25 Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami dan Permanen

25 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Permanen -- Cara Menghilangkan Bau Mulut Permanen Alami, Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya, Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis, Menghilangkan Bau Mulut Busuk, Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Jeruk Nipis - Daun Sirih - dll, Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang, Bahan-Bahan Alami Penghilang Bau Mulut, Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Cepat - Alami - Efektif.

https://www.infokesehatan.web.id/

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami dan Permanen -- Meskipun bukan gangguan kesehatan yang serius, namun bau mulut sering kali menyebabkan seseirang hilang kepercayaan dirinya dan sering merasa khawatir aroma tidak sedap yang keluar dari mulut tersebut akan mengganggu kenyamanan orang lain. Jika hal tersebut dialami oleh anda, maka anda harus segera mengatasinya agar rasa kepercayaan diri anda bisa kembali.

Bau mulut atau dalam istilah medis disebut dengan halitosis dapat dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun hampir 80% penyebabnya berasal dari gangguan kesehatan pada gigi dan mulut. Diantaranya seperti gigi berlubang, sariawan, masa kesehatan gusi atau bisa juga disebabkan oleh karena jarang membersihkan gigi secara rutin dan teratur. Maka dari itu, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan juga mulut sangatlah penting untuk dilakukan setiap hari.

A. Penyebab Bau Mulut

Bau mulut juga tidak hanya dapat disebabkan oleh masalah kesehatan gigi dan mulut saja, bahkan bisa dikarenakan adanya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu yang menyebabkan bau mulut.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab bau mulut tak sedap yaitu :

1. Xerostomia : yaitu gangguan mulut kering yang dapat terjadi akibat adanya gangguan pada produksi air liur yang dipicu oleh perkembangan bakteri di dalam rongga mulut.

2. Gangguan Pencernaan : Bau mulut juga bisa disebabkan oleh karena adanya gangguan kesehatan pada organ pencernaan, seperti adanya infeksi bakteri yang bernama H.pylori yang sering menyebabkan seseorang menderita sakit maag dan juga penyakit asam lambung (GERD).

3. Sinusitis : Penyakit ini dapat menghasilkan post nasal drip atau suatu cairan yang kental yang keluar dari rongga sinus menuju ke saluran tenggorokan.

4. Penyakit lain : Beberapa jenis penyakit lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah bau mulut yaitu seperti penyakit diabetes, gangguan kesehatan hati atau bisa juga disebabkan oleh karena adanya infeksi pada saluran pernapasan.

Selain beberapa penyebab diatas, bau mulut juga dapat disebabkan oleh karena sering melakukan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi obat-obatan, jarang membersihkan gigi dan mulut, makanan dan juga minuman tertentu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang secara Alami Paling Ampuh

B. Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami dan Permanen

Berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut secara alami, diantaranya yaitu :

1. Rutin Membersihkan Gigi dan Mulut

Cara yang pertama ini memang sangatlah penting untuk dilakukan setiap hari, karena dengan rutin membersihkan gigi dan mulut dapat mencegah menumpuknya sisa-sisa makanan yang menumpuk dan terjadi pembusukan di dalam gigi dan juga mulut, sehingga jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan bau mulut.

Selain itu, akibat jarang membersihkan gigi dengan menggosok gigi dua kali sehari dapat meyebabkan gigi menjadi kuning, sehingga dapat membuat penampilan gigi terlihat tidak menarik dan bahkan terkesan menjijikan.

Sedangkan cara membersihkan mulut, anda bisa rutin berkumur setiap selesai menggosok gigi dengan obat kumur atau dengan air garam. Cara ini efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang tertinggal di dalam mulut dan juga membunuh bakteri secara optimal di dalam rongga mulut.

2. Membersihkan Lidah

Selain membersihkan gigi dan mulut, anda juga wajib rutin membersihkan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah. Jika anda tidak punya, anda bisa menggunakan bagian punggung dari sikat gigi yang anda pakai, karena sebagian sikat gigi sudah ada yang dilengkapi dengan pembersih lidah di bagian punggungnya.

Kenapa harus membersihkan lidah? Hal ini dikarenakan, lidah juga sering dijadikan sebagai tempat bersarang para kuman dan juga bakteri yang sering menjadi penyebab bau mulut. Kuman dan bakteri yang menumpuk pada lidah dapat menyebabkan terjadinya pembusukan dan menyebabkan aroma mulut yang tidak sedap.

3. Hindari Kebiasaan Merokok

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan berhenti merokok, memang tidak mudah untuk berhenti merokok bagi para perokok aktif. Namun jika anda memang tidak bisa menghentikan kebiasaan tidak sehat ini, maka cara apapun yang anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut tidak akan maksimal, karena rokok menjadi salah satu penyebab terbesar dari masalah bau mulut ini.

