20 Manfaat Buah Timun dan Timun Suri untuk Kesehatan

20 Manfaat Buah Timun dan Timun Suri untuk Kesehatan -- Khasiat & Manfaat Timun dan Timun Suri bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit Wajah, Manfaat Timun dan Timun Suri untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit, Khasiat Jus Timun dan Timun Suri, Manfaat Timun untuk Diet, Manfaat Timun dan Timun Suri untuk Pria & Wanita, Kandungan Timun dan Timun Suri.

Kali ini kita akan membahas mengenai 20 Manfaat Buah Timun dan Timun Suri untuk Kesehatan. Informasi ini perlu kita ketahui sebagai tambahan wawasan bagi kita dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

Infokesehatan.web.id -- Manfaat Buah Timun dan Timun Suri untuk Kesehatan -- Timun atau dikenal juga dengan nama ketimun atau mentimun merupakan jenis buah atau sayuran yang masih termasuk ke dalam keluargaCucurbitaceae seperti semangka dan labu. Di dalam timun ini hampir 95 persen mengandung air, sehingga timun ini cocok dikonsumsi ketika musim panas karena dapat membantu menghidrasi tubuh kita.

Di Indonesia, timun ini sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan, rujak dan juga lalapan. Rutin mengkonsumsi timun ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, selain kaya akan kandungan air timun juga mengandung banyak nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi di dalam Timun

Buah timun ini sangat tinggi akan kandungan airnya namun rendah lemak, kalori, kolesterol dan juga sodium. Berdasarkan informasi dari USDA National Database Gizi, pada setiap 1 gelas atau setara dengan 119 gram jus timun mengandung air sebanyak 115 gram, lemak sebanyak 0.2 gram, kalori sebanyak 16 kkal, karbohidrat sebanyak 2.9 gram, protein sebanyak 0.8 gram.

Di dalam segelas jus timun ini juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh lainnya seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, magan, zat besi, fosfor, tembaga, seng, asam folat, asam pantotenat, thiamin dan riboflavin.

Semua kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah timun sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata timun juga baik dikonsumsi atau bisa digunakan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan. Timun ini dipercaya efektif untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan yang kerap dialami banyak wanita, bahkan tidak sedikit pula pria yang rutin melakukan perawatan kulit dengan timun.

A. Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Tubuh



Ada banyak sekali manfaat konsumsi timun bagi kesehatan tubuh kita, beberapa kandungan seperti vitamin C, mangan, betakaroten dan senyawa antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam timun ini mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya. 

Radikal bebas ini dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, Alzhaimer, gangguan kesehatan mata dan bahkan kanker.

Selain itu, di dalam timun juga mengandung senyawa cucurbitacin dan lignan yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kanker. 

Menurut dari para ahli menjelaskan, bahwa rutin minum jus buah timun setiap hari dapat mencegah pembentukan dan pertumbuhan kanker prostat, karena di dalam timun terdapat kandungan flavonoid fisetin yang dapat berperan sebagai zat anti kanker.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai manfaat timun ini bagi kesehatn tubuh kita, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

1. Menyehatkan Otak

Di dalam timun memiliki kandungan zat flavanol (fisetin) yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi memori, menjaga sel-sel saraf di dalam tubuh dan menjaga fungsi otak tetap optimal seiring bertambahnya usia. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada seekor tikus, kandungan zat flavanol ini akan melindungi otak dari resiko terkena penyakit Alzheimer.

2. Kaya Antioksidan

Timun atau ketimun ini memang sangat kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, vitamin C dan juga betakaroten. Fungsi dari senyawa antioksidan ini mampu melawan pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh dan juga efektif untuk memperkecil resiko terkena penyakit jantung.

3. Mencegah Tubuh Mengalami Dehidrasi

Banyak orang yang hanya menganggap jika minum air putih itu tujuannya hanya sekedar menghilangkan rasa haus saja, sehingga jika mereka sedang bosan minum air putih akan diganti dengan minuman lain yang menyegarkan. Padahal pada kenyataannya manfaat dari minum air putih itu bukan hanya sekedar penghilang rasa haus saja, tetapi juga untuk menghidrasi tubuh agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Cara terbaik untuk mencegah dehidrasi tidak hanya dengan minum air putih saja, tetapi juga bisa dengan mengkonsumsi buah atau sayur yang kaya akan kandungan airnya sebagai tambahannya. Salah satunya dengan mengkonsumsi irisan timun atau jus timun, karena kandungan air yang terdapat di dalam timun ini sangat tinggi dan dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Organ Jantung

Di dalam jus timun ini mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin minum jus timun sangat berkhasiat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan serta fungsi dari organ jantung.

