20 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Mata, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

20 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami -- Tips / Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami, Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata, Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer, Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat, Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata, Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata.


Tips & Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami -- Ironis memang ketika kita melihat ada anak kecil usia yang masih belia sudah memakai kacamata. Meski banyak orang yang menganggap jika memakai kacamata menjadi salah satu trend masa kini, namun kesehatan mata tentu harus lebih diutamakan terlebih dahulu.

Banyak sekali masalah kesehatan mata yang menimpa masyarakat kita, mulai dari mata plus, minus, silinder, katarak dan masih banyak gangguan-gangguan mata lainnya. Tentunya kita semua sudah tahu bahwa mata adalah organ tubuh yang memiliki fungsi sangat vital dalam kehidupan sehari-hari, bahkan memiliki mata yang sehat dapat membuat mata seseorang yang memilikinya terlihat lebih menarik.

Banyak orang yang terlalu sibuk dalam bekerja dan sering kali mengabaikan kesehatan mata, namun banyak orang yang lebih memperhatikan perawatan kulit dan juga rambut dibandingkan dengan melakukan perawatan mata. Terlebih lagi bagi mereka yang sering menghabiskan waktu bekerja di depan laptop atau komputer, sehingga sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan mata dengan melakukan perawatan mata agar tetap terjaga kesehatannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan perawatan mata, baik itu perawatan dengan pergi ke dokter mata atau bisa juga dengan cara alami. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi tentang bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal.

A. Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya yaitu :

1. Memakai Kacamata Hitam

Ternyata memakai kacamata hitam bukan hanya sebagai penunjang penampilan agar terlihat tampil trendi, namun juga memakai kacamata hitam memiliki banyak sekali manfaatnya untuk mata agar mata dapat terhindar dari paparan radiasi dari sinar matahari yang sangat berbahaya dan dapat merusak mata. Kacamata hitam bisa digunakan pada siang hari ketika sedang berada di luar ruangan, terutama pada saat musim panas antara pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore.

2. Memakai Alat Pelindung Mata dari Sinar Ultraviolet

Ketika anda pergi atau melakukan aktivitas diluar ruangan, maka hendaknya anda memakai payung, topi, jaket atau selendang untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung yang dapat menyilaukan mata dan dapat menyebabkan mata menjadi sakit. Ada beberapa jenis penyakit atau gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh karena adanya sengatan sinar matahari secara langsung, diantaranya yaitu seperti brown cataract atau dikenal juga dengan istilah sunshine cataract dan degenerasi makula.

Selain itu, bagi anda yang sering bepergian menggunakan alat transportasi mobil, maka sebaiknya anda memakaikan kaca film pada kaya depan untuk menghidari paparan sinar matahari secara langsung yang menyilaukan mata. Pastikan juga anda tidak terlalu sering berjemur di area pantai dan menatap matahari dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

3. Memakai Kacamata di Area Rawan Allergen

Bagi anda yang bekerja seharian di area proyek atau pabrik industri yang banyak mengandung allergen, maka sebaiknya anda menggunakan alat keamanan untuk melindungi mata. Allergen merpakan debu-debu kasar dan mengandung zat kimia yang berbahaya, sehingga akan mengancam apabila masuk ke dalam mata.

Berikut ini beberapa area yang dianggap sanga rawan memiliki allergen yang dapat mempengaruhi kesehatan mata, diantaranya yaitu :
  • Area proyek bangunan
  • Area pabrik industri
  • Area pertambangan
  • Tempat dimana rutin digunakan mesin dan alat berat
  • Bagi anda yang rutin bepergian dengan menggunakan sepeda atau sepeda motor
  • Bagi anda yang rutin melakukan aktivitas olahraga offroad

4. Menjaga Berat Bada agar Tetap Ideal

Sebagian dari anda mungkin ada yang bertanya, apa hubungannya berat badan dengan kesehatan mata. Perlu anda semua ketahui bahwa dengan menjaga berat badan agar tetap ideal memang sangat penting untuk dilakukan, karena berat badan yang ideal akan menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Penyakiit diabetes tidak hanya berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mata seperti mata rabun dan bahkan dapat memicu kebutaan secara permanen.

5. Rutin Dan Teratur Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Jika anda bukan termasuk orang yang suka makan makanan yang mengandung banyak nutrisi, maka sebagai solusinya anda bisa menambahkan suplemen atau vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan, di dalam suplemen atau vitamin mata memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Xanthophylly, R – Lipoic, Quercetin, Zinc, Ginko Biloba dan Taurin. Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi suplemen atau vitamin mata, sebaiknya anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

6. Istirahat Cukup

Disamping melindungi mata dengan memakai kacamata dan konsumsi vitamin atau suplemen untuk mata, sebaiknya mata anda juga rutin mendapatkan jatah istirahat cukup setiap harinya untuk mencegah mata mengalami kelelahan yang dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Dengan mengistirahatkan mata dalam waktu cukup, maka mata anda akan kembali segar dan lebih rileks, sehingga mata dapat kembali bekerja dengan optimal. Ketika anda mendapatkan waktu tidur cukup, maka saraf pada mata akan kembali rileks dan penglihatan pun akan kembali segar.

7. Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi dan Tepat

Ada banyak sekali jenis-jenis makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, beberapa kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata diantaranya yaitu Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Omega 3, Zinc, dan Lutein. Untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut, anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah apel, jeruk, kacang-kacangan dan juga ikan.

8. Hentikan Kebiasaan Merokok (Bagi Perokok)

Cara menjaga kesehatan mata secara alami lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menghentikan kebiasaan buruk merokok, karena kebiasaan merokok dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh. Racun-racun dalam tubuh dapat menyebabkan memicu berbagai jenis penyakit mata seperti katarak, kerusakan pada saraf mata dan juga degenerasi makula.

9. Melakukan Check Up Secara Berkala ke Dokter Mata

Meski anda memiliki mata yang sehat dan tidak memakai kacamata minums atau plus, maka anda tetap dianjurkan melakukan check Up secara rutin dan berkala ke dokter mata agar kesehatan mata anda tetap terjaga dengan baik. Terlebih bagi anda yang berusia diatas 40 tahun, jika muncul tanda-tanda seperti mata gatal, mata bengkak, iritasi dan mata merah, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk segera mendapatkan pengobatan secara tepat.

10. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Sebaiknya anda tidak melakukan kebiasaan mengucek mata ketika terasa gatal atau perih akibat masuknya debu, karena kebiasaan tersebut dapat menyebabkan mata terkena iritasi dan bisa membahayakan kesehatan mata anda. Dengan mengucek mata, mata akan menjadi merah, terjadi pendarahan dan juga iritasi. Jika anda merasa mata terasa gatal dan perih, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik atau toko obat terdekat.

11. Selalu Jaga Jarak Mata dengan Televisi

Agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit mata seperti mata minus, plus, katarak, silinder dan penyakit mata lainnya. Maka anda harus selalu menjaga jarak antara mata dengan televisi atau layar aptop atau PC. Jarak minimal laya dengan mata yaitu 30 cm dan minimal 2 meter dari layar televisi. Hal ini untuk mencegah radiasi yang dihasilkan, sehingga kesehatan mata akan tetap terjaga dengan baik.

12. Gunakan Pelindung Layar Televisi, LCD Dan PC / Laptop

Cahaya lata teleivi, LCD atau komputer/PC dapat menyebabkan kerusakan pada mata jika dilihat terus-menerus, bahkan bisa menyebabkan mata mengalami mata minus, plus dan juga silinder. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri anda dan keluarga, maka sebaiknya gunakan pelindung layar yang berfungsi untuk meminimalisir efek paparan cahaya agar mata tidak terkena radiasi.

13. Hindari Kebiasaan Membaca Sambil Tidur dan Di Ruangan Gelap

Tips menjaga kesehatan mata berikutnya yang penting untuk anda ketahui yaitu, hindari kebiasaan membaca memainkan posel sambil tiduran, karena kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata terutama beresiko menyebabkan mata terkena penyakit silinder atau silindris. Selain disebabkan oleh terlalu sering membaca sambil tiduran, penyakit silindris juga disebabkan oleh faktor keturunan.

Selain itu, hindari juga kebiasaan membaca buku atau menggunakan ponsel di dalam ruangan yang gelap atau minim cahaya, karena kebiasaan tersebut dapat merusak kinerja mata dan menyebabkan mata minus, mata silindris dan juga mata terasa nyeri.

14. Konsumsi Makanan Sumber Vitamin A

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin A dapat berdampak buruk terjadinya gangguan kesehatan pada mata dan juga organ tubuh lainnya. Cukupi asupan vitamin A ini dengan rutin mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A seperti  hati ayam, hati sapi, ikan salmon, ikan tuna dan juga ikan makarel. Makanan sumber vitamin A juga bisa didapatkan dari aneka sayur dan buah sepertiu buah apel, wortel, tomat, pepaya, mangga, alpukat, melon, bayam, sawi, labu, ubi jalar dan masih banyak jenis sayur dan buah yang kaya akan kandungan vitamin A.

15. Hindari Penggunaan Lensa Kontak Terlalu Sering dan Terlalu Lama

Penggunaan lensa kontak saat ini memang sedang trend di masyarakat umum, terutama bagi para kaum wanita. Namun tahukah anda, penggunaan lensa kontak yang terlalu sering dan terlalu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata dalam jangka panjang, karena dapat menyebabkan mata menjadi kering, merah dan bahkan menyebabkan mata terkena iritasi.

16. Hindari Kebiasaan Minum Minuman Beralkohol

Jika anda ingin memiliki mata yang sehat dan jernih, maka sebaiknya anda menghindari kebiasaan buruk minum minuman beralkohol. Sebab, jika anda sudah kecanduan sebaiknya segera ubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit mata. Bahkan bahaya dari kecanduan minum minuman beralkohol dapat menyebabkan kebutaan secara permanen, karena dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik mata.

17. Rutin Membersihkan Riasan Mata

Riasan mata memang dapat mempercantik penampilan mata. Namun tahukah anda, ternyata terlalu sering melakukan riasa pada mata dapat mempengaruhi kesehatan pada mata itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya segera bersihkan riasan mata jika dirasa sudah tidak perlu dan kurangi riasan mata yang terlalu berlebihan. Penggunaan riasan mata secara berlebihan dapat menyebabkan mata terkena iritasi dan gatal-gatal, bahkan kelopak mata bisa menjadi hitam.

18. Rutin Melakukan Olahraga Mata

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga mata, caranya yaitu sebagai berikut :
  • Cara pertama yaitu, gerakan bola mata anda ke arah jam 12, kemudian putar sesuai arah jarum jam, kemudian lakukan kembali pada arah sebaliknya.
  • Tahan posisi mata anda sekitar 2 detik pada arah jarum jam 12, jam 3, jam 6 dan juga jam 9. Lakukan gerakan ini secara pelan-pelan sebanyak 3 kali.
  • Lakukan gerakan secara pelan-pelan dari arah kanan ke kiri secara berulang sebanyak 3 kali.

19. Memijat Kepala

Tips menjaga kesehatan mata berikutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan terapi pemijatan pada kelapa, namun lakukan terapi ini dengan meminta bantuan ahli pijat, karena jika salah dalam melakukan pemijatan di area kepala akibatnya cukup fatal.

20. Konsumsi Cokelat Hitam

Jika anda tidak suka maka wortel, maka sebagai gantinya sebaiknya anda makan cokelat hitam. Hal ini dikarenakan, di dalam cokelat hitam mengandung senyawa flavonoid yang sangat bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah yang ada di area mata, memperkuat kornea mata dan juga retina.

B. Jenis Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai 10 jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya yaitu :

1. Ikan Salmon

Makanan yang pertama paling direkomendasikan untuk dikonsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga yaitu dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan salmon kaya akan kandingan asam lemak omega 3. Selain itu, di dalam ikan salmon juga mengandung nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya yaitu asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12 dan juga vitamin D.

2. Brokoli

Makanan berikutnya yang sangat baik untuk anda konsumsi yaitu brokoli. Hal ini dikarenakan, di dalam brokoli mengandung banyak nutrisi penting yang sangat berkhasiat untuk menjaga mata tetap sehat dan berfungsi dengan optimal. Di dalam sayuran brokoli ini mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, sulforaphane, zeaxanthin dan lutein.

3. Bayam

Bayam juga termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk mata, karena di dalam sayuran hijau yang satu ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi yang sangat penting dan dibutuhkan untuk mata.

4. Kale

Di dalam kale juga terkena kaya akan kandungan vitamin A, lutein dan juga zeaxanthin. Beberapa jenis kandungan nutrisi tersebut dapat bermanfaat untuk menunjang kesehatan mata dan memelihara dya penglihatan agar tetap normal.

5. Tomat

Di dalam buah tomat juga memiliki kandungan vitamin C dan juga lycopene yang sangat tinggi, dimana kedua jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan mata.

6. Wortel

Sudah bukan rahasia umum lagi jika ternyata wortel merupakan salah satu jenis makanan seha yang sangat baik untuk kesehatan mata, karena di dalam wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan penting untuk mata.

Makanan lain yang bermanfaat dan sebaiknya anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata yaitu telur, bawang putih, alpukat dan masih banyak lagi jenis-jenis makanan lainnya.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai 20 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Mata, serta Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata. Semoga apa yang kami ulas diatas dapat bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan bagi anda. Silahkan berbagi info ini pada teman lainnya. Jangan lupa like halaman fb blog ini. Cukup sekian, terima kasih, & salam sehat