20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Penggunaannya

20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Penggunaannya -- Khasiat dan Manfaat Daun Sirih dan Cara Meramunya, Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah & Hijau, Cara engolah Daun Sirih untuk Obat, Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan Penyakit secara Alami, Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh, Efek Samping Daun Sirih, Khasiat dan Manfaat Daun Sirih untuk Wanita & Pria.


Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Penggunaannya -- Sirih merupakan salah satu jenis tanaman merambat asli dari Indonesia, masyarakat jaman dulu sering memanfaatkan daun sirih ini untuk dikunyah yang biasanya digunakan bersama dengan bahan alami lain yaitu kapur sirih dan pinang. Masyarakat dulu menyebutnya dengan nyirih, tentunya di setiap daerah memiliki nama penyebutan yang berbeda-beda, misalnya saja seperti di jawa masyarakat menyebutnya dengan nginang.

Nyirh atau nginang dilakukan bukan tanpa alasan, karena banyak masyarakat percaya jika melakukan aktivitas nyirih atau nginang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Bahkan menurut pendapat medis pun menjelaskan bahwa sering mengunyah daun sirih sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut dan gigi seperti mencegah resiko penyakit kanker mulut, menghilangkan bau mulut, mencegah sariawan, mencegah sakit gigi, menguatkan gigi, mencegah gigi berlubang dan masih banyak lagi manfaat mengunyah dauh siri atau nyirh ini.

Daun sirih sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. daun sirih yang berwarna hijau cenderung memiliki sifat antiseptik, sehingga daun sirih hijau ini sering dimanfaatkan sebagai pembasmi kuman dan bakteri. Sedangkan daun sirih merah sangat terkenal memiliki manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya seperti mencegah dan mengobati penyakit kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian membuktikan bahwa di dalam daun sirih mengandung sejumlah kandugan zenyawa seperti flavonoid, alkaloid, tanin, senyawa polifenolat dan juga mengandung minyak atsiri yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan senyawa tersebut tidak hanya terkandung di dalam daun sirih hiaju saja tetapi juga terdapat di dalam daun sirih merah.

A. Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami

Ada banyak sekali manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan tubuh dan pengobatan berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti :

1. Sebagai Zat Antiseptik

Selain digunakan sebagai bahan untuk nyirih, masyarakat dulu juga sering memanfaatkan daun sirih ini untuk mengobati luka. Karena setelah diteliti, di dalam daun sirih mengandung zat antiseptik yang cukup tinggi dan sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Selain bermanfaat untuk mengobati luka, zat antiseptiknya sangat efekif untuk membunuh kumah di area kulit tangan. Dengan demikian, anda bisa menggunakan daun sirih untuk membersihkan tangan sebelum makana atau mengolah makanan agar terbebas dari kuman dan bakteri pembawa penyakit.

2. Mencegah Karies Pada Gigi

Munculnya karies pada gigi memang sering dianggap momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang, karies pada gigi disebabkan oleh karena adanya bakteri Streptococcus mutans yang berkembang pada gigi dan merusak gigi.

Salah satu cara alami untuk mencegah karies pada gigi, anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai obat alami. Hal ini dikarenakan, di dalam daun sirih mengandung minyak atsiri, alkanoid, flavonoid dan juga senyawa fenolik. Inilah salah satu alasan kenapa gigi orang jaman dulu sangat kuat dan jarang mengalami masalah pada gigi.

3. Antibakterial Alami

Berdasarkan dari hasil penelitian membuktikan bahwa di dalam daun sirih hijau ataupun merah memiliki kandungan zat yang bersifat sebagai zat antibakterial alami yang mampu membunuh bakteri bernama Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat, bisul, folikulitis, impetigo dan juga abses.

Selain dapat menyebabkan munculnya penyakit kulit, bakteri tersebut juga dapat menjadi penyebab dari berbagai jenis penyakit berbahaya seperti meningitis, pneumonia, dan juga sepsis. Maka bagi anda terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut, sebaiknya segera atasi dengan menggunakan daun sirih.

4. Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirih berikutnya yaitu dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat, sehingga bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat, anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengguakan daun sirih. Sebab, di dalam daun sirih mengandung zat antibakterial yang sangat efektif untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih, yaitu :
  1. Ambil daun sirih sebanyak 10-15 lembar langsung dari tanamannya, lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu, rebus daun sirih tersebut dengan 1 liter air bersih hingga mendidih. Lalu angkat dan dinginkan.
  3. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci wajah anda, gunakan air rebusan daun sirih tersebut dalam kondisi hangat.
  4. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sampai jerawat hilang.

