17 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

17 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah -- Manfaat Jus Wortel untuk Kecantikan Kulit, Manfaat Wortel untuk Kulit Wajah, Manfaat Jus Wortel, Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Pria dan Wanita, Manfaat Worel Rebus, Manfaat Wortel dan Tomat untuk Kesehatan Mata, Kandungan Gizi / Nutrisi di Dalam Wortel.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah -- Wortel merupakan jenis sayuran yang berwarna orange yang bentuknya bulat memanjang. Sayuran ini sangat digemari banyak kalangan masyarakat karena memiliki rasa yang enak dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. 

Wortel baik untuk dikonsumsi mentah, direbus atau bisa juga digoreng. Namun jika ingin mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya dikonsumsi mentah atau direbus.

Banyaknya manfaat dari wortel ini dikarenakan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di dalam wortel kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin A yang berbentuk beta karoten, vitamin B, vitamin K, serat, kalium, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi kandungan penting lainnya.

Selain mengandung gizi di atas, di dalam wortel juga mengandung beberapa senyawa berupa antioksidan, alfa-karoten, lutein, antosianin dan polyacetylenes.

Dilihat dari kandungan gizi / nutrisinya yang cukup lengkap, mengkonsumsi wortel secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Disamping itu, ternyata wortel juga bisa kita manfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Penasaran, apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

A. Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Pada pembahasan pertama kali ini, kami akan mengulas tentang manfaat wortel untuk kesehatan. wortel ini bisa kita jadikan makanan sehat dalam menu makanan sehari-hari, karena mengkonsumsi wortel dipercaya dapat membantu mencegah dan mengatasi beberapa jenis penyakit.

Cara terbaik mengkonsumsi wortel sendiri yaitu bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah, dijadikan jus, atau direbus untuk campuran sup ayam.

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi wortel untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Manfaat wortel yang pertama yaitu di duga mampu mencegah terjadinya proses pembentukan sel kanker, karena di dalam sayuran ini mengandung hidrat arang, betakaroten dan fosfor yang sangat baik dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Seperti yang kita tahu bahwa radikal bebas inilah yang menjadi salah satu penyebab pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian para ahli mengungkapkan, bahwa orang yang rutin mengkonsumsi wortel sebanyak 2 buah perhari dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga 17 persen. Dalam hasil penelitian lain juga menyebutkan jika wortel sangat baik dikonsumsi untuk membantu mencegah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker prostat dan jenis kanker lainnya.

Hal ini dikarenakan, di dalam wortel telah ditemukan beberapa kandungan zat yang bersifat antikanker seperti zat falcarindiol dan falcarinol. Kedua jenis zat tersebut adalah sejenis pestisida alami yang terkandung di dalam wortel, zat tersebut dapat melindungi akar dari tanaman wortel dari serangan penyakit jamur.

2. Baik untuk Meningkatkan Ketajaman Mata dan Mencegah Gangguan Mata

Manfaat mengkonsumsi wortel berikutnya diyakini mampu membantu meningkatkan ketajaman daya penglihatan mata dan mencegah munculnya gangguan pada mata seperti mata rabun, katarak dan degenerasi makula. Dengan rutin mengkonsumsi wortel, maka mata akan terlihat lebih bersih, terang dan mampu melihat dengan sangat jelas.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam wortel memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap dan sangat baik untuk kesehatan tubuh, sebagian dari vitamin tersebut ada yang berperan sebagai antioksidan alami yang sangat kuat. Dengan rutin mengkonsumsi wortel setiap hari, maka sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih kuat sehingga mampu melawan berbagai penyebab penyakit dan tubuh tidak akan mudah sakit.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Berkat kandungan serat yang cukup tinggi di dalam wortel, maka konsumsi wortel juga sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan kerja pada sistem pencernaan. Dengan demikian, organ pencernaan anda akan senantiasa terjaga kesehatannya dan bekerja secara optimal dalam mencerna makanan yang masuk. 

Memiliki organ pencernaan yang sehat dan lancar, maka dapat terhindar dari gangguan seperti sembelit, susah BAB dan ganguan pencernaan lainnya.

5. Menurunkan Resiko Terserang Penyakit Stroke

Konsumsi wortel juga sangat baik untuk mencegah seseorang terkena serangan stroke, karena di dalam wortel mengandung kalium yang cukup tinggi. Dimaka kalium ini salah satu jenis mineral penting yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi wortel setiap hari dapat mencegah stroke dan sangat baik untuk diberikan kepada mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat mengkonsumsi wortel sangat baik untuk menutrisi tulang dalam tubuh kita, karena di dalam wortel juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Dimana kedua jenis mineral ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang, sehingga tulang tidak akan mudah terserang penyakit seperti osteoporosis.