Selain dapat menyebabkan bau mulut, rokok juga dapat menyebabkan kerusakan gigi yang dapat memperparah masalah bau mulut. Jadi, upayakanlah untuk berhenti merokok.

4. Mengatasi Masalah Kesehatan pada Gusi

Gangguan kesehatan pada gusi juga sering menyebabkan seseorang mengalami masalah bau mulut, sehingga segera obati ketika anda mengalami masalah pada gusi seperti gusi bengkak, gusi berdarah dan masalah gusi lainnya. Jika anda mengalami masalah pada gusi, segera periksakan ke dokter agar kondisinya tidak bertambah parah dan menyebabkan bau tak sedap pada mulut anda.

5. Menjaga Kebersihan Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi atau behel saat ini sudah menjadi trend di kalangan masyarakat, terutama para remaja dan dewasa muda. Bagi anda yang memakai kawat gigi atau behel pada gigi, baik yang bertujuan untuk merapihkan gigi atau hanya sekedar untuk trend semata, sebaiknya anda selalu memperhatikan kebersihannya setiap saat. Hal ini dikarenakan, penggunaan kawat gigi dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri di dalam mulut dan gigi.

6. Mengunyah Permen Karet

Cara menghilangkan bau mulut secara alami berikutnya yaitu bisa dengan mengunyah permen karet, namun pastikan jenis permen karet yang anda kunyah adalah permen karet bebas gula. Hal ini dikarenakan permen karet yang tidak mengandung gula dapat membantu melindungi gigi agar tidak tumbuh plak atau karang gigi, kedua masalah gigi tersebut sering menjadi penyebab bau mulut.

7. Konsumsi Permen Mint

Selain mengunyah permen karet, cara alami yang bisa mengusir bau mulut dengan cepat yaitu bisa dengan mengkonsumsi permen mint. Ini dikarenakan, kandungan mint yang ada di dalam permen mint dapat membantu menyegarkan mulut dan napas pun akan menjadi segar. Oleh karena itu, selalu sediakan permen mint di saku atau tas dimanapun anda berada.

8. Minum Air Teh Hijau

Dengan minum secangkir teh hijau hangat setiap pagi dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk membasmi kuman dan bakteri di dalam mulut serta menghilangkan berbagai zat yang dapat menyebabkan bau mulut.

Hal ini dikarenakan, di dalam teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Maka, sebelum anda pergi ke kantor jangan lupa untuk minum secangkir teh hijau hangat setiap pagi. Selain dapat menyegarkan mulut, tubuh pun akan menjadi lebih segar dan siap untuk memulai aktivitas dengan baik.

9. Berkumur Dengan Air Rebusan Daun Sirih

Mungkin kebanyakan masyarakat hanya tahu jika daun sirih hanya bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan saja, namun pada kenyataannya daun sirih juga cukup ampuh untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih sangat mudah, anda cukup merebus 5 lembar daun sirih tua yang masih segar dengan segelas air sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur-kumur setiap selesai menggosok gigi, lalu ulangi dengan berkumur menggunakan air bersih biasa.

10. Hindari Konsumsi Makanan Berbau

Jika anda sering bersosialisasi dengan orang banyak, maka sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi aneka jenis makanan yang berbau tajam. Hal ini dikarenakan, makanan berbau tajam akan lebih lama mengandap di dalam mulut, sehingga meski anda sudah berjam-jam mengkonsumsi makanan tersebut  aromanya akan tetap ada selama beberapa hari.

Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari makan makanan beraroma tajam agar tidak mengalami bau mulut. Beberapa jenis makanan yang berbau tajam dan harus anda hindari yaitu seperti jengkol, petai dan berbagai jenis makanan berbau tajam lainnya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bibir Hitam, Bibir Kering, Pecah-pecah secara Alami

11. Jangan Melewatkan Sarapan

Untuk menghilangkan bau mulut juga dapat dilakukan dengan cara sarapan secara teratur setiap pagi. Bagi orang yang tidak pernah melewatkan sarapan akan memproduksi air liur yang cukup jika dibandingkan dengan orang yang jarang sarapan. Produksi air liur yang sedikit dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah bau mulut.

12. Minum Kopi Hitam

Cara alami berikuitnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut yaitu bisa dengan minum kopi hitam, kandungan yang ada di dalam kopi hitam mampu mentralisir bau mulut dan juga membasmi aroma tidak sedap pada mulut.

Cara membuatnya, anda dapat menyeduh satu sendok makan kopi hitam dan satu sendok teh gula, rasa pahit yang dihasilkan dapat menyebabkan bau mulut hilang dan membasmi kuman serta bakteri penyebab bau mulut.

13. Susu Kental Manis

Selain kopi, cara alami untuk menghilangkan bau mulut juga dapat dilakukan dengan minum susu kental manis. Sebab kandungan vitamin dan juga mineral yang terkandung di dalam susu kental manis dapat menghilangkan aroma tak sedap pada mulut.

