19 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

19 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut, Manfaat Buah Pisang Untuk Pria & Wanita, Manfaat Buah Pisang Kepok - Pisang Ambon, dll, Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur, Manfaat Buah Pisang Untuk Diet, Kandungan Buah Pisang.


Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Buah pisang merupakan salah satu buah favorit bagi masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari, baik untuk dijadikan sebagai makanan pelengkap ataupun sebagai bahan dasar dalam membuat olahan makanan seperti keripik, atau aneka olahan produk makanan lainnya.

Selain rasanya yang manis dan daging buahnya yang lembut dimulut saat dikonsumsi, buah pisang juga sangat populer di masyarakat karena memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap.

Sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, tentunya buah yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dengan rutin mengkonsumsinya. Bahkan tidak hanya itu, buah pisang juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan oleh para kaum wanita sejak dulu hingga sekarang. Hal ini dikarenakan, buah pisang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk merawat kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Penting dalam Buah Pisang

Sudah bukan rahasia lagi jika buah pisang memiliki banyak sekali manfaatnya, namun sebagian besar masyarakat masih banyak yang belum tahu peran dari kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam buah pisang ini. Oleh karena itu, dibawah ini akan kami paparkan informasi mengenai berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam buah pisang. Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Di dalam 1 buah pisang matang, mengandung vitamin A sebanyak 81 UI, vitamin B6 sebanyak 0,5 mg, vitamin C sebanyak 9 mg, kalium sebanyak 450 mg, potassium sebanyak 400 mg, magnesium sebanyak 34 mg, karbohidrat sebanyak 23 gram, protein sebanyak 1 gram, asam folat sebanyak 25 microgram, mangan sebanyak 0,3 mg, riboflavin (vit B12) sebanyak 0,1 mg, niacin (vit B3) sebanyak 0,8 mg, zat besi sebanyak 0,3 mg, serat sebanyak 3 gram dan sodium sebanyak 1 mg.

Beragam kandunga gizi dan nutrisi penting yang kami paparkan tersebut memiliki peran besar dalam memberikan manfaat bagi manusia. Setelah mengetahui kandungan gizi dan nutrisi penting apa saja yang terdapat di dalam buah pisang ini, mungkin anda semua sudah sangat penasaran apa saja manfaat buah pisang ini baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beragam manfaat mengkonsumsi buah pisang untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Penyakit Maag

Beredar mitos jika mengkonsumsi buah pisang ternyata dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam dan gas di dalam lambung, sehingga bagi para penderita sakit maag sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah yang terlalu banyak. Padahal pada kenyataannya, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada lambung.

Maka bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag, anda dapat mengkonsumsi buah pisang ketika maag kambuh. Konsumsilah buah pisang seakan-akan anda sedang mengkonsumsi obat lambung, sehingga lakukan secara rutin dan teratur untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada lambung anda.

2. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kandungan kalium yang ada dalam buah pisang sangatlah tinggi, kandungan kalium ini ternyata sangat berkhasiat untuk membantu kerja organ ginjal, sehingga dengan rutin dan teratur mengkonsumsi buah pisang dapat membantu dalam memelihara kesehatan organ ginjal.

3. Menurunkan Berat Badan

Di dalam buah pisang memiliki kandungan fruktosa dengan kadar indeks glikemiks yang sangat rendah, kandungan sejenis gula ini sangat baik sehingga buah pisang sangat cocok untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet anda. Sebab, di dalam buah pisang mengandung kadar protein yang dapat memenuhi asupan protein harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah pisang juga mengandung kadar lemak dan karbohidrat ang tidak terlalu mengkhawatirkan sehingga tidak akan mengganggu program diet yang sedang anda jalankan.

