18 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

18 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan -- Khasiat & Manfaat Buah Tin (Buah Ara) Bagi Kesehatan Tubuh, Manfaat Jus Buah Tin, Manfaat Buah Tin dan Daunnya, Cara Makan Buah Tin, Khasiat Buah Tin, Manfaat Buah Tin untuk Mengobati Penyakit, Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Tin. 

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan -- Buah Tin atau dikenal juga sebutan buah Ara ini merupakan jenis buah yang pertama kali ditemukan di kawasan Asia Barat. Buah ini banyak tumbuh disekitar pantai balkan hingga ke Afganistan.

Jenis tumbuhan yang memiliki nama latin Ficus Carica L ini memiliki ciri-ciri mulai dari ukuran batang pohonnya yang lumayan besar, batang pohonnya berwarna abu-abu dengan daun yang berukuran besar dan memiliki 3-5 lekukan cuping. Pohon buah Tin dapat tumbuh cukup tinggi yang ketinggiannya bisa mencapai 10 meter.

Buah tin ini termasuk salah satu jenis buah yang populer di dunia, penyebaran buah ini begitu cepat terutama di kalangan umat muslim. Menariknya, nama buah ini sudah lebih dulu disebutkan dalam kita suci Al-Quran. Oleh karena itu, bagi umat muslim sendiri menganggap buah ini begitu istimewa. 

Disamping itu, ternyata buah tin termasuk jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan kehidupan manusia.

A. Kandungan Nutrisi di dalam Buah Tin

Bagi umat muslim, buah ini dianggap sebagai buah surga. Di dalam buah ini mengandung nutrisi yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. Berdasarkan dari hasil penelitian, di dalam setiap 100 gram buah tin mengandung :
  • Karbohidrat, sekitar 63.87 gram
  • Energi, sekitar 250 kcal 1040 kJ
  • Protein, sekitar 3.30 gram
  • Kalsium, sekitar 162 mg
  • Fosfor, sekitar 67 mg
  • Zinc, sekitar 0.55 mg
  • Potassium, 680 mg
  • Magnesium, sekitar 68 mg
  • Folat (Vit. B9), sekitar 9 μg
  • Iron, sekitar 2.03 mg
  • Gula, sekitar 47.92 gram
  • Dietary fiber (serat), sekitar 9.8 gram
  • Lemak, sekitar 0.93 gram
  • Thiamine (Vit. B1), sekitar 0.085 mg
  • Niacin (Vit. B3), sekitar 0.619 mg
  • Riboflavin (Vit. B2), sekitar 0.082 mg
  • Pantothenic acid (B5), sekitar 0.434 mg
  • Vitamin B6, sekitar 0.106 mg
  • Vitamin C, sekitar 1.2 mg

Meskipun di dalam buah ini mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap dan dalam jumlah yang banyak, sayangnya belum banyak orang yang belum tahu tentang manfaat mengkonsumsi buah Tin secara rutin bagi kesehatan tubuh. 

Hal ini juga dikarenakan masih sulitnya untuk bisa mendapatkan buah tin ini dipasaran, karena buah tin ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh para jamaah yang sudah melaksanakan ibadah haji dan umrah.

B. Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Dengan melihat berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, pantas saja jika buah ini dikenal sebagai buah yang sangat berkhasiat. Hal ini dikarenakan, buah ini dipercaya ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Tentu anda semua sudah sangat penasaran, apa saja manfaat buah tin ini untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasannya berikut ini.

1. Menyembuhkan Penyakit Hipertensi dan Jantung Koroner

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh karena terjadinya penyempitan pada saluran pembuluh darah, jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan baik bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Di dalam buah tin terdapat beberapa kandungan mineral alami yang sangat berkhasiat seperti untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner seperti kalium, magnesium, fosfor, asam lemak omega 3 dan 6.

2. Baik untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Buah tin juga dipercaya ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, karena di dalam buah tin mengandung serat larut dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Menurut penjelasan dari para ahli, menjelaskan bahwa di dalam buah tin mengandung serat larut yang berupa pektin. Pektin berkhasiat untuk mengurai kadar kolesterol jahat berlebih dalam darah, kemudian kolesterol tersebut akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan feses, air seni dan juga keringat.

3. Menurunkan Resiko Mengalami Serangan Jantung

Tentunya anda semua sudah tahu jika penyakit jantung adalah jenis penyakit yang paling mematikan di dunia, kurang dari 1 menit sekali 1 orang meninggal dunia akibat menderita penyakit jantung dan mengalami serangan jantung secara tiba-tiba. Maka dari itu, penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan organ jantung kita. 

Umumnya penderita penyakit jantung tidak memperlihatkan gejala sama sekali, sehingga banyak pasien penderita penyakit jantung yang tidak menyadari jika dirinya positif mengindap penyakit jantung.