5. Mengobati Gatal-gatal

Daun sirih juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit, cara ini sangat ampuh untuk mengobati gatal-gatal pada kulit akibat dari gigitan serangga, alergi kulit dan juga gatal-gatal akibat penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Cara mengobati gatal-gatal dengan daun sirih sangat mudah, anda hanya tinggi menumbuk daun sirih secukupnya. Setelah itu, balurkan dan gogok-gosokan daun sirih tersebut pada bagian kulit yang terasa gatal-gatal. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat dan ulangi dengan air

6. Mengobati Luka Bakar Ringan

Berkat kandugan senyawa flavonoid yang cukup tinggi, manfaat daun sirih merah juga sangat efektif untuk membantu mengobati luka bakar ringan.

Caranya yaitu :
  1. Ambil daun sirih segar sebanyak 5 lembar, cuci sampai bersih dan tumbuh hingga halus.
  2. Setelah itu, tempelkan daun sirih tersebut pada bagian kulit yang terdapat luka bakar dan diamkan selama 15 menit.
  3. Jika sudah mengering, lepaskan dan jika masih terasa sakit atau perih anda bisa menggantinya dengan yang baru sampai sembuh.

7. Mengobati Koreng

Manfaat daun sirih berikutnya terbukti ampuh untuk mengobati penyakit koreng. Koreng merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga penyakit kulit ini dapat sembuh dengan mengobatinya menggunakan daun sirih.

Cara mengobati koreng dengan daun sirih sangat mudah, pertama-tama bersihkan terlebih dahulu koreng dengan air hangat yang sudah ditambahkan garam. Kemudian keringkan, lalu tumbuh daun sirih sampai mengeluarkan air dan tempelkan pada kulit yang terkena koreng. Diamkan sampai kering dan ganti dengan yang baru, lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari sampai penyakit koreng yang anda derita sembuh.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, gunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan koreng setiap kali akan di obati.

8. Menghilangkan Bau Mulut

Untuk anda yang memiliki masalah dengan bau mulut, dengan melakukan kebiasaan nyirih atau nginang mulut pun akan menjadi lebih segar dan bersih.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih sangat mudah, yaitu :
  1. Pertama cuci bersih daun sirih segar, lalu masukan kapur sedikit saja dan juga pinang.
  2. Setelah itu, bungkus kedua bahan tadi dengan daun sirih.
  3. Kemudian kunyah bahan-bahan tersebut dengan mulut secara perlahan dan nikmati proses nyirih ini selama 5 menit.
  4. Buang daun sirih dan bahan lain sisa nyirih tersebut dari dalam mulut, kamudian keluarkan air liur yang berwarna merah.
  5. Setelah melakukan nyirih, maka mulut akan terasa lebih segar dan bau mulut pun akan hilang.

9. Menghilangkan Bau Badan

Selain dapat menghilangkan bau mulut, daun sirih juga terbukti bermanfaat untuk menghilangkan bau badan atau bau ketiak. Hal ini dikarenakan, kandungan zat antibakteri di dalam daun sirih ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan atau bau ketiak dengan cepat.

Caranya yaitu :
  1. Pertama-tama siapkan daun sirih sebanyak 30 lembar dan sobek-sobek, lalu rebus dengan satu panci ukuran sedang hingga mendidih.
  2. Setelah itu, saring airnya dan gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mandi air hangat.
  3. Pada saat sedang mandi, gunakan daun sirih bekas rebusannya untuk menggosok area ketika dan badan.
  4. Terakhir, bersihkan dengan air bersih.

10. Mengobati Bisul

Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat, daun sirih juga sangat ampuh untuk mengobati bisul.

Caranya yaitu :
  1. Pertama-tama siapkan 10 lembar daun sirih, lalu tumbuk hingga halus.
  2. Setelah itu, bersihkan atau kompres bisul dengan air hangat dan keringkan.
  3. Selanjutnya, tempelkan daun sirih yang sudah ditumbuk halus pada bisul dan bungkus dengan perban.
  4. Diamkan sampai kering, lalu ganti dengan yang baru.
  5. Lakukan pengobatan ini sampai bisul mati.

11. Mengobati Mimisan

Daun sirih hijau sangat bermanfaat untuk menghentikan keluarnya darah dari hidung akibat mimisan, karena kandungan antiseptiknya dapat mencegah terjadinya infeksi akibat komplikasi mimisan.

Cara mengobati mimisan dengan daun sirih, yaitu :
  • Ambil daun sirih muda satu lembar, lalu gulung dan masukan kedalam lubang hidung yang sedang mengalami mimisan. Diamkan sampai darah berhenti keluar.

12. Mengobati Sariawan

Kandungan zat antibakteri yang terkandung di dalam daun sirih efektif untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab mulut sariawan.

