20 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat & Manfaat Buah Sawo Bagi Ibu Hamil & untuk Anak, Khasiat Buah Sawo Muda, Manfaat Sawo untuk Kecantikan, Manfaat Buah Sawo Untuk Diet, Cara Makan Buah Sawo, Manfaat Buah Sawo Untuk Diabetes, Cara Membuat Maske Sawo, Bahaya Buah Sawo, Manfaat Buah Sawo untuk Kecantikan Kulit Wajah.


Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil -- Buah sawo termasuk jenis buah yang disukai oleh mayarakat Indonesia. Buah sawo sendiri berbentuk bulat, memiliki warna kulit dan daging buahnya berwarna coklat serta rasa bauhnya yang sangat manis. Di dalam buah sawo memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi pada siang hari atau dijadikan buah pencuci mulut yang menyegarkan.

Beragam Jenis Buah Sawo Di Indonesia

Sebenarnya buah sawo yang ada dan terkenal di Indonesia terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu sebanyak

1. Sawo Mentega

Buah sawo ini memiliki bentuk buah yang bulat mirip seperti telur terbalik dan agak memanjang, kulit buah sawo mentega ini berwarna hijau mengkilap dan buah sawo ini memiliki rasa manis.

2. Sawo Manila

Buah sawo manila ini bentuk buahnya lonjong dan daging buahnya lebih tebal dibandingkan dengan jenis buah sawo lainnya. Di dalam buah sawo manila ini mengandung kadar air yang sangat tinggi dan buah ini tidak hanya populer di Indonesia tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

3. Sawo Duren

Buah sawo duren ini memiliki bentuk yang mirip dengan telur dan kulitnya lebih tebal dan mengandung banyak getah. Sayangnya, buah sawo ini tidak bisa dimakan, karena di dalamnya mengandung zat-zat yang berbahaya.

Tetapi jenis buah sawo yang akan kami bahas mengenai manfaatnya yaitu jenis sawo yang bisa dimakan, karena di dalam buah sawo yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat kita menyimpan banyak sekali kandunga gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan, kecantikan dan ibu hamil. Untuk mendapatkan buah sawo dipasaran sangalah mudah, harganya pun cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Maka tak heran, jika buah ini begitu digemari olah banyak orang mulai dari anak-anak, dewasa dan bahkan orang tua

Sebelum mengulas mengenai manfaat buah sawo ini, akan lebih baik jika kita mengetahui terleih dahulu kandungan gizi dan nutrisi apa saja yang terdapat di dalam buah sawo. Dengan demikian, anda bisa tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah sawo.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi di dalam Buah Sawo

Di dalam buah sawo mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh. Hal ini telah dibuktikan dari hasil penelitian pada 100 gram buah sawo, bahwa buah sawo mengandung :
  • Vitamin A sebanyak 60 IU
  • Vitamin B1 sebanyak 0,01 mg
  • Vitamin C sebanyak 21 mg
  • Energi sebanyak 92 kkal
  • Protein sebanyak 0,5 gram
  • Lemak sebanyak 1,1 gram
  • Karbohidrat sebanyak 22,4 gram
  • Kalsium sebanyak 25 mg
  • Fosfor sebanyak 12 mg
  • Zat besi sebanyak 1 mg

Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam buah sawo diatas, maka sangat pantas jika buah sawo ini di gadang-gadangkan memiliki segudang manfaat mulai untuk kesehatan tubuh, kecantikan hingga bermanfaat untuk ibu hamil. Untuk penjelasan selengkapnya bisa anda simak ulasannya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

A. Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah sawo yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah dan Mengobati Anemia

Di dalam buah sawo mengandung zat besi yang cukup tinggi, kandungan zat besi ini sangat baik untuk mencegah dan mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan, dengan rutin mengkonsumsi buah sawo ini sangat berkhasiat untuk membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Akibat dari tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah, maka tubuh akan terserang penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan sering mengalami pusing.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Mengkonsumsi buah sawo juga tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia, karena di dalam buah sawo mengandung kalsium dan juga fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang serta memperkuat tulang. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah sawo, kesehatan tulang akan senantiasa terjaga hingga tua nanti dan terhindar dari resiko terkena penyakit yang berkaitan dengan tulang seperti penyaklit oseoporosis.