Munculnya serangan jantung bisa terjadi secara tiba-tiba, kondisi ini biasanya disebabkan oleh kadar natrium yang terlalu tinggi dalam tubuh. Natrium ini dapat menyebabkan penyempitan pada saluran pembuluh darah dan juga plak, sehingga dapat membuat kerja organ jantung bertambah berat dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Arab Saudi, di dalam buah tin ini terdapat kandungan senyawa kalium yang sangat tinggi. Kalium ini sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan jumlah natrium yang ada dalam tubuh, bahkan para ahli pun meyakini jika rutin mengkonsumsi buah tin dapat menurunkan resiko mengalami serangan jantung.

4. Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Kepada pasien penderita penyakit diabetes, dokter biasanya akan melarang keras untuk mengkonsumsi minuman dan makanan manis. Berbeda dengan buah tin, meski rasa buah ini manis tetapi kandungan glukosa dan fruktosa yang ada pada buah Tin ini tidak akan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh ikut meningkat.

Selain mengandung glukosa dan fruktosa, di dalam buah Tin juga memiliki kandungan serat larut dan juga karbohidrat yang cukup tinggi. Kedua jenis gizi inilah yang dapat berperan dalam menghambat proses penyerapan kadar gula darah berlebih yang ada pada saluran pencernaan.

Selain itu, manfaat rutin mengkonsumsi buah Tin ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes dan mencegahnya agar tidak kambuh lagi.

5. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah penyakit jantung, rutin mengkonsumsi buah tin juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Penyakit kanker sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satu penyebab yang paling umum yaitu akibat sering terpapar radikal bebas.

Masuknya radikal bebas ke dalam tubuh bisa berakibat pada rusaknya sel kulit dan memicu pengaktifan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, anda dapat mengkonsumsi buah Tin secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah Tin memiliki kandungan senyawa antioksidan berupa polyfenol yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

Ada beberapa jenis penyakit kanker yang bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah Tin, seperti  kanker usus, kanker kanker rahim, kanker payudara, kanker otak dan beberapa jenis kanker lainnya.

6. Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah tin lainnya yaitu sangat baik untuk mencegah penyakit osteoporosis. Osteoporosis adalah jenis penyakit yang terjadi akibat proses pengeroposan tulang, untuk mencegah penyakit ini dapat dengan rutin mengkonsumsi buah Tin secara rutin setiap hari.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah Tin mengandung vitamin dan mineral penting vitamin D, kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menyehatkan serta memperkuat tulang.

Bagi anda yang sudah berusia diatas 30 tahun, konsumsi buah Tin ini bisa mencegan penyakit osteoporosis. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja, mengkonsumsi buah Tin secara rutin sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi.

7. Menambah Tinggi Badan

Setiap orang pasti ingin memiliki postur tubuh yang tinggi, maka penting sekali untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi cukup untuk membantu menambah tinggi badan. 

Salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan bermanfaat untuk menambah tinggi badan yaitu buah Tin, karena di dalam buah Tin mengandung kalsium, fosfor, mangan, magnesium, dan juga vtamin D. Bahkan konsumsi buah Tin ini bisa dijadikan sebagai solusi alternatif bagi anda yang tidak suka minum susu, terutama untuk anda yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi.

8. Menambah Berat Badan

Manfaat mengkonsumsi buah Tin juga dipercaya mampu menambah berat badan, sehingga  bagi anda yang memiliki tubuh kurus dan berat badan yang rendah. Makan buah Tin dapat menjadi solusi terbaik untuk anda yang ingin menambah berat badan, karena di dalam buah Tin ini protein dan karbohidrat yang cukup tinggi yang baik untuk menambah berat badan tanpa takut mengalami kegemukan.

Cara menambah berat badan dengan buat Tin cukup mudah, anda bisa rutin mengkonsumsi buah Tin bersama dengan segelas susu secara tutin setiap malam sebelum tidur. Cara ini telah dibuktikan oleh banyak orang, hanya dalam jarak satu minggu saja berat badan naik sebanyak 2 kg.

9. Mengatasi Masalah Susah Tidur (Insomnia)

Penyebab dari gangguan tidur atau insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor, baik itu karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein, stres dan trauma. 

Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian, di dalam buah tin mengandung senyawa yang bernama tryptophan yang sangat efektif untuk membantu mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah tin, kualitas tidur pun akan berangsur-angsur membaik dan terhindar dari stres atau bahkan trauma.

10. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat lain dari buah tin ini terbukti ampuh untuk mencegah dan membantu mengatasi penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah, kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah tin ini memiliki kemampuan luar biasa dalam mengoptimalkan proses pembentukan hemoglobin dalam darah.

