Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Jagung untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh -- Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh, Manfaat dan Khasiat Jagung Manis untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Manfaat Jagung untuk Kesehatan & Efek Sampingnya, Manfaat Jagung Manis Rebus untuk Diet, Kandungan Jagung, Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil dan Janin, Manfaat Jagung Rebus Bagi Kesehatan Ibu Hamil.


Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil -- Jagung merupakan buah atau sayuran yang cukup diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Ada banyak jenis jagung yang dapat dikonsumsi, namun salah satu jenis jagung yang paling disukai yaitu jagung manis, karena jagung manis memiliki rasa yang lebih enak dan memiliki rasa manis serta memiliki tekstur yang lebih lembut saat dikunyah.

Jagung manis dapat diolah dengan berbagai cara, yaitu direbus, dibakar, dijadikan campuran bakwan, dibuat gorengan, dibubur dan dapat diolah dengan berbagai olahan lainnya. Harga jagung manis juga memang paling mahal dibandingkan dengan jenis jagung lainnya, sehingga permintaan jagung manis dipasaran sangatlah tinggi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi di Dalam Jagung

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata jagung manis juga memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandung gizi dan nutrisi yang cukup lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh.

Di dalam jagung manis misalnya, jagung manis memiliki beberapa kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat, kalori, serat, folat, beta karoten, flavonoid, luein, xanthins dan beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium, kalium, mangan, magnesium, zat besi, tembaga, dan juga seng.

Semua kandungan gizi dan nutrisi serta mineral penting yang terkandung di dalam jagung tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka jagung ini tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum saja, tetapi juga sangat baik untuk ibu hamil. Penasaran, apa saja manfaat mengkonsumsi jagung? Langsung saja simak ulasan selengkapnya para artikel yang telah kami siapkan dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

A. Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi jagung bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Kaum Wanita

Manfaat jagung yang pertama yaitu diduga sangat baik untuk membantu meningkatkan kesuburan bagi para kaum wanita, karena di dalam jagung mengandung folat yang baik untuk membantu merangsang kesuburan reproduksi wanita yang sedang merencanakan program kehamilan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin cepat hamil, anda dapat mengkonsumsi jagung rebus agar tubuh anda mendapatkan asupan folat dalam jumlah cukup.

2. Baik untuk Pencernaan

Di dalam jagung kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan kerja pada organ pencernaan dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi jagung dapat membantu mencegah berbagai gangguan yang berkaitan dengan pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan bahkan dapat mencegah terjadinya penyakit wasir.

3. Baik untuk Mencegah Demensia

Jagung memiliki beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk tubuh, salah satunya vitamin B. jenis vitamin yang satu ini sangat baik untuk membantu mencegah tubuh terkena penyakit demensia.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Tidak hanya susu, ternyata jagung juga mengandung kalsium dan juga fosfor yang sangat baik untuk menutrisi tulang, sehingga tulang akan tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tulang seperti penyakit osteoporosis. Selain itu, di dalam jagung juga mengandung magnesium yang sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Maka dari itu, jagung ini sangat baik dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai usia, terutama untuk anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

5. Baik untuk Menjaga Kesehatan dan Fungsi Organ Ginjal

Memiliki organ ginjal yang sehat, maka akan dapat menunjang kesehatan dan fungsi organ tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan, organ ginjal berfungsi untuk menyaring darah sebelum disalurkan ke seluruh tubuh. Dengan memiliki organ ginjal yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik, maka proses penyaringan darah dapat dilakukan dengan baik, sehingga darah hasil dari proses penyaringan tersebut akan disalurkan ke seluruh organ yang ada dalam tubuh dan membuat organ tubuh menjadi lebih sehat dan mampu bekerja degan optimal.

6. Dapat Menstabilkan Detak Jantung

Kandungan magnesium yang terkandung di dalam jagung tidak hanya baik untuk memperkuat tulang, tetapi juga dapat membantu menstabilkan detak jantung agar dapat berdetak dengan baik dan normal.

7. Baik untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kadar gula berlebih dalam tubuh dapat memicu resiko terserang penyakit gula atau lebih dikenal dengan penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit diabetes termasuk jenis penyakit yang sangat berbahaya dan ditakuti oleh banyak orang, karena penyakit ini dapat membuat seseorang yang menderitanya memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari dan pola makan. Kadar gula berlebih sendiri dapat disebabkan oleh karena banyak faktor, diantaranya yaitu faktor keturunan, pola makan tidak sehat dan jarang berolahraga.

