22 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

22 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh, Khasiat dan Manfaat Buah Blewah untuk Kecantikan Kulit Wajah, Khasiat dan Manfaat Buah Blewah untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Blewah, Nama Lain - Gambar - Jenis Buah Blewah, Timun Suri, Efek Samping Buah Blewah.


Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Blewah adalah salah satu jenis buah-buahan yang populer dan banyak dicari oleh masyarakat ketika bulan ramadhan. Selain rasa buahnya yang manis dan menyegarkan, buah blewah ini memiliki keistimewaan dalam hal manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jenis buah yang hampir mirip dengan buah lemon ini ternyata dapat dengan mudah dijumpai di negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Buah blewah sendiri biasanya sering dikonsumsi oleh masyarakat umum dengan dijadikan sebagai bahan campuran sirup atau es buah, bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang mengolah buah ini untuk dijadikan sebagai kolak untuk hidangan berbuka puasa di Bulan ramadhan atau sajian hari raya lebaran. Selain mudah ditemui, ternyata buah blewah ini harganya cukup terjangkau serta memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi  yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan Gizi / Nutrisi pada Buah Blewah

Meskipun buah blewah ini harganya murah dan banyak ditemukan di Indonesia, ternyata di dalam buah blewah ini tersimpan berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan, kecantikan dan juga ibu hamil.

Menurut hasil penelitian dari The Journal of Food Science, pada setiap 100 gram buah blewah mengandung Vitamin A sebanyak 3382IU (68%), Vitamin C sebanyak 36,7 mg, Vitamin sebanyak B6 0,1 mg, Kalium sebanyak 267 mg (8%), Folat sebanyak 21 mcg (5%), Protein sebanyak 0,8 gram, Magnesium sebanyak 12,69 mg, Mangan sebanyak 0,03 mg, Natrium sebanyak 16 mg, Tembaga sebanyak 0,05 mg, Seng sebanyak 0,10 mg, Kobalt sebanyak 0,003 mg, Karbohidrat sebanyak 8 gram dan juga mengandung Krom sebanyak 0,005 mg.

Dibalik beragam jenis kandungan yang tersedia dalam buah blewah, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi apabila buah ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, kecantikan dan juga untuk ibu hamil sekalipun.

Penasaran, manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah blewah ini? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

A. Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah blewah untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menurunkan Berat Badan

Buah blewah tidak hanya enak dan nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah blewah memiliki kandungan gula dan juga kalori yang sangat rendah, sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

2. Menurunkan Tekanan Darah (Hipertensi)

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang paling ampuh yaitu dengan mengkonsumsi buah blewah, karena di dalam buah blewah ini mengandung kalium, potassium dan juga vitamin C yang cukup tinggi. Hebatnya lagi, bahkan buah ini tidak mengandung kadar kolesterol sedikit pun, sehingga buah blewah ini sangat aman dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit darah tinggi (hipertensi) atau kolesterol tinggi.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Di dalam buah blewah mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi, vitamin C diklaim sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mencegah tubuh terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, mengkonsumsi buah blewah secara rutin dan teratur sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah serta mampu memperkuat dinding kapiler.

4. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Manfaat mengkonsumsi buah blewah juga diduga mampu membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Bahkan RDA (Recommended Dietary Allowance) pun sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah blewah untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan, di dalam buah blewah ini mengandung vitamin C dan betakaroten yang baik untuk jantung.

5. Mencegah Kanker

Resiko terkena penyakit kanker akan semakin besar apabila tubuh kurang mendapatkan asupan nutrisi penting seperti vitamin C, asam folat dan juga betakaroten. Sebab, ketiga kandungan tersebut dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat kuat dan mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang sering menjadi pemicu utama terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

6. Mengatasi Insomnia

Buah blewah sendiri memiliki sifat sedaktif, dimana sifat tersebut sangat baik untuk membantu mengatasi masalah gangguan tidur atau insomnia. Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengalami masalah gangguan tidur atau susah tidur, salah satu cara mengatasi insomnia ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin dan teratur.

