Manfaat ASI Ekskusif bagi Ibu dan Bayi

Manfaat ASI Ekskusif bagi Ibu dan Bayi -- Manfaat Pemberian ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi, Manfaat ASI Ekskusif untuk Bayi Laki-laki dan Perempuan, Manfaat ASI Ekskusif bagi Bayi yang baru Lahir, Manfaat ASI Ekskusif 6 Bulan, Manfaat ASI Ekskusif menurut WHO, Manfaat ASI untuk Kesehatan Ibu dan Bayi, Manfaat Menyusui bagi Ibu Setelah Melahirkan, Air Susu Ibu (ASI).


Manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi – Bayi yang baru lahir ke dunia harus diberi Air Susu Ibu atau yang dikenal dengan nama ASI. Pemberian ASI hingga 6 bulan tanpa makanan tambahan lainnya dinamakan pemberian ASI secara Ekslusif.

Atau lebih mudahnya bahwa ASI Ekslusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi dari usia 0 - 6 bulan tanpa makanan tambahan. Artinya, pada periode tersebut bayi hanya boleh diberikan Air Susu Ibu (ASI) saja tanpa diberikan makanan tambahan lainnya. Banyak sekali manfaat yang akan bayi anda dapatkan dengan memberikan ASI secara eksklusif.

Tidak ada asupan yang lebih baik bagi bayi selain Air Susu Ibu (ASI). Hanya ASI lah yang terbaik bagi bayi karena ASI tersebut diproduksi oleh tubuh ibu secara alami dan di dalamnya memiliki segudang gizi dan nutrisi yang lengkap dan penting untuk menunjang tumbuh kembangnya seperti vitamin, mineral, protein, lemak dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Selain itu, teksturnya pun akan mudah sekali untuk dicerna oleh bayi ketimbang produk susu formula yang terbuat dari susu sapi yang meski harganya yang paling mahal sekalipun.

Selain baik untuk bayi, pemberian ASI secara eksklusif dapat berdampak baik bagi sang ibu. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh ibu dan bayi dari menerapkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif, diantaranya yaitu :

I. Manfaat ASI Ekskusif bagi Ibu dan Bayi

A. Manfaat ASI Ekskusif bagi Bayi

1. Manfaat ASI Eksklusif bagi Bayi Usia 1- 6 Bulan

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari pemberian ASI eksklusif bagi bayi :
  • ASI merupakan jenis minuman dan sekaligus makanan terbaik bagi si kecil yang mudah sekali dicerna dan diserap oleh tubuh, bahkan ASI dinilai lebih higienis, segar dan juga sangat aman bagi si kecil dari bahaya bahan pengawet seperti yang terkandung di dalam susu formula.
  • ASI mampu memaksimalkan tumbuh kembang bayi, serta bagi bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dapat terhindar dari serangan penyakit dan juga dapat membuat bayi lebih cerdas.
  • Pemberian ASI dapat melindungi tubuh si kecil dari berbagai serangan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri berbahaya.
  • ASI sangat baik untuk menjaga dan meningkatka kesehatan kulit, tulang dan juga bentuk rahang bayi.
  • Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan jarang terserang penyakit pencernaan seperti diare, sembelit dan juga alergi.
  • Pemberian ASI eksklusif dipercaya mampu menurunkan resiko kematian pada bayi di usia dibawah 2 bulan akibat diare atau infeksi saluran pernapasan akut dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI.

