18 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet

18 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet -- Manfaat Telur Bagi Ibu Hamil dan Janin, Manfaat Telur Ayam Kampung dan Telur Bebek, Khasiat Telur Rebus, Manfaat Putih Telur dan Kuning Telur untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet, Manfaat Telur Asin, Manfaat Kesehatan Makan Telur dan Efek Sampingnya, Manfaat Mengkonsumsi Telur Rebus Bagi Pria dan Wanita.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet -- Telur adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak gizi dan nutrisi, kandungan nutrisi yang paling banyak terkandung di dalam telur yaitu protein. Telur yang bisa dikonsumsi terdiri dari beberapa jenis yaitu telur ayam, telur bebek, telur angsa, telur entok dan telur puyuh. 

Cara mengkonsumsi telur pun cukup beragam, bisa imasak dengan cara di rebus, di goreng, dijadikan bahan tambahan dalam membuat olahana makanan lain atau bahkan ada juga yang dikonsumsi mentah.

Selain kaya akan kandungan protein, di dalam telur juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi bagian kuning telurnya, maka tak heran jika banyak orang terutama seorang binaragawan yang sering mengkonsumsi kuning telur mentah.

A. Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Telur

Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya yang terdapat pada satu butir telur, diantaranya yaitu lemak sekitar 14.44 gram, kolesterol sekitar 576.64 gram, sodium sekitar 168.64, protein sekitar 17.11 gram, vitamin A sekitar 796.96 IU, zat besi sekitar 1.62 miligram dan kalsium sekitar 68 gram.

Informasi gizi dan nutrisi yang dijelaskan diatas hanya sebagian besar saja, masih banyak kandungan nutrisi lainnya meski jumlahnya hanya sedikit. Untuk mendapatkan gizi dan nutrisi secara maksimal dari telur, sebaiknya telur tidak digoreng akan lebih bagus juga dimasak dengan cara di rebus. 

Dengan mengkonsumsi satu butir telur rebus perhari dapat menambah menambah energi dalam tubuh, karena dalam satu butir telur rebus mengandung 44 kalori.

B. Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi telur rebus, diantaranya yaitu :

1. Menyehatkan dan Mencerdaskan Otak

Otak adalah organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi manusia, karena organ tubuh yang satu ini menjadi pusat bagi tubuh dalam melakukan berbagai hal. Seiring bertambahnya usia fungsi dan kemampuan otak pun akan mengalami penurunan, sehingga sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga otak agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal.

Untuk menjaga otak tetap sehat dan berfungsi dengan optimal, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin mengkonsumsi telur rebus. Mengkonsumsi telur rebus setiap hari sangat baik dilakukan dalam jangka panjang, karena dapat menyehatkan dan sekaligus mencerdaskan otak kita terutama bagi anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ini dikarenakan, di dalam telur mengandung senyawa yang bernama Choline. Senyawa ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otak kita, sehingga dapat mencegah kepikunan ketika menginjak usia tua.

2. Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi telur rebus juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam telur mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi. Hanya saja, kandungan vitamin A yang paling tinggi terdapat pada kuning telurnya. Rutin mengkonsumsi telur rebus di yakini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, sehingga dapat menurunkan resiko dari mata rabun, degenerasi makula dan juga katarak.

3. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata saja, ternyata mengkonsumsi telur rebus juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Seperti yang kita tahu bahwa tulang ini memiliki peran yang sangat besar bagi tubuh kita, karena tulang berfungsi untuk menyangga tubuh agar bisa berdiri dan bergerak dengan baik. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan tulang mengingat kesehatan tulang ini akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

Maka dari itu, dengan kita rutin mengkonsumsi telur rebus dapat menyehatkan dan memperkuat tulang. Bahkan telur rebus ini bermanfaat untuk memperkecil resiko terkena penyakit osteoporosis lebih dini. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal, imbangi dengan perbanyak olahraga minimal 30 menit per hari agar tulang tetap sehat dan kuat.

4. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara yaitu jenis penyakit yang sangat mengerikan, bahkan di Indonesia penyakit ini termasuk jenis penyakit paling mematikan. Kanker payudara tidak hanya dapat menyerang kaum wanita saja, tetap kaum pria pun memiliki resiko yang cukup tinggi untuk terkena penyakit ini. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan kanker, sehingga sangat penting sekali untuk kita melakukan pencegahan dari sekarang.

