12 Manfaat Getah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya

12 Manfaat Getah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya -- Manfaat Getang Pisang untuk Luka, Manfaat dan Khasiat Getah Pisang untuk Kesehatan, Khasiat Getah Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kandungan Kimia Getah Pisang, Cara Mengambil Getah Batang Pisang, Efek Samping Getah Pisang, Manfaat Getah Buah dan Batang Pisang.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Getah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya -- Pisang adalah salah satu jenis buah yang populer dan mudah ditemukan dimana saja. Selain karena rasa buahnya yang enak dan lembut di mulut, buah pisang juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Sayangnya masih banyak kalangan masyarakat yang belum tahu akan manfaat dari buah pisang tersebut, jika ternyata di dalam buah pisang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Buah pisang ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah pencuci mulut, tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa tetapi buah pisang ini juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi.

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, ternyata hampir semua bagian lain yang ada pada tumbuhan pisang seperti batang pohon, daun, akar, bogol dan getah buah pisang juga memiliki banyak sekali manfaatkan bagi manusia terlebih dalam hal kesehatan.

Salah satu bagian dari tumbuhan pisang yang akan kami kupas tuntas pada ulasan kesehatan kali ini yaitu getah pisang. Mungkin banyak diantara anda yang bertanya-tanya apa saja manfaat dari getah pisang ini bagi kesehatan? Ada banyak sekali manfaat getah buah pisang yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh, baik itu getah pada buah pisang matang ataupun getah yang ada pada batang  pisang.

Bagi anda yang belum tahu dan ingin tahu lebih banyak tentang manfaat getah pisang, simak penjelasannya pada uraian dibawah ini.

Beragam Manfaat Getah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya

A. Manfaat Getah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat getah buah pisang yang penting untuk anda semua ketahui bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Sakit Maag

Manfaat pertama yang akan kami beritahukan kepada anda semua tentang getah buah pisang ini yaitu getah pisang bisa kita manfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati sakit maag.

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit maag adalah salah satu jenis penyakit yang sering kali menyerang organ pencernaan pada tubuh manusia, penyakit ini bisa muncul karena kadar asam lambung mengalami peningkatan melebihi batas normal.

Asam lambung sendiri merupakan suatu zat yang dapat mempengaruhi tingkat pH di dalam lambung, sehingga ketika kadar asam lambung meningkat dapat menyebabkan lambung terasa nyeri, mual, muntah-muntah dan terasa perih.

Gejala yang ditimbulkannya akan semakin menjadi-jadi ketika penderitanya sedang melakukan aktivitas. Beberapa penyebab utama dari sakit maag ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan teratur.

2. Menambah Sumber Energi Tubuh

Manfaat getah pisang berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu dipercaya dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh. Saat menjalani aktivitas pekerjaan sehari-hari tubuh sangat membutuhkan energi agar kegiatan yang sedang kita jalankan bisa maksimal.

Energi bisa dihasilkan dari proses pengolahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, sehingga penting sekali untuk senantiasa memperhatikan asupan makanan yang mampu menghasilkan energi lebih banyak bagi tubuh kita.

Salah satu cara alami yang efektif untuk meningkatkan energi dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang, karena getah yang ada dalam buah pisang sangat kaya akan kandungan karbohidrat yang dapat diolah oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Anda jangan khawatir untuk mengkonsumsi buah pisang yang pada bagian pinggirannnya dilapisi dengan getah, karena getah pada buah pisang ini sangat bermanfaat dan tidak akan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

3. Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat lain dari getah buah pisang ini bagi kesehatan tubuh yaitu dipercaya dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Diabetes adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera diatasi, meski penyakit diabetes ini sulit untuk disembuhkan akan tetapi setidaknya dengan memanfaatkan getah buah pisang ini mencegah penyakit diabetes semakin parah.

Penyakit diabetes disebabkan oleh karena kadar gula darah yang ada dalam tubuh jumlahnya melebihi batas normal, dalam penanganan penyakit ini biasanya dilakukan dengan cara pemberian obat dan pembatasan konsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Selain itu, cara untuk menurunkan kadar gula dalam darah juga dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi buah pisang. Sebab, di dalam buah pisang terdapat getah yang bermanfaat untuk menurunkan dan sekaligus mencegah kadar gula darah kembali naik.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Selain dapat mengobati penyakit diabetes, manfaat lain dari getah buah pisang lainnya yaitu dapat dijadikan sebagai suplemen alami untuk menjaga kesehatan otak.

