13 Masker Buah untuk Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo, serta Cara Membuatnya

13 Masker Buah untuk Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo, serta Cara Membuat dan Menggunakannya -- Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak & Berjerawat, Masker Buah untuk Kulit Berminyak Tanpa Efek Samping, Cara Membuat Masker Buah untuk Wajah Berjerawat - Berminyak - Berkomedo, Masker Buah Alami untuk Perawatan Kulit Wajah.

https://www.infokesehatan.web.id/

Masker Buah untuk Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo, serta Cara Membuat dan Menggunakannya -- Memiliki kulit wajah yang berminyak memang sering membuat orang yang mengalaminya merasa jengkel atau bahkan stres, karena efek dari kulit wajah yang berminyak dapat memicu tumbuhnya jerawat, komedo dan membuat kulit tampak kusam. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan perawatan pada kulit wajah setiap hari.

Dalam melakukan perawatan kulit wajah, ada banyak cara yang bisa dilakukan mulai dengan menggunakan berbagai produk kecantikan yang banyak beredar dipasaran, pergi ke salon kecantikan atau bisa juga melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat masker alami, salah satunya dibuat dari buah-buahan segar.

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam buah-buahan mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik untuk kulit, seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Melakukan perawatan kulit wajah mengguanakan masker buah dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan juga menghilangkan jerawat. 

Untuk mendapatkan hasil optimal, tentunya buah-buahan tersebut bukan hanya dimanfaatkan sebagai masker tetapi juga harus dikonsumsi langsung atau dijadikan minuman dalam bentuk jus segar.

Penasaran, buah apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana cara menggunakannya untuk masker wajah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

13 Masker Buah untuk Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo, serta Cara Membuat dan Menggunakannya

Berikut ini beberapa jenis masker buah yang efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat, diantaranya yaitu :

1. Masker Wajah Alami : Masker Buah Tomat

Masker buah yang pertama yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat yaitu dengan menggunakan masker tomat. 

Di dalam buah tomat kaya akan kandungan vitamin C dan beberapa zat lain yang efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih, bahkan di dalam buah tomat juga mengandung zat antibakterial yang ampuh untuk membasmi jerawat pada kulit wajah.

Cara membuat masker tomat, yaitu :
  • Siapkan 1 buah tomat segar, lalu potong kecil-kecil dan haluskan dengan meggunakan blender  dan tuangkan ke dalam wadah bersih.
  • Sebelum masker tomat ini digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda menggunakan air hangat. Tujuannya yaitu untuk membuka pori-pori kulit wajah dan membersihkan kotoran serta mengangkat sel kulit mati berlebih, lalu keringkan dengan handuk bersih.

Cara pemakainnya, cukup oleskan masker tomat yang telah anda buat tadi secara merata pada kulit wajah. kemudian tunggu kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin biasa.

Lakukan cara alami ini secara rutin pada malam hari sebelum tidur, maka dalam beberapa hari kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, bebas kilap dan jerawat.

2. Masker Wajah Alami : Masker Buah Lemon

Jenis buah berikutnya yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah yaitu buah lemon, karena di dalam buah lemon juga kaya akan vitamin C. Selain dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, juga efektif untuk mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam.

Cara membuat masker lemon, yaitu :
  • Siapkan buah lemon segar lalu potong dan peras airnya
  • Setelah itu, tuangkan air perasan buah lemon tersebut ke dalam wadah dan campurkan dengan 1 sendok makan madu
  • Aduk kedua bahan alami tersebut hingga tercampur menjadi satu

Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan.

Cara pemakaiannya, cukup oleskan masker lemon dan madu yang sudah anda buat tadi secara merata pada kulit wajah. tunggu kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air biasa. 

Coba lakukan perawatan wajah berminyak dan berjerawat ini secara rutin dan teratur setiap malam, kulit wajah anda akan tampak lebih bersih, cerah dan bebas jerawat.

3. Masker Wajah Alami : Masker Buah Pisang

Masker pisang juga tidak kalah ampun untuk membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, karena kandungan nutrisi yang ada dalam buah pisang juga sangat baik untuk kulit wajah. penggunaan masker pisang secara rutin dan teratur dapat menjadikan kulit wajah lebih halus, tidak berminyak dan bebas jerawat.

Cara membuat masker pisang, yaitu :
  • Siapkan buah pisang 1-2 buah
  • Lalu kupas kulitnya dan haluskan buah pisangnya dengan menggunakan blender
  • Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk kembali hingga tercampur rata

Sedangkan cara penggunannya, cukup oleskan secara merata pada permukaan kulit wajah dan biarkan sampai masker kering minimal 30 menit. Terakhir, bilas hingga benar-benar bersih menggunakan air dingin biasa.