Cara mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur, salah satunya yaitu dengan rutin mengkonsumsi jagung. Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandung zat yang berfungsi untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dengan cara mengelola produksi insulin dalam tubuh.

8. Baik Untuk Mencegah Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Di dalam semua jenis jagung mengandung jenis zat yang dikenal dengan nama phytochemical fenolik dan juga mengandung kalium, kedua jenis zat tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah berlebih dalam tubuh dan membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Dengan rutin mengkonsumsi jagung, maka tubuh anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit darah tinggi dan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh komplikasi dari hipertensi ini seperti penyakit jantung dan juga stroke.

9. Baik untuk Kesehatan Mata

Sayuran yang baik untuk mata tidak hanya wortel, ternyata mengkonsumsi jagung juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, karena di dalam jagung juga memiliki kandungan vitamin A dan juga betakaroten sebagai zat pembentuknya. Maka bagi anda yang tidak begitu suka mengkonsumsi wortel, jagung bisa menjadi solusi alternatif untuk dikonsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga.

10. Baik untuk Menurukan Kadar Kolesterol Tinggi

Tubuh yang memiliki kelebihan kadar kolesterol jahat (LDL) memiliki resiko lebih besar terserang penyakit stroke, penyakit jantung dan juga terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi, anda bisa rutin mengkonsumsi jagung rebus, karena di dalam jagung mengandung kadar kolesterol baik (HDL) yang dapat baik untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

11. Baik untuk Mencegah Anemia

Ketika tubuh terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah, maka tubuh akan mudah sekali lelah, pusing dan juga kurang bersemangat. Penyebab anemia sendiri tidak hanya disebabkan oleh karena kekurangan asupan zat besi saja, tetapi juga disebabkan oleh tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin, asam folat dan juga mineral. 

Bagi anda yang ingin terhindar dari resiko terkena penyakit anemia, anda sebaiknya rutin mengkonsumsi jagung rebus. Sebab, di dalam jagung rebus diperkaya dengan beberapa kandungan seperti zat besi, vitamin dan juga beberapa mineral penting yang sangat baik untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

12. Baik untuk Mencegah Kanker

Menurut dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli menjelaskan bahwa, rutin mengkonsumsi jagung rebus dapat membantu mencegah tubuh terkena penyakit kanker dan sekaligus dapat menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh. 

Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandung zat antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkan serangan radikal bebas. Radikal bebas merupakan zat yang dapat memicu pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi jagung sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

13. Baik untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme dalam Tubuh

Di dalam jagung juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat baik untuk membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, sehingga organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

14. Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat jagung untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan otak, sehingga dengan rutin mengkonsumsi jagung dapat meningkatkan fungsi dan kerja otak serta meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan, di dalam jagung memiliki kandungan vitamin B dan juga folat. Selain baik untuk menjaga kesehatan otak, ternyata rutin mengkonsumsi jagung juga sangat baik untuk mencegah terkena penyakit alzheimer.

15. Baik untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rutin mengkonsumsi jagung juga sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebab di dalam jagung diperkaya dengan kandungan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C. 

Selain itu, di dalam jagung juga mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga kandungan vitamin dalam jagung dibantu dengan protein yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit.

B. Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Mengkonsumsi jagung tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada banyak sekali manfaat jagung untuk ibu hamil yang penting untuk anda semua ketahui, diantaranya yaitu :

1. Dapat Mencegah Sembelit saat Hamil

Ibu hamil sangat rentan sekali mengalami sembeli di masa kehamilannya, karena sembelit adalah ganggua kesehatan yang umum di alami oleh para ibu hamil terutama pada masa kehamilan trimester pertama. Sembelit saat hamil dapat disebabkan oleh karena adanya pengaruh dari produksi hormon progesteron yang dapat mempengaruhi kerja usus, sehingga kerja dari sistem pencernaan akan menjadi lambat. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi jagung rebus, karena di dalam jagung kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

2. Baik untuk Menurunkan Resiko Cacat Tabung Saraf pada Janin

Di dalam jagung memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, asam folat ini termasuk salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, terutama pada masa trimester kehamilan pertama. Asam folat ini sangat baik untuk membantu proses pembentukan sel saraf dan juga sistem syaraf pada tulang belakang.