Tidak hanya itu, ternyata dengan mengkonsumsi buah pisang juga dapat membantu dalam melacarkan sistem pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, anda dapat menekan rasa lapar dan potensi keberhasilan program diet yang anda jalankan akan lebih besar untuk memiliki berat badan yang ideal.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam buah pisang juga mengandung potassium dan juga serat alami yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sistem peredaran darah, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah pisang dapat menekan resiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Dengan demikian, mengkonsumsi buah pisang ini sangat bermanfaat bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang sering diderita oleh masyarakat di dunia saat ini, penyebab umum dari penyakit ini yaitu dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, mengkonsumsi buah pisang terbukti sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes. Jenis buah pisang yang paling terkenal sangat ampuh untuk mengobati penyakit diabetes yaitu pisang groho, namun semua jenis pisang juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ini, sehingga bagi penderita penyakit diabetes disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang agar kadr gula darahnya dapat terkendalikan dengan baik.

6. Dapat Mencegah dan Mengatasi Penyakit Anemia

Buah pisang juga terkenal dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi, kandungan mineral penting ini sangat baik untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit anemia yang disebabkan oleh karena kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga gejala anemia bisa teratasi dengan baik dan kondisi kesehatan tubuh pun akan semakin membaik.

7. Mengobati Luka Bakar

Manfaat buah pisang juga ternyata sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja tubuh dalam membangun jaringan baru pada kulit yang terkena luka bakar. Dengan melakukan pengobatan luka bakar menggunakan buah pisang, maka jaringan kulit baru akan terbentuk dan luka bakar pun akan segera sembuh dan kembali seperti semula.

Cara mengobati luka bakar dengan buah pisang sangat mudah, anda hanya perlu menghaluskan buah pisang secukupnya dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu, oleskan masker atau jus buah pisang tersebut pada kulit yang mengalami luka bakar. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai masker buah pisang ini mengering, lalu buka dan bersihkan dengan air bersih mengalir. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur agar luka bakar bisa cepat sembuh.

8. Membantu Melancarkan Pencernaan

Terjadinya gangguan pada pencernaan bukan hak yang aneh lagi, karena saat ini aktivitas yang padat membuat pola makan menjadi tidak teratur dan bahkan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan serat yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan, ketika sedang sibuk dengan aktivitas pekerjaan sehari-hari, biasanya banyak orang yang lupa makan dan bahkan sebagian orang lebih memilih mengkonsumsi makanan instan atau siap saji yang memiliki kandungan serat sangat rendah.

Maka dari itu, sebaiknya anda memilih untuk mengkonsumsi pisang jika belum sempat untuk makan siang. Karena, di dalam buah pisang mengandung serat yang tinggi dan dapat menjadi cemilan penunda rasa lapar. Sehingga mengkonsumsi buah pisang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, untuk mendapatkan hasil optimal konsumsi 2 buah pisang setiap hari.

9. Mengurangi Rasa Sakit saat Menstruasi

Munculnya rasa sakit atau nyeri saat mengalami menstruasi atau haid, maka rasa nyeri tersebut bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah pisang. Karena di dalam buah pisang mengandung mineral penting yang sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri yang sering diderita oleh kaum wanita tersebut. maka ketika muncul rasa sakit, segera konsumsi buah pisang secara teratur 2 buah per hari dan rasakan manfaatnya.

10. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat buah pisang berikutnya terkena dengan kemampuannya dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh, karena di dalam buah pisang mengandung kalium dan juga potassium yang sangat efektif untuk membantu melancarkan peredaran darah. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, resiko terkena penyakit hipertensi, penyakit jantung dan juga stroke bisa diminimalisir.

11. Memperbaiki Kondisi Mata Minus

Bagi anda yang menderita masalah kesehatan mata atau terkena mata minus, maka sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur setiap hari. Pasalnya, buah pisang ini sangat berkhasiat untuk membantu dalam memperbaiki kondisi mata minus, sehingga secara perlahan daya penglihatan mata pun akan semakin baik.

12. Memperbaiki Mood

Mengkonsumsi buah pisang dipercaya sangat baik untuk membantu memprosuksi hormon yang bernama serotonin, kandungan hormon ini memiliki kemampuan dalam mengatur kondisi dari mood atau suasana hati seseorang. Hormon serotonin yang terkandung di dalam buah pisang ini cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang merasa stres atau sedang sedih, sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi buah pisang setiap hari agar suasana hati anda merasa lebih bahagian.

13. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang ada dalam buah pisang sangat tinggi dan tidak perlu diragukan lagi khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit yang menyebabkan susah buang air besar, sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri anda sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

14. Meningkatkan Energi Tubuh

Rutin mengkonsumsi buah pisang sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh, sehingga stamina tubuh akan tetap terjaga dengan baik sepanjang hari selama anda menjalani aktivitas seharian. Buah pisang ternyata mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap untuk memebuhi kebutuhan energi tambahan dalam tubuh, rutin mengkonsumsi buah pisang ini sangat baik untuk anda lakukan.

15. Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asma termasuk jenis penyakit yang biasanya diturunkan dari rwayat orang tua. meskipun penyakit ini menurut medis tidak bisa disembuhkan, tetapi penyakit ini bisa dicegah agar tidak sering kambuh dengan cara mengkonsumsi buah pisang minimal 1 buah perhari. Dengan mengkonsumsi buah pisang, daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit termasuk kembuhnya penyakit asma. Maka dari itu, mengkonsumsi buah pisang ini sangat disarankan dilakukan oleh seseorang yang menderita penyakit asma.

B. Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati beberapa jenis penyakit tertentu, mengkonsumsi buah pisang juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kecantikan yang sedang di alami. Namun untuk melakukan perawatan kecantikan tidak hanya cukup dengan megkonsumsi buah pisang saja, karena anda juga bisa memanfaatkan buah pisang ini untuk dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan masker alami untuk merawat kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat buah pisang untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Menghaluskan Permukaan Kulit Wajah

Buah pisang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk memelihara kecantikan kulit wajah, salah satu manfaat dari buah pisang ini yaitu dipercaya sangat efektif untuk membantu menghaluskan kulit wajah yang kasar dan kering.

Pembuatan masker alami dari pisang untuk mengatasi kulit kering dan kasar sangatlah mudah dan sederhana, cukup haluskan buah pisang secukupnya dan gunakan sebagai masker pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih sekitar 30 menit sampai masker kering. Untuk mendapatkan hasil optimal, anda bisa menambahkan 1 sendok maka minyak zaitun untuk membantu melembabkan kulit kering secara alami dan menutrisi kulit wajah anda agar telihat lebih bersih, halus dan lembut.

2. Ampuh Menghilangkan Jerawat

Bagi anda yang memiliki kulit wajah berjerawat dan tidak kunjung hilang meski sudah memakai bebagai produk yang digunakan khusus untuk menghilangkan jerawat. Maka, salah satu solusi yang patut untuk anda coba yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker buah pisang secara rutin dan teratur setiap malam. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pisang mengandung berbagai nutrisi kandungan penting yang sangat efektif menghilangkan jerawat hingga keakar-akarnya.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah pisang ini sangatlah mudah, anda hanya perlu menghaluskan buah pisang hingga halus. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat sebelum melakukan perawatan menggunakan masker pisang. Selanjutnya, oleskan masker buah pisang yang sudah anda buat tadi secara merata pada kukit wajah yang berjerawat atau keseluruh permukaan kulit wajah.

Setelah selesai mengoleskan maker buah pisang ini, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu besihkan. Lakukan perawatan kecantikan ini secara rutin dan teratur, dalam beberapa hari anda bisa melihat hasilnya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Melakukan perawatan kulit dengan menggunakan masker buah pisang ini sangat bermanfaat untuk membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan sebelum waktunya atau lebih dikenal dengan sebutan panuaan dini.

Hal tersebut karena di dalam buah pisang mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan berperan sebagai antioksidan yang kuat. Selain itu, buah pisang juga sangat bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab dari munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput, kulit kusam, kulit kering, flek dan noda hitam dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

4. Mencerahkan Kulit

Mengkonsumsi dan melakukan perawatan kulit wajah dengan buah pisang juga dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan sehat. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pisang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk melakukan regenerasi sel kulit yang telah rusak dengan yang baru.

Selain itu, melakukan pemaskeran dengan masker buah pisang juga bermanfaat untuk membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati pada kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, sehat dan cerah bercahaya.

Bagaimana, banyak bukan manfaat buah pisang untuk kesehatan ataupun kecantikan?

Nah, itulah tadi informasi yang dapat kami paparkan kepada anda semua mengenai 19 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Like fansfage kami. Please share.