25 Manfaat Jamu Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Kesehatan, serta Cara Membuatnya

25 Manfaat Jamu Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Kesehatan Tubuh, serta Cara Membuatnya -- Khasiat Minum Jamu untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Rutin Mengonsumsi Jamu, Manfaat Jamu Bagi Kesehatan, Cara Membuat Jamu Kunyit Jahe, Manfaat Jahe Kencur dan Kunyit, Manfaat Jahe Kunyit Kencur Temulawak, Manfaat Kunyit, Jahe dan Kencur Bagi Tubuh, Manfaat Kunyit Jahe dan Lengkuas, Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kecantikan, Manfaat Jahe dan Kunyit untuk Diet.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Jamu Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Kesehatan Tubuh, serta Cara Membuatnya -- Manfaat Jamu Kunyit, Jahe dan Kencur memang sudah diyakini sejak jaman nenek moyang kita dulu. Ketiga jenis rempah-rempah ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan jamu tradisional yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Jamu yang terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe dan kencur ini baik dikonsumsi oleh pria dan wanita, muda ataupun tua. Sebab, ketiga bahan alami ini aman dikonsumsi sebagai minuman sehat sehari-hari yang dapat menjadikan tubuh lebih sehat, segar dan bugar sepanjang hari. Selain berkhasiat untuk kesehatan, ternyata ketiga bahan alami ini juga bagus untuk kecantikan kulit.

Di dalam kunyit, jahe dan kencur mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan senyawa yang sangat penting. Senyawa-senyawa tersebut bersifat sebagai anti kanker, anti bakteri dan juga anti inflamasi (peradangan).

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan senyawa penting yang terkandung di dalam kunyit, jahe dan juga kencur, diantaranya yaitu :
  • Mengandung mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, zat besi, kalium, seng, natrium, kobalt dan juga aluminium.
  • Mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
  • Mengandung minyak atsiri sebanyak 2-5 persen, yaiu terdiri dari betaturmenon, Fenilpropana turmeron, aril kurmen, kurlon kurkumol dan Zingberin.
  • Mengandung beberapa jenis zat seperti zat dammar, fruktosa, glukosa dan juga beberapa jenis zat aktif yang berasal dari senyawa arabinusa.
  • Mengandung senyawa dari heptanoid seperti Curcumin, dihidro kurkumin dan bisdesmetok sirkukumin.

Setelah mengetahui beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kunyit, jahe dan juga kencur. Maka anda jangan ragukan berbagai manfaat dari kunyit, jahe dan kencur bagi kesehatan tubuh.

A. Manfaat Jamu Kunyit, Jahe dan Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat minum jamu yang terbuat dari bahan kunyit, jahe dan kencur bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Dengan rutin minum jamu tradisional ini dipercaya mampu menetralisir racun-racun yang mengedap dalam tubuh, sehingga berbagai kandungan zat kimia yang akibat dari konsumsi obat-obatan kimia berlebih atau jangka panjang akan dikeluarkan oleh tubuh melalui feses, air seni dan keringat saat berolahraga atau melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

2. Mengobati Luka Bakar

Di dalam kunyit, jahe dan kencur memilki kandungan zat yang bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Maka ketika anda mengalami luka bakar, anda bisa memanfaatkan ketiga bahan alami ini untuk dijadikan sebagai obat luka bakar agar luka bakar bisa cepat kering dan sembuh.

Baca Juga : Cara Membersihkan Luka Bakar, Luka Bernanah, dan Luka Lecet secara Benar

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Bagi anda yang merasa takut gemuk, maka anda tidak perlu mambatasi asupan makanan yang dilakukan secara ekstrim. Bukannya tubuh terlihat langsing dan memiliki bentuk tubuh yang indah, melainkan ada akan sakit dan tubuh mengalami kekurangan asupan gizi dan nutrisi.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kunyit, jahe dan kencur dapat membantu dalam menekan rasa lapar berlebih yang dapat membuat kita sering merasa lapar dan ingin makan banyak.

