25 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah Secara Alami

25 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah Secara Alami -- Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas Secara Alami, Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami, Cara Alami Merawat Kesehatan Bibir Agar Tidak Hitam dan Kering, Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menjadi Merah dengan Cepat dan Alami, Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dan Panas.

https://www.infokesehatan.web.id/

Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah Secara Alami --Banyak orang yang mengalami masalah pada kulit bibirnya, kulit bibir yang sehat akan terlihat cerah dan terasa lembut. Namun banyak orang yang sering mengeluhkan dan merasa kurang percaya diri dengan kulit bibir yang terasa kering, pecah-pecah dan tampak hitam.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya masalah bibir tersebut, dengan kita mengetahui penyebabnya tentu kita bisa menemukan solusi bagaimana cara untuk mengatasinya agar kulit bibir menjadi lebih sehat dan terlihat lebih cerah.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering, diantaranya seperti :
  • Kurang asupan cairan
  • Kekurangan asupan nutrisi
  • Penggunaan lipstik berkualitas rendah
  • Sering melumat bibir

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit bibir, sehingga kulit bibir menjadi lebih cerah, lembut dan lembab. Jika anda sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, anda tinggal menghindarinya dan mengatasi dengan cara-cara berikut ini.

A. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Bibir secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar kulit bibir tetap sehat, diantaranya yaitu :

1. Rutin Membersihkan Bibir dengan Menyikatnya Secara Perlahan

Dengan rutin menyikat kulit bibir secara perlahan, maka dapat membantu membersihkan kulit bibir dari tumpukan sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang membuat kulit bibir menjadi hitam, maka harus sering dibersihkan.

Caranya cukup dengan menyikat bibir secara perlahan menggunakan sikat gigi tanpa pasta gigi, cara ini sangat efektif untuk mengangkat sel kulit yang menumpuk pada kulit bibir dan sisa lipstik.

2. Konsumsi Buah dan Sayur dalam Jumlah Cukup Setiap Harinya

Buah dan sayur adalah makanan sehat yang kaya akan gizi dan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit, termasuk pada kulit bibir. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur diantaranya vitamin dan mineral, nutrisi tersebut dapat menjadikan kulit lebih sehat dan lembut.

Ada banyak jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan bibir, seperti tomat, strawberry, pepaya, mangga, jeruk, bayam, brokoli, wortel dan masih banyak lagi jenis buah dan sayuran lainnya. Bahkan hampir semua jenis sayur dan buah baik dikonsumsi, karena di dalam buah dan sayur kaya akan kandungan nutrisi.

3. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa sering melakukan kebiasaan menjilat bibir adalah penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Jika dibiarkan saja akan membuat warna kulit bibir menjadi gelap dan tentunya akan terlihat tidak menarik lagi. Maka dari itu, hentikan kebiasaan menjilat bibir agar kesehatan kulit bibir tetap terjaga.

4. Gunakan Pelembab Bibir

Penggunaan produk pelembab bibir sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan bibir anda, kulit bibir akan terasa lebih lembab dan lembut sepanjang hari. Manfaat penggunaan pelembab bibir ini dapat mencegah kulit bibir kering dan pecah-pecah, namun pastikan gunakan produk pelembab bibir yang berkualitas bagus.

5. Jangan Terlalu Sering Memakai Lipstik

Agar kesehatan kulit bibir tetap terjaga dengan baik, pastikan anda tidak terlalu sering menggunakan lipstik. Hal ini dikarenakan di dalam lipstik mengandung suatu zat yang dapat menjadikan kulit kering, sehingga harus bijak dalam menggunakannya.

Selain itu, pastikan juga anda menggunakan lipstik yang berkualitas bagus dan sudah dilengkapi dengan pelembab agar kulit tidak mudah kering.

6. Minum Air Putih

Pastikan anda juga tetap menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter setiap harinya, karena jika tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh akan langsung berdampak pada mengeringnya kulit bibir.

7. Hindari Konsumsi Makanan Panas

Agar bibir tetap sehat dan lembab, sebaiknya hindari konsumsi makanan atau minuman yang masih panas. Sebaiknya tunggu dulu makanan dan minuman tersebut cukup hangat, karena jika langsung di makan saat masih panas akan menyebabkan kulit bibir mudah kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

8. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok adalah gaya hidup tidak sehat yang bukan hanya dapat menyebabkan kerusakan pada organ paru-paru, tetapi juga dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering, pecah-pecah dan bahkan terlihat hitam. Jika anda tidak ingin mengalami hal seperti ini, maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dari sekarang.