4. Masker Wajah Alami : Masker Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya memang sangat populer di dunia kecantikan, karena di dalam buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat, sehingga buah ini bisa kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat masker wajah.

Cara membuat dan memakaian masker buah pepaya yaitu :
  • Siapkan buah pepaya secukupnya
  • Lalu ambil daging buahnya saja dan haluskan dengan di blender sampai benar-benar halus dan lembut tanpa tambahan air
  • Lalu tambahkan 1 sendok teh air perasan lemon 
  • Kemudian aduk-aduk kembali hingga merata

Sebelum digunakan, seperti biasa bersihkan terlebih dulu kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih hangat dan keringkan. 

Cara penggunaannya yaitu oleskan masker pepaya tersebut ke seluruh permukaan kulit wajah dan jika perlu bisa sampai ke bagian leher. Hindari area mata. Tunggu selama 30 menit sampai masker kering, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin biasa.

5. Masker Wajah Alami : Masker Buah Apel

Di dalam buah apel juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi, kedua nutrisi penting ini sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah termasuk kulit berminyak dan berjerawat.

Cara membuat masker buah apel dan penggunaannya, yaitu :
  • Ambil satu buah apel segar
  • Lalu potong kecil-kecil dan haluskan dengan blender
  • Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk-aduk hingga kedua bahan alami tersebut tercampur merata
  • Tuangkan masker tersebut ke dalam wadah yang bersih
  • Lalu oleskan masker apel tersebut secara merata pada permukaan kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Tunggu hingga masker kering, kemudian bilas hingga bersih

6. Masker Wajah Alami : Masker Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera memang termasuk ke dalam jenis tanaman hias, tetapi tanaman ini bias dikonsumsi dan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan sama hal nya dengan buah-buahan.

Selain itu, tanaman lidah buaya juga termasuk bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kulit wajah. Tanaman lidah buaya ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan masker wajah alami yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Cara membuat dan memakai masker gel lidah buaya, yaitu :
  • Siapkan satu batang tanaman lidah buaya yang masih segar
  • Lalu kupas kulitnya dan ambil bagian gel atau lendirnya dengan cara mengeroknya menggunakan sendok
  • Gel lidah buaya tersebut bisa kita oleskan pada permukaan kulit wajah yang berminyak atau berjerawat secara merata
  • Lalu tunggu sampai masker tersebut kering kira-kira 30 menit
  • Setelah kering, bilas hingga bersih wajah dengan air dingin seperti biasa
  • Untuk memperoleh hasil optimal, anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur.

7. Masker Wajah Alami : Masker Buah Jeruk

Jenis buah lainnya yang bisa kita gunakan sebagai masker wajah yaitu buah jeruk. Di dalam buah jeruk ini sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, sehingga terbukti mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan jerawat membandel dalam waktu relatif cepat.

Cara membuat dan menggunakan masker buah jeruk, yaitu :
  • Siapkan buah jeruk untuk dijadikan jus dengan menggunakan blender
  • Saat memblendernya jangan tambahkan air, cukup buahnya saja sebanyak 1 butir buah jeruk segar
  • Setelah itu, gunakan jus jeruk tersebut sebagai masker wajah dan tunggu sampai masker kering.
  • Setelah kering, bilas kulit wajah hingga benar-benar bersih
  • Lakukan secara rutin minimal 2 kali seminggu

8. Masker Wajah Alami : Masker Buah Alpukat

Buah lainnya yang bisa kita manfaatkan sebagai masker wajah alami yaitu buah alpukat. Buah alpukat ini memang sangat baik untuk merawat kulit wajah. Hal ini dikarenakan, di dalam buah alpukat ini mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh kulit wajah, terutama pada kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.

Cara membuat dan menggunakan masker buah alpukat, yaitu :
  • Siapkan daging buah alpukat yang telah matang sebanyak 2 sendok makan
  • Lalu tambahkan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon / nipis dan 1 sendok teh minyak zaitun.
  • Haluskan semua bahan alami tersebut dengan menggunakan blender, tapi kalau tidak ada bisa dihaluskan dengan menggunakan alat pengocok telur
  • Setelah masker jadi, gunakan masker tersebut dengan cara mengoleskannya secara merata pada permukaan kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.
  • Ttunggu selama 30 menit sampai masker kering
  • Setelah itu, bilas hingga benar-benar bersih

9. Masker Wajah Alami : Masker Buah Strawberry

Strawberry adalah salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan manfaat, bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Salah satu manfaat buah strawberry ini yaitu dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, bahkan buah strawberry ini juga bisa dijadikan masker pencerah wajah alami.

