20 Macam Bunga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

20 Macam Bunga dan Manfaatnya untuk Kesehatan -- Jenis-jenis Bunga dan Manfaatnya bagi Kesehatan, Macam-Macam Bunga dan Kegunaannya, Bunga yang Bermanfaat, Jenis Bunga yang Memiliki Manfaat Kesehatan, Manfaat Bunga untuk Kesehatan, Macam-Macam Tanaman Hias dan Manfaatnya, Tanaman Hias Bunga dan Manfaatnya, Jenis Bunga Yang Mempunyai Khasiat Obat.

https://www.infokesehatan.web.id/

Macam - macam Bunga dan Manfaatnya untuk Kesehatan -- Bunga merupakan sebuah tanaman hias yang sangat digemari oleh banyak orang, tidak hanya kaum wanita saja, tetapi tidak sedikit pula pria yang menyukai bunga dan menanam bunga di pekarangan rumahnya.

Tahukah anda, dibalik bentuk dan warna bunga yang terlihat sangat indah, ternyata bunga juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. penasaran, jenis bunga apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan? Simak ulasan selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Macam - macam Bunga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa jenis bunga yang dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Bunga Mawar

Bagi anda para penyuka bunga, tentu bunga ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Biasanya bunga mawar sering dijadikan sebagai cinta kepada seseorang, namun tahukah anda ternyata bunga mawar juga sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh. 

Hal ini dikarenakan, di dalam bunga mawar mengandung beberapa zat dan senyawa penting yang sangat berkhasiat seperti fenolat yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi dan kaya akan kandungan vitamin.

Manfaat bunga mawar bagi kesehatan dipercaya dapat mencegah beberapa jenis penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes dan bahkan kanker. Bagian bunga mawar merah yang paling sering dimanfaatkan yaitu pada bagian kelopak bunganya.

Caranya yaitu dengan dijemur hingga kering dan dijadikan teh atau manisan.

2. Bunga Melati

Jenis bunga lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu bunga melati, bunga melati memang sering digunakan sebagai hiasan dalam acara pernikahan. 

Namun disamping itu, ternyata bunga melati juga bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit tertentu. Di dalam bunga melati mengandung beberapa jenis zat yang dapat menyehatkan tubuh, seperti linalcohol, indole, alcohol benzilic, asetat benzilic dan jasmon.

Manfaat bunga melati untuk kesehatan dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, menstabilkan kadar gula darah, detoksifikasi tubuh, menyehatkan usus, ginjal dan juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. 

Cara untuk mendapatkan manfaat dari bunga melati ini sama seperti bunga mawar, yaitu dengan mengeringkan dan dijadikan teh untuk diminum secara rutin setiap hari.

3. Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang ini memiliki banyak nama sebutan lain yang berbeda-beda di tiap-tiap daerah, mulai dari bunga kincung, bunga honje, bunga sambuang dan bunga kantan. 

Bunga kecombrang ini memiliki banyak kandungan zat dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti vitamin, mineral, saponin, polifenol, flavonida, fenolik, tanin, alkaloid, triterpenoid, steroid, glikosa, antimikroba dan juga kaya akan kandungan senyawa antioksidan.

Manfaat bunga kecombrang bagi kesehatan dipercaya dapat dijadikan sebagai obat penyakit kulit, melancarkan produksi ASI, menghilangkan bau badan, mengobati luka, menurunkan tekanan darah tinggi, membersihkan darah, memperkuat tulang dan gigi.

4. Bunga Turi

Di Indonesia, khususnya di daerah yang berada di Pulau Jawa sering memanfaatkan bunga turi ini sebagai bahan masakan atau lalapan dan juga pelengkap pecel. 

Di dalam bunga turi mengandung banyak gizi dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, kalium dan beberapa jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Manfaat bunga turi untuk kesehatan dipercaya mampu mengobati sariawan, rabun senja, disentri, melancarkan produksi ASI, menurunkan demam, meringankan sakit kepala, meredakan batuk dan pilek. Cara mengolahnya, anda bisa jadikan bunga ini sebagai bahan untuk membuat teh.

5. Bunga Rosella

Bunga rosella sendiri terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya, ada bunga rosella berwarna merah dan ungu. Sudah sejak lama bunga ini dijadikan sebagai obat tradisonal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan dijadikan minuman teh.

Pada bagian kelopak bunga rosella mengandung beberapa jenis zat dan vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C, protein esensial, kalsium dan terdapat 18 jenis asam amino yang termasuk arginina dan legnin yang sangat bermanfaat untuk membantu meremajakan sel dalam tubuh.

Menurut pernyataan dari ilmuan bernama Chung San dari Medical University, Taiwan. Bunga rosella berkhasiat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, karena dengan rutin minun teh dari bunga rosella dapat mengurangi jumlah plak pada dinding pembuluh darah.