4. Mengatasi Peradangan pada Tenggorokan

Manfaat minum jamu kunyit, jahe dan kencur dipercaya ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan. Minum secara rutin 2 kali sehari, dalam beberapa hari rasa sakit pun akan berangsur-angsur berkurang dan sembuh.

5. Melancarkan Siklus Haid

Manfaat minum jamu yang dibuat dari bahan kunyit, jahe dan kencur tidak hanya berkhasiat untuk para kaum pria saja, tetapi juga sangat baik diminum oleh wanita. Salah satu khasiatnya yaitu dipercaya dapat membantu melancarkan siklus haid. Maka ketika anda sering mengalami haid yang tidak lancar, anda bisa rutin minum ramuan tradisional dari ketiga jenis rempah-rempah tersebut.

6. Menjaga Stamina Tubuh Tetap Bugar

Bagi anda para pekerja berat atau yang memiliki aktivitas padat, maka mulai dari sekarang rajin-rajinlah untuk minum jamu kunyit, jahe dan kencur. Dengan rutin minum ramuan yang dibuat dari ketiga bahan alami tersebut mampu menjaga stamina tubuh tetap pria, sehingga tubuh akan tetap segar bugar dan mampu melakukan aktivitas dengan baik tanpa khawatir mengalami kelalahan dan jatuh sakit.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Bugar

7. Menyembuhkan Pegal-Pegal

Bagi anda yang sering merasa pegal-pegal, sebaiknya anda jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia dulu. Tidak ada salahnya jika anda mencoba menyembuhkan pegal-pegal dengan cara tradisional.

Sudah sejak dulu masyarakat di Indonesia sering memanfaatkan rempah-rempah seperti kunyit, jahe dan kencur ini sebagai obat alami untuk menghilangkan rasa sakit dan pegal-pegal. Setelah rutin minum jamu yang dibuat dari bahan-bahan tersebut, pegal-pegal akan hilang dan badan akan kembali bugar.

8. Mengobati Masuk Angin

Ketika tubuh mengalami masuk angin, tentunya tubuh akan terasa tidak nyaman dan akan muncul beberapa gejala seperti perut kembung, meriang, mual-mual dan muntah. Ketika anda menderita gejala masuk angin, anda bisa membuat ramuah obat tradisional dari bahan-bahan alami seperti kunyit, jahe dan kencur. Minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari, dalam beberapa hari masuk angin pun akan segera sembuh.

9. Mencegah dan Mengobati Sakit Maag

Manfaat rutin minum jamu yang terbuat dari bahan alami kunyit, jahe dan kencur dipercaya ampuh untuk mencegah dan sekaligus mengobati sakit maag dengan cepat. kandungan nutrisi dan zat yang ada di dalam ketiga bahan alami dipercaya efektif meredakan rasa sakit pada penderita maag, maag pun secara berangsur-angsur akan sembuh.

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatasi Sakit Maag secara Alami

10. Mengobati Peradangan pada Selaput Lendir Mulut

Terjadinya pembengkakan pada rongga mulut, terutama pada selaput lendir dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang pada akhirnya akan muncul berbagai keluhan kesehatan mulut seperti bau mulut, gusi bengkak, sakit gigi sariawan dan lain sebagainya.

Untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam mulut, maka anda bisa mengobatinya dengan rutin minum jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, jahe dan kencur secara rutin setiap hari sampai sembuh.

11. Mengatasi Keputihan pada Wanita

Bagi anda yang sering mengalami masalah keputihan yang tidak normal, sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa penyebab keputihan yang anda alami. untuk membantu mengatasinya, anda bisa rutin minum jamu yang terbuat dari kunyit, jahe ndan kencur. Hal ini dikarenakan, banyak orang tua dulu yang sangat menganjurkan untuk rutin minum jamu tersebut ketika sedang mengalami keputihan.