Kalium sendiri berfungsi sebagai elektrolit alami yang baik untuk tubuh, karena kalium adalah ion yang mempunyai muatan positif yang harus selalu dijaga dalam tingkat konsentrasi tertentu agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi ini meliputi interaksi dari suatu zat tertentu terhadap sodium untuk membantu proses transmisi impuls terhadap kontraksi otot, kontrol saraf dan juga fungsi organ jantung.

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Timun adalah jenis buah atau sayuran yang kaya nutrisi dan rendah kalori, sehingga ada banyak sekali manfaat yang bisa tubuh kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus timun ini. 

Kandungan serat larut yang terkandung di dalam timun ini memiliki tekstur yang mirip seperti gel yang ada dalam saluran usus. Gel tersebut akan berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan, sehingga perut kita akan merasa kenyang lebih lama, dan inilah salah satu alasan rutin minum jus timun dapat menjaga berat badan tetap ideal.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Dengan rutin mengunyah timun dapat membantu merangsang kelenjar air liur agar dapat memproduksi lebih banyak air liur. 

Selain itu, manfaat timun juga dapat menurunkan zat asam yang ada pada rongga mulut serta bakteri yang tumbuh di dalamnya. Rutin mengkonsumsi timun juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan pada gusi seperti pyorrea.

7. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Di dalam timun mengandung air dan serat alami yang sangat tinggi, kedua kandungan tersebut sangat baik untuk membersihkan saluran usus dari racun. 

Di dalam kulit timun mengandung serat larut yang dapat membantu melancarkan buang air besar.  Hal ini tentunya akan membantu makanan yang kita konsumsi bisa bergerak masuk ke saluran pencernaan dengan cepat. Dengan demikian, organ pencernaan dalam tubuh kita akan selalu terjaga kesehatannya.

8. Menyembuhkan Penyakit Rematik dan Asam Urat

Kandungan vitamin A, vitamin B, magnesium, folat dan juga kalium yang terkandung di dalam timun sangat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat penyakit rematik atau asam urat.

9. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Di dalam timun juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi, vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sebab, vitamin K dapat membantu proses pembentukan protein yang dibutuhkan oleh tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

10. Baik untuk Penderita Diabetes

Timun juga sangat baik dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit diabetes melitus, karena di dalm timun rendah gula dan justru sangat baik untuk membantu menstabilkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh orang yang menderita penyakit diabetes.

B. Manfaat Buah Timun Suri untuk Kesehatan



Setelah membahas mengenai manfaat timun biasa, pada pembahasan berikutnya ini akan mengulas informasi tentang manfaat timun suri. Pastinya anda semua sudah sering mendengar nama timun suri atau bahkan sudah sering mengkonsumsinya. Timun suri ini memang jarang dikonsumsi langsung, tetapi lebih sering dimanfaatkan untuk bahan pelengkap atau campuran es buah atau jus dan biasanya sering dijadikan menu berbuka puasa di bulan ramadhan.

Namun sebenarnya timun suri ini juga bisa kita temukan kapan saja, karena timun suri bukan termasuk jenis buah musiman. Namun perlu anda ketahui, bahwa timun suri ini tidak kalah baik manfaatnya untuk kesehatan dibandingkan dengan timun biasa. 

Oleh karena itu, sebaiknya timun suri ini jangan hanya dikonsumsi saat bulan puasa saja. Untuk anda yang belum tahu manfaat timun suri, ada baiknya untuk menyimak ulasan selengkapnya mengenai manfaat timun suri untuk kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Di dalam buah timun suri juga kaya akan kandungan serat larut. Serat ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, bermanfaat juga untuk mencegah munculnya penyakit yang bisa menyerang organ pencernaan seperti sembelit, diare dan bahkan dapat mencegah kanker usus. 

Jadi, jangan hanya makan buah timun suri pada bulan puasa saja ya. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

2. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Buah timun suri juga sangat baik dimasukan ke dalam menu diet harian untuk membantu menurunkan berat badan. Berkat kandungan serat di dalam buah timun yang tinggi, konsumsi buah timun dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, serat juga sangat baik untuk membantu memaksimalkan proses metabolisme tubuh. Jika anda akan memanfaatkan timun suri ini untuk diet, maka sebaiknya hindari menambahkan gula dan juga pemanis buatan.

3. Memelihara Kesehatan Tubuh

Rutin mengkonsumsi timun suri dapat membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Ini dikarenakan, di dalam timun suri kaya akan kandungan vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah penyakit.

Rutin mengkonsumsi timun suri akan terhindar dari infeksi virus dan bakteri, menyehatkan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah timun dapat menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

4. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bagi orang yang menderita penyakit diabetes biasanya akan merasakan ketakutan ketika mengkonsumsi buah yang manis. Namun berbeda dengan buah timun suri ini, justru timun suri sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan di dalam timun suri mengandung zat gula yang terdiri dari glukosa dan fruktosa, sumber gula alami ini tidak akan menyebabkan kadar gula darah meningkat.

5. Memperkecil Resiko Terkena Kanker

Manfaat makan timun suri juga sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari penyakit kanker, karena di dalam timun suri mengandung beberapa jenis antioksidan alami yang efektif menangkal serangan radikal bebas berbahaya penyebab kanker.

Salah satu senyawa yang berperan dalam menangkal kanker yaitu bernama senyawa saponin. Rutin mengkonsumsi timun suri paling tidak seminggu sekali sudah dapat memperkecil resiko terkena penyakit kanker mulai dari kanker usus, kanker prostat, kanker payudara dan juga kanker hati.

6. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol berlebih dalam darah memang menjadi musuh utama bagi tubuh, terutama jenis kolesterol yang berasal dari asam lemak jenuh. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabka penumpukan plak pada dinding pembuluh darah arteri, sehingga dapat memicu kemunculan beberapa jenis penyakit seperti penyakit hopertensi, penyakit jantung dan juga stroke.

Salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi timun suri, konsumsi timun suri secara rutin setiap hari dapat menurunkan jumlah kolesterol hingga mencepai 32 persen dari total jumlah kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Mendukung Proses Detoksifikasi Tubuh

Tanpa pernah kita sadari sebelumnya bahwa di dalam tubuh kita terdapat banyak zat-zat yang bersifat racun, zat racun tersebut berasal dari makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi sehari-hari serta pengaruh dari lingkungan luar juga.

Jika racun-racun tersebut tidak dikeluarkan akan mengendap di dalam ginjal, sehingga resiko menderita beberpaa penyakit serius seperti penyakit ginjal, hati, jantung dan pembuluh darah pun akan semakin besar.

Salah satu cara untuk menetralisir atau melakukan detoksifikasi alami tubuh bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi timun suri, karena di dalam timun suri mengandung serta dan kadar air yang cukup tinggi untuk membantu mengeluarkan zat-zat racun yang mengendap di dalam tubuh. Semua racun tersebut akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urin dan juga feses.

8. Melancarkan Peredarah Darah

Rutin mengkonsumsi buah timun suri juga bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga darah akan dapat membawa oksigen dalam jumlah cukup ke seluruh tubuh. Selain itu, manfaat makan timun suri juga dapat menjaga kesehatan dan fungsi organ jantung. Sebab, organ jantung ini berfungsi untuk memompa darah untuk didistribusikan ke seluruh organ yang ada dalam tubuh.

9. Regenerasi Sel Tubuh

Di dalam tubuh kita terdapat jutaan sel hidup yang memiliki peranan sangat penting, karena sel tubuh ini akan membawa sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, darah dan juga oksigen. Beban dari sel tubuh ini memang sangatlah berat, sehingga jika sel darah dalam tubuh banyak yang rusak atau bahkan mati akan berpengaruh terhadap kesehatan dan menurunkan fungsi organ-organ tubuh yang lainnya.

Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah timun secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah timun mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan proses regenerasi sel dalam tubuh dan melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

10. Menutrisi Kulit

Manfaat timun suri berikutnya yang tidak kalah penting, yaitu dapat menutrisi kulit mengingat di dalam timun suri ini mengandung nutrisi yang lengkap dan kaya akan kandungan air. Dengan rutin mengkonsumsi timun suri, maka kesehatan kulit akan tetap terjaga dari terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kulit. Bahkan manfaat timun suri juga dapat menjadikan kulit terlihat lebih cerah alami.

Perlu diperhatikan :
Agar kita bisa mendapatkan manfaat dari timun suri ini, maka kita harus rutin untuk mengkonsumsinya dan dalam jumlah cukup. Sebaik apapun manfaatnya, tetap saja akan berdampak tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Demikian pembahasan mengenai 20 Manfaat Buah Timun dan Timun Suri untuk Kesehatan. Jika anda rasa artikel ini bermanfaat jangan lupa like dan share. Semoga dengan membaca artikel ini,anda bisa mendapat tambahan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan. Terima kasih dan salam sehat.