Selain itu, di dalam wortel juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi, dimana vitamin ini sangat diperlukan oleh tulang untuk menjaga dan meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang.

7. Mencegah Terserang Penyakit Kulit

Penggabungan dari beberapa jenis vitamin yang ada dalam wortel dapat berperan besar sebagai antioksidan yang kuat, dimana senyawa antioksidan ini mampu melindungi kulit dari berbagai serangan virus, bakteri dan jamur. 

Maka dari itu, dengan rutin mengkonsumsi wortel atau minum jus wortel setiap hari dapat menjadikan kulit lebih sehat dan terhindar dari serangan penyakit seperti kurap, eksim, kudis dan lain sebagainya.

8. Mengobati Penyakit Cacingan pada Anak

Penyakit cacingan adalah salah satu jenis penyakit yang kerap di alami oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini juga menyerang orang dewasa. Hal ini dikarenakan, bakteri dan telur cacing tersebut akan mudah menempel dan menular ke tubuh orang lain. 

Ketika seseorang yang sehat bersalaman atau bersentuhan kulit dengan orang yang terserang penyakit cacingan, maka orang tersebut juga akan terkena penyakit ini. Setelah itu, kuman, bakteri dan virus tersebut akan cepat berkembang biak dan dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi dan bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Salah satu solusi atau pengobatan yang efektif untuk mengobati cacingan secara alami, maka anda bisa memberikan orang yang menderita cacingan untuk rutin mengkonsumsi wortel setiap hari. Sebab, kandungan zat yang terdapat di dalam wortel mampu membasmi cacing hingga tuntas.

9. Menstabilkan Hormon dalam Tubuh

Manfaat lain dari rutin mengkonsumsi wortel untuk kesehatan yaitu dipercaya dapat membantu menstabilkan kondisi hormon yang ada dalam tubuh, hormon-hormon tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita dan dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang cukup serius.

10. Menjaga Kesehatan dan Mencerdaskan Otak

Rutin mengkonsumsi wortel rebus atau jus wortel mentah sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak kita, sehingga pantas jika wortel ini menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja yang duduk di bangku sekolah, bahkan konsumsi wortel juga sangat baik untuk orang dewasa dan orang tua.

B. Manfaat Wortel untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata wortel juga memiliki banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah. Penasaran, apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Mencegah Munculnya Tnda-tanda Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah seperti kerutan, garis halus, flek hitam dan lain sebagainya memang sering menjadi permasalahan yang kerap di alami oleh para kaum wanita. Namun bagi anda yang tidak ingin mengalami hal seperti itu, maka anda bisa rutin mengkonsumsi atau minum jus wortel setiap hari untuk mencegahnya.

Selain dengan cara dikonsumsi, anda juga bisa melakukan perawatan menggunakan wortel. Caranya yaitu dengan mengolah wortel untuk dijadikan sebagai masker anti aging. 

Cara membuatnya sangat mudah:
  • Siapkan 1 sendok makan madu, 2 butir kapsul vitamin C dan 1 buah wortel segar yang telah di potong kecil-keci
  • Kemudian, masukan semua bahan ke dalam blender dan haluskan
  • Setelah itu, masker anti aging alami pun siap untuk digunakan.


2. Menghilangkan Jerawat dan Noda Hitam Bekas Jerawat

Selain efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, masker wortel juga bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Bahkan jika dilakukan secara rutin, masker wortel ini bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara maksimal.

Cara menggunakannya :
  • Oleskan masker wortel secara merata pada kulit wajah anda
  • Tunggu selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. 

Untuk hasil terbaik basuh terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat sebelum menggunakan masker wortel.

3. Melembabkan Kulit Wajah yang Kering dan Kasar

Manfaat masker wortel tersebut juga bisa membantu mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kasar, karena di dalam masker tersebut sudah diberikan campuran madu. Dimana madu tersebut sangat efektif untuk melembabkan kulit wajah yang kering dan kasar, sedangkan kandungan nutrisi yang ada pada wortel dapat menutrisi kulit wajah anda. 

Dengan rutin melakukan perawatan ini, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih halus, lembut dan cerah bercahaya.

