20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya

20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya -- Khasiat dan Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan dan Ibu Hamil & Menyusui, Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil Muda dan Tua, Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh, Kandungan Daun Katuk, Cara Memasak Daun Katuk, Bahaya / Efek Samping Daun Katuk, Manfaat Daun Katuk untuk Pria dan Wanita.


Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya -- Ketika mendengar nama daun katuk, pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebab, daun katuk sering dimanfaatkan oleh para kaum wanita, baik wanita yang sedang hamil ataupun menyusui.

Masyarakat kita, khususnya bagi para kaum ibu yang mempunyai bayi sering memanfaatkan daun katuk sebagai bahan untuk melancarkan ASI. Namun disamping itu, daun katuk juga sering diolah untuk dijadikan sebagai masakan dengan cara ditumis atau di sayur.

Dalam bahasa latin, daun katuk disebut dengan sauropus androgynus yaitu sejenis tumbuhan yang termasuk ke dalam suku menir-meniran atau dalam bahasa latin disebut dengan nama phyllantheae. Tanaman obat yang satu ini masih satu keluarga dengan cermai, menteng dan juga cermai.

Selain sering dimanfaatkan sebagai sayuran, daun katuk juga ternyata sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat. Hal ini dikarenakan, di dalam daun katuk mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan gizi / nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk diantaranya yaitu mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, lemak, kalsium, fosfor dan juga zat besi.

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan senyawa utama yang ada dalam daun katuk yaitu senyawa sterol yang mempunyai sifat astrogenik, kandungan senyawa tersebut dipercaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, dau katuk juga mengandung efedrin yang terbukti efektif untuk meredakan gejala flu,

Dilihat dari berbagai kandungan gizi dan nutrisinya, daun katuk ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun katuk juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak ulasannya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui

Berikut ini berbagai manfaat daun katuk untuk kesehatan, ibu hamil, dan ibu menyusui yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Produksi ASI

Manfaat daun katuk untuk kesehatan lainnya yaitu dipercaya ampuh untuk membantu merangsang produksi ASI. Sudah bukan rahasia lagi jika daun katuk memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI, karena di dalam daun katuk mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B1 dan juga vitamin C serta kaya akan kandungan mineral penting seperti kalsium, kalium, fosfor dan juga zat besi.

Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang menyusui bayinya, baik sekali untuk mengkonsumsi daun katuk agar ASI yang dihasilkan bisa lancar dan mencukupi kebutuhan bayi.

2. Sumber Vitamin C

Untuk mendapatkan asupan vitamin C tidak harus selalu didapatkan dari aneka buah-buahan saja, tetapi juga bisa anda dapatkan dari daun-daunan atau sayuran. Salah satu jenis dedauan yang mengandung vitamin C yaitu daun katuk. Ciri-ciri adanya kandungan vitamin C pada daun katuk ini bisa anda rasakan pada saat mengkonsumsinya, akan terasa rasa sedikit asam pada daunya.

Manfaat vitamin C yaitu terbukti efektif untuk menyembuhkan sariawan, dengan mengkonsumsi daun katuk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan, bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, manfaat mengkonsumsi daun katuk juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit.

3. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Di dalam daun katuk mengandung senyawa efedrin dan juga vitamin C yang dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak ketika sedang sakit. Akibat dari rusaknya sel-sel tubuh dapat membuat fungsi dari organ-organ tubuh menjadi terganggu. Dengan rutin mengkonsumsi daun katuk, tubuh akan melakukan regenerasi untuk menggant sel-sel tubuh dengan yang baru.

4. Baik Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat mengkosumsi daun katuk juga sangat baik untuk memberishkan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh, sehingga racun-racun yang mengendap dalam tubuh akan dikeluarkan melalui proses detoksifikasi.

5. Mencegah Kanker Payudara

Daun katuk juga mengandung kaempferol yang termasuk dalam flavonoid alami yang mirip dengan estrogen, kaempferol tersebut akan dapat menyatu dengan reseptor estrogen dan sekaligus meningkatkan efek dari egonis atau antagonis yang berasal dari estrogen. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun katuk ini dipercaya mampu mencegah pembentukan kanker payudara.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun katuk juga baik untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit, terutama pada kulit wajah. Cukup dengan mengoleskan air perasan dari daun katuk secara rutin pada kulit, maka kulit akan terhindar dari masalah kulit.

7. Meningkatkan Kualitas Sperma

Daun katuk juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, karena di dalam daun katuk mengandung zat aktif yang dapa merangsang sintesis hormone steroid sama seperti progesterone dan juga testosteron. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun katuk, vitalitas, kualitas dan juga kuantitas sperma kaum pria akan menjadi meningkat.

8. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang terkandung di dalam daun katuk sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, sehingga proes kerja dari pencernaan akan berjalan dengan baik dan lancar serta terhindar dari berbagai gangguan pada pencernaan seperti sembeli dan susah buang air besar.

9. Baik untuk Diet

Daun katuk sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, karena dengan rutin mengkonsumsi daun katuk dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga program diet yang anda jalankan bisa mendapatkan hasil yang optimal.

10. Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Selai disebabkan oleh faktor keturunan, penyakit darah tinggi atau hipertensi juga bisa disebabkan oleh karena berat badan berlebih atau akibat dari rendahna kadar kalium dalam tubuh. Jika tidak segera diatas, penyakit hipertensi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena dapat menyebkan komplikasi terkena berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti penyakiot jantung dan terjadinya gangguan pada pembuluh darah.

11. Mencegah Kanker

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD menjelaskan bahwa, di dalam daun katuk mengandung kaempferol yang merupakan senyawa flavonoid alami. Senyawa tersebut terbukti sangat ampuh untuk mencegah kanker.

Hal ini dikarenakan, zat tersebut dipercaya dapat bersati dengan kandungan reseptor esterogen dan juga mendorong efek agonis dan juga antagonis dari esterogen. Dari hasil penemuan epidiomedikal, kandungan flavonol yang terdapat pada daun katuk juga terbukti masih memiliki keterkaitan dengan penurunan resiko penyakit kanker payudara.

12. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kaya akan kandungan kaemferol, di dalam daun katuk juga kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerusakan pada tulang akibat kurang mendapatkan asupan kalsium, salah satunya yaitu mencegah penyakit osteoporosis.

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang mengalami proses pengeroposan, sehingga sangat penting sekali untuk selalu mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah cukup setiap harinya. Di dalam setiap 100 gram daun katuk mengandung 240 mg kalsium, jumlah tersebut sangatlah besar jika dibandingkan dengan kandungan kalsium di dalam kol.

Maka, jika anda ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi daun katuk. Disamping itu, anda juga tetap harus mendapatkan asupan kalsium dari sumber makanan lain seperti susu atau keju. Tidak lupa untuk selalu ditunjang dengan olahraga secara rutin dan teratur, sehingga kepadatan tulang akan selalu terbentuk.

13. Memelihara Kesehatan Mata

Makanan sehat untuk mata tidak hanya wortel, ternyata daun katuk juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan, di dalam daun katuk mengandung vitamin A dan juga betakaroten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah munculnya masalah kesehatan pada mata seperti katarak, mata rabun dan juga degenerasi makula.

14. Mencegah Anemia

Pada dasarnya, hampir semua jenis sayuran hijau mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Dengan rutin mengkonsusi daun katuk ternyata terbukti sangat ampuh untuk mecegah dan mengatasi anemia, karena kandungan zat besi bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Maka dari itu, daun katuk juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena ibu hamil sangat rentan terkena penyakit anemia. Dengan terjaganya asupan zat besi pada ibu hamil, kesehatan ibu hamil dan janin akan senantiasan terjaga.

15. Menurunkan Demam

Di dalam daun katuk juga mengandung zat yang berkhasiat untuk menurunkan demam pada tubuh anda ataupun anak. Untuk menurunkan demam dengan daun katuk, anda cukup memasak daun katuk untuk dijadikan sebagai sup dan kemudian berikan kepada anak anda yang sedang menderita deman. Selain dapat menurunkan demam, makan sayur daun katuk juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak anda.

16. Mengobati Influenza

Influenza memang sering dianggap penyakit biasa yang tidak berbahaya dan mematikan, namun meski tidak berbahaya penyakit ini tetap akan mengganggu, apalagi jika produksi ingus terjadi terus menerus tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman. Penyakit influenza sendiri disebabkan oleh karena daya tahan tubuh yang sedang lemah, sehingga virus mudah sekali menyerang pertahanan tubuh dapat menyebabkan flu.

Untuk mengobati influenza, anda bisa coba mengkonsumsi sayur daun katuk hangat secara rutin, karena kandungan vitamin C yang terkandung di dalam daun katuk mampu menghentikan infeksi yang disebabkan oleh virus influenza. Disamping itu, imbangi dengan minum air putih dan istirahat cukup untuk mempercepat proses penyembuhannya.

17. Baik Untuk Metabolisme Tubuh

Di dalam daun katuk mengandung sumber klorofil yang cukup tinggi, meskipun mengandung klorofil dalam jumlah yang cukup tinggi, tapi kandungan air yang dihasilkan dari daun katuk ini tidak berwarna hijau pekat.