Selain itu, buah sawo juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi olah semua orang mulai dari anak-anak hingga lansia agar kesehatan dan kekuatan giginya selalu terjaga. Terlebih lagi bagi balita, dengan diberi buah sawo dapat membantu mempercepat pertumbuhan giginya.

3. Mengobati Peradangan di Mulut

Jika anda sedang mengalami peradangan pada mulut, salah satu cara untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan buah sawo mentah. Caranya yaitu, ambil satu buah sawo mentah dan cincang kemudian rebus dengan 2 gekas air sampai mendidih. Setelah itu, biarkan air rebusan buah sawo tersebut cukup hangat dan dapat digunakan untuk berkumur. Gunakan air rebusan tersebut secara rutin dan teratur untuk berkumur pada pagi dan malam hari. Lakuikan pengobatan alami ini sampai peradangan di mulut sembuh.

4. Menghentikan Diare

Buah sawo juga sangat berkhasiat untuk mengobati diare, anda cukup rutin mengkosnumsi buah sawo matang setiap hari sampai diare yang anda alami sembuh. Kandungan air yang ada dalam buah sawo bisa berfungsi sebagai pengganti cairan yang hilang akibat sering buang air besar yang membuat tubuh bisa mengalami dehidrasi.

Selain itu, untuk mempercepat proses penyembuhan diare, anda bisa membuat ramuan obat diare alami dari getah buah sawo mentah. Caranya yaitu, ambil sekitar 15 tetes getah buah sawo mentah yang masih muda, lalu seduh dengan setengah gelas air mendidih. Aduk dan biarkan hingga air ramuan tersebut cukup hangat untuk diminum, minum ramuan obat diare alami yang anda buat tadi secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai diare sembuh.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah sawo memiliki kandungan vitamin A yang terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan membuat daya penglihatan menjadi lebih jelas, sehingga bagi anda yang sering menonton televisi, bekerja seharian di depan laptop atau komputer, mak kami sarankan agar anda rutin mengkonsumsi buah sawo untuk mendapatkan asupan vitamin A dalam jumlah cukup setiap harinya.

6. Meningkatkan Pertumbuhan

Buah sawo sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan juga balita, karena buah sawo mengandung kaya akan protein dan mineral penting yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak selama masa pertumbuhannya.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Di dalam buah sawo terdapat kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, kandungan serat alami yang ada dalam buah sawo sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga mencegah munculnya berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan bahkan dapat mencegah terjadinya pembentukan sel kanker yang menyebabkan kanker usus.

8. Ampuh Mengobati Penyakit Disentri

Bagi anda atau anggota keluarga anda ada yang terkena penyakit disentri, maka sebaiknya berikan pasien disentri buah sawo matang untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah tubuhnya agar terhindar dari resiko terkena dehidrasi. 

Sedangkan untuk mengobatinya, anda bisa memanfaatkan buah sawo muda dengan cara dihaluskan, kemudian dicampur dengan tambahan garam dapur secukupnya. Setelah itu, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian angkat dan dinginkan, lalu minum air rebusan buah sawo tersebut sampai habis selagi hangat. Untuk mempercepat proses penyembuhan, minum ramuan tersebut 2 kali sehari saja secara rutin dan teratur sampai disentri sembuh.

9. Mencegah Infeksi

Buah sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, karena kedua vitamin ini dapat berperan penting sebagai antioksidan alami yang sangat kuat dan ampuh membasmi kuman, bakteri dan virus penyebab infeksi.

10. Mengobati Darah Tinggi (Hipertensi)

Buah sawo memiliki kandungan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi, kalium ini terbukti sangat efektif untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah sawo, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko tekena penyakit jantung dan juga bahaya stroke.

B. Manfaat Buah Sawo untuk Kecantikan Kulit

Mengkonsumsi buah sawo bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, ternyata buah ini juga sangat bermanfaat untuk kulit dan merawat kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat buah sawo untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Buah sawo bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kulit, karena di dalam buah sawo mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menutrisi kulit, sehingga kulit akan tampak lebih halus dan lembut.