Seperti yang kita tahu bahwa otak adalah organ tubuh yang memiliki fungsi sangat vital bagi manusia, karena otak memiliki fungsi dalam mengatur dan mengendalikan sistem dalam tubuh. Tanpa memiliki otak yang sehat, maka tentu seluruh organ dalam tubuh pun tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, menjaga kesehatan otak sangatlah penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak secara alami yaitu dilakukan dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, karena getah yang ada pada buah pisang mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh otak.

Dengan mengkonsumsi buah pisang dapat menjaga fungsi dan kinerja otak menjadi lebih optimal. Itulah sebabnya, banyak pakar gizi dan kesehatan yang menyebutkan jika makan buah pisang dapat membantu mencerdaskan otak terutama untuk anak-anak.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat getah buah pisang untuk kesehatan lainnya yaitu dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, karena di dalam buah pisang mengandung kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. Kedua kandungan mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada getah buah pisang ini dapat menutrisi tulang, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang tulang seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Sedangkan untuk anak-anak, getah pisang ini sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat masa pertumbuhan tulang dan gigi, serta dapat menjadikan tulang dan gigi lebih kuat.

6. Mengobati Luka Bakar

Getah pisang juga terbukti ampuh untuk mengobati luka bakar, kita semua tentu sudah tahu jika luka bakar adalah luka yang lebih sulit untuk disembuhkan ketimbang luka sayatan. Selain termasuk luka yang cukup parah, luka bakar ini juga lebih lama kering dan kembali pulih seperti semula.

Untuk mempercepat penyembuhan pada luka bakar, anda bisa memanfaatkan getah yang ada pada buah pisang, karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu meregenerasi sel kulit yang telah mati dan mempercepat masa penyembuhan pada luka bakar.

Cara mengobati luka bakar dengan getah pisang cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan buah pisang yang sudah matang secukupnya saja, lalu oleskan pada bagian kulit tubuh anda yang terkena luka bakar. Setelah itu, bungkus dengan menggunakan perban atau kasa.

Namun sebelum anda mengoleskan getal pisang, bersihkan terlebih dahulu luka bakar tersebut dengan cairan antiseptik agar tidak mengalami infeksi. Pastikan anda rutin mengganti obat alami dari getah buah pisang ini 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

7. Mengobati Penyakit Anemia

Tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit anemia. Penyakit anemia sendiri merupakan jenis penyakit yang mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari, terlebih jika kondisinya sudah akut sering kali membuat orang yang menderita anemia tidak mampu melakukan aktvitas. Orang yang terkena penyakit anemia akan mengeluhkan sering pusing dan mudah lelah meski hanya melakukan aktivitas ringan.

Mengingat gejalanya yang sangat mengganggu, tentu penyakit ini harus segera diobati agar tubuh sehat dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik.

Salah satu cara alami untuk mengobati penyakit anemia yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang, karena di dalam buah pisang terdapat getah yang di dalam getah buah pisang tersebut mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini dapat merangsang produksi sel darah merah lebih banyak, sehingga sangat baik bagi penderita anemia.

Selain itu, terpenuhinya asupan zat besi dalam tubuh dapat membantu melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, sehingga dapat membuat tubuh lebih sehat dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik.

8. Mengatasi Sembeli

Manfaat getah pisang berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu dipercaya ampuh untuk mengatasi sembelit, anda bisa merasakan manfaatnya ini dengan rutin mengkonsumsi buah pisang dan getahnya. Ketika anda sedang menderita sembelit, anda bisa minum jus buah pisang sebelum sarapan dan sembelit pun akan berangsur-angsur membaik.

B. Manfaat Getah Pisang untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat getah pisang yang perlu anda semua ketahui untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel, getah pisang juga dipercaya efektif untuk mencerahkan dan sekaligus menghaluskan kulit wajah. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin C yang ada dalam buah pisang ini dapat mengakat tumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan kasar, dengan rutin melakukan perawatan menggunakan buah pisang ini mampu menjadikan kulit tampak lebih bersih, cerah dan halus.