Penting untuk anda semua ketahui, bahwa di dalam bahan-bahan alami tersebut mengandung zat mineral dan atsiri yang terbukti ampuh mencegah dan sekaligus mengatasi masalah keputihan pada wanita. Ketika anda sedang mengalami keputihan, salah satu cara mengatasi keputihan secara alami yaitu dengan rutin minun jamu kunyit, jahe dan kencur setiap hari.

12. Ampuh Bersihkan Lambung

Selain bermanfaat untuk mengobati sakit maag, rutin minum jamu yang terbuat dari kunyit, jahe dan kencur ini sangat efektif untuk dijadikan minuman pembersih lambung. Kandungan zat minyak atsiri yang terkandung di dalamnya dapat membersihkan organ lambung dalam tubuh dari berbagai jenis bakteri dari sisa dari proses pencernaan serta gas yang dihasilkan dari sisa makanan.

Dengan rutin minum jamu ini setiap hari minimal sekali sehari, maka menjadikan lambung lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan pada lambung.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung secara Alami

13. Mencegah Penggumpalan Darah

Jamu kunyit, jahe dan kencur sudah sejak dulu dipercaya mampu melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, peredaran darah pada saluran pembuluh darah akan tetap lancar dan terhindar dari resiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit, seperti hipertensi, kolesterol dan penyakit jantung.

14. Mencegah dan Menghambat Perkembangan Sel Kanker Payudara

Kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalam kunyit, jahe dan kencur dipercaya sejal lama dapat mencegah munculnya kanker pada payudara. Bahkan bagi anda yang sudah positif terjangkit penyakit kanker payudara, jamu ini juga dipercaya dapat membantu menghambat perkembangan sel kanker agar tidak bertambah parah dan dapat disembuhkan. Dalam hal ini tetap harus mengikuti pemeriksaan dan penanganan secara medis.

15. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalam kunyit, jahe dan kencur mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan menjaganya agar tetap berada pada batas normal. Dengan rutin minum jamu kunyit, jahe dan kencur mampu menyeimbangkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit diebetes.

16. Menyembuhkan Penyakit Tifus atau Tipes

Manfaat lain rutin minum jamu kunyit, jahe dan kencur yaiu dipercaya dapat mengibati penyakit tifus atau tipes. Ketika anda terkena penyakit tifus, sebaiknya anda rutin minum jamu ini secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari sampai sembuh.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan

17. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan senyawa yang terkandung dalam kunyit, jahe dan kencur dipecaya mampu memperbaiki sel-sel dalam otak yang mengalami kerusakan. Selain itu, senyawa aktif yang ada pada rempah-rempah tersebut juga dapat membantu melancarkan dan memperkuat saluran pembuluh darah yang ada di area otak, sehingga fungsi dari otak akan lebih optimal dan mampu merespon sinyal yang diberikan oleh tubuh.

18. Menyembuhkan Diare

Senyawa atsiri yang terkandung di dalam kunyit, jahe dan kencur ddipercaya mampu mengentalkan cairan dan menghambat feses, sehingga rutin minum jamu yang terbuat dari rempah-rempah tersebut dapat menyembuhkan diare dengan cepat dan aman. Ketika anda rutin minum ramuan jamu tersebut, maka akan terjadi proses pengerasan kembali pada feses, sehingga diare akan segera sembuh dan buang air besar pun akan kembali normal.

19. Melancarkan ASI

Tidak sedikit ibu yang baru saja melahirkan mengalami masalah produksi ASI yang tidak lancar, sehingga kebutuhan ASI untuk sang buah hati menjadi tidak terpenuhi. Hal ini tentu tidak boleh dianggap sepele, mengingat ASI adalah makanan dan minuman utama untuk bayi usia dibawah 6 bulan.