7. Mengobati Sakit Maag

Salah satu cara mengobati sakit maag secara alami yang terbukti ampuh yaitu dengan mengkonsumsi buah blewah, terlebih lagi jika buah ini dikonsumsi dalam bentuk jus karena akan lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Dengan rutin minum jus buah blewah secara rutin dan teratur, maka sakit maag pun bisa segera sembuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah blewah juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, jenis vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama mata. Maka tak heran jika mengkonsumsi buah blewah secara rutin dan teratur bermanfaat untuk menjaga mata tetap sehat, sehingga dapat membantu meningkatkan daya penglihatan mata secara optimal.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Kombinasi vitamin A dan C yang yang terdapat pada buah blewah, maka buah ini memiliki kemampuan untuk memelihara kesehatan kulit bahkan mampu mencegah penuaan dini. Apalagi vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pemah berhenti menyerang kulit kita. Karenanya vitamin A, C, dan manfaat vitamin E ini, sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

10. Melancarkan Pencernaan

Manfaat mengkonsumsi buah blewah ternyata sudah sejak dulu dipercaya oleh masyarakat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah berbagai masalah pada sistem pencernaan. Sebab, di dalam buah blewah terdapat kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan dan mengoptimalkan kerja sistem pencernaan.

10. Mengobati Asma

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan betakaroten ini juga cukup efektif untuk mengobati penyakit asma, karena kedua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga penyakit asma tidak akan sering kambuh. Perlu anda semua ketahui bahwa, menurut medis sebenarnya penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan, namun hanya dapat dicegah agar tidak sering kambuh. Salah satu cara mencegah asma yaitu dengan perbanyak mengkonsumsi buah blewah.

11. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di dalam buah blewah terdapat beberapa kandungan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Beberapa diantaranya seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten dan juga fitokimia yang mampu melawan radikal bebas, sehingga sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri berbahaya yang membawa sumber penyakit.

12. Mencegah Dehidrasi

Buah blewah adalah salah satu jenis buah yang memiliki kadar air sangat tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah blewah dapat membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Maka pantas jika buah blewah ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap pada minuman seperti jus atau es buah untuk berbuka puasa.

13. Mengurangi Setres dan Kecemasan Berlebih

Manfaat buah blewah berikutnya yaitu dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan berlebih, karena di dalam buah ini mengandung kalium yang sangat baik untuk membantu melancarkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Selain itu, mengkonsumsi buah blewah juga sangat bermanfaat untuk membantu proses pelepasan hormon stres seperti kortisol dalam tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah blewah ini, tingkat stres dan kecemasan berlebih bisa dikendalikan dengan baik.

14. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat memicu seseorang terkena penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, buah blewah masih berhubungan dengan terjadinya peningkatan metabolisme insulin. Itu artinya, fluktuasi gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil dan dapat mencegah terjadinya lonjakan terhadap kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Meskipun memiliki rasa manis, bagi anda penderita penyakit diabetes tidak perlu ragu atau takut untuk mengkonsumsi buah blewah ini.

15. Mengobati Peradangan Pada Persendian

Di dalam buah blewah mengandung zat-zat yang bersifat anti-inflamasi, sehingga buah blewah ini memiliki manfat untuk mencegah terjadinya stres oksifatif pada area persendian dan juga tulang yang dapat membantu mengurangi peradangan. Terjadinya peradangan kronis pada area tersebut dapat menyebabkan penyakit arthritis, sehingga sangat diperlukan penanganan secara rutin dengan mengkonsumsi buah blewah apabila anda sering merasakan rasa linu dan nyeri pada area pesendian.

16. Mendetoks Racun Dalam Tubuh

Buah blewah terkenal kaya akan kandungan antioksidan dan juga kadar air di dalamnya, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah blewah dapat membantu proses detoksifikasi terhadap berbagai zat racun dan juga senyaw akimia berbahaya yang menumpuk dalam tubuh kita. Jika racun dalam tubuh tidak segera dikeluarkan, maka dapat meningkatkan resiko munculnya berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, rutin mengkonsumsi buah blewah ini sangat bermanfaat untuk membantu mendetoks tubuh agar racun-racun yang mengendap dapat segera dikeluarkan.

17. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini dapat dipicu oleh beberapa sebab, salah satu penyebabnya yaitu dari tumpukan natrium yang ada dalam organ ginjal. Maka lama-lama akan zat tersebut akan mengeras dan bahkan mengkristal dengan membentuk gumpalan batu pada organ ginjal kita. Untuk mencegah penyakit batu ginjal, maka banyak para ahli yang menyarankan agar rutin mengkonsumsi buah blewah, baik dimakan secara langsung ataupun dijadikan jus buah yang menyegarkan.