4. Mengatasi Kulit Wajah yang Berminyak

Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah yang berminyak, maka anda bisa memanfaatkan wortel untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah anda. Kandungan vitamin C dan mineral yang terkandung di dalam wortel sangat efektif untuk menyerap kelenjar minyak berlebih pada kulit wajah, sehingga kulit wajah akan tampak lebih bersih dan cerah.

Caranya yaitu :
  • Siapkan 1 buah wortel yang masih segar, lalu parut sampai habis
  • Tambahkan 1 sendok teh air perasan lemon, lalu aduk-aduk sampai tercampur merata
  • Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan
  • Kemudian balurkan masker wortel yang telah anda buat tadi secara merata keseluruh permukaan kulit wajah sambil digosok-gosokan secara perlahan untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati
  • Tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air bersih sampai benar-benar bersih
Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan kulit berminyak ini secara rutin setiap malam.

5. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Tidak percaya diri dengan kulit wajah kusam, penyebab kulit wajah kusam ini bisanya disebabkan oleh karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan polusi udara. Untuk mencerahkan kembali kulit wajah anda yang terlihat kusam, maka anda bisa memanfaatkan masker wortel yang bisa anda buat sendiri dirumah. 

Cara ini terbukti ampuh dan aman digunakan meski dalam jangka panjang, karena dalam pembuatannya tidak ada campuran bahan kimia yang digunakan. Dengan demikian, kulit wajah anda akan tampak lebih sehat dan cerah alami.

Cara mencerahkan kulit wajah kusam dengan wortel sangat mudah, anda bisa membuat masker pencerah wajah sebagai berikut :
  • Campurkan 3 sendok makan wortel yang telah anda haluskan dengan cara diblender, 2 sendok makan susu murni dan air secukupnya saja
  • Aduk kembali semua bahan tersebut dengan menggunakan blender hingga membentuk pasta atau krim yang kental
  • Setelah itu, aplikasikan secara merata masker alami tersebut pada permukaan kulit wajah anda
  • Tunggu selama 30 menit sampai masker kering, lalu bilas hingga bersih


Jika anda ingin mendapatkan hasil optimal, lakukan cara mencerahkan wajah alami ini secara rutin setiap malam sebelum tidur. Cara diatas tidak hanya dapat mencerahkan kulit wajah, tetap juga dapat memberikan ketenangan pada kulit wajah akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

6. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Akibat terlalu sering pergi keluar rumah dan penggunana kosmetik dapat menyebabkan terjadi penumpukan sel kulit mati, sehingga menyebabkan kulit wajah terasa kasar dan kusam. 

Untuk mengembalikan kulit wajah anda agar terlihat lebih bersih, halus dan cerah. Maka anda bisa melakukan perawatan kecantikan dengan menggunakan bahan alami, salah satu bahan alami yang dipercaya ampuh yaitu wortel.

Hal ini dikarenakan, di dalam wortel mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh kulit. penggunaan masker wortel juga dapat memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh kulit wajah. 

Caranya sama seperti cara yang kami bahas pada poin di atas, anda cukup mengaplikasikan masker wortel ini secara rutin 2-3 kali seminggu. Dalam beberapa minggu, anda sudah bisa melihat perbedaannya.

7. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat wortel untuk kecantikan yang terakhir yaitu dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur, sehingga dalam membuat penampilan wajah anda terlihat awet muda. 

Mungkin anda sudah mencoba memakai berbagai produk kecantikan, tetapi sampai saat ini masih belum kelihatan hasilnya. Maka, cobalah untuk melakukan perawatan secara alami menggunakan masker wortel. 

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam wortel mampu meregenerasi jaringan kulit wajah dengan baik. Selain itu, masker wortel juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat menjadikan kulit lebih kencang dan kenyal.

Cara mengencangkan kulit dengan wortel cukup mudah, anda cukup mengaplikasikan masker wortel seperti cara yang kami jelaskan di atas. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan teratur minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan optimal.

Jika dilakukan secara rutin dan teratur, maka dalam beberapa minggu kulit wajah anda akan tampak lebih kencang, kenyal dan awet muda.

Catatan :

Jika ingin mendapatkan hasil optimal dari perawatan kecantikan di atas, anda bisa mengimbanginya dengan rutin minum jus wortel secara rutin setiap pagi sebelum sarapan. Hal ini bertujuan untuk menutrisi kulit wajah anda dari dalam.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya dirumah?

Demikianlah pembahasan kali ini yang dapat kami sampaikan mengenai 17 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah. Semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan pada teman lain agar mereka juga tahu informasi ini. Selamat mencoba dan semoga kita selalu dalam keadaaan sehat walafiat. Aamiin.