Maka dari itu, bagi anda yang sedang menderita penyakit anemia, anda sebaiknya rutin mengkonsumsi buah tin setiap hari.

11. Melancarkan BAB dan mencegah Sembelit

Sudah dari jaman dulu, bahwa buah tin ini sering digunakan sebagai obat alami pencahar perut. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tin mengandung serat yang bersifat laktasit yang berkhasiat untuk membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

Selain itu, penggunaan obat pencahar alami ini juga aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

12. Mengobati Penyakit Ambeien

Selain ampuh untuk melancarkan buang air besa, ternyata konsumsi buah Tin juga bermanfaat untuk mengobati penyakit ambeien. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tin mengandung senyawa yang bernama flavonoid. Senyawa ini dapat menangkal radikal bebas dan peradangan, sehingga dapat menyebabkan kondisi wasir atau ambeien yang di alami akan semakin parah.

13. Mencegah Tumor

Tumor merupakan jenis penyakit berupa benjolan yang sering muncul pada permukaan tubuh, tumor sendiri terdiri dari dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Disebut tumor jinak karena benjolannya tidak menyebabkan kerusakan pada jaringan disekitarnya, sedangkan tumor ganas bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan sangat berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan medis.

Untuk mencegah munculnya tumor ini, kita bisa rutin mengkonsumsi buah Tin. Sebab, di dalam buah Tin mengandung senyawa phenol dan benzaldehide yang dipercaya mampu menghentikan perkembangan parasit, virus dan juga jamur yang menjadi penyebab munculnya tomur jinak.

Selain itu, di dalam buah Tin juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, senyawa ini sangat efektif untuk mencegah pembentukan tumor ganas.

14. Meredakan Gejala Asma

Buah Tin juga dipercaya cukup ampuh untuk membantu meredakan gejala asma, seperti batuk dan melegakan saluran pernapasan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah Tin mengandung zat antibakterial dan antiseptik yang efektif untuk mengatasi gangguan pernapasan termasuk bagi penderita penyakit asma.

15. Menghilangkan Bisul dan Abses

Bisul dan abses adalah jenis penyakit yang dapat menyerang permukaan kulit, penyebab dari penyakit ini disebabkan oleh karena infeksi dan alergi dari jenis bakteri atau kuman tertentu. Berkat kandungan zat antibakterial yang terkandung di dalam buah Tin ini, buah Tin ini bisa dijadikan sebagai obat oles untuk menghilangkan bisul dan abses dengan cepat.

Caranya yaitu, ambil daging buah Tin secukupnya saja dan oleskan pada bisul atau abses. Setelah itu, diamkan hingga kering dan bisa hingga bersih dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali sehari sampai bisul mati dan hilang.

16. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ketika anda mengalami kecelakaan kecil yang menyebabkan luka seperti teriris pisau, terkena minyak atau benda panas atau luka terjatuh. Maka anda tidak perlu langsung pergi ke dokter, jika di rumah anda tidak ada obat-obatan P3K anda bisa menggunakan buah Tin jika memang kebetulan ada. 

Di dalam buah Tin mengandung zat antiseptik alami yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka, bahkan bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Caranya cukup dengan mengoleskan daging buah bir pada luka, biarkan hingga kering. Lakukan terus hingga luka sembuh.

17. Mengobati Sakit Tenggorokan

Tenggorokan yang kering bisa menyebabkan iritasi dan terasa sakit, bahkan jika tidak segera di obati bisa terjadi pendarahan. Sakit tenggorokan ini disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada saluran tenggorokan, bisa dikarenakan kurang minum atau panas dalam.

Salah sau cara alami untuk mengobati sakit tenggorokan ini, anda bisa rutin mengkonsumsi buah Tin secara rutin setiap hari. Sebab, di dalam buah tin mengandung lendir yang cukup banyak dan lendir ini akan berfungsi sebagai pelembab alami pada saluran tenggorokan.

Cara mengkonsumsi buah Tin saat sedang sakit tenggorokan, anda bisa mengolah buah Tin ini menjadi jus.

18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang yang rutin mengkonsumsi buah Tin atau minum jus buah Tin tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit, karena di dalam buah Tin mengandung vitamin C, polifenol, dan bio-flavonoid yang dapat berperan sebagai senyawa antioksidan. 

Kandungan nutrisi tersebut dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan virus dan bakteri pembawa penyakit.

Setelah mengetahui beragam manfaat buah Tin untuk kesehatan, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan manfaat dari buah Tin secara optimal, anda bisa mengolahnya untuk dijadikan jus dan diminum secara rutin setiap hari.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan untuk anda semua mengenai 18 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sehat selalu. Ayo like dan share.