27 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Kecantikan Kulit Wajah, dan Rambut

27 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Kecantikan Kulit Wajah, dan Rambut -- Khasiat dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri untuk Wajah dan Rambut, Cara Membuat Jus Daun Seledri, Efek Samping Daun Seledri, Kandungan Zar pada Daun Seledri, Kegunaan Daun Seledri untuk Pengobatan, Cara Membuat Masker Daun Seledri, Khasiat Jus Seledri, Khasiat Daun Seledri.


Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Seledri atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Apium graveolens L merupakan salah satu jenis sayuran daun atau tanaman obat yang biasanya dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan dan juga lalapan.

Bahkan di beberapa negara seperti Jepang, China dan Korea sering memanfaatkan bagian tangkai dan daun seledri sebagai bahan untuk makanan. Di Indonesia, awalnya tanaman ini mulai diperkenalkan oleh para penjajah Belanda dan dimanfaatkan sebagai penyedap sup atau dijadikan lalapan.

Sejak itulah daun seledri di Indonesia sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pelengkap makanan, daun seledri yang sudah diiris kemudian akan ditaburkan pada jenis masakan tertentu. Di samping itu, ternyata daun seledri juga tidak hanya dapat menambah rasa nikmat pada suatu masakan, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi / Nutrisi Daun Seledri

Seledri adalah jenis tumbuhan yang serbaguna, terutama untuk melezatkan masakan dan juga dijadikan sebagai obat herbal yang dipercaya sangat berkhasiat. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat dijadikan sebagai bahan obat alami seperti daun, tangkai dan umbinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Bahkan seledri ini telah disebut-sebut sejak jaman Romawi dan Yunani Klasik sebagai pendingin perut, namun sebaiknya bagi ibu menyusui tidak boleh mengkonsumsi daun seledri secara berlebihan, karena dapat menyebabkan penurunan produksi ASI.

Di dalam daun seledri sendiri terkenal kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan, karena aromanya yang khas ini memiliki sejumlah komponen yang mudah sekali menguap yang dihasilkan dari minyak atsiri, bagian dari tumbuhan seledri yang paling tinggi kandugan minyak atsirinya yaitu pada buahnya yang sudah dikeringkan.

Kandungan utama yang ada dalam dau seledri yaitu butilftalida dan butilidftalida yang menghasilkan aroma khas pada dau seledri. Selain itu, terdapat pula beberapa kandugan flavonoid seperti graveobiosid A, B dan juga senyawa golongan fenol.

Beberapa komponen lain yang terkandung dalam daun seledri diantaranya yaitu seperti apiin, furanokumarin, isokuersitrin dan isoimperatorin. Di dalam daun seledri juga mengandung asam lemak berupa asam petroselin sekitar 40-60% dan juga mengandung steroid seperti sitosterol dan stigmasterol, yaitu suatu kandungan enzim endonuklease yang disebut dengan Cel1 dan biasa dipakai dalam tehnik biologi molekular yang disebut dengan Tilling.

Begitu banyaknya kandungan zat gizi / nutrisi yang terdapat pada daun seledri, tentunya daun seledri ini memiliki khasiat dan manfaat yang cukup banyak, baik itu untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaatnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beragam Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Kecantikan Kulit Wajah, dan Rambut

A. Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Dilihat berdasarkan kandungan gizi yang terkanding di dalam daun seledri, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi daun seledri bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dibawah berikut ini.

1. Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, daun seledri ini bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk menurukan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, berdasarkan dari hasil penelitian menemukan bahwa di dalam daun seledri mengandung kalium yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Kanker

Di dalam daun seledri juga mengandung zat anti-kanker berupa flavanoid yang termasuk ke dalam jenis luteolin. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan luteolin diduga memiliki kemampuan dalam menghambat pembentukan sel kanker.

3. Baik untuk Diet

Daun seledri juga diketahui sangat kaya akan kandungan serat dan juga rendah kalori, sehingga sangat baik dimanfaatkan oleh anda yang sedang menjalani diet untuk membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda menambahkan daun seledri ini sebagai pelengkap menu makanan harian anda.

4. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Dari hasil penelitian juga menunjukan bahwa di dalam daun seledti mengandung zat-zat alami yang sangat baik untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat haid, sehingga dengan rutin minum jus seledri dapat membantu mengurangi intensitas dan juga lamanya rasa sakit yang anda rasakan.

5. Mengusir Nyamuk

Daun seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk, akrena di dalam daun seledri mengandung gel yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kemampuan dari daun seledri ini bisa bertahan hingga 4 jam, caranya cukup menumbuk daun seledri secukupnya lalu gosok-gosokan pada kulit.