14. Mengunyah Beras

Selain mengunyah permen karet, mengunyah beras juga bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Anda bisa mengunyah segenggam beras hingga halus, kemudian buang kunyahan beras tersebut dan jangan menelannya. Kandungan yang ada di dalam beras dipercaya mampu menghilangkan bau lut dengan cepat dan aman.

15. Berkumur Dengan Air Garam

Kandungan yodium yang ada pada garam dapat berfungsi sebagai kandungan yang mampu menghilangkan bau mulut tak sedap. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu melarutkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk dan gunakan untuk berkumur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

16. Makan Buah Strawberry

Cara lain yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan makan buah stroberi, buah yang cantik dan kaya akan nutrisi ini sangat baik untuk mengatasi masalah bau mulut dengan cepat dan mencegah perkembangan kuman dan juga bakteri di dalam mulut. Maka dari itu, selalu sediakan buah strawberry diatas meja makan anda atau di kantor.

17. Minum Jus Lemon

Seperti yang kita tahu bahwa buah lemon kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dipercaya ampun untuk mengatasi bau mulut. Caranya sangat mudah sekali, anda cukup memeras satu buah air lemon kemudian seduh dengan segelas air hangat dan sedikit gula.

Minum jus lemon ini secara rutin dan teratur setiap pagi saat sarapan, kandungan vitamin C yang ada di dalam buah lemon ini mampu menjadi pembasmi kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, minum jus lemon juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit.

18. Makan Buah Pir

Selain enak dan menyegarkan, makan buah pir juga sangat menyehatkan dan bahkan dengan makan buah pir dapat membantu menghilangkan bau mulut. Alasannya dikarenakan di dalam buah pir kaya akan kandungan air dan juga antibakteri yang mampu membasmi kuman ataupun bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, buah pir juga memiliki kandungan serat yang sangat banyak dan mampu membersihkan gigi.

19. Atasi Madu Dan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan menggunakan ramuan tradisional yang terbuat dari bahan alami madu dan juga air perasan jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk nipis sangat dipercaya ampuh hilangkan bau mulut, cara membuatnya cukup campurkan 1 sendok makan dengan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan minum sebanyak 3 kali sehari.

20. Gunakan Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan aroma yang khas, kayu manis ini bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau mulut. Caranya cukup mudah, anda hanya tinggal menyeduh 1 sendok teh bubuk kayu manis dengan segelas air panas. Tunggu beberapa saat hingga cukup hangat dan minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

21. Gunakan Kencur

Di dalam kencur mengandung minyak atsiri, minyak atsiri ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Cara membuat ramuannya yaitu, rebus 5 gram kencur dengan 15 gram daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Minum secara rutin 2 kali sehari selagi hangat.

22. Minum Air Rebusan Jahe dan Ketumbar

Selain kencur dan kayu manis, bumbu dapur yang bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut yaitu bisa menggunakan jahe dan ketumbar. Anda bisa mengkombinasikan jahe dan ketumbar, kandungan yang terkandung di dalam kedua jenis bumbu dapur ini mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Anda bisa merebus jahe dan ketumbar dengan dua gelas air, rebus hingga mendidih dan terisa satu gelas. Minun air rebusan tersebut dalam kondisi hangat secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

23. Konsumsi Yogurt

Yogurt adalah jenis minuman sehat yang dapat menghasilkan bakteri baik dan membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Dengan rutin konsumsi yoghurt dapat mencegah dan mengatasi masalah bau mulut dengan cepat.

24. Kumur dengan Air Rebusan Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang juga sering dijadikan sebagai tanaman obat berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, salah satunya ampuh untuk mengatasi bau mulut. Aroma khas yang dihasilkan dari bumbu dapur ini efektif untuk menghilangkan bau mulut tak sedap.

Caranya yaitu, rebus lengkuas dengan segelas air, lalu gunakan air rebusan lengkuas tersebut untuk berkumur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

25. Konsumsi Daun Mint

Bahan alami terakhir yang terkenal ampuh untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan mengkonsumsi daun mint. Aromanya yang khas dan menyegarkan dapat menjadikan nafas menjadi lebih segar, sehingga anda akan merasa lebih percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang.

Selain ampuh menghilangkan bau mulut, konsumsi daun mint juga efektif untuk membantu meredakan batuk dan pilek.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut secara Alami

Itulah tadi penjelasan mengenai 25 Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami dan Permanen. Semoga rutin melakukan cara-cara di atas, bau mulut yang anda alami bisa hilang berangsur dan permanen.

Cukup sekian informasi yang kami sampaikan dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah melaungkan waktu membaca artikel ini. Baca juga artikel menarik lainya di blog ini. Ayo rekomendasikan blog ini pada teman-teman lainnya. Please like and share. Salam sehat untuk semua.