Selain itu, manfaat bunga rosella juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan membantu menstabilkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Masih banyak lagi manfaat bunga rosella lainnya yang bisa anda dapatkan dengan rutin minum teh bunga rosella bagi kesehatan tubuh.

6. Bunga Hibiscus (Kembang Sepatu)

Bunga Hibiscus atau dikenal juga dengan nama bunga sepatu bisa dikonsumsi dengan cara mengeringkan dan dijadikan sebagai minuman teh hangat, karena di dalam bunga ini mengandung banyak zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kelopak bunga sepatu yang masih segar bisa kita manfaatkan sebagai lalapan atau bisa juga diolah menjadi manisan dan salad.

Rasa dari bunga Hibiscus ini mirip seperti buah cranberry dengan ada sedikit rasa lemon. Di dalam Bunga Hibiscus mengandung senyawa bernama Anthocyanin dan antioksidan yang cukup tinggi, kedua senyawa ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol dalam darah.

7. Bunga Miana

Bunga Miana memiliki nama ilmiah Coleus hybrid, bunga ini terlihat sangat indah dan memiliki warna daun yang cerah. Bunga Miana ini juga ternyata sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit wasir.

Cara mengobati wasir dengan bunga miana sangatlah mudah, anda cukup merebus 10 lembar daun miana dengan 2 gekas air sampai mendidih, biarkan air rebusannya sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, saring dan dinginkan air rebusan daun miana hingga cukup hangat untuk diminum. Minum sampai habis secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari untuk mengobati penyakit wasir yang sedang anda derita.

8. Bunga Elderflower

Jenis bunga berkhasiat berikutnya yaitu bunga Elderflower, bunga ini bisa kita olah untuk dijadikan minuman sehat yang berkhasiat untuk pengobatan. Bunga ini memiliki banyak sekali kandungan zat dan senyawa yang berkhasiat seperti bioflavonoid, flavonol (isoquercitrin, quercetin, dan anthocyanin), triterpenoid (β-amyrin, eritrodiol dan asam oleanolic), asam chlorogenic (asam cinnamic).

Bunga Elderflower ini dipercaya sangat berkhasiat untuk meredakan batuk dan pilek, infeksi pada sinus, dijadikan sebagai obat pencahar perut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula darah, hipertensi dan juga mengurangi pembengkakan serta mengobati luka. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, anda bisa mengolah bunga ini untuk dijadikan teh.

9. Bunga Lilac

Jenis bunga lilac ini memang masih sangat jarang kita temukan di Indonesia, namun bunga ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Bunga ini memiliki aroma yang sangat harum dan khas, sehingga bunga ini sering diolah untuk dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Selain itu, bunga lilac juga dapat dijadikan sebagai bahan makanan seperti selai, manisan, campuran es krim, sorbet dan juga campuran pada minuman. Rasa dari bunga ini hampir mirip seperti lemon, bunga ini biasanya akan banyak tumbuh ketika memasuki musim semi di beberapa negara di luar negeri sana.

10. Bunga Nasturtium

Bunga nasturtium merupakan salah satu jenis bunga yang sering dimanfaatkan sebagai makanan, karena bunga ini memiliki rasa manis dan jika sudah mekar rasanya akan sedikit pedas. 

Bunga nasturtium biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran salad atau pasta, sedangkan pada bagian kuncupnya bisa dimanfaatkan sebagai acar dan bisa juga dijadikan sebagai penyedap rasa. Rutin mengkonsumsi bunga nasturtium ini dapat memberikan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

11. Bunga Matahari

Selain dapat dimanfaatkan pada bagian bijinya, ternyata pada bagian kelopak bunga matahari ini juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan makanan. cara mengolah bunga matahari ini, anda bisa menjadkan kelopak bunga matahari ini sebagai sayuran. Sudah sejak dulu, kelopak pada bunga matahari ini sering dimanfaatkan sebagai campuran sup, makanan berkuah dan juga sebagai obat alami.

Hal ini dikarenakan, di dalam bunga matahari ini mengandung beberapa jenis zat yang sangat baik untuk kesehatan, seperti quercimeritrin, oleanolic acid, helianthoside (A,B,C) dan echinocystic acid. 

Dilihat dari kandungan zat yang ada di dalam bunga biji matahari ini, tak heran jika bunga matahari ini sangat baik untuk kesehatan. 

Beberapa manfaat bunga matahari untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan darah tinggi, meringankan sakit kepala, mengobati sakit gigi, nyeri lambung, nyeri saat menstruasi, radang payudara dan mengobati penyakit rematik.

12. Bunga Lavender

Pada bagian kelopak bunga lavender bisa kita manfaatkan sebagai manisan atau bahan pelengkap pada makanan seperti kue. Selain itu, bunga lavender juga bisa anda tambahkan ke dalam minuman seperti jus buah, es krim dan juga yogurt.

