20 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Kesehatan Payudara, dan Kesehatan Reproduksi Wanita

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Kesehatan Payudara, dan Kesehatan Reproduksi Wanita -- Cara Menjaga Kesehatan Tubuh - Kesehatan Payudara - & Kesehatan Reproduksi Wanita, Tips / Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami, Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita, Tips Kesehatan Wanita secara Alami, Tips Menjaga Kesehatan Tubuh - Kesehatan Payudara Remaja - Kesehatan Reproduksi Wanita, Tips dan Cara Hidup Sehat Alami bagi Wanita.


Cara Menjaga Kesehatan untuk Wanita -- Kesehatan para kaum wanita memang harus senantiasa dijaga dan dirawat dengan baik setiap saat. Ada banyak hal yang harus dijaga bagi para wanita, mulai dari kesehatan tubuh secara umum, kesehatan reproduksi dan juga kesehatan payudara. Hal ini dikarenakan, pada bagian organ intim kewanitaan seperti alat reproduksi dan juga payudara merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap serangan berbagai jenis penyakit, sehingga sangat perlu dijaga dan dirawat dengan baik kesehatannya.

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali berbagai jenis penyakit berbahaya yang mengancam para kaum wanita, diantaranya seperti kanker payudara dan gangguan kesehatan pada alat reproduksinya. Maka dari itu, agar anda para kaum wanita terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mengancam jiwa. Jagalah dan rawatlah kesehatan anda dengan baik, jika memang perlu rutinlah memeriksakan diri atau melakukan check up ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan anda.

Untuk melakukan pencegah, pada artikel kali ini kami akan membagikan tips-tips kesehatan yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelanya, langsung saja simak ulasannya dibawah berikut ini.

A. Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum, langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebenarnya hanpir sama dengan cara yang dilakukan oleh para kaum pria. Tujuannya agar tubuh tidak mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan terserang penyakit, diantaranya yaitu :

1. Melakukan Meditasi

Pikiran tenang dapat mencegah tubuh kita terjena serangan flu sebesar 50%. Berdasarkan dari hasil penelitian di University of Wisconsin, Madison menjelaskan bahwa orang yang sering melakukan tehnik meditasi atau menenangkan pikiran dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit, karena dengan meditasi dapat menurunkan pengaruh fisik yang bdiakibatkan oleh terlalu sering stres yang dapat melemahkan daya tahan tubuh seseorang.

2. Konsumsi Bawang Putih

Kandungan alisin yang terdapat di dalam bawang putih bermanfaat sebagai antivirus alami yang mampu melawan serangan virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dengan makan 1 siung bawah putih perhari dapat menjaga daya tahan tubuh dan tubuh tidak akan mudah sakit.

3. Rutin Berolahraga

Untuk menjaga daya taha  tubuh agar tetap sehat dan tahan terhadap penyakit, sebaiknya anda rutin melakukan aktivitas olahraga minimal 30 menit perhari. Hal ini bertujuan untuk membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, sehingga sel-sel imunitas dalam tubuh dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

4. Biasakan Mencuci Tangan

Usahakan agar anda sering-sering mencuci tangan, terutama pada saat sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet dan setelah melakukan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar tangan anda terbebas dari kuman dan juga bakteri, jika memungkinkan sebaiknya gunakan cairan antiseptik untuk membunuh kumah dan bakteri lebih cepat.

5. Tidur yang Cukup

Tidur cukup sangat penting untuk anda dapatkan, terutama bagi anda yang memiliki aktivitas cukup padat setiap harinya. Hindari kebiasaan begadang, cukup waktu tidur minimal 7 jam setiap malam. Maka, mulai dari sekarang aturlah jadwal tidur anda lebih awal, sehingga anda bisa bangun pagi dengan tubuh segar dan bugar.

6. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Loma Linda University, orang yang rutin mengkonsumsi 6 sendok makan gula setiap hari, kemampuan sel darah puitih yang dapat mencegah terjadinya infeksi mengalami penurunan cukuo drastis dalam membunuh kuman dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh akan menurun selama beberapa jam setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

7. Minum Air Putih

Dibandingkan dengan minum minuman manis yang mengandung gula tinggi, alangkah baiknya jika anda minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari minimal 8 gelas atau 2 liter perhari. Hal ini dikarenakan, tubuh yang kurang mendapatkan cairan tubuh akan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang berperan penting untuk melawan serangan virus dan bakteri.

Selain itu, kita juga perlu mendapatkan nutrisi cukup dari buah dan sayur, khususnya yang memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi.

B. Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Dengan menjaga kesehatan reproduksi pada tubuh wanita sama hal nya dengan menjaga kesehatan pada calon buah hati dan juga pasangan anda. Hal ini bisa di awali dari berbagai pilihan sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, organ reproduksi wanita terdiri dari vagina, rahim, tuba falopi dan juga ovarium. Organ reproduksi wanita tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan hubungan intim dengan pasangan (suami), memproduksi sel telur, melindungi tempat berkembangnya sel telur hingga proses persalinan.

