27 Manfaat Kacang Merah, Kacang Tanah dan Kacang Hijau untuk Kesehatan

27 Manfaat Kacang Merah, Kacang Tanah dan Kacang Hijau untuk Kesehatan -- Khasiat & Manfaat Kacang Merah, Kacang Tanah dan Kacang Hijau untuk Kesehatan, Jenis Kacang-kacangan dan Manfaatnya, Manfaat Kacang Merah Untuk Diet - Untuk Kecantikan - Untuk Bayi - Untuk Anak - Untuk Pria / Wanita - Untuk Ibu Hamil / Promil - Untuk Ibu Menyusui - Untuk Ginjal - Untuk Kesuburan - Pencernaan, Manfaat Kacang Merah, Kacang Tanah, & Kacang Hijau dan Kegunaannya.


Manfaat Kacang Merah, Kacang Tanah dan Kacang Hijau untuk Kesehatan -- Apa yang pertama kali anda pikirkan ketika mendengar kata “Kacang”? Di dunia kuliner, kacang memang salah satu jenis makanan yang sering diolah untuk dijadikan aneka makanan dan cemilan, baik yang memiliki rasa manis atau asin. Kacang sendiri terdiri dari beberapa jenis, rasa dan tekstur kacang pun berbeda-beda.

Di dalam kacang memiliki kandugan gizi dan nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mengkonsumsi kacang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, pada ulasan kali ini admin akan mengulas informasi tentang manfaat kacang, jenis kacang yang akan dibahas yaitu kacang merah, kacang hijau dan juga kacang tanah.

Untuk anda yang ingin tahu kandungan dan manfaat kacang lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya satu persatu dibawah berikut ini.

A. Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kacang merah memang sudah sangat terkenal akan kandungan seratnya yang sangat tinggi, ukuran dari kacang ini cukup besar dan memiliki warna merah tua yang terlihat khas. Di dunia kuliner kacang merah sering digunakan untuk membuat aneka masakan seperti tumis kacang merah, sayur kacang merah dan juga sayur asam.

Kacang merah memang sudah terkenal akan manfaatnya yang menyehatkan, karena di dalam kacang merah mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang ada dalam kacang diantaranya yaitu seperti karbohidrat, kalsium, serat protein, asam folat, vitamin B6, zat besi, thiamine, dan mangan. 

Dalam mengolah kacang sebaiknya jangan terlalu kental dengan bumbu seperti garam, karena dapat membuat kandungan gizi dan nutrisi di dalam kacang berkurang dan bahkan hilang. Dalam mengolah kacang merah, anda tidak perlu merendamnya tapi bisa langsung direbus.

Baca Juga : Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lalu, apa saja manfaat kacang merah ini? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah tentang beberapa manfaat mengkonsumsi kacang merah untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu:

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Manfaat kacang merah yang akan kami ulas yaitu dipercaya dapat menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyerang tubuh, namun kacang yang memiliki warna merah ini mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan mampu melindungi tubuh dari bahaya serangan radikal bebas. Bahaya dari radikal bebas sendri dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh  dan tubuh rentan terserang berbagai jenis penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang merah dipercaya sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung, sehingga organ jantung menjadi lebih sehat dan dapat berfungsi dengan optimal. Dengan rutin mengkonsumsi sayur kacang merah, maka resiko terkena penyakit jantung atau serangan jantung menjadi lebih kecil.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

3. Menambah Energi Tubuh

Mengkonsumsi kacang merah juga sangat bermanfaat untuk menambah energi tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang memiliki aktivitas cukup padat setiap harinya. Di dalam kacang merah mengandung energi dan juga karbohidrat cukup tinggi, sehingga dapat menambah sumber energi tubuh yang baik untuk mendukung aktivitas pekerjaan sehari-hari.

4. Menyehatkan Pencernaan

Hampir semua jenis kacang mengandung serat makanan yang sangat baik untuk pencernaan, kandungan serat di dalam kacang merah sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsi kacang merah, maka dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan seperti melancarkan BAB, mencegah sembelit dan bahkan baik untuk menghentikan diare.

5. Mencerdaskan Otak

Rajin megkonsumsi kacang merah juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga meningkatkan daya ingat, sehingga kacang merah ini tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, kacang panjang juga diyakini sangat baik untuk mencegah kepikunan.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat dari kacang merah ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang merah memiliki kombinasi gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk memelihara kesehatan syaraf pada otak. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi kacang merah, kemampuan berpikir pun menjadi cepat tanggap.

Baca Juga : Manfaat Singkong dan Ubi Jalar untuk Kesehatan

7. Membantu Proses Pembentukan Otot

Jika anda ingin memiliki berat badan ideal dan membentuk otot tubuh, maka anda bisa rutin mengkonsumsi kacang merah. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang merah mengandung protein yang cukup tinggi yang baik untuk mengubah tumpukan lemak menjadi otot yang sehat. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih kuat dan sehat.

8. Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Kanker memang menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi banyak orang, karena penyakit ini sangat mematikan dan sanga sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, sebelum terkena penyakit mematikan ini, alangkah baiknya jika kita mencegahnya dengan. 

Salah satu cara mencegah kanker paling jitu yaitu denga rutin mengkonsumsi kacang merah. Sebab, selain rasanya enak ternyata di dalam kacang merah mengandung antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan ini sangat efektif untuk mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

9. Mencegah Diabetes

Manfaat kacang merah juga dipercaya sangat baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang merah mengandung zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Maka dengan begitu, penyakit diabetes ini dapat dicegah perkembanganya sejak dini.

10. Mencegah Peningkatan Kadar Kolesterol Tinggi

Selain berkhasiat untuk mencegah diabetes, ternyata rajin mengkonsumsi kacang panjang juga sangat baik untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, darah tinggi dan bahkan bisa terserang stroke.

Selain kacang merah, anda juga wajib tahu manfaat kacang hijau. Tidak kalah dengan kacang merah, ternyata kacang hijau juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Cara Menigkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

B. Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Selain kacang merah, kacang hijau juga merupakan salah satu jenis kacang yang disukai oleh banyak kalangan masyarakat. Kacang hijau sendiri biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat bubur kacang hijau dan juga aneka ragam makanan.

Ada banyak sekali manfaat kacang hijau ini untuk kesehatan. Sebab, di dalam kacang hijau mengandung berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, serat, protein, asam folat, karbohidrat dan juga kalsium. Sel;ain itu, di dalam kacang hijau juga memiliki beberapa kandungan zat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bagi anda yang belum tahu, apa saja manfaat kacang hijau bagi kesehatan. Maka anda bisa simak ulasan selengkaopnya dibawah berikut ini.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kacang hijau terkenal akan khasiatnya yang sangat luar biasa, manfaat yang pertama yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Ini dikarenakan, di dalam kacang hijau juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsi bubur kacang hijau dapat terhindar dari kesulitan untuk buang air besar, mencegah sembelit dan juga diare.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat kacang hijau juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, sehingga penglihatan menjadi lebih jernih. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang hijau kaya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menutrisi mata. Maka jika kita rutin mengkonsumsi kacang hijau, mata akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan mata seperti mata rabun, katarak dan juga terhindar dari resiko terkena degenerasi makula.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

3. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Berkat kandungan alaminya yang sangat lengkap, kacang hijau sangat berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang sehat, maka fungsi organ tubuh pun akan berjalan dengan baik dan lancar.

4. Sumber Antioksidan Alami

Mengkonsumsi kacang hijau secara rutin dan teratur sangat berkhasiat untuk membantu melawan serangan radikal bebas, karena efek dari radikal bebas ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit berbahaya .

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penyebab utama dari penyakit diabetes yaitu disebabkan oleh karena naiknya kadar gula darah dalam tubuh, untuk mencegah atau menurunkan kadar gula darah tersebut bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi bubur kacang hijau tanpa tambahan gula secara rutin dan teratur.

6. Mencegah Catat Otak pada Janin

Di dalam kacang hijau juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan atau cacat pada otak janin di dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi bubur kacang hijau secara rutin setiap hari selama kehamilan.

7. Meningkatkan Produksi ASI

Tidak sedikit ibu menyusui yang sering mengeluhkan produksi ASI yang sedikit, sehingga dengan terpaksa bayi diberikan susu formula untuk mencukup kebutuhan gizi dan nutrisinya. Salah satu solusi untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, anda bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau karena dapat membantu merangsang produksi ASI agar menjadi lebih lancar.

Baca Juga : Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

C. Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Kacang tanah mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena di dalam kacang tanah kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Di dalam kacang tanah mengandung protein, lemak tak jenuh, kalori, karbohidrat dan juga serat. 

Selain itu, di dalam kacang tanah juga mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, seng, kalsium, kalium, fosfor dan juga magnesium. Tidak ketinggalan juga di dalam kacang tanah mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B6, C dan juga vitamin E. Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kacang tanah ini, ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menyehatkan Ibu Hamil

Tahukah anda, ternyata kacang tanah sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, karena di dlam kacang tanah mengandung asam folat yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otak janin dan mencegah janin mengalami cacat tabung saraf. Selain itu, manfaat kacang tanah untuk ibu hamil juga dapat membantu melancarkan proses persalinan pada waktunya nanti.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

2. Mencegah Stress dan Depresi

Manfaat kacang tanah berikutnya yaitu dapat membantu mencegah seseorang mengalami stres dan depresi akibat beban pikiran yang terlalu berat, karena di dalam kacang tanah mengandung zat yang sifatnya dapat memberikan ketenangan pada saraf.

3. Mengatasi Penyakit Batu Empedu

Kacang tanah juga bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan empedu dalam tubuh, fungsi utamanya yaitu dapat mencegah penyakit batu empedu. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi kacang tanah juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi dari organ empedu dalam tubuh.

4. Mencegah Kanker pada Usus Besar

Manfaat kacang tanah selanjutnya diduga mampu melindungi kesehatan usus agar terhindar dari resiko terkena kanker yang dapat menyerang usus besar, karena di dalam kacang tanah mengandung serat alami yang cukup tinggi yang dapat membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat memicu pembentukan sel kanker dalam usus besar.

5. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Rutin mengkonsumsi kacang tanah telah dibuktikan mampu menjaga berat badan tetap ideal, karena di dalam kacang tanah mengandung banyak kalori dan juga lemak nabati yang sangat baik untuk membantu menstabilkan berat badan.

6. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi kacang tanah sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan dan terhindar dari berbagai gangguan pada sistem pencernaan seperti diare, susah buang air besar dan juga mencegah sembelit. Hal ini didukung oleh karena banyaknya kandungan serat alami yang ada dalam kacang tanah, sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan optimal dalam mengurai makanan.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kacang tanah dipercaya sejak dulu sangat baik untuk memelihara kesehatan organ jantung, sebab di dalam kacang tanah mengandung kalium yang mampu memperlancar peredaran darah menuju jantung, sehingga organ jantung tetap sehat dan dapat bekerja dengan optimal untuk memompa dara menuju keseluruh tubuh.

8. Mencegah Bayi Lahir dalam Kondisi Cacat

Kandungan asam folat di dalam kacang tanah sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil, kandungan asam folat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat akibat kekurangan asam folat selama kehamilan. Selain itu, kandungan kalsium yang ada pada kacang tanah bermanfaat untuk membantu mempercepat pembentukan dan pertumbuhan tulang janin ketika dalam kandungan.

9. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Selain baik dikonsumsi oleh orang dewasa, kacang tanah juga sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak anak pada masa pertumbuhan, sehingga anak-anak akan tumbuh dengan sehat dan memiliki otak yang cerdas. Selain itu, rutin mengkonsumsi kacang tanah juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

10. Menangkal Radikal Bebas

Tidak hanya dapat mencegah kanker, rutin mengkonsumsi kacang tanah juga sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Kacang tanah dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang diperkaya dengan kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk tubuh, sehingga kesehatan tubuh akan senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.
Itulah beragam khasiat dan manfaat kacang merah, kacang hijau dan juga kacang tanah untuk kesehatan tubuh, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi aneka jenis kacang-kacangan.

Demikianlah ulasan kami mengenai 27 Manfaat Kacang Merah, Kacang Tanah dan Kacang Hijau untuk Kesehatan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat untuk kita semua. Terima kasih atas waktu anda. Please share.