9. Batasi Minum Kopi

Terlalu sering minum kopi juga ternyata tidak baik untuk kesehatan, karena di dalam kopi mengandung kafein yang sangat tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Minum kopi ini bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah.

10. Jangan Bernapas Menggunakan Mulut

Ketika sedang berolahraga, kebanyakan orang sering bernapas melalui mulut. Pasalnya, bernapas melalui mulut dapat membantu melegakan napas. Padahal kebiasaan tersebut dapat menimbulkan masalah, salah satunya dapat menyebabkan kulit bibir kering.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang secara Alami Paling Ampuh

B. Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah dan Bibir Hitam Secara Alami

Bagi anda yang terlanjur mengalami kulit kering, pecah-pecah dan hitam. Anda tidak perlu khawatir, karena banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah serta memerahkan bibir hitam secara alami, diantaranya yaitu :

1. Gunakan Kentang

Selain baik untuk kesehatan tubuh, kentang juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai masker bibir. Manfaat masker kentang ini efektif untuk mengatasi kulit bibir yang kering dan sekaligus memerahkan bibir yang hitam. Sebab, di dalam kentang mengandung beberapa jenis vitamin dan nutrisi lainnya yang mampu melembabkan kembali kulit bibir anda secara alami.

Cara menggunakannya, yaitu :

Pertama-tama kupas kulit kentang dan cuci hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil dan haluskan dengan cara diblender. Setelah itu, oleskan pada kulit bibir secara merata dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari cukup satu kali sehari.

2. Gunakan Gel Lidah Buaya

Cara alami berikutnya yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi kulit kering dan hitam yaitu dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya. Pada tanaman ini terdapat gel yang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit, salah satunya bermanfaat untuk melembabkan dan memerahkan kulit bibir yang hitam. Di dalam gel lidah buaya mengandung vitamin E yang sangat tinggi, vitamin ini sangat baik untuk menutrisi kulit bibir.

Cara menggunakannya, yaitu :

Ambil satu batang tanaman lidah buaya langsung dari tanamannya, kemudian kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya yang ada di dalamnya. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskannya pada kulit bibir secara merata, diamkan selama 15-30 menit dan bersihkan dengan air dingin. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya biarkan saja semalaman jangan dibersihkan hingga pagi.

3. Gunakan Madu

Madu merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh madu juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan kulit. salah satunya untuk melembabkan dan memerahkan kulit bibir. Hal ini dikarenakan, di dalam madu mengandung vitamin E sangat tinggi dan juga nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk menutrisi kulit.

Cara menggunakannya, yaitu :

Madu bisa anda jadikan sebagai masker bibir, cukup dengan mengoleskannya pada permukaan kulit bibir secara merata. Namun sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu kulit bibir anda dengan menyikatnya secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi berbulu sikat yang halus. Setelah dioleskan, diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan di lap menggunakan tisu bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, kulit bibir dijamin akan menjadi lembab, lembut dan tampak merah cerah alami.

4. Gunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah jenis buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C, sehingga buah ini dipercaya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit termasuk kulit bibir. Anda bisa memanfaatkan air peasan dari jeruk nipis ini untuk dijadikan sebagai masker, jika ingin mendapatkan hasil optimal bisa ditambahkan dengan minyak zaitun.

Caranya yaitu, ambil satu buah jeruk nipis segar dan belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras airnya dan campurkan dengan 1 sendok minyak zaitun. Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan oleskan pada kulit bibir, biarkan hingga masker kering minimal 15 menit dan bilas. Lakukan cara ini minimal 2 kali seminggu, maka dalam beberapa minggu bibir yang kering dan tampak hitam akan menjadi lembut dan tampak lebih cerah merona.

5. Gunakan Mentimun

Selain jeruk nipis, untuk menjadikan bibir bersih dan cerah merona bisa dilakukan perawatan dengan menggunakan mentimun. Melakukan perawatan dengan mentimun ini bisa menjadikan kulit bibir lebih segar, bahkan kadar airnya yang tinggi di dalam mentimun ini dapat menjadikan kulit bibir anda lebih lembab.

