22 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya

22 Manfaat Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Wajah, Khasiat & Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Garam Dapur untuk Kesehatan, Manfaat Air Garam untuk Kaki - untuk Kulit - untuk Wajah Berjerawat - untuk Rambut, Manfaat Garam dalam Kehidupan Sehari-Hari, Efek Samping Dan Bahaya Air Garam

https://www.infokesehatan.web.id/2018/07/manfaat-garam-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html

Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya -- Memasak sayur tanpa garam, pasti rasanya tidak enak. Lalu, bagaimana jika manusia hidup tanpa garam? Banyak orang yang belum tahu jika ternyata garam memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. 

Sejatinya, garam sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengimbangi kadar cairan yang ada dalam tubuh. Meskipun garam juga dapat memberikan dampak yang negatif bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, namun nyatanya tubuh manusia juga membutuhkan asupan garam.

Manfaat garam tidak hanya digunakan untuk menambah rasa asin pada masakan, ternyata garam juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam melakukan perawatan kecantikan. Penasaran, apa saja manfaat garam? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat garam untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Membunuh Kuman dan Bakteri dalam Tubuh

Secara umum, garam memiliki peranan yang sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, salah satu manfaat garam yang perlu anda ketahui yaitu sangat baik untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa bakteri dan juga kuman adalah jenis biota alam yang dapat menjadi pemicu berbagai jenis penyakit dalam tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat.

Dengan konsumsi garam, maka tubuh akan terhindar dari infeksi kuman dan bakteri yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Caranya cukup mudah, larutkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air panas, lalu masukan larutan garam tersebut ke dalam bak mandi. Gunakan air dalam bak mandi tersebut untuk mandi anda bersama dengan keluarga.

2. Mengobati Sakit Tenggorokan

Berdasarkan dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa ternyata air garam sangat efektif untuk mengobai sakit tenggorokan dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Cara kerja dari garam ini yaitu dapat membersihkan bagian dalam tenggorokan yang mengalami rasa sakit dan luka, sehingga kuman dan bakteri yang berkumpul pada tenggorokan akan mati dan gejala sakit tenggorokan pun berangsur-angsur akan mulai membaik.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan garam sangatlah mudah, anda hanya perlu melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai garam benar-benar larut, lalu minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Berguna Sebagai Obat Kumur Alami

Manfaat air garam berikutnya yaitu sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di dalam mulut, sehingga anda dapat membersihkan mulut dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Lakukan kumur-kumur dengan air garam secara rutin setiap malam sebelum tidur dan pagi setelah bangun tidur.

Larutan air garam tersebut dapat berfungsi sebagai mouthwash dan dapat berfungsi sebagai pembasmi kuman dan juga bakteri yang berkembang di dalam rongga mulut, sehingga rongga mulut dapat senantiasai terjaga kesehatannya sepanjang hari. Selain itu, rutin melakukan kumur-kumur dengan aur garam juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bau mulut, mengobati sakit gigi dan gusi berdarah, mencegah kerusakan gigi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan para mulut lainnya.

Caranya yaitu, larutkan 1 sendok makan garam halus ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai garam benar-benar larut, lalu gunakan air garam tersebut untuk kumur-kumur setiap malam dan pagi hari.

4. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kehilangan cairan akibat dari aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Perlu kita semua ketahui bahwa di dalam tubuh kita 70 persen nya terdiri dari kandungan air, sehingga tubuh sangat membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup dan harus selalu terjaga untuk mendukung aktivitas tubuh kita sehari-hari.

Jika tubuh kita mengalami dehidrasi akibat kurang mendapatkan cairan tubuh, maka tubuh bisa mengalami masalah kesehatan, seperti tubuh menjadi lemas, kurang bertenaga, tidak bisa berkonsentrasi dan juga sulit fokus. Maka jika tubuh sudah mengalami dehidrasi, maka pekerjaan yang sedang kita kerjakan akan berantakan.

Salah satu cara untuk mengatasi dehidrasi agar cairan tubuh yang hilang bisa kembali dengan cepat, maka anda bisa minum larutan air garam. Manfaat air garam mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat setelah melakukan aktivitas sehari-hari, anda bisa melarukan satu sendok teh garam dengan segelas air dan minum sampai habis setiap setelah melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari, apalagi jika aktivitas yang anda kerjakan dapat mengeluarkan keringat yang banyak.
5. Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat garam lainnya yaitu dipercaya sangat baik untuk membersihkan saluran pencernaan, karena pencernaan yang tidak bersih dapat memicu munculnya berbagai gangguan pada pencernaan seperti suah buang air besar, diare, sembelit dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

Untuk membersihkan saluran pencernaan, anda bisa memanfaatkan garam sebagai bahan alami yang ampuh membersihkan saluran pencernaan dari penumpukan toksin dan juga zat-zat kimia berbahaya yang berasal dari makanan.