Bagi para ibu yang mengalami masalah ini, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia sebaiknya anda mencoba cara alami untuk melancarkan ASI. Salah satu caranya yaitu dengan rutin minum jamu kunyit, jahe dan kencur setiap hari. Biasanya dalam 2 hari produksi ASI akan menjadi lancar, kualitas ASI yang diproduksi pun lebih sehat untuk bayi.

Baca Juga : Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Bayi

20. Mengobati Penyakit Amandel

Amandel yang berukuran besar tentu akan sangat menganggu sekali dan membuat anda yang menderitanya merasa tidak nyaman, terutama ketika makan dan minum. Rasa sakit dan mengganjal akan selalu terasa, salah satu cara alami untuk mengobati penyakit amandel ini yaitu dengan rutin minum ramuan atau jamu yang dibuat dari bahan alami seperti kunyit, jahe dan kencur. Minum secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur, dalam beberapa hari biasanya amandel akan mengecil dan sembuh.

21. Mengobati Penyakit Anemia

Tubuh yang mengalami kekurangan darah atau anemia akan mudah lelah, terlihat pucat dan kurang bergairah. Salah satu cara alami mengobati penyakit anemia ini anda bisa rutin minum jamu kunyit, jahe dan kencur secara rutin setiap hari.

Hal ini dikarenakan, di dalam ketiga bahan jamu tersebut mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Minum jamu ini secara rutin 2 kali sehari.

22. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam kunyit, jahe dan kencur mengandung zat antioksidan yang sangat kuat. Senyawa antioksidan mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit, sehingga dengan rutin minum jamu ini tubuh tidak akan mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat.

Baca Juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

23. Mengobati Sariawan

Kandungan zat atsari yang terkandung di dalam kunyit dan jahe dipercaya efektif untuk menyembuhkan sariawan pada rongga mulut, kandungan zat tersebut akan bertindak sebagai pereda nyeri dan mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan.

Selain itu, kandungan zat anti-bakterinya mampu membasmi bakteri yang berkembang biak di dalam rongga mulut yang dapat menjadi penyebab berbagai masalah mulut lainnya.

24. Mengatasi Perut Kembung

Perut yang kembung memang identik dengan gejala masuk angin, untuk mengatasi perut kembung yang disebabkan oleh gejala masuk angin dapat diatasi dengan rutin minum jamu kunyit, jahe dan kencur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

25. Mempercepat Penyembuhan

Bagi anda yang baru bangun dari sakit, dianjurkan untuk minum jamu kunyit, jahe dan kencur agar kondisi tubuh bisa kembali pulih. Sehingga tubuh anda akan kembali segar dan bugar, aktivitas pun akan berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa manfaat minum jamu kunyit, jahe dan kencur. Bagi anda yang ingin tahu cara membuat jamu ini sendiri di rumah, anda bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Baca Juga : Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan

B. Cara Membuat Ramuan Jamu Kunyit, Jahe dan Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini langkah yang bisa anda lakukan dalam membuat ramuan jamu dari bahan kunyit, jahe dan kencur. Silahkan dicoba.

Bahan yang Dibutuhkan :
  • Kunyit, 2 genggam
  • Jahe, 2 genggam
  • Kencur, 2 genggam
  • Asam jawa matang, 1 bungkus
  • Gula merah, secukupnya
  • Garam, sedikit saja
  • Air, 2 gelas ml

Cara Membuatnya :
  1. Pertama-tama bersihkan bahan-bahan seperti kunyit, jahe dan kencur
  2. Setelah itu, haluskan semua bahan yang sudah dicuci dengan menggunakan blender
  3. Selanjutnya, masukan semua bahan ke dalam panci kecil dan rebus sampai mendidih
  4. Angkat dan saring airnya, lalu dinginkan
  5. Minum ramuan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari, 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di malam hari

Bagaimana, mudah bukan cara membuat ramuannya?
Itulah tadi penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai 25 Manfaat Jamu Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Kesehatan, serta Cara Membuatnya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian, salam sehat, dan selamat mencoba.