6. Gunakan Lipbalm

Jika anda ingin mendapatkan hasil lebih cepat, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan perawatan pada kulit bibir dengan menggunakan lipbalm. Pemakaian lipbalm secara rutin dan teratur bisa menjadikan kulit bibir terasa lebih lembab, lembut dan cerah. Penggunaan lipbalm juga dapat melindungi kulit bibir dari paparan sinar matahari secara langsung.

7. Gunakan Mawar

Tidak hanya bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah saja, mawar juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk memberikan efek segar pada kulit bibir dan menjadikan kulit bibir tampak lebih merah merona.

Cara memanfaatkan bunga mawar ini pun sangat mudah, anda bisa jadikan bunga mawar ini sebagai bahan untuk membuat masker dan gunakan masker tersebut pada kulit bibir secara rutin dan teratur setiap hari.

8. Gunakan Gula Pasir

Gula pasir tidak hanya bermanfaat untuk dijadikan sebagai pemanis makanan atau minuman, tetapi juga bisa dijadikan sebagai masker atau scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Begitupun gula juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit bibir, sehingga kulit bibir akan terlihat lebih bersih dan cerah alami.

9. Gunakan Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk mencerahkan warna kulit bibir yaitu bisa menggunakan baking soda, baking soda ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru. Dengan rutin melakukannya, kulit bibir akan tampak lebih bersih dan cerah merona.

Caranya sangat mudah, anda cukup larutkan setengah sendok teh baking soda dengan air hangat, aduk hingga membentuk krim atau pasta. Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit bibir anda dengan cara menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus secara perlahan. Setelah itu, oleskan krim baking soda yang telah dibuat tadi secara merata pada kulit bibir. Dalam beberapa lama, warna kulit yang tadinya gelap akan berubah menjadi merah merona.

10. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi, tetapi ternyata pasta gigi juga bisa dimanfaatkan sebagai krim untuk mencerahkan warna kulit bibir yang hitam. 

Caranya cukup dengan mengoloeskan pasta gigi sedikit saja pada kulit bibir, kemudian biarkan selama beberapa menit dan bersihkan. Lakukan setiap kali anda menggosok gigi, namun gunakan pasta gigi yang mengandung bahan herbal.

11. Gunakan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk rambut dan kulit wajah saja, tetapi juga bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit bibir yang hitam. Ini dikarenakan di dalam minyak zaitun mengandung vitamin E dan kaya antioksidan, kedua nutrisi ini sangat baik untuk melindungi kulit bibir.

Cara menggunakannya cukup oleskan minyak zaitun pada kulit bibir yang kering, biarkan hingga semalaman dan bersihkan pada keesokan paginya.

12. Gunakan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, baik itu kesehatan tubuh maupun kulit. Kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit bibir kering dan menjaganya agar tetap sehat serta tampak lebih cerah merona.

13. Gunakan Pepaya

Bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit bibir yang kering dan hitam yaitu buah pepaya, daging buah pepaya bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker bibir. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pepaya mengandung vitamin E yang sangat tinggi dan bagus untuk menutrisi kulit bibir anda.

Cara menggunakannya, yaitu :

Ambil daging buah pepaya yang telah matang secukupnya, lalu haluskan dengan cara di tekan-tekan menggunakan sendok atau blender. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit bibir dan keringkan. Kemudian oleskan masker pepaya tersebut secara merata pada kulit bibir, tunggu selama beberapa menit dan biarkan kering. Terakhir, bersihkan dengan cara membilasnya dengan menggunakan air bersih.

14. Gunakan Strawberry

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, cara mengatasi kulit bibir kering dengan buah strawberry juga bisa dilakukan dengan cara dijadikan masker. Di dalam buah strawberry ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin C ini sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit bibir yang tampak hitam.

15. Gunakan Putih Telur

Cara mengatasi kulit bibir kering dan pecah-pecah juga bisa dilakukan dengan menggunakan putih telur, kandungan protein di dalam putih telur sangat tinggi dan baik untuk melembabkan kulit bibir yang kering. Selain itu, putih telur juga bermanfaat untuk menjadikan kulit bibir terlihat lebih cerah dan merah merona.

Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal mengoleskan putih telur ayam kampung atau bebek secara merata pada kulit bibir. Setelah itu tunggu selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.
Itulah tadi pembahasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 25 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah Secara Alami. Semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih dan salam sehat selalu. Please share.