Klorofil sendiri bermanfaat untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh. Selain itu, klorofil juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu membasmi parasit, virus dan juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian sisa-sisa dari metabolisme tubuh tersebut akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan urin dan feses.

18. Meredakan Batuk

Mengkonsumsi sayur daun katuk dipercaya efektif untuk meredakan batuk, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak. Maka jika anda atau anak anda sedang terserang batuk, anda bisa mengkonsumsi sup daun katuk hangat.

19. Mengobati Asma

Penyakit asma memang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi penderita asma bisa berupaya untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi faktor penyebab kambuhnya asma, seperti minum minuman dingin, berada di tempat yang memiliki tingkat polusi tinggi, berada di tempat yang memiliki suhu udara dingin dan juga akibat dari daya tahan tubuh yang lemah.

Maka untuk mencegah agar penyakit asma anda tidak sering kambuh, selain menghindar faktor yang menjadi penyebabnya disarankan agar anda juga konsumsi makanan atau obat alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi daun katuk.

20. Mengobati Wasir atau Ambeien

Manfaat daun katuk berikutnya yang penting untuk anda ketahui yaitu dipercaya ampuh untuk mengobati wasir atau ambeien, sebab di dalam daun katuk mengandung serat alami yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Maka bagi anda yang sedang menderita wasir, sebaiknya rutin mengkonsumsi daun katuk agar penyakit wasir yang sedang anda derita tidak bertambah parah dan berangsur-angsur bisa sembuh.

B. Cara Mengolah Daun Katuk

Cara mengolah daun katuk tidak berbeda jauh dengan cara memasak sayur pada umumnya, bisa dimasak sesuai selera. Banyak orang yang menganggap jika rasa daun katuk tidak seenak sayuran hijau lainnya seperti bayam, kangkung, sawi dan aneka jenis sayuran hijau lainnya. Meskipun cara pengolahan dari daun katuk ini tidak berbeda jauh, namun ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika mengolah daun katuk, yaitu sebaiknya jangan memasak daun katuk terlalu lama.

Sebab, jika daun katuk dimasak terlalu lama dapat membuat kualitas dan nutrisi yang terkandung dari daun katuk tersebut akan berkurang. Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk akan mengalir keluar pada saat dimasak lama.

Untuk menanggapi hal tersebut, maka disarankan agar menambahkan santan pada saat mengolah daun katuk, karena penambahan santan dapat meningkatkan manfaat daun katuk itu sendiri sebab kandungan provitamin A yang terkandung di dalamnya akan berubah menjadi vitamin A.

C. Efek Samping Daun Katuk

Meski banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun katuk, tetapi perlu untuk diwaspadai karena di dalam daun katuk mengandung zat yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang.

Jika mengkonsumsi daun katuk mentah lebih dari 150 gram selama 2 minggu dapat menimbulkan efek sulit tidur dan juga menyebabkan sesak nafas. Kasus seperti ini juga pernah terjadi di Taiwan ketika lebih dari 40 orang mengkonsumsi jus daun katuk mentah, sehingga akhirnya gejala tersebut menyerang. Tetapi gejala tersebut berangsur-angsur berkurang dan menghilang setelah konsumsi daun katuk mentah ini dihentikan selama 40-44 hari. Selain itu, mereka yang mengkonsumsi jus daun katuk mentah selama 22 bulan mengalami gejala bronchitis.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari smallcrab.com menjelaskan bahwa sudah sejak 1995, masyarakat Amerika yang mengkonsumsi daun katuk goreng dan salad daun katuk untuk digunakan sebagai obat antiobesitas. Namun setelah dilakukan penelitian pada 115 pasien penderita brochitis, telah diketahui hampir semua pasien yang berumur rata-rata 22-65 tahun sebelumnya mereka banyak yang mengkonsumsi daun katuk.

Selain itu, kasus kelainan paru-paru juga sering terjadi pada pasien-pasien tersebut, sehingga tindakan pengobatan yang dilakukan hampir tidak memberikan reaksi yang siginifikan dan setelah 2 tahun dikabarkan ada 6 pasien yang dinyatakan telah meninggal dunia.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari sovianchoeruman.wordpress.com, kandungan protozoa yang terkandung dalam daun katuk dianggap sebagai penyebab utamanya. Maka dari itu, bagi anda yang ingin mengkonsumsi daun katuk sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan dan pastikan direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Langkah perebusan ini dilakukan untuk mengeluarkan zat racun yang terkandug di dalam daun katuk.

Baca Juga : 25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wanita

Itulah ulasan mengenai 20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Efek Sampingnya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo berbagi informasi ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Baca juga ya artikel lainnya yang ada di blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua.