13 Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Serta Cara Minumnya yang Benar

13 Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil -- Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan Tubuh dan Kehidupan, Cara Minum Air Zam-zam yang Baik dan Benar, Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan Mata - Wajah - Jerawat, Manfaat Air Zam Zam yang wajib diketahui, Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil, Keunikan dan Keistimewaan Air Zam-Zam.


13 Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Serta Cara Minumnya yang Benar -- Air Zam-Zam adalah air yang ada di kota Mekkah, Arab Saudi. Letak dari sumur yang merupakan sumber Air Zam-Zam ini dekat sekali dengan Ka’bah, jaraknya hanya sekitar 38 hasta. 

Sumber Air Zam-Zam berasal dari sebuah sumur yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan hingga saat ini sumur ini belum pernah kering, menurut pada peneliti mengungkapkan bahwa di dalam Air Zam-Zam memiliki 30 unsur yang membuat kualitas air ini sangat baik, higienis dan menyehatkan. Air Zam-Zam sendiri terlihat sangat bening, tidak terlihat adanya campuran warna, sehingga Air Zam-Zam ini dianggap sebagai mukjizat bagi manusia dan juga alami.

Air Zam-Zam sendiri telah menjadi minuman khas bagi seluruh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji atau umroh. Minuman ini selain bermanfaat untuk menghilangkan haus dan dahaga, tetapi juga diyakini memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh bagi yang meminumnya.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Keunikan dan Keistimewaan Air Zam-Zam

Berbeda dengan jenis air mineral pada umumnya, Air Zam-Zam sendiri memiliki beberapa komposisi ion positif, seperti :
  • Kalsium, sebanyak 200 mg per liter
  • Sodium, sebanyak 250 mg per liter
  • Magnesium, sebanyak 50 mg per liter
  • Potassium, sebanyak 20 mg per liter

Ada juga beberapa komposisi ion negatif yag terdiri dari sulfur sebanyak 372 mg per liter, fosfat sebanyak 0,25 mg per liter, nitrat sebanyak 273 mg per liter, ammonia sebanyak 6 mg per liter dan juga bicarbonates sebanyak 366 mg per liter. Dengan adanya beberapa kandungan-kandungan tersebut menjadikan Air Zam-Zam memiliki rasa yang sangat khas dan dapat memberikan banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita yang meminumnya.

Hal lainnya juga menyebutkan bahwa, sumur Air Zam-Zam ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan sampai saat ini tidak pernah kering meski diminum oleh jutaan manusia, apalagi pada saat musim haji tiba. 

Keistimewaan lain dari Air Zam-Zam ini sangat tidak masuk di akal, dimana ukuran dari sumur Air Zam-Zam ini merupakan sumur berukuran kecil dengan permukaan sumur memiliki lebar sekitar 3-4 meter dan memiliki kedalaman sekitar 30 meter. Meskipun bisa dikatakan sangat kecil, namun sumur ini mampu memenuhi kebutuhan air dalam jumlah yang sangat luar biasa banyaknya yang mencapai hingga jutaan manusia.

Perlu kita ketahui bahwa pada saat masuk musim haji, terdapat lebih dari 2 juta orang yang membawa air zam-zam sedikitnya 5-20 liter Air Zam-Zam untuk dibawa pulang. Meski di ambil secara terus menerus tapi airnya hingga detik ini tidak pernah habis dan malah bertambah banyak. Itulah salah satu kuasa Allah SWT yang patut kita yakini sebagai umat beragama Islam.

B. Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan

Setelah mengetahui keunikan dan keistimewaan dari Air Zam-Zam ini, sesuai dengan topik pembahasan kita kaii ini, kita akan mengulas sedikit mengenai manfaat minum Air Zam-Zam untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Berikut ini beberapa manfaat Air Zam-Zam yang perlu anda semua ketahui bagi kesehatan tubuh dan juga kehidupan manusia, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh

Fungsi dari proses meabolisme tubuh yaitu dapat mengubah berbagai jenis zat yang masuk ke dalam tubuh, misalnya saja seperti megubah lemak menjadi sumber enrgi bagi tubuh. Dengan lancarnya proses metabolisme dalam tubuh, maka tubuh akan mendapatkan sumber tenaga yang sangat baik untuk membantu menjalankan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Manfaat minum Air Zam-Zam dipercaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar dapat berjalan dengan baik dan lancar, karena apabila proses metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan optimal dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak pada bagian-bagian tubuh, terutama untuk bagian tubuh yang sering menimbun lemak seperti lengan, perut, paha dan juga betis.

Kalupun terjadi penimbunan lemak berlebih dalam tubuh yang disebabkan oleh proses metabolisme tubuh yang tidak dapat berjalan dengan sangat lambat, maka salah hal yang menyebabkan proses metabolisme tubuh berjalan dengan lambat yaitu akibat dari kurangnya berolahraga. Bahkan menurut Muri Kuswary yang merupakan seorang pakar Gizi Dan Pangan Di Indonesia ini menyarankan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar dapat meminum Air Zam-Zam paling tidak satu kali seumur hidup mengingat keterbatasan untuk bisa mendapatkan Air Zam-Zam.

Baca Juga : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Menghilangkan Rasa Lapar

Menurut hasil penelitian medis, bahwa di dalam air zam-zam tidak mengandung mikroorganisme karena keberadaan mikroorganisme dapat menyebabkan kesegaran dari air akan berkurang dan bahkan hilang. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat kondisi sumur air zam-zam yang tidak ditumbuhi dengan lumut-lumut seperti hal nya sumur-sumur pada umumnya.

Selain itu, di dalam air zam-zam mengandung dua jenis mineral penting berupa kalsium dan magnesium. Kedua kandungan mineral penting tersebut menjadikan air zam-zam sangat bermanfaat untuk menyegarkan badan, sehingga dimana para jemaah haji yang sedang mengalami kelelahan setelah melakukan aktivitas ibadah haji akan kembali segar dan kembali fit setelah minum air zam-zam. Air zam-zam adalah air yang penuh berkah, minum air ini dapat menyegarkan, mengenyangkan dan juga dapat memberikan sumber energi tambahan bagi tubuh.

Baca Juga : Manfaat Makan Pagi, Siang, Sore / Malam untuk Kesehatan

3. Mukjizat Air Zam-Zam Tergantung dari Niat Orang yang Meminumnya

Berkaitan dengan poin nomor 2, dimana keistimewaan dari air zam-zam ini dapat menjad pengabul atas do’a yang dipanjatkannya kepada Allah SWT. Seperti misalnya jika anda minum air zam-zam sembari meminta diberikan kekenyangan saat menjalankan ibadah haji, maka atas izin-Nya perut anda akan benar-benar merasa kenyang.

Begitu pun dengan hal-hal lain seperti orang yang menderita sakit pada kaki, kemudian orang tersebut minum air zam-zam sembari meminta tolong kepada Allah agar disembuhkan dan dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa rasa sakit, maka atas izin Allah sakit di kakinya langsung sembuh.

Berbagai hal tersebut memang berada di luar kemampuan dari logika manusia, namun mukjizat tersebut hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang memiliki iman (keyakinan) kuat kepada Allah SWT atas segala kuasa dan keagungan-Nya.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

4. Baik untuk Meregenerasi Sel Kulit Mati Secara Optimal

Selain baik untuk kesehatan, ternyata air zam-zam juga bermanfaat untuk merawatnya kulit agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit, dengan minum air zam-zam dapat membantu peoses regenerasi sel kulit mati dan kemudian nantinya akan diganti dengan sel-sel kulit yang baru. Berkat proses regenerasi sel kulit yang lancar dapat bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit tubuh dan juga menjadikan kulit terasa lebih kenyal dan kencang.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa rutin minum air zam-zam dan membasuh kulit dengan airberkah tersebut. Jika memungkinkan, sering-seringlah berwhudu dengan menggunakan air zam-zam. Dengan rutin berwhudu menggunakan air zam-zam dapat menjadikan kulit terlihat lebih bersih, cerah dan tampak lebih segar.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dan Tubuh

5. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat air zam-zam berikutnya yaitu dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, adapun masalah penyumbatan peredaran darah dalam tubuh dapat terjadi akibat penumpukan lemak pada pembuluh darah. 

Penumpukan lemak dapat disebabkan oleh karena pola makan yang tidak sehat, misalnya seperti sering mengkonsumsi makanan berlemak, berkolesterol tinggi, makana siap saji, junk food, makanan gorengan dan lain sebagainya.

Selain itu, peredaran darah yang tidak lancar juga dapat disebabkan oleh karena jarang berolahraga. Penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan peredaran darah tidak lancar adalah masalah kesehatan yang sangat serius, karena jika tidak segera diatasi dapat berujung pada kematian.

6. Memunculkan Rasa Bahagia dalam Hati

Perasaan bahagia bisa muncul dengan minum air zam-zam. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, ternyata minum air zam-zam juga bermanfat untuk memelihara kesehatan hati dan jiwa. Maka dengan rutin minum air zam-zam selama melaksanakan ibadah haji, hati akan terasa lebih tenang, nyaman dan bahagian bisa menjalankan ibadah di tanah suci. Untuk mendapatkan kebahagiaan setelah minum air zam-zam ini, maka niatkan dalam hati  keinginan tersebut kepada Allah SWT agar hati anda dipenuhi dengan cahaya kebahagiaan.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Hati

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa di dalam air zam-zam mengandung mineral penting dalam kadar yang cukup tinggi seperti kalsium, magnesium, fosfor dan berbagai jenis mineral penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Di dalam air zam-zam mengandung kalsium ang sangat berkhasiat untuk melindungi tulang dan gigi dari kerusakan, sehingga dengan rutin minum air zam-zam dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang dan gigi.

8. Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Secara medis, rutin minum air zam-zam bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh agar semakin kuat, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Seperti yang telah kami utarakan sebelumnya bahwa mukjizat dari air zam-zam ini diyakini dapat mengabulkan doa yang dipanjatkan kepada Allah oleh setiap orang yang meminumnya.

Ketika anda atau jamaah lain di rombongan anda ada yang sedang sakit, maka cobalah untuk diberikan minum air zam-zam sembari berdo’a dengan meminta kesembuhan kepada Allah untuk segera diangkat penyakit yang sedang dideritanya.

Baca Juga : Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Memiliki Kandungan Zat yang Bersifat Anti-Kuman

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Arab Saudi, menemukan adanya kandungan zat yang bernama flourida yang berfungsi sebagai zat anti kuman. Maka dengan minum air zam-zam bermanfaat untuk membunuh dan menghilangkan kuman dari dalam maupun luar tubuh. Selain itu, kandungan zat yang terkandung di dalam air zam-zam tersebut dapat bersifat alami tanpa ada tambahan bahan-bahan kimia yang dicampurkan oleh manusia.

Bahkah sumur yang menjadi sumber mata air zam-zam ini ternyata di dalamnya tidak ditumbuhi dengan lumut dan juga mikroorganisme yang bersifat sebagai perusak. Hal inilah yang membuat air zam-zam terasa sangat menyegarkan dan nikmat, bahkan air zam-zam telah diklaim sebagai air yang memiliki kualitas terbaik di dunia.
10. Mencegah Osteoporosis

Manfaat air zam-zam berikutnya dipercaya sangat ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit osteoporosis. Berdasarkan dari hasil penelitian mengenai manfaat air zam-zam ini telah dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

Penyakit osteoporosis sendiri merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh karena tubuh kurang mendapatkan asupan kalsium, penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia pada usia dewasa dan lansia. Dari hasil penelitian terasebut menjelaskan bahwa air zam-zam memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, sehingga sangat diandalkan sebagai solusi alternatif untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Dari hasil penelitian juga menjelaskan bahwa di dalam air zam-zam mengandung kalsium sebanyak 200 mg per liter, sedangkan kandungan kalsium yang ada dalam air mineral biasa yaitu hanya 28 mg per liter. sangat jauh sekali bukan perbandingannya? Jadi, hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin sekali minum air zam-zam dan tidak heran banyak para jamaah haji yang selalu membawa air zam-zam setiap pulan dari ibadah haji.

C. Manfaat Air Zam-Zam untuk Ibu Hamil

1. Memberikan Energi untuk Ibu Hamil

Air zam-zam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi kelelahan yang sering kali di alami oleh ibu hamil, sehingga dengan minum air zam-zam ini dapat memberikan energi tambahan pada tubuh ibu hamil. Selain itu, minum air zam-zam dapat menyegarkan tubuh sehingga dapat memberikan semangat baru dalam diri dan hal seperti ini sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

2. Menutrisi Janin di dalam Kandungan

Janin yang ada di dalam kandungan sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi penting dalam jumlah cukup setiap harinya, itulah kenapa ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan yang kaya akan gzii dan nutrisi seimbang. Selain dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil, para ibu hamil juga kalau bisa disarankan untuk minum air zam-zam, karena kandungan nutrisi yang ada dalam air zam-zam jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nutrisi di dalam air mineral biasa.

Dengan minum air zam-zam saat hamil akan sangat bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan, serta dapat membuat janin tumuh dengan sehat, kuat dan cerdas ketika sudah lahir ke dunia.

Baca Juga : Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Menyusui dan Ibu Hamil

3. Menguatkan Rahim pada Ibu Hamil

Rahim adalah tempat tumbuh dan berkembangannya janin sebelum dilahirkan, memiliki kondisi rahim yang kuat dan sehat sangatlah penting agar proses kehamilan dapat berjalan dengan baik dam lancar selama 9 bulan. Untuk menjaga kesehatan dan memperkuat kandungan saat hamil, maka anda bisa minum air zam-zam.

C. Cara Minum Air Zam – Zam yang Baik dan Benar

Di dalam Islam, segala sesuatunya sudah diatur dengan baik dan sangat jelas, begitu pun dalam tata cara minum air zam-zam yang baik dan benar agar mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat akan minum air zam-zam, yaitu :
  1. Gunakan tangan kanan untuk mengambil gelas yang berisi air zam-zam, lalu minum air zam-zam sambil posisi duduk atau jongkong dengan tubuh menghadap ke arah kiblat.
  2. Pada saat hendak minum air zam-zam, jangan lupa untuk membaca bismillah terlebih dahulu, lalu bernafas sebanyak 3 kali sembari minum air zam-zam hingga dan merasa kenyang. Setelah anda merasa kenyang, bacalah kalimat Alhamdulillah dan kemudian berdo’a sesuai niat dan keinginann masing-masing.

Bagaimana, sangat banyak sekali manfaat dan keistimewaan dari air zam-zam ini bukan?

Baca Juga : Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai 13 Manfaat Air Zam-Zam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Serta Cara Minumnya yang Benar. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua yang telah membaca artikel ini dari awal hingga akhir. Dan semoga anda semua yang beragama Islam bisa segera berangkat ibadah ke tanah suci Mekkah. Amin…