Di dalam bunga lavender mengandung zat antiseptik dan juga beberapa senyawa lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengatasi anemia, insomnia, relaksasi otot, mencegah iritasi pada perut dan menangkal radikal bebas berbahaya yang bisa masuk ke dalam tubuh. Rasanya yang manis, pedas dan memiliki aroma yang harum membuat bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tambahan makanan untuk meningkatkan seleda makan.

13. Bunga Violet

Bunga violet adalah jenis bunga yang bisa dimakan dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Pada bunga ini ada rasa manis dan beraroma harum, bunga violet juga bisa dijadikan sebagai pelengkap salad, manisan, sup dan juga kue.

Manfaat bunga violet untuk kesehatan dipercaya dapat meredakan batuk pilek, menurunkan demam, mengobati penyakit bronkitis, tuberkolosis, penyakit kulit, memelihara kesehatan organ jantung dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

14. Bunga Anggrek

Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias pemanis ruangan dan taman, ternyata bunga anggrek juga bisa dikonsumsi. Namun rasa dari bunga anggrek ini ada rasa pedas-pedasnya dan memiliki tekstur yang mirip dengan mentimun. Biasanya bunga anggrek ini sering dijadikan sebagai bahan campuran pada permen, cemilan dan masakan tumisan.

Sedangkan untuk manfaatnya sendiri, bunga anggrek ini memiliki manfaat untuk menghilangkan stres, meningkatkan kecerdasan otak dan fungsi otak serta menyembuhkan beberapa jenis penyakit ringan. Beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi bunga anggrek yaitu demam, sakit gigi, sariawan dan sakit telinga.

15. Bunga Saffron

Sudah sejak dulu bunga saffron ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tanaman hias ini biasanya banyak tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan sub tropis. 

Di dalam bunga saffron ini mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, magnesium, potassium, asam folat, niasin, riboflavin, beta-karoten dan masih banyak kandungan nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam bunga saffron ini dipercaya bermanfaat untuk mencegah kanker, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat, meningkatkan stamina, mengobati anemia, melancarkan menstruasi dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Cara memanfaatkan bunga saffron ini bisa dijadikan sebagai campuran makanan seperti madu, puding dan minuman lainnya.

16. Bunga Zucchini

Bunga Zucchini ini dikenal juga sebagai Squash Blossom, bunga ini memiliki warna kuning yang terang dan bisa dipanen ketika sudah mekar. Jenis bunga yang satu ini juga tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, tetapi juga sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bunga ini bagi kesehatan tubuh.

17. Bunga Lily

Bunga lily memiliki sensasi dingin, sedikit ada rasa manis dan juga pahit. Bunga yang dominan berwarna putih ini kaya akan kandungan protein, pati, lemak, flavonoid, sapion, polisakarida dan juga colchicines. 

Manfaat mengkonsumsi bunga Lily dapat mencegah pembentukan sel kanker, menstabilkan kadar kolesterol, meredakan batuk, amandel, sakit tenggorokan, sakit lambung dan juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit.

Cara memanfaatkan bunga lily ini, selain bisa dimasak untuk hidangan juga isa dikonsumsi langsung dalam kondisi mentah.

18. Bunga Tulip

Bunga Tulip adalah jenis bunga khas dari negara Belanda, bunga ini dapat dikonsumsi pada bagian kelopaknya, baik diksonsumsi dengan cara dijadikan salad atau bisa juga sebagai pelengkap tumisan.

Manfaat mengkonsumsi bunga tulips ini dapat membantu mencegah terkena penyakit anemia, melancarkan peredaran darah, mengobati sakit punggung, mencegah kanker dan menambah stamina saat mengalami kelalahan.

19. Bunga Bougenvile

Bunga Bougenvile atau dikenal dengan sebutan bunga kertas adalah jenis bunga yang juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bunga ini bisa diolah untuk dijadikan minuman dengan cara merebusnya dan meminum airnya. 

Manfaat minum air rebusan bunga Bougenvile ini dipercaya dapat membantu melancarkan haid, menghilangkan keputihan, meningkatkan kesuburan, melancarkan peredaran darah dan membantu menyembuhkan penyakit hepatitis.

20. Bunga Soka

Jenis bunga terakhir yang juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu bunga soka, bunga soka ini dikenal juga dengan sebutan bunga jarum yang mempunyai nama ilmiah Ixora coccinea, yaitu jenis bunga yang sangat indah, mudah ditanam dan juga rimbun. Maka tak heran jika bunga ini sering dijadikan sebagai tanaman pagar hidup.

Bagi para kaum wanita, bunga soka ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan seperti melancarkan haid, menghilangkan keputihan, meningkatkan kesuburan, mengutkan kandungan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Cara memanfaatkan bunga soka bisa direbus dan di minum air rebusannya. Caranya yaitu, siapkan sekitar 4 ons bunga soka dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Angkat dan saring airnya, lalu minum hangat-hangat sampai habis.

Bagaimana, banyak bukan jenis bunga yang bisa kita konsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan?

Demikian ulasan yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini mengenai 20 Macam Bunga dan Manfaatnya untuk Kesehatan. semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.