24 Manfaat Sayur Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

24 Manfaat Sayur Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Sayur Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Manfaat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil Muda dan Tua, Manfaat Sayur Kacang Panjang Mentah, Apakah Boleh Ibu Hamil Makan Kacang Panjang Mental, Sayuran yang Baik untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Kandungan Kacang Panjang.


Manfaat Sayur Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil -- Pastinya bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kacang panjang. Meskipun sudah menjadi sayuran yang umum ditemui, baik di kota maupun di perkotaan tetapi masih banyak masyarakat yang belum tahu akan manfaat dari kacang panjang ini. sebab, masih banyak masyarakat yang tidak suka dengan sayuran yang satu ini. Padahal di dalam kacang panjang mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. 

Bagi anda yang masih belum tahu kandungan gizi dan nutrisi serta manfaat kacang panjang untuk kesehatan, kali ini akan kami ulas secara lengkap informasi seputar manfaat kacang panjang. Namun sebelum itu, penting juga bagi anda semua untuk mengetahui beragam kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kacang panjang. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak ulasannya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Kacang Panjang

Di dalam setiap 1 porsi 100 gram kacang panjang mengandung kalori (47 kal), natrium (4 gram), karbohidrat total (8 gram), protein (3 gram) dan juga folat (62 mg). Kacang panjang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung asam folat terbaik. Folat yang diimbangi dengan vitamin B12 menjadi salah satu komponen penting yang berasal daru sintesis DNA dan juga pembelahan sel.

Di samping itu, di dalam kacang panjang juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Senyawa antioksidan yang ada dalam kacang panjang yaitu dihasilkan dari sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, betakaroten dan juga riboflavin.

Kandungan vitamin C yang ada dalam kacang panjang mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh sebanyak 31% dari total kebutuhan vitamin C harian tubuh yaitu sekitar 19 mg. Vitamin C adalah kandungan antioksidan yang sangat kuat dan dapat larut dalam air, jika tubuh mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh mampu melawan serangan radikal bebas berbahaya dan juga dapat menjaga keelastisan saluran pembuluh darah.

Selain itu, kacang panjang juga merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Di dalam setiap 100 gram kacang panjang mengandung vitamin A sebanyak 865 IU yang dapat mencukupi asupan vitamin A harian tubuh sekitar 16% dari total vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah tersebut bisa dikatakan paling banyak jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya seperti lima dan juga kacang buncis. Vitamin A ini dapat memberikan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Selain kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, kacang panjang juga mengandung sejumlah mineral penting yang sangat baik untuk tubuh seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, fosfor, portassium dan juga kalium. Dilihat dari banyaknya kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam kacang panjang ini, tak heran jika ternyata ada banyak sekali manfaat rutin mengkonsumsi kacang panjang baik untuk kesehatan. Bahkan kacang panjang ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Masyarakat Indonesia sering mengolah kacang panjang dengan cara ditumis ayau dimasak sayur berkuah, rasanya sangar enak renyah dan gurih. Maka dari itu, janga ragu untuki mencoba makan kacang panjang dan rugi jika anda tidak suka makan panjang. Lalu, apa saja manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh kita? Untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai manfaat kacang panjang dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Sayur Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

A. Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

1. Sumber antioksidan

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata di dalam kacang panjang mengandung sumber antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan merupakan sejenis senyawa yang dapat menangkal dan melawan radikal bebas.

Selain mengandung antioksidan konvensional berupa vitamin C dan juga betakaroten, di dalam kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang juga dapat berperan penting sebagai antioksidan. Di dalam kacang panjang mengandung berbagai jenis senyawa karotenoid yang terdiri dari lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan juga neoxanthin. Selain itu, di dalam kacang panjang juga mengandung flavonoid yang terdiri dari quercetin, catechin, kaemferol, epicatechins dan procyanidins.

2. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan memicu dan memicu penyakit berbahaya seperti darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung dan juga stroke.

Dengan rutin mengkonsumsi kacang panjang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, karena di dalam kacang panjang mengandung serat larut yang cukup tinggi yang sangat baik untuk mengurai dan menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Sebagian besar masyarakat hanya tahu jika wortel adalah sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata, padahal ternyata kacang panjang juga merupakan sayuran yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata.