Cara mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah menggunakan getah buah pisang ini sangatlah mudah, anda bisa manfaatkan buah pisang sebagai bahan dasar dalam pembuatan masker atau scrub wajah.

Caranya yaitu, ambil buah pisang yang sudah matang secukupnya saja dan haluskan dengan blender tanpa tambahan air. Sebelum digunakan, basuh terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan. Selanjutnya, aplikasikan masker buah pisang yang sudah dibuat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah sambil digosok-gosok secara perlahan dengan gerakan memutar.

Selanjutnya, diamkan masker tersebut mengering kurang lebih sekitar 15-25 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin biasa. Lakukan perawatan kecantikan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam seminggu hingga mendapatkan hasil maksimal. Setelah kulit wajah anda tampak bersih dan cerah, anda cukup melakukannya 1-2 kali seminggu.

2. Menghilangkan Jerawat

Manfaat getah pisang juga tidak hanya baik untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di dalam tubuh, tetapi getah pisang juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit yang berkaitan dengan masalah kecantikan kulit, salah satunya yaitu dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat hingga ke akar-akarnya.

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering di alami oleh banyak orang, kemunculan dari jerawat ini memang dapat mempengaruhi penampilan. Jika kondisi jerawat yang muncul sudah sangat parah, tentunya akan membuat penampilan terlihat tidak menarik dan pada akhirnya akan membuat kita tidak percaya diri.

Salah satu cara yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan menggunakan getah pisang, karena di dalam getah pisang mengandung vitamin C dan kandungan zat lain yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan rutin melakukan perawatan menggunakan getah buah pisang, maka jerawat akan hilang dan membuat kulit wajah anda terlihat lebih bersih.

3. Mencegah dan Menghilangkan Tanda-Tanda Penuaan Dini

Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang sangat dihindari oleh banyak orang, terutama bagi para kaum wanita. Karena munculnya tanda-tanda penuaan ini dapat menjadikan kulit wajah tampak kusam, kering dan muncul flek atau bntik-bintik hitam pada kulit wajah.

Tentunya kondisi tersebut dapat mempengaruhi penampilan dan membuat siapa pun yang mengalaminya akan kehilangan kepercayaan diri ketika berjumpa dengan banyak orang.

Penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat tentu menjadi salah satu penyebab dari munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, karena di dalam produk kecantikan tertentu mengandung zat-zat kimia berbahaya yang memperparah kondisi tersebut.

Tapi jangan khawatir, jika anda sudah terlanjur mengalaminya, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut dan anda bisa rutin melakukan perawatan secara alami untuk mengembalikan kondisi kulit wajah anda ke semua dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini yang ada pada kulit wajah anda.

Salah satu cara alami untuk mencegah dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini yaitu dengan menggunakan getah buah pisang. Caranya yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker buah pisang seperti cara pada poin pertama dalam manfaat getah pisang untuk kecantikan diatas. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur setiap malam agar hasilnya lebih maksimal.

4. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Kulit wajah yang cenderung berminyak adalah salah satu penyebab dari munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo dan kulit kusam. Untuk mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak, anda bisa rutin melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah pisang, karena di dalam buah pisang mengandung getah yang mengandung nutrisi tinggi yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

C. Efek Samping Getah Pisang

Meski getah buah pisang ini memiliki banyak manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, namun perlu anda ketahui juga bahwa mengkonsumsi atau menggunakan yang tidak tepat serta berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti :
  • Iritasi pada kulit
  • Mengalami gangguan pada pencernaan
  • Tidak baik untuk ibu hamil dan janin

Mengkonsumsi atau menggunakan getah pisang secara berlebihan tentu akan mengurangi manfaat baik dari getah buah pisang itu sendiri, bahkan dapat menimbulkan efek samping seperti yang dijelaskan diatas. Maka dari itu, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kecantikan apabila akan memanfaatkan getah pisang.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan mengenai manfaat 12 Manfaat Getah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua yang membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sehat. Please share.