B. Manfaat Buah Blewah untuk Kecantikan kulit

Berikut ini beberapa manfaat melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker buah blewah, caranya yaitu :

1. Merawat Kecantikan Kulit

Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mengobati penyakit, ternyata buah blewah ini pun dapat digunakan untuk melakukan perawatan kulit secara optimal. Salah satu manfaat dari buah blewah ini yaitu sangat efektif untuk  merawat kulit wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih bersih, cantik dan sehat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Sebagai seorang wanita, munculnya tanda-tanda penuaan sebelum waktunya merupakan suatu masalah yang ditakuti. Hal ini dikarenakan, munculnya tanda penuaan dini ini akan membuat penampilan menjadi kurang menarik dan kurang percaya diri ketika akan keluar rumah. Untuk mencegah munculnya penuaan dini, maka anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah blewah. Sebab, kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah blewah ini mampu menangkal radikal bebas berbahaya yang menjadi penyebab kerusakan kulit dan munculnya penuaan dini.

Selain itu, kandungan vitamin C yang ada dalam buah blewah ini dapat membantu proses pembentukan kolagen dan sekaligus berperan penting sebagai antioksidan. Jadi, dengan rutin melakukan perawatan menggunakan buah blewah ini dapat membuat kulit wajah terasa lebih halus, lembut dan kencang. Vitamin C dan beberapa kandungan nutrisi penting lainnya yang terdapat di dalam buah blewah ini dapat melindungi kulit dan paparan polusi dan juga radiasi sinar ultraviolet, sehingga kulit wajah akan senantiasai terlindungi dan terhindar dari kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

3. Melembabkan Kulit

Kulit yang sehat sebaiknya harus selalu dalam kondisi lembab, karena kondisi kulit yang kering dan bersisik tentunya akan membuat penampilan menjadi kurang menarik dan kurang percaya diri. Salah sau cara melembabkan kulit kering dan bersisik yaitu bisa dengan cara melakukan perawatan menggunakan buah blewah, selain dengan mengkonsumsinya juga bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil optimal. Sebab, di dalam buah blewah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi dan mengandung nutrisi penting lainnya yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Di dalam buah blewah memiliki kandungan vitamin C, air dan juga betakaroten yang sangat baik untuk membantu mengatasi kulit wajah berminyak. Kulit wajah yang berminyak dapat menyebabkan munculnya masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan membuat kulit wajah tampak kusam seperti tidak terawat. Maka dari itu, untuk menjaga kulit wajah tetap terlihat bersih, cerah dan bebas kilap anda bisa rutin mengkonsumsi buah blewah dan diikuti dengan pemakaian masker buah blewah secara rutin.

C. Manfaat Buah Blewah untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah blewah juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena di dalam buah ini memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sebab, sebagai seorang wanita yang sedang hamil, maka sangat penting untuk selalu mencukupi asupan gizi dan nutrisi setiap hari untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan kuat untuk menjalani aktivitas sehari-hari

Apabila tubuh ibu hamil kurang mendapatkan asupan gizi dan nutrisi dalam jumlah cukup setiap harinya, maka akibatnya akan berdampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Maka dari itu, sangat disarankan kepada ibu hamil untuk rutin mengkosumsi buah blewah baik dengan cara dikonsumsi langsung atau dijadikan jus buah.

Sedangkan manfaat buah blewah untuk janin di dalam kandungan, buah blewah ini sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat tumbuh kembang janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah blewah memiliki kandungan sumber nutrisi penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh janin agar tumbuh kembangnya optimal.

Di dalam buah blewah ini mengandung betakaroten yang sangat baik untuk mendukung pembentuka mata, sedangkan kandungan mineral penting lainnya yang ada dalam buah blewah ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan proses pembentukan tulang dan organ lain di dalam tubuh. Sehingga, bayi akan lahir dengan sehat.

Selain itu, di dalam buah blewah ini juga memiliki kandungan asam folat yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sumsum tulang belakang, memaksimalkan perkembangan otak dan juga mencegah bayi lahir prematur serta mencegah bayi mengalami penyakit anemia.

Bagaimana, sangat melimpah bukan manfaat buah blewah ini?

Itulah tadi pembahasan yang mungkin bisa anda petik manfaatnya untuk menambah pengetahuan mengenai 22 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga apa yang anda cari bisa ditemukan disini. Ayo berbagi info ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.