25 Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya

25 Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya -- Khasiat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan, Khasiat Jamu Kunyit Jahe Kencur, Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kecantikan, Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Wanita dan Pria, Efek Samping Kencur dan Kunyit, Khasiat Kencur untuk Pengobatan, Manfaat Mengonsumsi Air Jahe - Kunyit - Kencur.


Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya
 -- Kencur dan kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Kedua jenis tanaman herbal ini mudah sekali kita temukan di sekitar kita, karena kencur dan kunyit biasanya sering dijadikan sebagai bumbu masakan pada berbagai aneka masakan rumahan.

Namun dalam dunia pengobatan tradisional, kencur dan kunyit sering kali dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan ramuan obat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat. Hal ini dikarenakan, di dalam kencur dan kunyit mengandung berbagai kandungan zat penting yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk mengetahu kandungan dan manfaat apa saja yang ada pada kencur dan kunyit, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Pengobatan

Kencur termasuk jenis tanaman obat yang memiliki rimpang beraroma harum. Dalam bahasa latin kencur dikenal dengan nama Kaempferia galanga dan masih satu famili dengan jahe (Zingiberaceae). Keluarga jahe-jahean sudah terkenal sejak dulu sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat, sehingga kencur sudah sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jamu tradisional. Tanaman kencur sendiri banyak tumbuh wilayah beriklim tropis dan subtropis seperti di Indonesia, Tiongkok, Jepang Dan Bangladesh.

Manfaat dan khasiat kencur terbukti sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, bahkan tanaman obat ini juga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman penghilang rasa cemas, stres dan depresi. Di Indonesia, kencur sudah dimanfaatkan olah masyarakat sebagai bahan untuk pembuatan obat tradisional sejak berpuluh-puluh tahun. Bahkan saat ini kencur juga sering dipilih sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat modern atau obat herbal pabrikan.

Berbagai kandungan zat yang ada dalam kencur terbilang aman untuk tubuh, sehingga kencur sering dijadikan sebagai bahan membuat jamu beras kencur yang sering dipopulerkan oleh para tukang jamu kelili atau jamu gendong.

Dengan minum jamu beras kencur secara rutin dan teratur sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mecegah berbagai jenis penyakit. Untuk mengetahui beragam khasiat dari jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menambah Nafsu Makan

Minum ramuan air beras kencur secara rutin diyakini dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Jamu beras kencur tidak hanya cocok di minum oleh orang dewasa dan orang tua saja, tetapi juga sangat baik diminum oleh anak-anak yang sedang memiliki masalah dengan nafsu makannya. Hal ini dikarenakan, di dalam dkencur mengadung minyak atsiri yang sudah sangat terkenal dan popler di kalangan masyarakat yang dapat menambah nafsu makan anak pada masa pertumbuham

2. Melindungi Dinding Lambung

Beras kencur juga sangat bermanfaat untuk mempertebal dinding lambung, sehingga jamu ini sangat baik sekali jika diminum secara rutin dan teratur oleh pasien yang sedang menderita sakit maag.

3. Menghilangkan Rasa Capek dan Pegal-Pegal

Minum ramuan jamu yang terbuat dari kencur sangat baik untuk menghilangkan rasa capek dan juga pegal-pegal pada tubuh. Maka bagi anda para pekerja keras, sebaiknya minumlah ramuan beras kencur secara rutin dan teratur agar badan kembali sehat dan segar.

4. Meningkatkan Vitalitas

Bagi para kaum pria dewasa, minum jamu beras kencur secara rtin setiap hari dapat membantu meningkatkan vitalitas para kaum pria dewasa, sehingga kaum pria tidak akan merasa lemas dan loyo ketika melakukan hubungan intim diatas ranjang besama dengan pasangam.

5. Mengatasi Gejala Masuk Angin

Efek hangat pada tubuh setelah minum beras kencur diyakini dapat membantu mengatasu gejala masuk angin, sensasi hangat pada tubuh dapat berfungsi sebagai penghilang rasa mual dan meredakan masuk angin.

6. Penghilang Nyeri

Minum air rebusan kencur secara rutin dan teratur setiap hari dapat berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri para otot-otot tubuh setelah melakukan olahraga atau aktivitas pekerjaan yang cukup berat.

7. Meredakan Gejala Batuk

Selain bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, minum ramuan herbal dari kencur ini sangat efektif untuk meredakan gejala batuk. Efek hangat pada kencur dapat membantu meredakan gatal-gatal pada tenggorokan yang dapat menyebabkan sseorang batuk-batuk, sehingga pada saat sedang terserang batuk dengan rutin minum air rebusan kencur hanga dapat membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

8. Menyegarkan Badan

Rasa hangat dan segar setelah meminum jamu beras kencur sangat dipercaya oleh banyak kalangan masyarakat dapat menyegarkan badan setelah lelah beraktivitas seharian, sehingga rasa lelah setelah beraktivitas pun akan hilang dan pada keesokan harinya badan akan kembali segar dan bugar dan siap melakukan aktivitas pekerjaan dengan baik.