2. Manfaat ASI bagi Bayi Usia 7 - 12 Bulan

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif bagi bayi usia 7 sampai dengan 12 bulan, diantaranya yaitu :
  • ASI kolostrum memiliki kandungan agen yang bersifat antibakteri dan juga antivirus yang mempunyai komposisi vitamin A dalam jumlah tinggi dan dipercaya mampu melindungi tubuh bayi dari serangan berbagai jenis penyakit.
  • Pemberian ASI sangat baik dilakukan pada saat bayi sedang menderita diare, karena kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya dapat mengurangi tingkat keparahan dan lamanya penyakit diare ini berlangsung. Sebab, di dalam ASI memiliki komposisi gizi yang lengkap seperti protein, energi, lemak, vitamin dan berbagai nutrisi penting launnya yang dibutuhkan oleh tubuh banyak hingga usia 6 bulan pertama.
  • ASI dapat mencukupi asupan air pada tubuh bayi, karena menurut studi menujukan bahwa di dalam ASI mengandung sekitar 88% air, sehingga tubuh bayi hingga usia 6 bulan pertama tidak memerlukan asupan cairan tambahan.
  • Pemberian ASI secara eksklusif dapat mengoptimalkan perkembangan fisik dan juga mental si kecil, karena bayi yang mendapatkan ASI secara cukup akan menunjukan perkembangan IQ yang lebih optimal dibandingkan dengan bayi yang hanya diberikan susu formula. Karena nutrisi yang cukup menjadi kunci utama bagi kesehata, pertumbuhan dan juga perkembangan si kecil.
  • Manfaat pemberian ASI secara eksklusif juga dapat menurunkan resiko bayi mengalami obesitas, berbeda dengan bayi yang mendapatkan asupan susu formula yang beresiko 20-30% akan memiliki berat badan yang lebih besar pada tubuhnya.
  • Bayi yang diberi ASI secara eksklusif akan memiliki tekanan darah yang normal dan stabil, sehingga dapat menurunkan resiko bayi terkena penyakit hipertensi dan penyakit jantung.

B. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi Sang Ibu

Selain bermanfaat bagi si bayi, ternyata dengan memberikan ASI pada si bayi akan berdampak positif bagi tubuh sang ibu, diantaranya yaitu :

1. Menurunkan Berat Badan

ASI dapat membantu para ibu menyusui untuk menurunkan berat badannya agar kembali normal setelah melahirkan, karena dengan menyalurkan ASI di dalam tubuh tubuh sang ibu akan terjadi proses pembakaran lemak dan kalori dalam jumlah yang cukup banyak yang disebabkan oleh karena tubuh secara terus menerus memproduksi air susu (ASI).

2. Mengecilkan kembali Ukuran Rahim

Dalam proses menyusui akan membuat tubuh memproduksi hormon oxytocin di dalam tubuh wanita, sehingga dapat membuat rahim mengecil dan kembali pada ukuran normal lebih cepat dari biasa.

3. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Osteoporosis

Bagi seorang ibu menyusui, dengan rutin memberikan ASI pada sang buah hati dapat membantu mencegah ibu terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan, dengan tubuh terus memproduksi ASI kepadatan mineral dalam tulang akan kembali terisi dan kesehatan tulang pun akan meningkat

4. Menurunkan Resiko Terkena Kanker Payudara

Dengan memberikan ASI kepada sang buah hati tercinta selama dua tahun atau lebih, diduga akan membantu menurunkan resiko kemungkinan untuk terkena kanker payudara hingga 24%.

5. Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Dengan pemberian ASI dapat mempererat hubungan ibu dan anak, sehingga keduanya akan memiliki perasaan yang kuat. Telah banyak penelitian yang menunjukan bahwa hubungan antara ibu dan anak akan akan lebih kuat dibandingkan dengan anak yang di beri susu formula.

6. Menghemat Pengeluaran

Manfaat memberikan ASI yang satu ini memang yang paling langsung dapat dirasakan oleh seorang orang tua, karena ASI dapat diproduksi sendiri oleh sang ibu tanpa harus membelinya, sehingga jelas dengan pemberian ASI akan lebih menghemat uang dibandingkan dengan memberikan bayi susu formula yang harganya semakin mahal. Meskipun ASI bisa dikatakan gratis, namun untuk urusan kualitas dan manfaatnya untuk bayi tidak akan terkalahkan meski dengan susu formula paling mahal sekalipun.

II. Manfaat ASI Ekskusif Dilihat dari Aspeknya

A. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif Berdasarkan Usia Bayi

1. Manfaat Pemberian ASI Ekslusif untuk Bayi Usia Sehari - 4 Bulan

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI berdasarkan usia sang bayi dari usia sehari hingga 4 bulan, diantaranya yaitu :

a. Pemberian ASI Selama beberapa Hari

Pada awal diberikannya ASI bayi akan mendapatkan kolostrum yang sangat bermanfaat sebagai antibodi alami dan sumber makanan baru bagi tubuhnya, sehingga bisa kita simpulkan bahwa dengan menyusui dapat membantu melancarkan pencernaan bayi dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

b. Pemberian ASI Selama 4-6 Minggu

Pemberian ASI pada usia 4-6 minggu dapat memberikan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan bagi bayi di sepanjang hidupnya.

c. Pemberian ASI Selama 3-4 Bulan

Dengan memberikan ASI selama 3-4 bulan dapat menyempurnakan sistem pencernaannya, sehingga dapat membuat bayi memiliki kemampuan dalam mentolerir masuknya zat asing yang ada dalam susu formula. Jika sang ibu tidak memberikan asupan apapun selain ASI hingga usia bayi 4 bulan, maka dapat melindungi bayi dari resiko terkena infeksi telinga selama satu tahun.