Cara membuat dan memakai masker buah strawberry, yaitu :
  • Ambil 3-5 buah strawberry yang masih segar, lalu haluskan dengan menggunakan blender
  • Setelah itu, gunakan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata
  • Tunggu selama 30 menit sampai masker benar-benar kering, lalu bilas hingga masker bersih tidak tersisa
  • Jika dilakukan secara rutin dan teratur minimal, 2 kali seminggu, kulit yang tampak kusam akibat produksi minyak berlebih dan jerawat akan teratasi sampai tuntas

10. Masker Wajah Alami : Masker Buah Mentimun

Mentimun juga termasuk ke dalam jenis buah-buahan, mentimun ini bias kita jadikan sebagai masker wajah. kandungan air dan mineralnya yang sangat tinggi buah ini dipercaya ampuh untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara membuat dan memakai masker buah mentimun, yaitu :
  • Siapkan 1 buah mentimun segar, lalu potong kasar dan haluskan
  • Setelah itu, tambahkan 1 sendok air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis
  • Aduk kembali hingga tercampur rata
  • Setelah itu, oleskan masker mentimun yang sudah kita buat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah yang berminyak atau yang memiliki banyak jerawat
  • Biarkan sampai masker mengering minimal 30 menit, lalu bilas dengan air bersih sampai benar-benar bersih

11. Masker Wajah Alami : Masker Buah Mangga

Buah mangga merupakan salah jenis buah yang sangat nikmat, buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan kulit. 

Manfaat buah mangga untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat pun tidak kalah efektif dengan buah jeruk, karena di dalam kedua buah ini sama-sama mengandung vitamin C yang tinggi.

Cara membuat dan pemakaiannya, yaitu :
  • Siapkan daging buah mangga yang telah matang secukupnya
  • Kemudian haluskan dan tambahkan 1 sendok minyak zaitun lalu aduk hingga tercampur rata
  • Setelah tercampur rata, anda bisa menggunakan masker buah mangga tersebut dengan cara mengoleskannya pada permukaan kulit wajah dan tunggu hingga masker kering
  • Terakhir, bilas kulit wajah hingga sampai bersih dengan air bersih

12. Masker Wajah Alami : Masker Buah Semangka

Buah semangka juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat, karena di dalam buah semangka ini mengandung nutrisi yang lengkap dan terbukti ampuh untuk mengusir jerawat membandel sekalipun.

Cara membuat dan memakai masker buah semangka, yaitu :
  • Siapkan buah semangka, lalu dibuat jus
  • Oleskan jus semangka tersebut hingga ke seluruh bagian kulit wajah
  • Tunggu hingga masker kering kira-kira selama 30 menit, lalu bilas hingga kulit wajah anda bersih
  • Agar mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawatan ini secara rutin minimal 3 kali seminggu

13. Masker Wajah Alami : Masker Putih Telur

Selain masker buah di atas, tentunya masih banyak buah lainnya yang bisa dijadikan sebagai masker wajah alami. Selain dari jenis buah-buahan, ada salah satu jeni smasker wajah alami yang cukup ampuh yang bisa digunakan untuk perawatan wajah yaitu masker putih telur.

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan protein, kandungan tersebut sangat baik untuk membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit. 

Manfaat lainnya dari putih telur yaitu efektif untuk mengecilkan pori-pori besar, mengurangi produksi minyak berlebih, mencegah dan membasmi jerawat dengan cepat.

Cara membuat masker putih telur, yaitu :
  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung atau bebek, lalu pecahkan dan ambil bagian putih telurnya saja
  • Kocok putih telur tersebut hingga berbusa, lalu tambahkan satu sendok teh air perasan lemon dan satu sendok teh minyak zaitun
  • Aduk semua bahan alami tersebut hingga tercampur merata.

Cara pemakaiannya sama seperti cara diatas, cukup dioleskan pada kulit wajah secara merata dan hindari area mata dan bibir. Tunggu selama 30 menit sampai masker mengering, lalu bilas hingga bersih dengan air biasa. Namun pastikan kulit wajah sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat, sehingga hasil yang akan anda dapatkan bisa optimal.

Perhatian :

Disamping buah-buahan tersebut digunakan untuk melakukan perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat, disarankan juga agar anda senantiasa menjaga kebersihan kulit wajah dan perbanyak konsumsi mengkosnumsi buah-buahan tersebut secara langsung.

Jadi, tidak cukup hanya dilakukan perawatan dari luar saja tetapi juga harus dari dalam. Rutin mengkonsumsi buah-buahan segar sangat baik untuk menutrisi kulit dari dalam tubuh, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah-buahan tersebut dapat membantu meregenerasi sel kulit dari dalam.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga : Cara Menumbuhkan Kumis, Jenggot, dan Brewok dengan Cepat dan Lebat

Demikianlah ulasan yang bisa kami paparkan pada kesempatan kali ini mengenai 13 Masker Buah untuk Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo, serta Cara Membuat dan Menggunakannya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil terbaik.