Caranya yaitu, anda cukup minum segelas air larutan garam 2 kali sehari. Pada keesokan harinya, berbagai kotoran yang ada dalam saluran pencernaan akan dikeluarkan bersama dengan feses.

6. Mendetoksifikasi Organ dalam Tubuh

Manfaat minum larutan garam juga ternyata sangat bermanfaat untuk membuang racun-racun dan juga bakteri dalam organ tubuh, karena garam dapat berfungsi sebagai bahan alami untuk melakukan detosifikasi organ dalam tubuh. Dengan rutin minum ari garam, maka organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan optimal dan tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

7. Melakukan Proses Pemurnian Darah dalam Tubuh

Meski kandungan di dalam garam dapat menyebabkan darah tinggi, namun jika dikonsumsi dalam jumlah cukup sangat bermanfaat untuk membantu proses pemurnian darah dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

8. Mengendalikan Tekanan Darah

Memang benar, konsumsi garam berlebih dapat memicu peningkatan tekanan darah dalam tubuh. Namun jika penggunaannya dilakukan dengan tepat dan dosis yang tepat, justru sangat baik utnuk menjaga tekanan darah agar tetap pada batasan normal. 

Kandungan garam dapat meningkatkan tekanan darah ke batas normal dan menjaganya agar tetap stabil, sehingga dapat mencegah munculnya gejala-gejala yang disebabkan oleh karena tekanan darah yang terlalu rendah. Namun garam ini memang sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi garam, karena dikhawatirkan akan memperparah kondisi kesehatannya.

9. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Sistem Saraf

Apakah anda pernah mencoba berendam di dalam air hangat yang dicampur dengan garam? Jika belum, maka anada patut untuk mencobanya. Berendam di dalam air hangat yang diberi garam sangat bermanfaat untuk melakukan relaksasi tubuh, karena banyak sekali titik-titik saraf yang ada pada tubuh kita, terutama pada bagian telapak kaki. 

Berendam di dalam air garam dapat membantu memperbaiki sistem saraf dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks dan sistem saraf pada tubuh pun akan bekerja secara optimal.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

10. Menghilangkan Pegal dan Nyeri Pada Tubuh

Aktivitas pekerjaan yang terlalu padat dapat membuat tubuh terasa pegal-pegal dan nyeri pada otot. Untuk mengatasinya, anda tidak perlu pergi ke dokter atau minum obat kimia. Anda cukup berendam di dalam air garam hangat selama beberapa menit, cara ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan otot-otot yang tegang pun akan kembali lentur. Dengan demikian, rasa nyeri dan pegal-pegal pada tubuh pun akan hilang dan pada keesokan harinya tubuh akan kembeli bugar.

11. Mengobati Gusi Bengkak

Gusi bengkak dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa, apalagi ketika sedang makan. Salah satu cara mengobati gusi bengkak bisa anda lakukan dengan berkumur dengan air garam, kandungan zat antiseptik dan antibakteri yang terkandung di dalam garam terbukti ampuh untuk mengobati gusi bengkak dengan cepat dan alami.

12. Mengobati Sakit Gigi

Selain bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak, air garam juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi secara alami. Ketika terserang sakit gigi, anda bisa berkumur dengan air garam hangat. Dalam beberapa menit setelah berkumur, rasa sakit gigi pun akan berkurang dan hilang.

Baca Juga : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

B. Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

Garam juga sudah sejak dulu digunakan untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat garam bagi kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Membersihkan dan Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Manfaat lain dari garam ini yaitu apat membersihkan pori-pori kulit wajah. Penggunaan dedak dan juga polusi udara sering membuat pori-pori pada kulit wajah tersumbat, sehingga dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kulit wajah seperti kulit berminyak, komedo, jerawat dan penuaan dini. Selain itu, cara diatas juga dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar.

Cara membersihkan pori-pori kulit wajah secara optimal, anda bisa membasuh wajah dengan air garam hangat setiap malam dan ulangi lagi dengan menggunakan air dingin biasa. Lakukan cara ini mionimal seminggu sekali, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

2. Membersihkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan air garam efektif untuk membantu membersihkan dan juga mencerahkan kulit wajah. Sebab, di dalam air garam mengandung sifat antibakterial yang sudah terbukti sangat ampuh membasmi kuman dan bakteri. 

Selain itu, membersihkan wajah dengan air garam mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada permukaan kulit wajah. Maka dengan rutin membersihkan wajah, kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah.

