkena akan kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi, sehingga kubis ini dapat dijadikan sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Beberapa manfaat mengkonsumsi kubis untuk ibu hamil yaitu membantu proses pembentukan tulang pada janin, mencegah anemia pada ibu hamil, menurunkan resiko cacat tabung saraf pada janin, mencegah dan mengatasi sembelit dan menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap berenergi sepanjang hari.

4. Kembang Kol

Kembang kol adalah jenis sayuran yang masih termasuk ke dalam jenis kubis, bentuk dari sayuran ini mirip seperti brokoli yang memiliki warna putih. Kembang kol ini bisa dimasak dengan cara di sup atau ditumis dan dilengkapi dengan jenis sayuran lainnya. Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata kembang kol ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan.

Bukan tanpa alasan, manfaat kembang kol untuk ibu hamil dan ibu menyusui ini dikarenakan di dalam kembang kol mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C, serat, zat besi, asam folat dan kalsium yang baik untuk mendukung tumbuh kembang janin dan bayi. Selain itu, manfaat kembang kol untuk ibu hamil terbukti efektif untuk membantu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

5. Telur

Telur adalah jenis makanan yang paling mudah didapatkan dan dikonsumsi oleh ibu hamil, karena telur ini bisa diolah dengan berbagai cara. Selain itu, di dalam telur juga kaya akan kandungan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh ibu hamil seperti protein, vitamin dan mineral yang sangat lengkap.

Namun bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi telur setengah matang atau telur mentah, karena di dalam telur yang masih mentah mengandung bakteri salmonella yang tidak baik untuk ibu hamil.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari telur ini bagi ibu hamil, diantaranya yaitu bermanfaat memberikan sumber energi tambahan pada ibu hamil, mendukung tumbuh kembang janin, mencegah risiko cacat tabung saraf dan mendukung perkembangan otak janin.

6. Kacang Hijau

Ada banyak sekali manfaa yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi kacang hijau. kacang hijau sendiri memang sudah sangat populer di Indonesia, karena kacang hijau ini kaya akan kandungan nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Di dalam kacang hijau banyak ditemukan kandungan protein yang sangat tinggi, jenis protein yang ditemukan pada kacang hijau ini yaitu jenis protein nabati. Selain itu, di dalam kembang kol juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor dan juga asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh wanita selama masa kehamilan.

Olahan kacang hijau yang baik untuk ibu hamil yaitu seperti bubur kacang hijau, kue dan aneka jenis makanan olahan lainnya yang terbuat dari kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil diantaranya yaitu bermanfaat untuk mencegah janin terkena gangguan pernafasan, mengurangi rasa mual pada kehamilan trimester pertama, menjaga kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin.

7. Kacang Almond

Kacang almond juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena di dalam kacang almond mengandung banyak gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan baik pada ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungannya.

8. Jeruk

Buah jeruk adalah jenis buah yang populer dan baik untuk ibu hamil. Selain memiliki rasa manis yang menyegarkan, rutin mengkonsumsi buah jeruk atau jus jeruk segar setiap hari selama kehamilan dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses pelepasan zat besi, mengoptimalkan perkembangan otak janin, mencegah gangguan pernafasan pada janin, membantu proses pembentukan sel darah merah, mendukung perkembangan plasenta yang sehat dan juga mencegah terjadinya kecacatan pada janin.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh selama kehamilan.

9. Tomat

Selain bisa diperoleh dari buah jeruk, vitamin C juga bisa kita dapatkan dari buah tomat segar. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah tomat ini dengan beberapa cara, anda bisa jadikan campuran sup, salad atau bisa juga dijadikan sebagai jus. Selain mengandung vitamin C, di dalam buah tomat juga terdapat kandungan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh ibu hamil seperti zat besi, zat licopen, asam folat dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat mengkonsumsi buah tomat selama kehamilan sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga kesehatan jantung janin dan mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf pada janin.

10. Alpukat

Tentunya para ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, sehingga anda tidak perlu lagi meragukan manfaat alpukat untuk ibu hamil. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat secara rutin selama kehamilan, karena di dalam buah alpukat kaya akan kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Manfaat mengkonsumsi buah alpukat selama kehamilan dapat membantu pembentukan tulang, gigi dan juga sistem otot dalam tubuh. Selain itu, buah aplukat juga dapat membantu mengurangi rasa mual pada kehamilan trimester pertama, mencegah sembelit, melancarkan buang air besar, mencegah penyakit diabetes, hipertensi dan mendukung perkembangan otak dan juga saraf pada janin.