Mengingat organ reproduksi memiliki fungsi yang sangat penting bagi wanita, maka penting sekali untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa anda lakukan, diantaranya yaitu :

1. Gunakan Alat Kontrasepsi

Menjaga kesehatan reproduksi wanita sangat penting untuk diperhatikan untuk melindungi diri anda dari berbagai jenis penyakit, terutama untuk jenis penyakit seksual yang sifatnya mudah sekali menular. Dengan penggunaan alat kontrasepsi dapat menjadi solusi untuk membantu menurunkan resiko penyakit tersebut, seperti klamidia dan gonore.

Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Ada banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa anda gunakan, mulai dari alat kontrasepsi hormonal, penghalang, intrauterine dan sterilisasi. Disamping itu, penting sekali untuk tidak malakukan hubungan seks bebas, dan berganti-ganti pasangan.

2. Merencanakan Kehamilan

Kehmilan yang direncanakan dapat membantu para ibu untuk mempersiapkan dalam segala aspel ataupun mental, sehingga calon bayi dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal dan mengurangi resiko terkena berbagai jenis penyakit.

3. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan selama Hamil dan Persalinan

Ketika seorang wanita sedang hamil, maka ia wajib untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dan juga pelayanan kesehatan agar ibu dan bayi sehat dan selamat.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Masih banyak wanita yang tidak sadar jika memiliki berat badan berlebih tidak baik untuk kesehatan dan dapat mempengaruhi proses ovulasi dan produksi hormon. Selain itu, berat badan berlebih juga dapat menyebabkan kelembapan terhadap organ intim, memicu perkembangan jamur dan bakteri. Maka dari itu, penting sekali untuk anda agar selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga berat badan yaitu dengan hindari makanan berlemak dan rajin berolahraga.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat setiap hari juga menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Makanan sehat yang baik dikonsumsi yaitu seperti sayuran, buah-buahan, gandum, biji-bijian utuh, protein dan juga lemak sehat. Jaga keseimbangan asupan karbohidrat, protein dan juga lemak, sehingga gizi dan nutrisi yang didapatkan oleh tubuh lengkap dan seimbang sesuai kebuuhan tubuh.

6. Periksakan Kesehatan secara Berkala

Tidak harus menunggu sakit atau mengalami ganguan kesehatan pada reproduksi anda, anda sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan reproduksi anda secara berkala. Jika memang ada masalah pada sistem reproduksi pada tubuh anda, maka dokter akan melakukan penananganan sedini mungkin, sehingga perkembangannya bisa dihentikan dengan cepat dan lebih mudah dibandingkan jika penyakitnya diketahui sudah pada tingkat keparahan yang serius.

7. Istirahat Cukup

Bagi anda yang aktif bekerja, maka sebaiknya anda selalu memperhatikan waktu istirahat anda. Usahakan anda bisa tidur cukup di malam hari agar pada keesokan harinya tubuh bisa kembali segar dan bugar.

8. Mengelola Stres

Anda bisa mengelola stres dengan tehnik-tehnik sederhana seperti melakukan relaksasi dan rutin berolahraga. Dengan dekimian, maka stes anda bias hilang.

9. Hindari Kebiasaan Tertentu

Jika anda ingin sistem reproduksi anda tetap terjaga kesehatannya dan dapat berfungsi dengan baik. Maka anda wajib menghindari beberapa kebiasaan seperti :
  • Hindari Merokok
  • Hindari Minum minuman beralkohol
  • Hindari Penggunaan obat-obatan sembarangan
  • Batasi konsumsi kafein
  • Hindari penggunaan sabun khusus kewanitaan yang mengandung bahan kimia berbahaya

Menjaga kesehatan reproduksi ini sangat penting bagi wanita, karena kesehatan reproduksi erat kaitannya dengan kemampuan dan kebebasan setiap orang untuk bereproduksi dan mendapatkan kehidupan seksual yang berkualitas serta memuaskan.

C. Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memiliki payudara sehat dan normal, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Cara terbaik pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan payudara yaitu dengan menjaga berat badan anda tetap ideal dan normal, tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Hal ini dikarenakan, tubuh yang mengalami kegemukan atau obesitas tentunya akan dapat merugikan kesehatan dan juga meningkatkan resiko terkena berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti penyakit diabetes, hipertensi dan juga penyakit jantung.

Berat badan yang berlebih dan tidak terkontrol dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara. Maka dari itu, jika anda ingin terhindar dari resiko terkena penyakit mematikan ini, sebaiknya jaga berat badan anda agat tetap ideal. Salah satu cara terbaik untuk menjaga berat bada agar tetap ideal dan normal yaitu dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dan rajin berolahraga.

2. Rutin Periksakan Diri

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan payudara yaitu dengan rutin memeriksakan diri ke dokter, karena bisa jadi dengan rutin memeriksakan diri ke dokter dapat mencegah kanker sedini mungkin. Dengan demikian, proses pengobatannya pun tidak akan terlalu menyulitkan karena biasanya jika masih pada tahap gejala awal masih dapat diatasi dengan mudah.