9. Bersifat Analgesik

Salah satu kandungan zat yang terkandung di dalam kencur bersifat sebagai analgesik, kandugan zat analgesik ini dapat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

10. Melangsingkan Tubuh

Sudah sejak lama bahwa dengan rutin minum jamu beras kencur dapat membantu melangsingkan tubuh, karena kandungan zat dan efek dari kencur ini dapat melancarkan pencernaan, mencegah tumpukan lemak dan rasa hangat pada kencur ini sangat baik untuk membantu membakar lemak dalam tubuh.

11. Mengatasi Perut Mulas

Manfaat kencur juga dipercaya sejak dulu untuk mengatasi perut mulas, karena kandungan minyak atsiri yang terkandung di dalam kencur dapat digunakan untuk mengatasi perut mulas. Maka tak heran jika sudah sejak dulu ketika perut megalami mulas, masyarakat sering membuat jamu beras kencur untuk menghentikan rasa mulas tersebut.

12. Mengobati Sariawan

Bagi anda yang sedang menderita sariawan, maka salah satu obat sariawan alami yang sudah terbukti ampuh yaitu dengan minum jamu beras kencur. Hal ini dikarenakan, rasa hangat dan pedas dari kencur ini dapat membunuh kuman dan bakteri yang berkembang di dalam mulut yang menyebabkan sariawan.

13. Mengobati Sakit Kepala

Selain berkhasiat untuk mengobati sariawan di mulut, ternyata minum ramuan beras kencur juga dipercaya ampuh untuk mengobati sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah atau migrain. Meskipun saat ini ada banyak sekali obat sakit kepala yang dijual di apotik atau warung-warung, minum jamu beras kencur merupakan cara alami yang terbukti ampuh dan tanpa efek samping apabila diminum setiap hari.

14. Mengobati Sakit Maag

Manfaat minum jamu beras kencur juga terbukti sangat ampuh untuk mengobati sakit maag, karena dengan rutin minum jamu yang terbuat dari kencur dapat membantu menurunkan kadar asam lambung yang sedang tinggi. Dengan rutin minum beras kencur, maka sakit maag bisa segera diatasi dan sembuh.

15. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kandungan zat yang terdapat di dalam kencur sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan aliran empedu, aliran cairan empedu ini dapat berperan penting dalam membantu melancarkan proses penyerapan makanan dalam tubuh. Apabila makanan ini dapat terserap dengan baik oleh tubuh, maka kadar kolesterol dalam darah akan ikut menurun. Kadar kolesterol yang normal, maka tubuh pun akan terhindar dari berbagai jenis penyakit kardiovaskular seperti penyakit hipertensi, jantung dan juga stroke.

16. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat kencur untuk kesehatan berikutnya dipecaya sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh, seperti misalnya penyakit kanker dan berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Maka dengan minum jamu beras kencur, kandungan zat antioksidan yang ada dalam kencur dapat menangkal dan sekaligus mengeluarkan radikal bebsa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

17. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jamu beras kencur juga sangat baik untuk diminum oleh mereka yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, karena kandungan zat yang ada dalam kencur efektif untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : 22 Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan, Kecantikan, Masalah Kewanitaan, dan Pria Dewasa

B. Cara Mengolah / Membuat Jamu Beras Kencur

Jika di daerah anda cukup sulit untuk menemukan penjual jamu kelilig atau jamu gendong, anda bisa membaut jamu beras kencur sendiri dirumah. Ada beberapa bahan alami yang perlu disiapkan, takaran dan proses pembuatan yang tepat akan menciptakan beras kencur dengan rasa yang pas dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk membuat ramuan jamu beras kencur di rumah, yaitu :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 200 gram, beras
  • 500 gram, kencur ukuran sedang
  • 100 gram, gula aren/jawa
  • 200 gram, gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 1 buah, jeruk nipis (peras airnya)
  • Kayu manis, secukupnya
  • Cengkeh kering, secukupnya
  • 1,5 liter air

Cara Membuat :

Rebus semua bahan di dlaam panci sampai mendidih, lalu diamkan selama beberapa menis sampai air rebusannya cukup hangat. Saring airnya dan tuangkan ke dalam botol. Minun air ramuan jamu beras kencur diatas sebanyak setengah gelas per hari.

Baca Juga : 17 Manfaat Tanaman Jahe untuk Kesehatan dan Obat

C. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan

Setelah kita menguias tentang manfaat kencur, kali ini akan kita bahas mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit juga ternyata sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Meredakan Rasa Nyeri Pada Sendi (osteoarthritis)

Di dalam kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang diduga efektif untuk membantu meredakan rasa nyeri pada persendian akibat penyakit osteoarthritis, yaitu jenis penyakit yang dapat menyerang area persendian sehingga menyebabkan sendi menjadi sakit, kaku dan kehilangan fleksibelitasnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja dari kunyit sebanding dengan zat ibuprofen yang sangat ampuh mengatasu penyakit osteoarthritis. Maka jika anda menderita penyakit osteoarthritis, maka anda bisa minum ramuan atau ekstrak kunyit sebanyak 500 mg dua kali dalam sehari.

2. Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh karena disebabkan oleh berbagai faktor, bisa disebabkan oleh karena alergi, terkena ulat bulu atau akibat dari pengaruh lingkungan. Untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, anda bisa minum ramuan yang terbuat dari ekstrak kunyit untuk melakukan pengobatan dari dalam. Selain itu, anda juga bisa melakukan pengobatan dari luar dengan membaluskan parutan kunyi pada kulit yang terasa gatal.

3. Menghilangkan Ruam Pada Kulit

Ruam pada kulit dapat ditandai dengan munculnya bercak kemerahan. Meskipun biasanya ruam ini akan hilang dengan sendirinya, tapi jika tidak segera dihilangkan akan sangat mengganggu dan terkadang kulit terasa perih. Masalah kulit ini bisa diatasi dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan zat dan nutrisi pada kunyit akan memberikan efek tenang pada kulit dan kondisi kulit bisa kembali seperti semula.

4. Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Sudah bukan rahasia umum jika ketika tiba masa haid atau menstruasi, sering kali para kaum wanita menderita rasa sakit. Meskipun kondisi ini umum terjadi, tetapi jika tidak segera diatasi tentunya akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Untuk meredakan rasa sakit atau nyeri saat haid, anda bisa rutin minum ramuan kunyit secara rutin dan teratur setiap hari selama haid.

5. Mengobati Tukak Lambung

Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Gajah Madu (UGM) mengungkapkan bahwa kandungan zat yang terdapat pada kunyit diduga efektif untuk meredakan rasa nyeri pada lambung. Hanya saja, penelitian tersebut baru dilakukan pada 30 ekor tikus yang diberik makan ekstrak kunyit dan hasilnya tikud-tikus tersebut tidak mengalami peradangan sama sekali.

6. Mengobati Sakit Maag

Sama hal nya dengan kencur, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Sebab, kandungan zat yang terkandung di dalam kunyit mampu menurunkan kadar asam lambug berlebih. Maka dengan rutin minum ramuan ekstrak kunyit ketika sedang sakit maag, maka ras sakit akibat maag bisa segera sembuh.

7. Mencegah Kanker

Manfaat kunyit juga hampir sama dengan manfaat kencur, karena di dalam kunyit juga mengandung beberapa kandungan zat yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Maka dengan rutin mengkonsumsi atau minum ramuan yang terbuat dari kunyit dapat memperkecil resiko tubuh terkena penyakit kanker.

8. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Minum jamui kunyit setiap hari sangat baik dilakukan oleh para penderita kolesterol tinggi, karena kandungan kalium yang ada dalam kunyit ini efektif untuk mencegah dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, minum ramuan kunyit juga sangat baik untuk mencegah terkena penyakit jantung dan stroke.

D. Cara Mengolah / Membuat Ramuan Atau Jamu Kunyit

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Bubuk kunyit / parutan kunyit, sebanyak 2 sendok teh
  • Bubuk kayu manis, sebanyak 1 sendok teh
  • 1 rimpang jahe segar, cincang atau halus
  • Biji merica, sebanyak 6 buah
  • 1 kantung teh celup
  • Sejumput garam halus
  • 2 gelas air

Cara membuat ramuan / jamu kunyit :
  1. Pertama-tama panaskan air sebanyak 2 gelas.
  2. Masukan semua bahan seperti kunyit, kayu manis, jahe, merica, dan juga garam.
  3. Rebus semua bahan sampai mendidih.
  4. Biarkan mendidih sampai air rebusannya hanya tersisa 1 gelas saja.
  5. Angkat, saringan dan tuangkan ke dalam gelas.
  6. Minum ramuan dua kaki sehari, setengah gelas di pagi hari dan setengah gelas pada malam sebelum tidur.

E. Efek Samping Kunyit pada Tubuh

Meskipun memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Batas wajar mengkonsumsi kunyit tidak boleh lebih dari 500 mg perhari.

Efek samping yang ditumbulkan, diantaranya yaitu :
  1. Reaksi alergi.
  2. Gangguan pada kantung empedu.
  3. Perdarahan.
  4. Gangguan hati.
  5. Kontraksi uterus.
  6. Gangguan perut dan pencernaan.
  7. Mengurangi kesuburan pada pria.


Itulah Beragam Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Mengolahnya yang penting untuk anda ketahui bersama. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar dan rutin, maka kencur dan kunyit akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk memiliki tubuh sehat tidak harus mengkonsumsi obat-obatan kimia, karena berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita pun bisa dijadikan sebagai obat yang jauh lebih aman.

Demikian ulasan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian dan salah sehat untuk kita semua. Ayo share artikel ini. Like juga halaman fb blog ini. Terima kasih.