6. Mengobati Penyakit Rematik dan Asam Urat

Manfaat daun seledri juga dipercaya efektif untuk mengobati penyakit rematik dan asam urat, karena di dalam daun seledri memiliki kandugan zat yang bersifat sebagai zat anti-bakteri dan anti-radang, vitamin serta kandungan mineral lengakap yang mampu meredakan rasa sakit akibat penyakit rematik.

Selain itu, mengkonsumsi daun seledri juga dapat mengurangi produksi zat purin pada area persendian yang sering menjadi penyebab utama dari peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

7. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kandungan zat dan nutrisi penting yang ada dalam daun seledri memiliki kemampuan untuk memecah kadar kolesterol agar tidak dapat menyumbat peredaran darah dan juga mencegah terjadinya penumpukan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Maka dengan rutin minum jus seledri secara rutin, kadar kolesterol dalam tubuh yang berlebih berangsur-angsur akan menurun.

8. Mengatasi Mata Kering

Di dalam daun seledri juga mengandung vitamin A yang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan retina dan juga kornea mata, sehingga dengan rutin mengkonsumsi daun seledri atau jus seledri sangat baik untuk menjaga ketajaman pada penglihatan mata dan juga mencegah kekeringan akibat dari serangan radikal bebas.

9. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Manfaat daun seledri juga diduga sangat efektif untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit anemia, terutama bagi wanita hamil dan juga pada saat sedang haid. Hal ini dikarekanan, di dalam daun seledri juga kaya akan kandungan mineral zat besi yang berkhasiat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

10. Mengendurkan Otot dan Saraf  yang Tegang

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun seledri efektif untuk membantu mengendurkan otot dan syaraf yang tegang akibat dari aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

11. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Di dalam daun seledri juga mengandung asam amino essensial dan serat, sehingga dengan rutin minum jus daun seledri sangat baik untuk membantu melancarkan BAB dan mencegah sembelit yang dapat membuat tubuh merasa kurang nyaman.

12. Meredakan Gejala Asma

Rutin minum jus daun seledri juga dipercaya efektif untuk membantu meredakan gejala penyakit asma, serta mencegah penyakit asma kambuh kembali akibat terkena paparan polusi udara.

13. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Kandungan nutrisi yang ada pada daun seledri dapat membantu meningkatkan fungsi dari organ ginjal, sehingga organ ginjal dapat bekerja dengan optimal dalam menyaring, mengontrol dan mengeluarkan zat racun dalam tubuh yang disebabkan oleh faktor makanan dan radikal bebas.

14. Menormalkan Suhu Tubuh

Akibat dari tidak stabilnya suhu tubuh dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon dan juga metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat membuat tubuh mudah sekali terserang berbagai jenis penyakit. Dengan rutin minum jus seledri dapat membuat kondisi tubuh tetap normal, sehingga organ-organ tubuh pun akan berfungsi dengan optimal.

14. Memelihara Kesehatan Jaringan Empedu

Di dalam daun seledri mengandung zat yang berperan sebagai antioksidan yang kuat dan memiliki sifat diuretik, sehingga dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus daun seledri akan berkhasiat untuk memelihara kesehatan jaringan empedu agar dapat terhindar dari serangan bakteri serta masuknya zat racun yang berasal dari makanan.

15. Mencegah Dehidrasi

Kandungan nutrisi mineral penting yang terkandung di dalam daun seledri dapat berfungsi sebagai cairan elektrolit yang sangat diperlukan oleh tubuh ketika sedang mengalami kelahan atau akibat terlalu sering buang air besar yang disebabkan oleh diare.

Selain itu, di dalam daun seledri juga mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga tubuh akan terhindar dari dehidrasi.

16. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun seledri memiliki kandungan asam amino essensial yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah arteri, sehingga organ jantung akan terhindar dari resiko penyumbatan kolesterol, stroke dan juga meningkatkan fungsi organ jantung agar dapat memompa darah dengan optimal.

17. Mengendalikan Gula Darah

Rutin mengkonsumsi daun seledri juga sangat baik dilakukan secara rutin dan teratur untuk mereka yang menderita penyakit diabetes. Karea kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun seledri sangat efektif untuk mengedalikan kadar gula darah, sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan tetap stabil.

