20 Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

20 Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Khasiat & Manfaat Jagung bagi Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Masker Jagung Setiap Hari, Manfaat Jagung Muda untuk Cacar Air, Masker Jagung untuk Bopeng, Efek Samping Masker Jagung, Cara Membuat Masker Jagung Manis, Manfaat Jagung Manis, Manfaat Air Rebusan Jagung Untuk Kolesterol, Manfaat Jagung untuk Wajah Berjerawat.


Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang termasuk ke dalam keluarga Poaceae dengan nama latin Zea Mays L, jagung sendiri awalnya berasal dari Amerika Latin. Saat ini jagung sudah menjadi bahan pokok seperti padi dan gandum, banyak sekali aneka makanan olahan yang terbuah dari bahan dasar jagung, baik itu aneka makanan modern ataupun tradisional seperti popcorn, nasi jagung, kue jagung, nasi jagung dan masih banyak aneka jenis makan olahan berbahan jagung lainnya.

Bahkan, akhir-akhir ini ekstrak jagung sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pemanis alami sebagai pengganti gula. Pemanis alami dari jagung lebih sehat dan rendah kalori, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit gula atau diabetes.

Bagi masyarakat yang berada di sekitar Jawa Timur dan Madura, jagung sering dimanfaatkan sebagai makanan pokok sehari-hari oleh hampir sebagian besar penduduknya. Hal ini dikarenakan, kandungan karbohidratnya yang tinggi dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain menjadi makanan pokok, jagung juga cocok untk dijadikan cemilan sehat yang bermanfaat, karena seperti yang sering kita jumpai jagung bisa diolah dengan cara di bakar, direbus atau di olah untuk dijadikan aneka kue yang enak dan nikmat.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Penting Di Dalam Jagung

Tidak hanya kaya akan kandungan serat, jagung juga merupakan jenis makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks yang sangat bermanfaat dan diperlukan oleh tubuh. Selain itu, di dalam buah jagung juga memiliki kandungan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, beta karoten, lemak tak jenuh, omega 6, dan juga protein yang cukup tinggi.

Di dalam setiap 100 gram jagung mengandung :
  • Energi, sebanyak 129 kal
  • Protein, sebanyak 4,1 gram
  • Vitamin A, sebanyak 117 IU
  • Vitamin B1, sebanyak 0,18 mg
  • Vitamin C, sebanyak 9 mg
  • Lemak, sebanyak 1,3 gram
  • Karbohidrat, sebanyak 30,3 g
  • Serat, sebanyak 2,9 gram
  • Kalsium, sebanyak 5 gram
  • Fosfor, sebanyak 108 mg
  • Zat Besi, sebanyak 1,1 mg
  • Air, sebanyak 63,5 gram

Jika kita lihat dari kandunga gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam jagung, maka banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi jagung secara rutin dan teratur baik dalam bentuk utuh atau setelah diolah.

A. Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah jagung secara rutin dan teratur untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Gangguan Pada Pencernaan

Jagung termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung kadar serat sangat tinggi yang terdiri dari serat larut dan tidak larut. Serat larut sendiri sangat berkhasiat untuk melakuka pemblokiran terhadap proses penyerapan kadar kolesterol menjadi lebih konsisten seperti gel.

Sedangkan untuk jenis kandugan serat tidak larut dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan seperti sembelit dan gangguan usus, sehigga dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya Irritable Bowel Syndrome dan juga diare.

2. Mencegah Wasir atau Ambeien

Mengkonsumsi jagung sebanyak satu cangkir sudah mampu mencukupi serat yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 18,4%, terpenuhinya serat dalam tubuh dengan mengkonsumsi jagung secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah gangguan pada pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Kandungan serat tersebut dapat membantu melancarkan buang air besar, merangsang pergerakan peristaltik, merangsang produksi kadar asam lambung dan juga empedeu. Selain itu, mengkonsumsi jagung juga diyakini mampu mencegah kemungkinan terjadinya diare.

3. Meningkatkan Sumber Energi

Jagung juga termasuk ke dalam jenis sayuran yang kaya akan kandungan karbohidrat, karena jagung ini mengandung tepung. Dengan mengkonsumsi jagug atau olehan makanan yang terbuat dari tepung jagung dapat membantu meningkatkan sumber energi dalam tubuh, baik itu energi jangka pendek maupun energi jangka panjang. Konsumsi jagung juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf, karena di dalam satu cangkir jagung mengandung karbohidrat sekitar 29 gram.

Makanan alami dan sehat ini tentunya akan sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh para atlet, karena tubuh mereka memerlukan lebih banyak karbohidrat untuk membantu mengoptimalkan kiinerja saat melakukan latihan. Selain itu, jagung juga termasuk sayuran yang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat dicerna dengan lambat, sehingga dapat memberika rasa kenyang lebih lama dan menghasilkan sumber energi dalam jumlah yang seimbang.