Salah satu cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi telur rebus, karena di dalam telur rebus mengandung zat antikanker yang efektif untuk menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, upayakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar tubuh dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

5. Mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah, di dalam sel darah merah mengandung senyawa yang disebut dengan hemoglobin. Hemoglobin ini berfungsi untuk mengikat oksigen yang ada dalam sel darah merah, nantinya oksigen ini akan disalurkan ke seluruh organ dalam tubuh termasuk otak. Maka orang yang menderita anemia ini akan terlihat pucat, sering pusing, pandangan kabur dan mudah lelah.

Salah satu cara alami untuk mengobati penyakit anemia ini, maka dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi telur rebus setiap hari. sebab di dalam telur rebus mengandung zat besi yang cukup tinggi dan dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Zat besi ini dapat memperbaiki kinerja senyawa hemoglobin dan memproduksi sel darah merah dalam jumlah cukup.

6. Menjaga Tubuh Tetap Berenergi

Bagi anda yang memiliki aktivitas cukup padat dan pekerja berat, tentu tubuh membutuhkan energi yang cukup agar tubuh tidak mudah lelah dan kelelahan. Untuk mencukupi kebuthhan energi dalam tubuh, biasankan untuk sarapan pagi dengan 1-2 butir telur rebus. Energi yang dihasilkan dari telur rebus ini cukup hingga tiba saatnya makan siang.

7. Pembentukan Otot Tubuh

Jika dan tidak suka makan telur mentah, makan telur rebus juga bisa jadi solusi bagi anda yang sedang menjalani program pembentukan otot. Hal ini dikarenakan, kandungan protein pada telur rebus tetap tinggi dan baik untuk membantu merangsang pembentukan massa otot tubuh anda. Selain itu, pembakaran lemak pun akan lebih maksimal karena kandungan lemak di dalam telur rebus lebih rendah rendah dibandingkan telur mentah.

C. Manfaat Telur Rebus untuk Diet

Informasi ini tentunya akan menjadi kabar gembira bagi kaum wanita yang ingin memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal. Memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan pastinya lebih sehat, karena seperti yang kita tahu bahwa kegemukan adalah salah satu pemicu dari munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes, kolesterol dan bahkan penyakit jantung.

Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal yaitu dengan rutin mengkonsumsi telur rebus, karena telur rebus ini menjadi salah satu makanan sehat yang baik untuk membantu diet bagi yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Disamping itu, agar memperoleh hasil optimal sebaiknya imbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang rendah gula seperti buah alpukat. Selain itu, terapokan juga pola makan teratur dan olahraga rutin setiap hari agar diet yang sedang anda jalani berhasil.

D. Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil

Tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet saja, ternyata telur rebus juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi di dalam telur yang dibutuhkan oleh ibu hamil, hanya saja ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi telur mentah. Maka dari itu, jika anda ingin mengkonsumsi telur rebus pastikan merebusnya hingga benar-benar matang untuk membunuh bakteri salmonella yang berbahaya untuk ibu hamil.

Penasaran, apa saja manfaatnya? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

1. Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Syaraf Otak dan Janin

Mungkin sebelumnya anda tidak menyangka jika telur rebus adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk ibu hamil, karena di dalam telur mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil seperti zat besi, kolin, vitamin A dan masih banyak lagi kandungan lainnya. 

Kandungan kolin sendiri sangat diperlukan oleh tubuh ibu hamil untuk membantu mengoptimalkan perkembangan syaraf otak dan juga tubuh janin selama dalam kandungan. Itulah salah satu alasan kenapa ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonssumi telur rebus.

2. Memperbaiki Kerusakan Sel Dalam Tubuh

Ketika sedang hamil, tubuh akan lebih rentan akan kondisi kesehatannya. Seiring bertambah usia kehamilannya tentu akan semakin berat beban pada perut ibu hamil, sehingga dapat memicu kerusakan terhadap sel dalam tubuhnya.

Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk rutin mengkonsumsi telur rebus setiap hari. Hal ini dikarenakan, manfaat telur rebus ini dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan sekaligus menjaga kualitas agar tetap terjaga dengan baik.

3. Mencegah Janin Mengalami Cacat Tabung Syaraf

Di dalam telur mengandung senyawa kolin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, karena kolin ini sangat bermanfaat untuk mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat tabung syaraf. Maka ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan kolin, cenderung bayi yang dilahirkan akan mengalami cacat.

Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk mendapatkan asupan kolin dalam jumlah cukup selama kehamilannya. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan kolin ini dengan mengkonsumsi telur rebus, ibu hamil bisa rutin mengkonsumsi 1-2 butir telur rebus perhari.

4. Bayi Cenderung Cerdas

Siapa yang tidak ingin mempunyai bayi yang cerdas dan memiliki perkembangan yang pesat pada otaknya. Tentunya memiliki sang buah hati yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua. 

Menurut dari hasil penelitian, ibu yang rutin mengkonsumsi telur rebus selama kehamilannya dapat mencerdaskan otak anak sejak dalam kandungan. Kandungan kolin yang terkandung dalam telur baik untuk mendukung perkembangan otak janin dan meningkatkan kemampuan kognitif sejak dalam kandungan,

5. Menghindari Perasaaan Cemas dan Depresi

Selama masa kehamilan, resiko tingkat kecemasan dan depresi yang akan di alami oleh ibu hamil sangat tinggi. Jika kondisi ini tidak dihindar tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, terlebih pada perkembangan otaknya.

Cara untuk mencegah perasaan cemas dan depresi, ibu hamil harus mendapatkan asupan kolin dalam jumlah cukup. Sebab, asupan kolin ini akan mempengaruhi DNA dan aktivitas hormon di dalam tubuh ibu hamil.

Menurut Prof. Eva Pressman menjelaskan bahwa gen akan mengendalikan hormon kortisol, yaitu hormon yang menjadi penyebab ibu hamil mudah stres, kecemasan dan depresi. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan asupan kolin ini yaitu dengan rutin mengkonsumsi telur rebus setiap hari selama kehamilan.

6. Mencegah Kanker

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi telur rebus dapat meminimalisir resiko terkena penyakit kanker setelah melahirkan, mulai dari kanker payudara, kanker rahim dan juga kanker hati. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen dan juga hormon progesteron yang terdapat di dalam tubuh. Untuk meminimalisir resiko tesebut, konsumsi telur rebus dapat menjadi solusi alternatif yang baik untuk menangkal kanker.

7. Melancarkan Produksi ASI

Manfaat mengkonsumsi telur rebus selama kehamilan juga dapat membantu mempersiapkan produksi ASI, sehingga ketika bayi lahir produksi ASI akan lebih lancar. Seperti yang kita tahu bahwa tidak sedikit ibu yang mengalami masalah pada produksi ASI setelah melahirkan, sehingga terpaksa harus memberikan susu formula sebagai pengganti ASI karena. 

Maka dengan rutin mengkonsumsi telur rebus selama kehamilan, produksi ASI akan lancar pada waktunya dan bayi pun bisa mendapatkan ASI dalam jumlah cukup.

8. Mencegah Bayi Terkena Penyakit

Pada saat bayi lahir, tubuh bayi masih sangat rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Sebab, kondisi lingkungan di luar rahim sangat rentan dan bayi butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

Untuk membuat bayi lebih kuat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka bunda bisa membentuknya sejak dalam kandungan yaitu dengan rutin mengkonsumsi telur rebus selama kehamilan.

Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam telur dapat membuat tubuh bayi lebih kuat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik saat lahir, sehingga tubuh bayi mempu menghalau berbagai ancaman penyakit yang dipicu oleh lingkungan sekitar.

9. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting dan harus dijaga kesehatannya, karena tubuh kita ini akan membutuhkan organ jantung hingga tua. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat kesehatan jantung, bahkan harus dirawat sejak masih dalam kandungan.

Cara merawat kesehatan jantung sejak dalam kandungan yaitu bisa dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi telur rebus selama kehamilan, ibu hamil yang rutin mengonsumsi telur rebus setiap hari dapat membantu mengoptimalkan pembentukan dan perkembangan organ jantung pada tubuh janin. Sehingga bayi akan lahir dengan kondisi jantung yang sehat dan mampu bekerja secara optimal.

10. Menjaga Energi Tubuh

Ibu hamil tentunya membutuhkan energi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal, karena energi yang ada dalam tubuh akan banyak terkuras seiring bertambanya usia kehamilan. Untuk menjaga energi dalam tubuh tetap stabil, maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi telur rebus selama kehamilan.

Itulah informasi yang dapat kami bahas pada artikel kali ini mengenai 18 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet. Semoga apa yang kami ulas di atas dapat bermanfaat dan bisa anda jadikan sebagai pengetahuan. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan salam sehat.