11. Pisang

Pisang adalah buah yang dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan, buah lembut dan manis ini dapat mengurangi rasa mual dan muntah-muntah ketika memasuki trimester pertama kehamilan. Selain itu, buah pisang juga bermanfaat untuk mencegah muncul berbagai jenis penyakit saat hamil yang sering disebabkan oleh ganguan pada pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

12. Ikan Sarden

Makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu hamil berikutnya yaitu ikan sarden, karena di dalam ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil selama kehamilan. Selain itu, manfaat ikan sarden untuk ibu hamil juga dapat menutrisi tubuh selama kehamilan mengingat ikan sarden kaya akan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Selain ikan sarden, jenis ikan lainnya yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu ikan kod, ikan salmon dan ikan gabus. Karena jenis-jenis ikan tersebut memiliki banyak nutrisi yang lengkap dan baik untuk ibu hamil.

Baca Juga : Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

B. Makanan Sehat yang Baik dikonsumsi oleh Ibu Menyusui

Masa menyusui merupakan saat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Maka dari itu, pastikan anda teliti dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi sebagai asupan nutrisi. Ada banyak sekali jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, meski tidak semua makanan tersebut disukai oleh setiap ibu yang sedang menyusui.

Setelah anda mengetahui jenis-jenis makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, tentu anda tidak harus memilih semuanya. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk ibu menyusui, diantaranya yaitu :

1. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang memiliki sumber protein tinggi, makanan ini dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang sedang dalam masa menyusui. Manfaat mengkonsumsi telur ini dapat meningkatkan asupan asam lemak omega 3 ke dalam ASI, anda bisa mengkonsumsi telur rebus sebagai menu sarapan pagi anda.

2. Ikan Salmon

Di dalam ikan salmon ini mengandung sumber DNA yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk mendukung perkembangan sistem saraf pada tubuh bayi. Tingkat DHA dalam ASI tergantung dari jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Selain itu, kandungan DHA yang ada dalam ikan salmon memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu dan bayi seperti dapat mencegah depresi setelah melahirkan dan mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Meski demikian, anda tetap harus membatasi konsumsi ikan salmon tidak lebih dari 12 ons per minggunya, mengingat di dalam ikan salmon ini mengandung merkuri yang tidak baik untuk bayi.

3. Sayuran Hijau

Ibu menyusui sangat penting untuk mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari, karena selain bermanfaat untuk ibu hamil juga baik untuk ibu menyusui. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau, diantaranya yaiu membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengatasi penyakit anemia dan menjaga kesehatan jantung pada tubuh ibu dan juga bayi.

4. Beras Coklat

Di dalam beras coklat ini memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh ibu menyusui dan bayi, karena dengan memilih berat coklat ini dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Berat ini juga rendah gula dan kalori, sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah mengkonsumsinya, berbeda dengan jenis berat putih yang biasa kita makan sehari-hari.

5. Susu

Tidak hanya bayi yang membutuhkan susu sebagai asupan makanan sehari-harinya, tetapi ibu menyusui juga membutuhkan susu sebagai sumber nutrisi yang dapat meningkatkan kualitas dari ASI yang diproduksinya. Hal ini dikarenakan, susu adalah salah satu sumber kalsium yang dangat baik. Selain itu, di dalam susu juga mengandung protein, vitamin B dan D.

6. Kurma

Kurma adalah salah satu jenis cemilan sehat yang memiliki rasa manis dan kaya akan manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali untuk ibu hamil dan menyusui. Sama hal nya dengan susu, kurma juga mengandung kalsium tinggi yang dapat bermanfaat untuk mendorong produksi ASI berkualitas. Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam kurma sangat baik untuk membantu melancarkan buang air besar pada bayi, sehingga bayi akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

7. Jeruk

Ibu menyusui juga penting untuk rutin mengkonsumsi buah jeruk atau jus jeruk, kandungan vitamin  C nya yang sangat tinggi dapat memberikan perlindungan pada tubuh ibu menyusui dan bayi. Dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk, maka daya tahan tubuh ibu dan bayi akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Dalam pemilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui haruslah dilakukan dengan penuh ketelitian, namun jika anda masih merasa bingung dan ragu menentukan makanan sehat apa yang baik untuk anda, sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter. Selain itu, pastikan anda mengolah makanan tersebut dengan baik yang tentunya sehat untuk janin.
Demikian artikel tentang 19 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui. Semoga informasi yang termuat dalam artikel ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel terkait lainnya yang ada di blog ini untuk menambah pengetahuan di bidang kesehatan. Ayo like dan share artikel ini pada teman lain.