Caranya yaitu, cukup dengan merebus daun sirih sebanyak 3 lambar dan rebus hingga daunnya layu. Setelah itu, lumatkan daun sirih yang sudah layu tersebut dan tempelkan pada bagian mulut yang mengalami sarawan. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai sariawan di mulut sembuh.

13. Menyembuhkan Pendarahan Pada Gusi

Daun sirih juga sangat ampuh untuk menyembuhkan pendarahan yang terjadi pada gusi, caranya yaitu : Ambil daun sirih sebanyak 5 lembar, lalu cuci dengan air bersih dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan saring airnya kemudian tunggu sampai air rebusan daun sirih tersebut cukup hangat. Gunakan air rebusan daun sirih tersebu untuk berkumur-kumur, lakukan secara rutin 3 kali sehari sampai sembuh.

14. Mengobati Penyakit Diare

Diare adalah gangguan kesehatan pada pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga menyebabkan seseorang mengalami diare. Untuk mengobati diare, anda bisa minum air rebusan daun sirih secara rutin dan teratur setiap hari sampai diare yang diderita sembuh.

Cara membuat ramuannya yaitu, rebus 5 lembar daun siruh tua yang masih segar langsung dari tanamannya. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, biarkan sampai airnya hanya tinggal tersisa 1 gelas saja dan saring airnya. Kemudian minum air rebusan daun sirih tersebut selangi hangat secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

15. Mengobati Gejala Penyakit Flu

Flu adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza yang dapat menyerang sistem pernapasan, gejala yang ditimbulkan akibat penyakit flu ini yaitu seperti batuk, demam, bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Cara mengobati penyakit flu secara alami bisa dilakukan dengan minum air rebusan daun sirih secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum. Kandungan zat antibakterial yang ada dalam daun sirih ini dapat membantu proses pengusiran virus yang menyebabkan flu, sehingga tubuh akan selalu terjaga kondisinya agar tetap sehat tahan terhadap serangan penyakit.

16. Melancarkan Haid

Bagi anda yang sering mengalami masalah dengan kurang lancarnya haid atau datang bulan, salah satu solusinya yaitu dengan cara minum air rebusan daun sirih secara rutin dan teratur setiap hari.

17. Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Haid

Ketika sedang datang bulan atau haid, sudah bukan rahasia umum lagi jika kedatangannya sering disertai dengan rasa sakit dan nyeri, namun tingkatannya ada yang ringan, sedang hingga berat. Cara menghilangkan rasa sakit saat haid ini bisa dengan cara minum air rebusan daun sirih, di samping itu juga dapat memba tu melancarkan haid setiap bulannya.

18. Mengobati Gusi Bengkak

Gusi bengkak memang dapat membuat penderitanya merasa terganggu dan tersiksa, karena gusi bengkak dapat menimbulkan rasa sakit yang menyiksa apalagi pada saat sedang makan. Untuk mengobati gusi bengkak, anda bisa rutin mengobatinya dengan cara berkumur-kumur dengan air rebusan dan sirih hangat secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

19. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat dan khasiat air rebusan daun sirih juga tidak hanya dapat mengobati gusi bengkak, tetapi juga sangat efektif untuk mengobati sakit gigi dengan cepat. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut secara rutin dan teratur setiap hari, namun untuk mempercepat proses penyembuhan sakit gigi anda bisa menempelkan daun sirih yang sudah ditumbuk pada bagian gigi yang terasa sakit. Kemudian tahan selama beberapa saat sampai rasa sakit pada gigi reda.

20. Mengobati Sakit Mata

Manfaat daun sirih untuk mata memang sudah digunakan sejak dulu untuk mengobati sakit mata atau yang disebut juga dengan mata belekan. Cara mengobatinya yaitu, siapkan air rebusan yang sudah dingin ke dalam gelas, lalu gunakan untuk membersihkan mata dengan cara mengedip-ngedipkan mata di dalam air rebusan daun sirih tersebut beberapa kali sampai semua kotoran di dalam mata keluar. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari sampai sembuh.

B. Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sirih

Meskipun manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah dipercaya sejak dulu hingga sekarang, tetapi anda harus tetap berhati-hati karena jika terlalu banyak minum air rebusan justru dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Hal ini dikarenakan, di dalam daun sirih mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa efek samping minum air rebusan bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :
  1. Iritasi di Area Kewanitaan
  2. Membunuh Bakteri Baik
  3. Mempercepat Detak Jantung
  4. Mengurangi Produksi ASI

Jadi, meskipun daun sirih termasuk bahan alami yang berkhasiat tetapi sebaiknya kita tetap bijak dalam mengunakan dan mengkonsumsi atau minum air rebusannya.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini mengenai 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Penggunaannya. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita. Cukup sekian dan salam sukses. Please share and like. Thanks.