4. Mencegah Anemia

Manfaat buah jagung berikutnya yaitu dipercaya sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia, karena di dalam jagung mengandung vitamin B12 dan juga asam folat yang cukup tinggi.

Selain itu, di dalam jagung juga mengandung zat besi yang merupakan kandungan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan proses pembentukan sel darah merah baru. Tubuh yang mengalami kekurangan zat besi, maka memiliki resiko tinggi mengalami anemia yang menyebabkan tubuh cepat lelah, letih, lesu dan pusing.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahar (LDL)

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutritional Biochemistry, mengkonsumsi minyak kulit jagung secara rutin dan teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dengan mengurangi proses penyerapannya.

Dilakukannya penurunan kadar kolesterol jahat ini tidak menyebabkan kadar kolesterol baik (HDL) ikut menurun, justru jumlahnya akan meningkat dan lebih tinggi dibandingkan dengan kolesterol jahat. Dengan turunnya kadar kolesterol jahat dlam tubuh, maka sangat menguntungkan tubuh karena dapat menurunkan resiko terkena penyakit hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Konsumsi jagung organik memang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu mengurangi gejala-gejala peyakit diabetes. Karena dengan rutin mengkonsumsi jagung sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan juga menurunkan tekanan darah dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandung phytochemical fenolik yang ada dalam jagung bermanfaat untuk membantu dalam mengelola Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Kandungan nutrisi tersebut berfungsi untuk mengatur proses penyerapan dan juga pelepasam insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi penyakit diabetes dan darah tinggi (hipertensi).

7. Meningkatkan Daya Penglihatan Mata

Kernel kuning yang terdapat pada jagung memiliki kandugan karotenoid yang bermanfaat untuk membantu menurunkan resiko terkena penyakit degenerasi makula, yaitu gangguan daya penglihatan pada pusat garis pandang.

Selain itu, di dalam jagung juga mengandung beta-karoten yang sangat berkhasiat untuk membantu dalam meningkatkan produksi vitamin A, sehingga dapat membuat daya penglihatan semakin baik dan jelas.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Di dalam jagung juga mengandung basam folat yang cukup tinggi, asam folat ini memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik dan penting bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Tubuh wanita hamil yang mengalami kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi mengalami gangguan pada berat badan, sehingga menyebabkan resiko bayi mengalami cacat lahir. Meski memiliki manfaat yang baik, untuk takaran konsumsinya bisa meminta anjuran dari dokter kandungan atau bidan.

Bacaan Pelengkap : Manfaat Jagung untuk Kesehatan da Ibu Hamil

9. Mencegah Penyakit Azheimer

Jagung termasuk ke dalam tumbuhan yang memiliki sumber timin, yaitu unsur yang tidak dapat terpisahkan dari reaksi enzimatik pada pusat produksi energi dan juga sel otak (kognitif). Hal ini sangat diperlukan untuk membantu sintesis asetilkolin, merupakan sebuah neurotransmitter yang sangat penting untuk fungsi dari memori otak.

10. Menurunkan Berat Badan

Di dalam jagung mengandung serat kasar yang dapat memberikan rasa kenyang tahan lebih lama, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. kandungan serat kasar tersebut dapat melakukan pencegahan terhadap gangguan pencernaan seperti sembelit, karena sembelit kerap di alami oleh mereka yang memiliki tubuh gemuk.

11. Sebagai Diuretik Alami

Buah jagung juga kaya akan kandungan kalium yang dapat berfungsi sebagai diuretik (pelancar buang air kecil), sehingga efektif untuk membantu mencegah dan mengatasi iritasi pada saluran kemih, membantu menurunkan kadar asam jurat berlebih dan juga mencegah penyakit bati ginjal.

12. Mencegah Menghentikan Perkembangan Sel Kanker

Menurut hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Louisiana State University, bagi mereka yang rajin mengkonsumsi jagung memiliki resiko lebih kecil untuk terkena penyakit kanker payud*r*, usus besar dan juga prostat. Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandung serat dan juga betakaroten yang sangat tinggi. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan protease inhibitor yang sudah dibuktikan pada hewan dan hasilnya sangat ampuh untuk menghentikan perkembangan sel kanker.

13. Kaya Mineral

Di dalam jagung memiliki kandungan mineral penting yang sangat melimpah dan sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti kalsium, kalium, fosfor, magnesium, mangan, zat besu, seng dan juga tembaga. Semua kandungan mineral penting tersebut banyak ditemukan dalam varietas jagung. Selain itu, di dalam jagung juga terdapat kandungan selenium yang sangat sulit ditemukan dalam jenis makanan lain.

Kandungan fosfor yang ada dalam buah jagung ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam mengatur pertumbuhan tulanng dan juga mengoptimalkan fungsi dari organ ginjal. Selain itu, magnesium juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga detak jantung agar tetap stabil, mengoptimalkan pertumbuhan dan juga kekuatan tulang.

14. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari hasil penelitian pun menyebutkan bahwa minyak jagung juga terbukti mempunyai efek anti-aterogenik yang sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi inyak jagung secara rutin merupakan cara terbaik untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kinerja organ jantung, menurut fakta bahwa jagung pun sangat dekat dengan kombinasi asam lemak yang semain optimal.

Hal ini sangat memungkinkan jika asam lemak omega 3 bermanfaat untuk menanggalkan hal yang dapat merusak kolesterol jahat dan kemudian menggantinya pada situs mengikat. Hal ini memungkinkan agar menurunkan resiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri, menurunkan tekanan darah, penyakit jantung dan serangan stroke.

15. Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Lainnya

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Southern California menunjukan bahwa, bagi mereka yang memiliki kadar lutein tinggi dalam darahnya dapat membantu mencegah penumpukan plak pada arteri jantung. Kandungan serat larutnya sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, dan kandungan asam folatnya dapat membantu menurunkan kadar homosistein yang dapat menyebabkan serangan jantung.

B. Manfaat Buah Jagung untuk Kecantikan Kulit

Jagung tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Namun untuk melakukan perawatan kecantikan, jagung yang harus digunakan yaitu jagung yang masih muda. Sebab, jagung yang masih muda sangat baik untuk menutrisi kulit dari luar maupun dari dalam.

Di dalam jagung muda mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, thiamin, niacin, mineral dan juga antioksidan yang tinggi. Maka tak heran jika buah jagung muda ini sering dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan oleh para kaum wanita.

Berikut ini beberapa manfaat buah jagung muda untuk melakukan perawatan kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Menghaluskan Kulit

Dengan melakukan perawatan kulit menggunakan masker jagung muda, maka ada dapat memiliki kulit yang bersih dan halus. Karena di dalam jagung muda mengandung vitamin A dan vitamin C sera Lycopen yang sangat baik untuk meregenerasi sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih bersih dan halus.

2. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV

Kandungan betakaroten yang ada dalam jagung muda diduga sangat baik untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV, karena jagung dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen yang dimana dapat menjadikan kulit lebih sehat dan terawat.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Perawatan kulit dengan jagung muda juga dipercaya efektif untuk membantu menyamrakan bekas luka yang membandel pada kulit. Bekas luka yang muncul pada kulit dapat terjadi akibat dari faktor terkena iritasi, penyakit cacar air dan juga jerawat. Cara menghilangkannya, anda cukup mengoleskan minyak jagung secara rutin dan teratur pada kulit yang terdapat bekas luka, lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai bekas luka hilang.

4. Mengatasi Iritasi dan Ruam Pada Kulit

Kandungan pati yang ada dalam buah jagung sering dijadikan bahan dalam pembuatan produk kosmemtik. Selain itu, pati jagung juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada kulit dan menghilangkan ruam pada kulit. caranya cukup dengan mengoleskannya secara merata pada kulit yang mengalami masalah, diamkan selama 15 menit dan bersihkan.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Prnumpukan sel kulit mati pada kulit, khususnya pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kasar, berminyak, berjerawat dan tampak kusam. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker jagung, karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada dalam jagung sangat baik dan efektif untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah.

Hal ini dikarenakan, di dalam jagung mengandug asam linoleat yang sangat tinggi, sehingga pantas jika jagung ini juga terkenal sangat bermanfaat untuk digunakan dalam melakukan perawatan kecantikan kulit. namun pastikan gunakan jagung muda, karena jagung muda kandungan nutrisinya masih segar dan baik untuk menutrisi kulit baik dari dalam maupun dari luar.

Cara Membuat Masker Jagung Untuk Perawatan Kulit

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan perawatan kulit dengan menggunakan maker jagung, anda bisa ikuti cara pembuatan maskernya dibawah berikut ini.

Bahan-bahan yang digunakan, yaitu :
  • 1 Buah Jagung Muda
  • 1 Sendok Makan Madu

Cara Membuat Masker Jagung :
  1. Pertama-tama, kupas cangkan dan bersihkan jagung muda dengan air mengalir.
  2. Setelah itu, parut bersama dengan tongkolnya.
  3. Campurkan hasil parutan jagung muda tersebut dengan madu yang sudah dipersiapkan. Jika tidak ada madu, anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun.
  4. Masker siap digunakan.

Cara Melakukan Perawatan Kulit dengan Masker Jagung, yaitu :
  1. Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih dan lembut.
  2. Setelah itu, oleskan masker jagung secara merata pada kulit wajah anda dan biarkan selama kurang lebih 30 menit agar nutrisinya meresep secara optimal.
  3. Terakhir, bilas hingga bersih dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang biasa anda pakai sehari-hari.
  4. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 20 Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Cukup sekian, selamat mencoba dan salam sehat. Jangan lupa untuk Like halaman fb blog ini. Thanks.