Tubuh bayi yang kurang mendapatkan asam folat selama dalam kandungan akan beresiko mengalami cacat tabung saraf, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan dan fungsi otaknya. Salah satu cara mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, maka ibu hamil bisa mendapatkan asupan folat dalam jumlah cukup dengan rutin mengkonsumsi jagung rebus.

3. Mencegah Anemia saat Hamil

Selain rentan menderita sembelit, ternyata ibu hamil juga rentan mengalami gejala anemia. Jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk bagi kesehatahan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Untuk mencegah ibu hamil terkena penyakit anemia, maka sang ibu hamil disarankan untuk rutin mengkonsumsi jagung rebus. Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandung zat besi dan mineral penting lainnya yang sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah merah baru.

4. Baik untuk Membantu Mengoptimalkan Pembentukan Tulang Janin

Rutin mengkonsumsi jagung rebus selama kehamilan sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang pada tubuh janin selama dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, di dalam jagung memiliki beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium, fosfor dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang.

5. Baik Untuk Mendukung Pembentukan Otak Janin

Jagung merupakan jenis makanan yang memiliki sumber thiamin yang cukup tinggi dan baik untuk membantu proses pembentukan dan pemkembangan sel otak pada janin selama dalam kandungan, sehingga dengan tercukupinya asupan thaimin selama kehamilan dapat membantu bayi tubuh sehat dan cerdas.

6. Baik untuk Pembentukan dan Kesehatan Jantung Janin

Manfaat jagung untuk ibu hamil berikutnya diduga sangat baik untuk membantu proses pembentukan organ jantung pada tubuh janin, sehingga organ jantung janin akan terbentuk dengan baik dan dapat berfungsi dengan optimal. Maka dengan rutin mengkonsumsi jagung selama kehamilan, bayi akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung.

7. Mencegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Janin yang kurang mendapatkan asupan gizi dan nutrisi selama dalam kandungan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Dengan mengkonsumsi jagung selama kehamilan, maka resiko berat badan rendah pada bayi dapat diperkecil, sehingga bayi akan lahir dengan berat badan yang cukup dan sehat.

8. Sumber Tenaga untuk Ibu Hamil

Konsumsi jagung juga dapat menjadi salah satu makanan yang baik untuk menambah energi bagi tubuh selama kehamilan, sehingga ibu hamil tidak akan merasa lemas dan kurang bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan, di dalam setiap 100 gram jagung mengandung protein sebanyak 5 mg. Jumlah tersebut sudah cukup untuk membantu menjaga stamina tubuh ibu hamil selama seharian, namun anda juga dapat mengkombinasikannya dengan jenis makanan sehat lainnya.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata Janin

Rutin mengkonsumsi jagung selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata janin, karena di dalam jagung mengandung vitamin A, betakaroten, lutein dan juga xhantin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata pada janin selama dalam kandungan. Maka dengan rutin mengkonsumsi jagung selama kehamilan dapat menurunkan resiko bayi menderita berbagai jenis penyakit mata disuatu hari nanti.

10. Baik untuk Membantu Melancarkan Proses Persalinan

Bagi ibu hamil yang rutin mengkonsumsi jagung selama kehamilan, ternyata dapat membantu melancarkan proses persalinan.

C. Tips Konsumsi Jagung untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa tips mengkonsumsi jagung bagi ibu hamil, yaitu :
  1. Konsumsi jagung yang masih dalam kondisi segar
  2. Hindari mengkonsumsi jagung yang di dalamnya terdapat ulat atau bekas hama
  3. Hindari mengkonsumsi jagung yang sudah lama disimpan di dalam kulkas
  4. Hindari menambahkan perasa manis pada jagung yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan produksi gula darah dalam tubuh.
  5. Rebus jagung hingga benar-benar matang sempurna untuk membunuh bakteri dan parasit.

Demikianlah artikel yang dapat kami uraikan mengenai Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil. Perlu anda semua ketahui bahwa tujuan dalam pembuatan artikel ini hanya sebagai informasi untuk menambah pengetahuan saja, sehingga konsultasikan dengan dokter atau ahlinya jika akan digunakan sebagai pengobatan penyakit yang sedang diderita. Semoga bermanfaat.