Anda juga bisa melakukan pengecekan sendiri dirumah dengan meraba apakah pada payudara anda ada muncul benjolan yang anda anggap mencurigakan dan terasa nyeri di sekitar payudara dan ketiak. Jika anda menemukan adanya benjolan dan terasa nyeri, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin agar kanker tidak terus berkembang.

3. Hindari Alkohol dan Makanan Berlemak

Bagi anda para wanita muslimah, tentu saja kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol adalah perbuatan yang diharamkan oleh agama. Selain itu, kebiasaan tersebut juga menjadi musuh utama bagi kesehatan tubuh wania, khususnya kesehatan pada payudara. Anda pasti sudah pernah membaca peringatan yang ada pada bungkus rokok, dimana kandungan nikotin dan juga zat-zat lainnya yang ada pada rokok sangat berbahaya dapat menyebabkan kanker. Sama hal nya dengan konsumsi minuman beralkohol.

Dengan minum 2 gelas alkohol saja sudah dapat memicu kerusakan sel dan organ tubuh, termasuk payudara hingga mencapai 21% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah meminumnya sama sekali. Dengan minum anggur atau wine memang memiliki resiko lebih kecil terhadap gangguan kesehatan pada tubuh wanita, namun akan jauh lebih baik jika anda tidak meminumnya sama sekali.

Begitupun dengan makan makanan berlemak, makanan berlemak dapat mengubah zat kimia yang ada dalam saluran usus yang terinfeksi bakteri berubah menjadi estrogen yang dapat memicu pembentukan kanker. Hormon yang teradapat pada jaringan lemak yang ada pada payudara dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Cara paling baik untuk menjaga kesehatan payudara yaitu dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan berlemak sebanyak 20% dari total jumlah kalori.

4. Jalani Pola Hidup Sehat

Untuk menurunkan resiko pembentukan kanker payudara, maka sebaiknya anda merubah pola hidup anda dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat, bergizi dan bernutrisi seimbang. Beberapa jenis makanan sehat yang direkomendasikan untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara yaitu seperti ikan dan sayuran hijau yang terdiri dari bayam, selada dan brokoli. Hal ini dikarenakan, dari makanan sehat tersebut mengandung sulforaphane yang terbukti sangat bermanfaat untuk mencegah dan melawan kanker.

Selain itu, konsumsi juga makan sehat berupa buah-buahan segar yang kaya akan kandungan serat seperti pepaya, jeruk, pir, dan buah-buahan kaya serat lainnya yang diyakini mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh serta menurunkan produksi hormon estrogen yang dapat menjadi pemicu kanker. Kacang-kacangan pun termasuk jenis makanan sehat yang jangan pernah anda lewatkan, karena di dalam kacang-kacangan mengandung zat yang bernama genisten yang dapat meningkatkan reseptor pada payudara dan mencegah munculnya kanker.

Untuk menjaga kesehatan payudara, anda juga dapat mengkonsumsi makanan sehat yang terbuat dari olahahan kacang kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Sementara untuk daging, sebaiknya pilih ikan sebagai makanan sehat untuk mencegah kanker payudara yang terdiri dari ikan tuna, sarden, salmon, makarel dan juga jenis ikan laut liannya yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 untuk memperkuat sistem imunitas tuhuh dan mencegah pembentukan sel kanker.

D. Tips Menjaga Kesehatan Payudara Wanita

Memiliki payudara yang sehat memang dapat meningkatkan rasa percaya diri, karena payudara yang sehat akan terlihat indah. Maka menjaga kesehatan payudara memang menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh para kaum wanita, berapa pun usia anda.

Mengenali payudara yang sehat dan normal dapat membantu mendeteksi sejak dini jika terjadi perubahan yang tidak normal yang mungkin akan terjadi dikemudian hari. Salah satu masalah kesehatan atau penyakit yang dapat menyerang payudara yaitu kanker payudara. Pada usia 30 tahunan, resiko terkena kanker payudara akan semakin meningkat.

Ciri-ciri payudara yang sehat yaitu payudara yang kering, tidak mengeluarkan cairan apapun selain ASI. Tidak ada ruam atau bintik-bintik merah, kulit pada area putih tidak kering, menebal atau terlihat pecah-pecah, tidak ada benjolan disekitar payudara atau ketiak, tidak terasa hangat atau gatal-gatal.

Jika pada payudara anda terdapat tanda-tanda seperti yang disebutkan diatas, maka segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter dan pastikan tanda-tanda tersebut tidak berbahaya dan dapat disembuhkan. Pendeteksian dan pengobatan sejak dini terhadap kanker payudata dapat memperpanjang masa hodup seorang wanita.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini 20 Tips & Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Kesehatan Payudara, dan Kesehatan Reproduksi Wanita. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda semua serta bisa menambah wawasan anda. Terima kasih admin sampaikan atas waktu luang anda. Ayo like halaman fb blog ini dan sharing pada teman-teman.