2. Manfaat Pemberian ASI Ekslusif bagi Bayi Usia 6 Bulan - 2 Tahun

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI berdasarkan usia sang bayi dari usia 6 bulan sampai dengan 2 tahun, diantaranya yaitu :

a. Pemberian ASI Selama 6 Bulan

Bayi yang mendapatkan asupan Pemberian ASI Selama hingga usia 6 bulan dapat mencegah terkena infeksi telinga dan juga kanker serta dapat menurunkan resiko sang ibu terkena penyakit kanker payudara.

b. Pemberian ASI Selama 9 Bulan

Bayi yang menerima ASI hingga usia bayi 9 bulan secara berturut-turut tanpa diselingi susu formula dapat mengoptimalkan perkembangan otak dan juga tubuhnya, sehingga bayi akan tumbuh lebih cepat dan sehat.

c. Pemberian ASI Selama 1-2 Tahun

Jika anda terus memberikan ASI kepada sang buah hati selama 2 tahun berturut-turut, maka jelas terasa anda telah menghemat biaya lebih besar jika dibandingkan dengan memberikan bayi susu formula selama dua tahun lamanya. Selain itu, tubuh bayi pun akan lebih sehat dan memiliki tumbuh kembang yang optimal serta mempunyai daya tahan yang lebih kuat.

Manfaat Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Dilihat Berdasarkan Beberapa Aspek Seperti Gizi, Imunologik, Psikologi, Kecerdasan, Neurologis, Ekonomis Dan Penundaan Kehamilan.

B. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Berdasarkan Gizinya

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI berdasarkan gizinya, diantaranya yaitu :

1. Untuk Kekebalan Tubuh Bayi

Kolostrum yang terkandung di dalam ASI memiliki kandungan zat kekebalan tubuh terutama Immunoglobulin A (Ig.A) yang mampu melindungi tubuh bayi dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi, terutama diare.

2. Memiliki Kandungan Gizi sesuai Kebutuhan Bayi

Di dalam cairan kolostrum memiliki kandungan vitamin A, protein, karbohidrat dan juga lemak yang rendah, sehingga sangat sesuai dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi pada saat baru dilahirkan.

Jumlah kolostrum pada ASI yang diproduksi cukup bervariasi tergantung dari seberapa banyak dan seberapa kuat hisapan bayi pada hari pertama bayi diberi ASI. Meskipun keluarnya sedikit, namun cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi.

3. Membantu Mengeluarkan Mekonium
  • Dapat Membantu mengeluarkan Mekonium yaitu berupa kotoran bayi yang pertama kali dikeluarkan berwarna hitam kehijauan.

C. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Berdasarkan Imunologik

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI berdasarkan aspek Imunologik, diantaranya yaitu :

1. Di dalam ASI mengandung zat yang bersifat anti infeksi, bersih dan terbebas dari kontaminasi.

2. Kandungan Immunoglobulin A (Ig.A) yang terdapat pada kolostrum atau ASI jumlahnya sangat tinggi, sedangkan kandungan sekretori Ig.A tidak akan diserap oleh tubuh melainkan akan melumpuhkan bakteri patogen E. coli dan juga berbagai jenis virus yang ada dalam saluran pencernaan.

3. Laktoferion yang terkandung di dalam ASI merupakan sejenis sumber protein yang merupakan sebuah komponen zat antibodi yang dapat mengikat zat besi yang ada dalam saluran pencernaan.

4. Lysosim, merupakan suatu enzim yang dapat melindungi tubuh bayi dari bakteri bernama E. coli dan salmonella serta virus. Jumlah Lysosim yang terkandung di dalam ASI sebanyak 300 kali lebih banyak yang terkandung di dalam susu sapi.

5. Sel darah putih yang terkandung dalam ASI pada 2 minggu pertama jumlahnya lebih dari 4000 sel per mil dan terdiri dari 3 macam, yaitu Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) sebagai antibodi pada saluran pernafasan, Brochus-Asociated Lympocyte Tissue (BALT) sebagai antibodi pada pernafasan dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) sebagai antibodi pada jaringan payudara sang ibu.