Cara membersihkan kulit wajah dengan air garam sangatlah mudah, anda cukup melarutkan 2-3 sendok makan garam pada 1 liter air hangat. Aduk-aduk sampai garam benar-benar larut dan gunakan untuk membasuh wajah secara rutin dan teratur pada malam hari sebelum tidur.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat air garam lainnya yaitu dapat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, karena kandungan antiseptik dan antibakterial yang terkandung dalam garam mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat antiseptiknya sangat ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka bekas jerawat. Maka dengan rutin membasuh wajah dengan air garam, jerawat akan cepat sembuh dan hilang.

Air garam juga baik untuk digunakan oleh anda yang tidak berjerawat, karena air garam juga bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat.

4. Menghilangkan Komedo

Komedo pun termasuk ke dalam salah satu masalah kecantikan yang perlu segera diatasi, karena kulit wajah yang berkomedo akan terlihat kusam, berminyak dan juga mudah sekali berjerawat. Untuk menghilangkan komedo pada kulit wajah, anda bisa memanfaatkan garam dapur.

Caranya yaitu dengan rutin membasuh kulit wajah dengan menggunakan air garam setiap malam sebelum tidur.

Hal ini dikarenakan, sama hal nya dengan jerawat komedo juga disebabka oleh tumpukan kotoran, kuman dan juga bakteri. Maka dengan rutin membersihkan wajah dengan air garam. Komedo pada kulit wajah pun akan hilang dan kulit wajah akan terlihat lebih bersih.

5. Menghaluskan Kulit

Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat dan komedo, air garam juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar. Tidak hanya kulit wajah saja, tetapi juga dapat menghaluskan kulit diseluruh tubuh. 

Caranya yaitu, cukup dengan melarutkan garam sebanyak 1 bungkus kecil dan larutkan ke dalam air panas sebanyak satu panci. Setelah itu, masukan ke dalam bak mandi dan gunakan airnya untuk mandi sehari-hari.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Memutihkan Gigi

Selain dapat digunakan untuk merawat kulit, ternyata garam juga bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Memiliki gigi kuning memang dapat membuat kita merasa kurang percaya diri, apalagi pada saat sedang ngobrol dengan teman dan rekan kerja. Salah satu cara memutihkan gigi kuning secara alami, anda bisa memanfaatkan garam dapur. 

Caranya yaitu, cukup dengan menambahkan sedikit garam pada pasta gigi yang bisa anda pakai sehari-hari, lalu gosokan pada gigi selama beberapa menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda juga bisa berkumur dengan air garam setiap setelah menggosok gigi.

7. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan memang kerap menjadi salah satu masalah yang di alami oleh banyak orang, masalah bau badan ini memang tidak akan membahayakan kesehatan akan tetapi dapat membuat kita merasa kurang percaya diri, karena dapat membuat orang yang berdekatan dengan kita merasa tidak nyaman ketika mencium aroma yang tidak sedap keluar dari tubuh kita. Maka dari itu, masalah bau badan ini harus segera diatasi.

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa anda lakukan dengan rutin mandi dengan air garam, cara ini sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan bau badan.

8. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Memersihkan kulit wajah dengan air garam tidak hanya dapat mencerahkan kulit wajah saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Untuk anda yang memiliki masalah noda hitam pada kulit wajah, bersihkan wajah anda dengan air garam secara rutin setiap malam. Tidak memerlukan waktu lama, noda hitam pada kulit wajah pun berangsur-angsur akan berkurang dan kulit wajah akan terlihat lebih bersih bersinar.

9. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Memiliki kulit wajah berminyak akan terlihat kusam dan mengkilap. Salah satu cara alami untuk mengatasi kulit wajah berminyak bisa anda lakukan dengan rutin membersihkan kulit wajah mengguakan air garam, gunakan air garam ini untuk membersihkan kulit wajah secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur. 

Manfaat air garam ini akan membantu membersihkan kulit wajah dari tumpukan sel kulit mati dan kotoran serta sisa-sisa make up yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga produksi minyak pada kulit wajah pun akan lebih terkontrol dan kulit wajah akan tampak lebih bersih dan cerah serta bebas kilap.

10. Menghilangkan Kantung Mata

Manfaat air garam juga sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata, caranya cukup dengan mengkompres area mata dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air garam. Diamkan sekitar 15 menit, lakukan secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur. Dalam beberapa hari kantung mata akan hilang.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat garam ini?

Baca Juga : Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meski terlihat sepele, namun ternyata garam juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan. 

Demikian ulasan mengenai 22 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda semua. Cukup sekian, terima kasih, dan salam sehat. Like halaman fb blog ini.