Selain itu, kandungan nutrisi yang ada dalam daun seledri juga dapat membantu mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh yang didalamnya mengandung glukosa dalam jumlah berlebih, sehingga nantinya akan dapat dikeluarkan melalui urin dan keringat pada saat melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

18. Menjaga Kesehatan Dinding Lambung

Zat anti peradangan yang terdapat di dalam daun seledri sangat baik untuk membersihkan dinding lambung dari limbah yang berasal dari sisa-sisa makanan yang sudah tidak lagi diperlukan, sehingga kondisi dinding lambung akan tetap terjaga kebersihannya serta terhindar kerusakan dinding lambung akibat terkena infeksi bakteri dan peradangan.

19. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Manfaat daun seledri berikutnya yaitu dipercaya dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, sehingga tulag dapat terhindar dari resiko pengeroposan, pengapuran dan retak tulang akibat terkena benturan keras. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun seledri tulang akan menjadi lebih sehat, kuat dan terhindar dari resiko berbagai jenis penyakit tulang seperti osteoporosis.

20. Menjaga Kesehatan Jaringan Otak

Nutrisi yang terkandung di dalam daun seledri dapat melindungi jaringan otak dari resiko terjadi penyumbatan, infeksi bakteri dan juga mencegah terjadinya penimbunan lemak jahat yang berasal dari makanan. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun seledri sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan otak jika dikonsumsi oleh anak-anak.

B. Manfaat Daun Seledri untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Daun seledri tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kulit dan rambut. Berikut ini beberapa manfaat daun seledri untuk kecantikan kulit dan juga rambut, diantaranya yaitu :

1. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Wajah

Daun seledri tidak hanya dapat dijadikan sebagai bumbu masak atau bahan alami dalam pengobatan herbal, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah agar menjadi halus dan lembut.

Hal ini dikarenakan, rutin melakukan perawatan kulit dengan jus atau masker daun seledri minimal 3 kali seminggu mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah anda akan terasa lebih halus dan lembut.

2. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Manfaat daun seledri lainnya untuk kecantikan yaitu dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah, karena kandungan nutrisi yang ada dalam daun seledri mampu membersihkan kulit dan pori-pori kulit wajah yang tersumbat secara optimal.

3. Menghilangkan Jerawat

Kandungan zat antiseptik dan antibakteri pada daun seledri ini terbukti efektif untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, sehingga dengan rutin melakukan perawatan menggunakan masker daun seledri secara rutin setiap hari jerawat di wajah akan cepat hilang.

Selain itu, perawatan wajah ini pun dapat sekaligus membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Anda bisa membuat masker wajah dari daun seledri dan dicampur dengan air perasan jeruk nipis, lakukan perawatan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

4. Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah kering, pastinya anda merasa kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman dengan kulit wajah yang kering dan kasar. Salah satu cara melembabkan kulit wajah secara alami yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker daun seledri yang dicampur dengan minyak zaitun.

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat melakukan perawatan kulit dengan menggunakan jus daun seledri juga sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan pada kulit sebelum waktunya atau lebih dikenal dengan penuaan dini. Hal ini dilkarenakan, di dalam daun seledri mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral penting yang sangat baik untuk menutrisi kulit wajah, sehingga kulit wajah akan tampak lebih sehat dan awet muda.

6. Menyehatkan Rambut

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, ternyata manfaat melakukan perawatan dengan menggunakan daun seledri juga dapat menyehatkan rambut dan mencegah berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang dan kerusakan rambut lainnya yang disebakan oleh karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Dengan rutin melakukan perawatan dengan jus daun seledri yang dicampur dengan minyak zaitun, maka kesehatan rambut akan senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan rambut.

7. Menyuburkan Rambut

Jus daun seledri juga bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala, sehingga daun seledri ini sudah sekal dulu sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut terutama pada bayi dan balita. Dengan rutin membalurkan masker daun seledri pada kulit kepala anak anda, maka rambut anak anda akan tumbuh dengan cepat, lebat dan sehat.

C. Cara Membuat Masker Daun Seledri

Pertama-tama siapkan daun seledri secukupnya, lalu haluskan dengan blender tanpa menambahkan air. Setelah itu, tambahkan minyak zaitun dan air perasan jeruk nipis masing-masing sebanyak 1 sendok the. Campurkan semua bahan alami tersebut, lalu gunakan sesuai kebutuhan pada kulit wajah atau rambut sebagai masker.

Cara Penggunaannya :

Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah atau rambut dengan air hangat dan keringkan, lalu oleskan masker daun seledri pada kulit wajah atau rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan kurang lebih sekitar 30 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaatnya?

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Beragam Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo baca juga artikel lainnya di blog ini. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk kita semua.