17 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

17 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut --  Tips Kesehatan Alami untuk Kebersihan Gigi dan Mulut. Cara Membersihkan / Menyikat Gigi yang Benar, Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami, Cara Merawat Gigi yang Baik dan Benar, Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut, Gangguan Kesehatan pada Gigi & Mulut.

https://www.infokesehatan.web.id/

Tips dan Cara Menjaga / Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut -- Gigi termasuk ke dalam jenis tulang yang tumbuh di dalam mulut, gigi ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk membantu dalam proses mengunyah makanan. pada gigi manusia tersusun dengan sangat rapi di sekeliling mulut, gigi pun memiliki akar yang tertancap ke dalam gusi.

Pada gigi manusia sendiri terdiri dari 3 jenis gigi dan setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda dalam mengunyah, ketiga jenis gigi tersebut yaitu gigi seri, gigi taring dan juga gigi geraham. Memiliki gigi yang sehat dan kuat tentu dapat membantu memudahkan kita dalam mengunyah makanan yang keras, sehingga makanan yang kita kunyah akan lebih halus dan mudah untuk dicerna oleh organ pencernaan dalam tubuh kita.

Namun sayangnya, ada banyak orang yang sering mengeluh mengalami gangguan pada gigi mereka, seperti sakit gigi, gigi berlubang, gigi sensitif dan masalah kesehatan gigi lainnya. Gangguan pada gigi tersebut bisa terjadi secara alaminya, namun ada juga dikarenakan kurangnya menjaga kesehatan gigi dengan baik dan benar.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sangat penting untuk dilakukan setiap hari, karena mulut adalah pintu utama dari masuknya kuman ataupun bakteri yang membawa biang-biang penyakit. Hal ini tentunya dapat membuat mulut sangat mudah sekali terjangkit berbagai penyakit.

Di samping itu, gigi juga memiliki peranan yang tidak kalah penting. Hal ini dikarenakan, memiliki gigi yang sehat adalah syarat utama untuk menjaga agar organ pencernaan tetap sehat dan dapat bekerja secara optimal.

Kenapa demikian? Karena jika makanan dikonsumsi dengan makanan yang seha, tentunya makanan tersebut akan dilumat dengan sangat baik dan dan menjadikan sistem penernaan bekerja secara optimal.

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Jika kita lengah sedikit saja, maka ancaman pada mulut dan gigi akan semakin besar. Sehingga berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut pun akan menyerang seperti gigi berlubang, sakit gigi, sariawan, plak pada gigi, bau mulut dan lain sebagainya.

Penyebab munculnya berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut tersebut pada awalnya terjadi akibat kurangnya memperhatikan kebersihan dan kesehatannya, dalam melakukan perawatannya sebenarnya tidak harus selalu dilakukan dengan metode yang rumit dan mahal.

Dengan rutin membersihkan gigi dan mulut serta rutin memeriksakan diri ke dokter gigi sudah cukup, asalkan perawatan ini dilakukan secara berkala minimal 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter.

Berikut ini berbagai gangguan kesehatan dan penyakit yang bisa terjadi pada gigi dan mulut, yaitu :
  • Sariawan, Bau mulut, Gigi berlubang, Sakit gigi, Susunan gigi tidak rata, Gigi sensitif, Gigi goyang, Gigi kuning, Karang gigi, dan Abrasi gigi

Berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada gigi dan mulut tersebut, yaitu akibat dari kurangnya memperhatikan kebersihan atau kesehatan gigi dengan baik dan benar sehingga kuman dan bakteri akan ikut menempel pada gigi dan mulut yang bisa menyebabkan berbagai gangguan.

A. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Berikut ini beberapa hal penting yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar gigi dan mulut tetap sehat, yaitu :

1. Rutin Periksi Gigi ke Dokter Gigi

Mungkin sebagian orang akan merasa enggan untuk pergi ke dokter gigi, asalan yang paling umum yaitu takut untuk di cabut gigi atau ada juga yang merasa kurang percaya diri ketika harus berhadapan langsung dengan dokter gigi.

Padahal sangat penting sekali untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut anda ke dokter gigi, agar bisa mendapatkan solusi dan tindakan terbaik. Maka jika anda ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut, jangan ragu untuk pergi ke dokter gigi.

2. Menggosok Gigi 2 Kali Sehari

Dalam melakukan  perawatan gigi, salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan yaitu menjaga kebersihkan gigi dengan menggosok gigi secara ruti dan teratur paling tidak 2 kali sehari.

Dengan menggosok gigi secara teratur dapat membersihkan kotoran seperti sisa makanan, membasmi kuman dan bakteri yang bersarang di sela-sela gigi. Selain itu, rutin menggosok gigi juga bermanfaat untuk menyegarkan nafas dan juga memutihkan gigi anda.

Berikut ini cara menggosok gigi yang baik dan benar, yaitu :
  1. Sikat gigi anda setiap malam sebelum tidur dan pagi setelah bangun tidur
  2. Sikat gigi anda setiap sesudah makan, terutama makan makanan manis
  3. Hindari makan setelah menyikat gigi ketika malam hari

Penjelasan lebih lanjut mengenai cara menyikat / menggosok gigi yang baik dan benar dijelaskan dibagian bawah atau bagian B.

3. Gunakan Pasta Gigi Berflouride

Ketika anda menyikat gigi, pastikan pasta gigi yang anda gunakan mengandung flouride, karena pasta gigi yang di dalamnya mengandung flouride ini dapat memperkuat gigi, sehingga gigi tidak akan mudah kerupus atau gigi berlubang.

Selain itu, manfaat menggosok gigi dengan pasta gigi berflouride juga sangat bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning secara alami tanpa mengikis lapisan gigi.

4. Berkumur Menggunakan Obat Kumur

Berkumur menggunakan obat kumur atau yang dikenal dengan sebutan mothwash dapat membantu membersihkan gigi dan mulut hingga ke bagian yang sulit untuk dijangkau dengan sikat gigi, karena ketika selesai menyikat gigi kuman dan bakteri masih tidak hilang secara optimal. Maka agar gigi dan mulut anda bersih optimal, anda bisa berkumur menggunakan obat kumur yang banyak dijual dipasaran setiap anda selesai menyikat gigi.

Selain itu, berkumur dengan obat kumur juga dapat membantu membersihkan arema mulut dan mencegah berbagai masalah mulut seperti sariawan, bau mulut, gusi bengkak, gusi berdarah, infeksi mulut, pembentukan plak dan karang gigi.

5. Rutin Membersihkan Lidah dengan Pembersih Lidah

Selain berkumur, untuk menjaga mulut agar terhindar dari kuman dan bakteri jangan lupa untuk rutin membersihkan lidah setiap kali anda menggosok gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan lidah dapat menyebabkan kuman mudah berkembang, sehingga menyebabkan mulut mengeluarkan aroma tidak sedap dan bahkan bakteri akan menyebar ke gusi.

6. Gunakan Benang Khusus untuk Membersihkan Gigi

Saat menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi, mungki masih dianggap sebagai cara yang kuno. Tapi tahukah anda, bahwa benang khusus untuk gigi ini bisa membersihkan sela-sela gigi dengan optimal.

Hal tersebut dikarenakan, menyikat gigi saja tidak akan bisa membersihkan sela-sela gigi secara optimal. Penggunaan benang gigi dan obat kumur dapat menjadi kombinasi perawatan gigi dan mulut yang sangat baik, kuman dan bakteri akan hilang serta terhindar dari berbagai masalan atau penyakit.

7. Bersihkan Gigi dengan Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi berfungsi untuk merapihkan gigi yang tumbuh tidak beraturan, bukan hanya sekeda untuk gaya hidup saja. Dengan menggunakan kawat gigi, maka anda dapat menjadikan gigi terlihat lebih rapih dan beraturan. Bahkan pertumbuhan gigi yang tidak beraturan dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada sela-sela gigi yang sulut untuk dibersihkan.

Namun sangat tidak menganjurkan jika pemakaian kawat gigi ini hanya untuk gaya hidup saja, karena sering melepas dan memasang kawat gigi ini dapat beresiko menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.

8. Hindari Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang terlalu Panas / Dingin

Memiliki kebiasaan sering mengkonsumsi makanan dan minuman panas ataupun dingin dapat mempengaruhi kondisi kesehatan gigi, sebaiknya tunggu dulu sampai makanan atau minuman tersebut tidak terlalu panas atau dingin.

Kebiasaan ini bisa menyebabkan abrasi pada gigi, bahkan dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap panas dan dingin. Memiliki masalah gigi sensitif sangatlah mengganggu, karena dapat membuat gigi anda terasa ngilu saat mengkonsumsi makanan atau minuman panas dan dingin.

9. Hindari Minuman Bersoda

Sering konsumsi minuman bersoda bukan hanya tidak baik untuk kesehatan organ ginjal, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan yang ada dalam minuman bersoda dapat memicu terjadinya oksidasi, sehingga menyebabkan gigi mengalami abrasi. Selain itu, minuman bersoda juga bisa membuat gigi menjadi sensitif.

10. Batasi Minum Kopi

Terlalu sering minum kopi menyebabkan timbul plak pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning, bahkan jika senang minum kopi tapi kurang memperhatikan kebersihan gigi bisa menyebabkan gigi keropos.

11. Hentikan Kebiasaan Merokok

Sudah sering kita mendengar dan membaca peringatan bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan. sering melakukan kebiasaan buruk merokok bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit jantung, gangguan pernapasan, gangguan kehamilan dan bahkan bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Hal-hal yang bisa terjadi pada gigi dan mulut bagi orang yang sering merokok diantaranya yaitu gigi menjadi kuning, karang gigi, bau mulut, gusi menghitam dan bahkan bisa menyebabkan kanker mulut. Maka jika anda tidak ingin mengalami hal-hal tersebut, hentikan kebiasaan merokok dari sekarang dan jangan tunggu anda sakit.

12. Gunakan Gigi untuk Mengunyah Makanan Lunak

Pada dasarnya gigi memang memiliki fungsi untuk mengunyah, meski demikian bukan berarti semua makanan bisa dikunyah. Seperti misalnya makanan yang keras, sebaiknya hindari mengunyah makanan yang terlalu keras karena bisa merusak gigi anda. Gigi bisa mengalami abrasi, sehingga menyebabkan kerusakan pada struktur gigi. Selain itu, hindari juga menggigit suatu benda keras karena tidak bagi kesehatan gigi jika dilakukan terus-menerus.

13. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Terlalu Manis

Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat, maka sebaiknya hindar konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis. Sebab, makanan dan minuman yang terlalu manis bisa mengakibatkan gigi berlubang dan timbul plak pada gigi, bahkan terlalu sering konsumsi makanan yang terlalu manis dapat menyebabkan gigi korengan.

Salah satu makanan manis yang perlu dihindari, terutama pada anak-anak yaitu permen karena kandungan zat yang ada pada permen bisa mempercepat pengeroposan pada gigi.

14. Membiasakan Menyikat Gigi Sejak Kecil

Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sebaiknya diterapkan sejak masih kecil. Caranya yaitu dengan membelikan anak anda perlengkapan untuk menyikat gigi yang mereka sukai, sehingga dapat memancing anak anda agar mau menggosok gigi setiap hari.

15. Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Tusuk gigi memang boleh digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang nyangkut pada sela-sela gigi, namun gunakan secara wajar karena penggunaan tusuk gigi terlalu sering bisa menyebabkan antara gigi yang satu dengan gigi lainnya menjadi renggang.

16. Hindari Penggunakan Pemutih Gigi

Cara menjaga agar gigi tetap sehat dan kuat, sebaiknya hindar penggunaan produk pemutih gigi. Hal ini dikarenakan, produk pemutih gigi mengandung zat kimia yang berbahaya jika digunakan terlalu sering dan dalam jangka panjang. Cara membersihkan gigi secara paksa ini bisa menyebabkan gigi keropos dan bahan beresiko terkena penyakit kanker mulut.

17. Konsumsilah Makanan Tinggi Serat danRendah Lemak

Tips dan cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi seran dan rendah lemak. Konsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu membersihkan plak pada gigi, serta memperkuat gigi.

B. Tips dan Cara Menyikat / Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Untuk menjaga agar gigi tetap sehat dan kuat, maka cara menyikat gigi pun harus dilakukan dengan baik dan benar, karena kesalahan dalam menyikat gigi bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Berikut ini cara-cara menyikat gigi dengan baik dan benar, yaitu :

1. Jadikan Rutinitas Harian

Mulailah untuk menjadikan aktivitas menggosok gigi menjadi rutinitas wajib yang harus anda lakukan setiap hari, terutama setelah makan atau paling tidak pada pagi dan malam hari.

2. Jangan Terlalu Sering Menggosok Gigi

Rutinitas menggosok gigi sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, cukup 2-3 kali saja dalam sehari dalam melakukan perawatan gigi yang ideal. Sebab, menggosok gigi lebih dari 3 kali dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi dan akan berdampak buruk bagi kesehatan gusi.

3. Jangan Terlalu Kuat

Selain tidak boleh terlalu sering menggosok gigi, aktivitas menyikat gigi pun jangan dilakukan terlalu kuat karena dapat beresiko menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi anda.agar dapat mengontrol dengan baik pergerakan sikat ketika sedang menggosok gigi, pastikan pegang gagang sikat gigi anda seperti  sedang memegang sebuah pensil dan bulan dengan cara mengepalkan tangan.

4. Jangan Terburu-buru

Agar aktivitas menggosok gigi dapat dilakukan dengan baik, maka pastikan anda memberikan jeda minimal 30 detik untuk menyikat setiap bagian dari gigi anda. Seperti gigi bagian depan, samping kanan, samping kiri, atas kanan, atas kiri dan bagian gigi lainnya.

5. Lakukan dengan Teknik yang Benar

Tehnik yang baik ketika menyikat gigi, yaitu pegang gagang sikat gigi anda pada sudut sekitar 45 derajat dari bagian gusi. Setelah itu, gerakan sika dari arah kanan ke kiri secara berulang kali selama beberpaa detik. Pastikan anda menyikat gigi yang ada pada bagian luar, dalam dan juga gigi geraham bagian belakang.

6. Bersihkan Juga Lidah dan Pipi Bagian Dalam

Selain terdapat pada permukaan gigi, kuman dan bakteri juga dapat berkembang biak pada bagian permukaan lidah dan dinding pipi bagian dalam. Bersihkan juga bagian tersebut dengan menyikatnya dengan lembut dan perlahan, anda bisa gunakan sebuah alat khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan lidah dan pipi.

7. Berkumur

Setelah selesai menggosok gigi, bersihkan mulut dan gigi dengan cara berkumur-kumur dengan air bersih. Agar gigi dan mulut bersih optimal, anda bisa menggunakan obat kumur khusus atau moutwash agar mulut terasa lebih segar.

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai 17 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Semoga penjelasan yang kami uraikan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca semua. Terima kasih dan semoga selalu dalam keadaan sehat.