2. Melembabkan kulit

Memiliki kulit kering akan lebih rentan terkena masalah kulit keriput dibandingkan dengan jenis kulit yang lembab. Maka dari itu, bagi ada yang memiliki kulit kering agar rutin melakukan perawatan kulit menggunakan masker buah sawo. Sebab, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah sawo ini dapat menjadikan kulit yang kering menjadi lembab.

3. Mencerahkan Kulit

Dengan rutin melakukan perawatan kulit menggunakan masker yang terbuat dari buah sawo tidak hanya dapat menghaluskan, melembutkan dan melembabkan kulit saja. Tetapi juga sangat efektif untuk membantu mencerahkan kulit, terutama kulit wajah. Hal ini dikarenakan, di dalam buah sawo ini mengandung vitamin C dan vitamin E yang sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan rutin melakukan perawatan kecantikan ini, kulit wajah akan terlihat lebih sehat, bersih dan putih bersinar.

4. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas diluar rumah dan sering terkena paparan panas dari sinar matahari, namun anda tidak menggunakan cream pelindung kulit, maka kulit akan mengalami kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari secara langsung seperti kulit terbakar, muncul flak hitam, kulit menjadi kering dan muncul kerutan.

Untuk mencegahnya, maka penting sekali untuk melindungi kulit anda sebelum melakukan aktivitas diluar rumah. Salah satunya dengan cara melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah sawo secara rutin dan teratur, karena di dalam buah sawo mengandung senyawa polifenol yang sangat berkhasiat untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya.

5. Mengencangkan Kulit

Rutin mengkonsumsi buah sawo dan melakukan perawatan menggunakan masker buah sawo, maka kulit akan menjadi terlihat lebih sehat dan kencang. Sebab, di dalam buah sawo ini mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menutrisi kulit.

Cara Membuat Masker Buah Sawo untuk Perawatan Kulit

Siapkan 1 buah sawo mentah berukuran besar atau sedang, lalu potong-potong dan haluskan dengan menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tambahkan 1-2 sendok madu sesuai kebutuhan. Aduk hingga kedua bahan alami tersebut tercampur merata. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang akan dilakukan perawatan secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

C. Manfaat Sawo bagi Ibu Hamil

Buah sawo juga ternyata sangat baik dan bermanfaat jika rutin dikonsumsi oleh ibu haml muda ataupun tua. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah sawo setiap hari, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Rutin mengkonsumsi buah sawo selama kehamilan di yakini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga kesehatan ibu hamil akan senantiasa terjaga sepanjag hari dan terhindar dari serangan infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti demam, flu, pilek dan batuk. Ini dikarenakan, di dalam buah sawo mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

2. Mencegah Sembelit Ibu Hamil

Kandungan serat yang ada dalam buah sawo juga sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, karena dengan kandungan serat ini ibu hamil bisa terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

3. Mengurangi Mual Muntah pada Ibu Hamil

Mual dan muntah pada ibu hamil muda memang umum terjadi, namun tetap saja jika tidak segera diatas akan sangat mengganggu apalagi bagi mereka yang memiliki rutinitas pekerjaan cukup padat setiap harinya. Maka salah satu solusi terbaik untuk mengurangi rasa mual dan muntah tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah sawo, karena kadar airnya yang dapat menberikan sensasi menyegarkan.

4. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Ibu hamil juga sangat rentan terkena penyakit anemia atau kekurangan darah, sehingga dapat menimbulkan dampak seperti sering pusing, mudah lelah dan kurang bersemangat. Untuk mencegah dan sekaligus mengatasi gangguan anemia ini, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah sawo, karena di dalam buah sawo mengandung zat besi yang sangat baik untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Membantu Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan

Di dalam buah sawo memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap, sahingga buah sawo ini termasuk salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil dengan rutin mengkonsumsi buah manis dan menyegarkan ini.

Selain beberapa manfaat diatas buah sawo juga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi buah sawo setiap hari dan pastikan tetap dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil. Semoga anda semua yang membaca ulasan ini dapat memetik manfaat dari ulasan yang kami sajikan diatas. Silahkan aca juga ulasan-ulasan kesehatan bermanfaat lainnya di blog ini. Terima kasih atas waktu anda. Cukup sekian dan salam sehat.