Selain itu, kacang panjang juga mengandung vitamin yang sangat baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang mata seperti mata katarak, glaukoma, mata rabun dan juga degenerasi makula.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Berdasarkan dari hasil studi menemukan ada kandungan vitamin C dalam dosis yang cukup tinggi, vitamin ini sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit agar terhindar dari munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini dikarenakan, vitamin C dapat bekerja secara efektif dengan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang terkandung di dalam kacang panjang juga dapat menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam sayur kacang panjang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaganya agar tidak mengalami kenaikan secara signifikan. Dengan rutin mengkonsumsi kacang panjang dipercaya dapat mengurangi efek peradangan dan juga tensi darah dalam tubuh yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan organ jantung. di setiap satu porsi kacang panjang mampu mencukupi sekitar 12 persen asupan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Mencegah Pembantukan dan Perkembangan Sel Kanker

Manfaat mengkonsumsi kacang panjang secara rutin dan teratur dipercaya sangat ampuh untuk mencegah proses pembentukan sel kanker dalam tubuh, sebab di dalam kacang panjang mengandung sejumlah antioksidan nabati yang terdiri dari senyawa flavonoid dan juga riboflavin.

Berdasarkan dari studi menunjukan adanya efek sinergi dari kedua jenis senyawa tersebut untuk mencegah pembentukan dan menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, di dalam kacang panjang juga ditemukan kandungan asam folat yang cukup tinggi. Berdasarkan dari hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan asam folat di dalam kacang panjang terbukti mampu mencegah kanker usus besar, kanker payudara, kanker otak dan juga kanker paru-paru.

7. Mencegah Radikal Bebas

Vitamin C yang terkandung di dalam kacang panjang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, zat polutan dan juga berbagai kandungan zat kimia berbahaya yang bersifat racun. Jika terjadi penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit, seperti kanker, penyakit jantung dan juga penyakit arthritis yang mengakibatkan peradangan pada sendi.

8. Menstabilkan Gula Darah

Dari hasil penelitian juga menemukan adanya kandngan ekstrak kacang panjang yang memiliki kandungan zat yang bersifat sebagai analgesik dan juga antihiperglikemik. Kedua zat tersebut terbukti efektif untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri dengan cara menurunkan sensitivitas tubuh terhadap stimulan.

Berdasarkan dari hasil uji tes terhadap toleransi glukosa yang dilakukan secara oral pada binatang menunjukan adanya reaksi penurunan kadar gula darah, namun hasil peelitian ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan khasiat dari kacang panjang ini.

9. Mencegah Bayi Mengalami Cacat Tabung Saraf

Terjadinya cacat saat lahir dan juga malformasi organ jantung pada tubuh anak yaitu hasil dari defisiensi asam folat. Tubuh yang mendapatkan asupan asam folat dari makanan selama masa subur dan juga pada masa kehamilan mampu mencegah resiko bayi lahir mengalami cacat pada tabung saraf, seperti spoina bifida dan juga anenc ephaly pada tubuh bayi yang baru lahir.

Asupan folat ini sangat penting untuk membantu proses replikasi DNA dan mendukung pertumbuhan sel pada tubuh janin. Maka denga rutin mengkonsumsi makanan yang kaya folat dapat mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf.

10. Memperbaiki Kualitas Tidur

Mengkonsumsi kacang panjang juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur, sehingga bagi ada yang sering mengalami masah susah tidur, sebaiknya anda mencoba makan kacang panjang. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang panjang mengandung mineral penting seperti magnesium yang dapat membantu menenangkan otak dan menjadikan tubuh lebih rileks.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Makan kacang panjang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan memperkuat tulang, sehingga tulang menjadi lebih kuat dan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada tulang seperti mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang panjang mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, fosfor dan juga vitamin K yang sudah tidak perlu diragukan lagu manfaatnya untuk kesehatan tulang.

12. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Berdasarkan dari hasil percobaan secara klinik menunjukan bahwa, wanita yang rutin mengkonsumsi kacang panjang selama haid. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang panjang mengandung mangan yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan gejala yang sering di alami pada saat sedang haid seperti kram pada perut, mengurangi rasa nyeri dan juga dapat mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Maka, ketika anda mengalami sakit dan nyeri saat haid, jangan ragu untuk mengkonsumsi kacang panjang agar rasa nyeri yang anda rasakan bisa berkurang.

13. Membesarkan dan Mengencangkan Payudara

Bagi para kaum wanita, payudara memang menjadi salah satu bagian tubuh yang sering mendapatkan perhatian lebih. Sebab, payudara wanita bisa menjadi kendur yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Bentuk payudara yang kendur tersebut dianggap dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik, karena hampir setiap wanita pastinya mendambakan bentuk payudara yang indah dan kencang. Itulah kenapa banyak wanita yang mencari cara mengencangkan payudara.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbesar dan mengencangkan payudara, mulai dengan menjalani operasi, suntik silicon dan penggunaan obat-obatan kimia. Namun cara-cara tersebut sangat tidak disarankan, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan payudara itu sendiri. Salah satu cara alami yang aman dan terbukti ampuh untuk memperbesar dan sekaligus mengencangkan payudara kendur yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker kacang panjang secara rutin dan teratur.

Cara membuat masker alami untuk payudara dari kacang panjang sangat mudah, anda cukup siapkan kacang panjang sebanyak 1 ikat atau sekitar 10 buah. Cuci bersih, lalu haluskan dengan blender. Gunakan masker payudara tersebut secara rutin setiap hari, caranya balurkan masker kacang panjang pada kedua payudara sambil dilakukan pengurutan dengan gerakan melingkar dari arah bawah ke atas sama seperti gerakan untuk ibu menyusui. Jika kurang paham, anda bisa lihat video tutorialnya di youtube.

14. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat kacang panjang selanjutnya yaitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam kacang panjang mengandung serat fiber yang cukup tinggi dan dapat membantu melancarkan sekresi yang dapat membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan bahkan dapat mencegah pembetukan sel kanker pada usus besar.

B. Manfaat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

Kacang panjang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara umum, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, di dalam kacang panjang mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, sehingga dapat mendukung kehamilan dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Ada banyak sekali manfaat kacang panjang untuk ibu hamil yang dilihat dari kandungan gizi / nutrisi pada kacang panjang, diantaranya yaitu :

1. Asam Folat

Kandungan asam folat pada kacang panjang ini sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin dan menurunkan resiko janin lahir dalam kondisi cacat.

2. Vitamin C

Vitamin C ini sangat baik untuk membanu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga tubuh ibu hamil akan lebih sehat dan tidak akan mudan sakit.

3. Vitamin A

Vitamin A ini sangat baik untuk mendukung kesehatan dan fungsi mata.

4. Serat

Kandungan serat juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kacang panjang saat hamil dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah dan juga mencegah berat badan berlebih pada ibu hamil.

5. Kalsium

Kandungan kalsium dalam kacang panjang sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tulang janin dalam kandungan serta mencegah ibu hamil mengalami osteoporosis.

6. Zat Besi

Mengkonsumsu kacang panjang saat hamil dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

7. Magnesium

Dapat memelihara kesehatan tulang, gigi, otot dan juga fungsi saraf serta memelihata aktivitas enzim dalam tubuh ibu hamil.

8. Mangan

Dapat membantu melancarkan sistem metabolisme dan juga memelihara kesehatan sendi pada tubuh ibu hamil.

9. Fosfor

Kandungan fosfor pada kacang panjang sangat baik untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi janin.

10. Selenium

Kandungan selenium yang terkandung di dalam kacang panjang dapat berperan penting sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh ibu hamil dan janin dari serangan radikal bebas.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat kacang panjang untuk kesehatan dan ibu hamil? Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi kacang panjang dan tidak ada alasann untuk anda tidak suka mengkonsumsi kacang panjang.

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan pada postingan kali ini mengenai 24 Manfaat Sayur Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga kita semua terus berada dalam keadaan sehat dengan mengkomsumsi makanan dan minuman sehat yang salah satuny yaitu kacang panjang. Silahkan berbagi informasi kesehatan ini pada teman lainnya dan Like fansfage kami