6. Faktor bifidus, yaitu sejenis karbohidrat yang terkandung di dalam nitrogen yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bakteri bernama lactobacilus bifidus. Jenis bakteri ini bermanfaat untuk menjaga tingkat keasaman dari flora yang terdapat pada usus bayi dan berguna untuk memperlambat pertumbuhan dari bakteri yang dianggap merugikan.

D. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Berdasarkan Aspek Psikologis

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI berdasarkan aspek Psikologis, diantaranya yaitu :

1. Rasa Percaya Diri Ibu Saat Menyusui

Secara psikologis, sang ibu akan merasa lebih percaya diri bahwa ibu mampu menyusui dengan memproduksi jumlah ASI yang cukup untuk bayi. Proses menyusui ini dapat dipengaruhi oleh tingkat emosi sang ibu dan kasih sayangnya terhadap bayi akan semakin meningkat, sehingga dapat memicu produksi hormon terutama oksitosin yang terus meningkat.

2. Menjaga Interaksi Ibu dan Bayi

Pertumbuhan dan perkembangan psikolog antara ibu dan bayi dapat dipengaruhi oleh keeratan dan interaksi antara keduanya.

3. Kontak Langsung Ibu dan Bayi

Ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi akan terjadi akibat dari adanya rangsangan seperti sentuhan kulit, sehingga bayi akan merasa lebih aman dan nyaman merasakan dekapan dan kehangatan tubuh ibu serta mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenali oleh bayi semenjak maih berada dalam rahim.

E. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Berdasarkan Aspek Kecerdasan

Berikut ini beberapa manfaat pemberian ASI berdasarkan aspek Kecerdasan, diantaranya yaitu :

1. Bayi akan Tumbuh Sehat dan Cerdas

Interaksi antara ibu dan bayi serta kandungan gizi yang terdapat pada ASI sangat diperlukan oleh tubuh untuk mendukung perkembangan sistem syaraf otak bayi, sehingga bayi akan tumbuh sehat dan cerdas.

2. Memiliki IQ yang Lebih Tinggi

Berdasarkan dari hasil penelitian menujukan bahwa IQ bayi yang diberi ASI eksklusif dapat mempunyai IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

F. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Berdasarkan Aspek Neurologi

Dengan menghisap putting payudara ibu, koordinasi syaraf saat menelan, menghisap dan juga bernafas yang dilakukan oleh bayi yang baru lahir dapat lebih sempurna.

G. Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Berdasarkan Aspek Ekonomis

Dengan memberikan bayi ASI eksklusif, maka ibu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu dan makanan bayi hingga usia bayi 6 bulan, kemudian pada saat usia bayi 6 bulan hingga 2 tahun ibu pun tidak perlu membeli susu tapi cukup membeli makanan tambahan. Hal ini tentunya akan menghemat biaya pengeluaran di dalam rumah tangga untuk membeli susu formula.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat memberikan ASI eksklusif bagi ibu dan bayinya?

III. Faktor yang Mempengaruhi Produksi ASI

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produksi ASI, yaitu :
  1. Bentuk anatomi payudara
  2. Melakukan perawatan payudara
  3. Berat lahir si bayi
  4. Faktor fisiologi seorang ibu
  5. Faktor penyususan atau isapan dari si bayi
  6. Kebiasaan mengonsumsi rokok dan alkohol
  7. Makanan yang di konsumsi
  8. Pengaruh ketenangan pikiran dan juga jiwanya
  9. Pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi
  10. Penggunaan alat pengaman atau kontrasepsi
  11. Pola istirahat dari seorang ibu
  12. Umur kehamilan saat melahirkan bayi

Pemberian air susu ibu (ASI) hukumnya wajib bagi bayi yang baru saja lahir, jadi jangan anda melewatkan kesempatan sedikit pun karena ASI adalah makanan utama bagi kehidupan bayi agar tumbuh kembangnya optimal.

Demikian uraian artikel yang dapat kami sampaikan tentang Manfaat ASI Ekskusif bagi Ibu dan Bayi. Semoga artikel mengenai manfaat air susu ibu (ASI) yang telah kami uraikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para orang tua semua, khususnya bagi pasangan yang baru dikarunia anak. Cukup sekian dan jangan lupa kunjungi artikel terkait lainnya di blog ini.